Bukan Hanya Pempek, Berikut 9 Kuliner Sumatera Selatan yang Wajib Kamu Coba

kuliner sumatera selatan
Sumber: Pinterest

KabarApik, Kuliner Indonesia – Saat membicarakan tentang kuliner Sumatera Selatan, apa yang pertama kali terlintas di pikiranmu? Pasti salah satu yang langsung terbayang adalah kuliner khas kota Palembang yaitu pempek.

Pempek memang menjadi makanan Sumatera Selatan yang cukup terkenal, bahkan kamu juga sudah bisa menemui kuliner ini di beberapa wilayah lain di Indonesia. Padahal jika kamu telusuri, provinsi Sumatera Selatan memiliki sejumlah makanan khas maupun minuman khas Sumatera Selatan yang tak kalah nikmat lho.

Berikut daftar makanan khas Sumatera Selatan yang bisa kamu coba saat berwisata kuliner di sana.

  1. Kuliner Sumatera Selatan Lenggang

kuliner sumatera selatan
Sumber: Pinterest

Kuliner Sumatera Selatan pertama yang menjadi rekomendasi untuk kamu coba adalah lenggang. Menu ini merupakan versi lain dari pempek, karena bahan utamanya diolah dari pempek lenjer yang kemudian dibalut dengan telur.

Yang menarik adalah, pembuatan pempek ini dalam proses memasaknya menggunakan daun pisang. Adonan Lenggang dibungkus dengan daun pisang kemudian dibentuk kotak untuk kemudian dipanggang hingga matang.

Lenggang memiliki rasa yang cukup unik dan dalam penyajiannya, kuliner ini biasanya dicampur dengan saus cuka.

  1. Burgo

kuliner sumatera selatan
Sumber: Pinterest

Burgo tergolong makanan khas Palembang selain pempek yang sederhana. Dari bahan pembuatannya, masakan ini hanya menggunakan tepung sagu dan tepung beras dengan siraman kuah santan. Namun yang bisa membuatnya terlihat seperti makanan mewah adalah topping yang biasanya mengelilingi kuah santan tersebut. Ada suwiran ayam dan telur rebus yang berpadu dengan air bersantan bewarna kekuning-kuningan.

Pembuatan burgo secara singkat yakni dengan memasak adonan tepung sagu dan tepung berasa dengan cara mendadar layaknya telur dadar. Setelah dirasa matang, adonan ini digulung lalu diiris kecil-kecil untuk selanjutnyasiap  disajikan dengan kuah udangn. Kuah tersebut terbuat dari campuran santan, kemiri, kunyit, lengkuas, bawang putih dan ketumbar.

Burgo memiliki cita rasa yang begitu gurih, apalagi jika padua isiannya seperti suwiran ayam dan telur yang sudah terkenal kelezatannya.

  1. Kuliner Sumatera Selatan Tekwan

kuliner sumatera selatan
Sumber: Pinterest

Tekwan merupakan kuliner khas Palembang yang terbuat dari olahan daging ikan dan tapioka. Adonan tersebut kemudian yang dibentuk bulatan kecil-kecil. Cara membuat pentol tekwan secara umum mirip dengan resep pempek.

Baca Juga ini Ya !! =>  3 Kuliner Jakarta Khas Betawi yang Melegenda

Kuliner satu ini biasanya disajikan dalam kuah udang dengan rasa yang khas, ditambah dengan pelengkap seperti potongan bengkoang, sohun, dan jamur. Lebih nikmat jika kamu taburi potongan seledri, daun bawang dan bawang goreng.

Nama tekwan sendiri diambil dari istilah bahasa Palembang “Berkotek Samo Kawan”, yang memiliki arti duduk bersama teman atau bisa juga dari bahasa Min Selatan yakni tê-kuàn yang berarti kotak teh.

  1. Model

kuliner sumatera selatan model
Sumber: laman Makananoleholeh.com

Kuliner khas Sumatera Selatan berikutnya adalah Model. Pada dasarnya, sajian model diolah dari adonan yang sama dengan adonan pembuatan pempek kapal selam. Namun yang membedakan adalah isinya yang menggunakan tahu dan bukan telor.

Tidak hanya itu, penyajian menu model juga tidak menggunakan kuah cuka melainkan kaldu udang yang berpadu dengan bihun serta timun dan ebi. Model sendiri terdiri dari dua jenis, yakni model ikan dan gendum.

Perbedaannya, model ikan terbuat dari bahan yang hampir sama dengan pempek, sedangkan model gandum terbuat dari tepung terigu. Biasanya harga jual model gendum lebih murah daripada model ikan.

  1. Pindang Patin

kuliner sumatera selatan pindang patin
Sumber: Pinterest

Kuliner Sumatera Selatan berikutnya adalah pindang patin. Sedikit kisah, pada masa lampau, aktivitas masyarakat yang cukup tinggi menuntut mereka untuk bisa memasak secara praktis.

Di sisi lain, Sumatra Selatan juga memiliki aliran Sungai Musi dan beberapa anak-anak sungai lainnya yang menyediakan ikan yang berlimpah. Begitu juga dengan rawa yang sama memiliki kekayaan melimpah.

Masyarakat kemudian mulai menciptakan kuliner berupa pindang ikan atau udang. Dan salah satu yang terkenal adalah pindang ikan patin atau bagi masyarakat Sumatera Selatan mengenalnya dengan sebutan pindang patin.

Bumbu kuliner yang satu ini sangat sederhana, yaitu lengkuas, cabai, serai, kunyit dan asam kandis. Pemilihan bumbu yang praktis ini pertimbangan praktis masyarakat yang memiliki aktivitas cukup padat sebagai pedagang.

Baca Juga ini Ya !! =>  Unik dan Nikmat, ini Rekomendasi Kuliner Medan yang Wajib Kamu Coba

Akibatnya mereka lebih memungkinkan untuk membuat atau mengkonsumsi makanan yang praktis. Meski demikian, rasa olahan satu ini tidak perlu diragukan. Kuah pindang campuran belimbing wuluh yang segar dan pedas sudah pasti akan menggoyang lidahmu.

  1. Kuliner Sumatera Selatan Pindang Tulang

kuliner sumatera selatan
Sumber: Pinterest

Selain pindang patin, ada juga pindang tulang yang cukup menjadi primadona kuliner khas Sumatera Selatan. Seperti namanya, sajian ini memang terbuat dari olahan berbahan dasar tulang, yang tepatnya tulang sapi

Kamu tidak perlu khawatir, tulang yang mereka pakai adalah tulang khusus dengan daging yang masih menempel. Selain itu, ada juga sumsum tulang yang bisa kamu nikmati. Masyarakat Sumatera Selatan mengolah pindang patin dengan bumbu rempah yang lengkap sehingga memiliki rasa khas yang begitu nikmat.

Pemilihan bumbu dan rempah yang pas, membuat daging sapi yang disajikan terasa sangat empuk dan nikmat.

  1. Gulai Malbi
kuliner sumatera selatan
Sumber: Pinterest

Rekomendasi kuliner Sumatera Selatan berikutnya adalah Gulai Malbi. Malbi sendiri merupakan sebutan bagi hidangan yang menyerupai semur. Tidak heran jika beberapa orang menyebut kuliner ini sebagai semur daging sapi.

Biasanya gulai malbi memang memakai daging sapi khas dengan paduan bumbu rempah. Menu hidangan ini juga merupakan salah satu makanan yang memiliki rasa manis dari daerah Palembang. Sebagaimana kita ketahui, masyarakat Palembang cenderung menyukai makanan pedas.

Gulai malbi biasanya bisa kamu nikmati dengan nasi minyak, sambal nanas pedas, kerupuk dan acar yang memberikan rasa asam pedas. Meni ini juga kerap menjadi sajian saat perayaan Idul Fitri maupun acara pernikahan.

  1. Kemplang

kemplang
Sumber: Pinterest

Kemplang menjadi salah satu makanan khas kebanggaan kota Palembang, selain pempek, yang terbuat dari olahan berbahan dasar ikan tenggiri atau ikan gabus. Diketahui ada sekitar enam jenis kemplang yang bisa kamu temui di ibukota Sumatera Selatan tersebut.

Baca Juga ini Ya !! =>  3 Cara Membuat Donat dan Tips Donat Lembut Anti Gagal

Beberapa jenisnya adalah kemplang kerupuk yang berbentuk bulat dengan diameter sekitar 5 sampai  dengan 7 cm dan memiliki cita rasa gurih ikan. Kemudian ada juga kemplang getas, yang berbentuk bulat berdiameter sekitar 4 cm, yang terbuat menggunakan adonan pempek seperti kemplang kerupuk.

Selanjutnya ada kemplang panggang, yang pengolahannya dengan cara dipanggang. Kamu bisa menikmatinya dengan saus sambal. Sisanya, ada tiga jenis kemplang dengan nama yang sesuai dengan bentuknya, yakni kemplang keriting, kemplang koin, dan kemplang mangkuk.

Kemplang sendiri adalah jenis kerupuk-kerupukan yang berbentuk tipis dengan rasa renyah yang khas dari rasa ikan. Jika tertarik, kamu bisa bisa dengan mudah menemuinya di Pasar Tradisional Cinde Palembang.

  1. Kuliner Sumatera Selatan Telok Ukan

kuliner sumatera
Sumber: Pinterest

Rekomendasi kuliner Sumatera Selatan terakhir adalah telok ukan. Sajian ini diketahui menjadi makanan khas Palembang yang mulai langka. Alasan utamanya adalah proses pembuatannya yang cukup rumit dan butuh ketelitian bagi yang membuatnya.

Bahan utama telok ukan adalah telur, bisa menggunakan telur ayam maupun telur bebek. Namun masyarakat Palembang biasanya menggunakan telur bebek karena rasanya yang lebih gurih.

Membuat telok ukan sebelumnya perlu membuat lubang kecil di telurnya, bisa menggunakan benda tajam untuk mengeluarkan isinya. Setelah isinya keluar, campur dengan aneka rempah, lalu masukkan kembali ke dalam cangkang telur melalui lubang yang telah kamu buat sebelumnya.

Demikian rekomendasi kuliner Sumatera Selatan yang bisa kamu coba ketika melancong ke sana. kamu juga bisa menikmati wisata kuliner di beberapa provinsi lain seperti makanan khas Sumatera Utara, makanan khas Sumatera Barat, hingga makanan khas Bengkulu.