Manfaat Kangkung yang Ternyata Berkhasiat Tinggi

Manfaat Kangkung

Manfaat Kangkung

Siapa sangka jika manfaat kangkung ternyata mengandung banyak sekali kebaikan? Tidak sulit untuk menemukan sayur hijau satu ini. Harganya murah dan hampir tersedia di pasar tradisional maupun supermarket. Berkat kedua alasan tersebut lah, sayur kangkung menjadi salah satu makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Banyak penelitian yang mengklaim bahwa kandungan kangkung yang berupa protein, serat, karbohidrat, asam folat, dan lainnya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Selain untuk kesehatan, sayur kangkung pun juga turut andil dalam memberi manfaat dalam aspek kecantikan.

Kangkung bisa diolah dalam berbagai macam. Rasanya pun nikmat, lezat, dan cocok di lidah dari semua kalangan. Masyarakat Indonesia sendiri juga sangat kreatif dalam mengolah kangkung. Jenis masakan yang populer di sini adalah kangkung bumbu tauco, ca kangkung, plecing kangkung, atau kangkung yang di bumbu terasi. Hampir semua jenis restoran dan rumah makan pasti menyediakan menu olahan kangkung. Tidak peduli itu hanyalah warung kaki lima di pinggir jalan, atau restoran bintang lima, pasti Anda akan mudah untuk menemukan kangkung dalam menunya.

Bunga Kangkung

Kangkung termasuk tumbuhan yang mudah sekali untuk dibudidayakan. Saking mudahnya, kangkung pun juga bisa tumbuh dengan liar sendirinya. Kangkung tidak hanya berupa daun dan batang saja. Tumbuhan ini juga memiliki bunga. Bunganya pun cantik berwarna putih dengan warna ungu di bagian tengahnya. Jenis kangkung yang umum untuk dikonsumsi adalah jenis kangkung yang sudah tua. Seratnya kasar dan pucuknya yang muda terasa lebih nikmat. Anda pun bisa mengkonsumsi kangkung secara mentah juga. Namun ingat untuk mencucinya dengan baik terlebih dahulu.

Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

Setelah berkenalan sedikit dengan latar belakang si sayur satu ini, kini kita bahas apa saja manfaatnya. Mungkin masih ada sebagian dari Anda yang tidak suka dengan rasa kangkung. Jika setelah ini Anda sudah tahu manfaatnya, bisa saja Anda akan berubah pikiran. Yuk, kita cari tahu bersama apa saja manfaat kangkung!

Baca Juga ini Ya !! =>  7 Manfaat Buah Naga & Resep Unik Churros Buah Naga

Kolesterol Tinggi? Makan Kangkung!

Di masa modern yang serba cepat ini membuat gaya hidup kita berubah. Kita pun cenderung asal dalam memilih makanan tanpa melihat gizi dan nutrisinya. Akibatnya pun akan meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh kita. Jika kita terlalu banyak menumpuk kolesterol jahat, maka berbagai penyakit akan mengancam. 

Agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan, cobalah untuk menambahkan kangkung sebagai salah satu makanan keseharian Anda. Sayuran ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh kita secara alami. Klaim ini sudah terbukti atas percobaan kepada tikus-tikus. Hasilnya, Triglycoside dan kadar kolesterol jahat pada tikus menurun setelah diberikan kangkung.

Rajin Makan Kangkung = Mencegah Sembelit

Kandungan kangkung yang memiliki serat tinggi dapat membantu melancarkan pencernaan Anda. Untuk Anda yang sering mengalami susah BAB, Anda bisa rutin mengkonsumsi kangkung sebagai pelancar BAB yang alami. Selain itu, kangkung pun bersifat sebagai detoksifikasi, yakni sebagai pembuang racun dalam tubuh. Jika pencernaan dan BAB lancar maka ini pun bisa dikategorikan sebagai manfaat kangkung untuk diet. Anda tidak akan lagi mengalami perut buncit yang kembung.

Olahan Kangkung

Mencegah Bayi Lahir Cacat

Kangkung juga bisa dikonsumsi oleh ibu hamil karena khasiatnya. Para ahli kesehatan pun menganjurkan kepada para ibu hamil untuk mengkonsumsi kangkung pada trimester pertama saat kehamilan. Manfaat kangkung untuk ibu hamil ini karena kandungan asam folatnya yang tinggi. Asam folat merupakan nutrisi penting untuk mencegah cacat pada janin. Yuk, para ibu jangan ragu untuk mengkonsumsi kangkung, ya!

Menjaga Kesehatan Mata

Kangkung juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A pun terkenal dengan khasiatnya yang baik untuk kesehatan mata. Ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk Anda yang tidak suka dengan rasa wortel. Dengan mengkonsumsi kangkung dengan rutin, maka kesehatan mata Anda dapat terjaga dengan baik. 

Baca Juga ini Ya !! =>  4 Bahan Alami yang Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah Bagi Penderita Diabetes

Kesehatan Mata

Baik untuk Bahan MPASI Anak

Saat memasuki fase MPASI, tidak jarang para orang tua akan dihadapkan dengan kebingungan. Kira-kira bahan apa sajakah yang bisa dijadikan MPASI, apakah kandungannya baik atau tidak, dan sebagai macamnya. Kabar baiknya, sayur kangkung pun bisa Anda jadikan sebagai bahan MPASI.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi dan vitamin, kangkung dapat membantu tumbuh kembang si kecil dengan optimal. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa kangkung bermanfaat untuk kesehatan mata. Selain itu, kalsium yang ada pada kangkung ternyata juga memiliki khasiat. Khasiat tersebut diantaranya adalah untuk membantu pertumbuhan gigi dan tulang dengan baik.

Menyembuhkan Anemia

Anemia bisa menyerang siapa saja. Banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsi daging merah sebagai obat untuk anemia. Namun tidak semua orang suka dengan daging merah. Jika Anda merasa demikian, tidak perlu buru-buru mengkonsumsi obat anemia. Anda bisa mencoba rutin makan sayur kangkung. Kandungan zat besi dan fosfornya terkenal mampu dalam menaikkan jumlah produksi sel darah merah.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Penting sekali bagi kita untuk menjaga daya tahan tubuh. Apalagi di masa pancaroba, terlebih saat pandemi covid-19. Meningkatkan imunitas tubuh tidaklah sulit. Tidur cukup, olahraga teratur, dan makan makanan yang bergizi seimbang. Sayur kangkung pun juga memiliki peran penting untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Tidak hanya vitamin A, kangkung pun mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C terbukti mampu dalam menaikkan daya tahan tubuh seseorang. Sifatnya yang sebagai antioksidan itulah yang bisa mencegah berbagai penyakit datang. Jika Anda rutin mengkonsumsi kangkung, maka kebutuhan vitamin C harian Anda dijamin tercukupi. Batuk, flu, sariawan, demam, sampai penyakit berat pun bisa Anda cegah dengan mengkonsumsi kangkung. Tentunya tidak secara berlebihan, ya! Ancaman bahaya kangkung bisa terjadi jika Anda berlebihan mengkonsumsinya.

Baca Juga ini Ya !! =>  Obat Alami Radang Tenggorokan Yang Bisa Kamu Racik Sendiri di Rumah

Efek Samping Kangkung

Meskipun sayur kangkung memiliki banyak manfaat, bukan lantas Anda harus mengkonsumsinya secara berlebihan. Apapun yang berlebihan selalu berujung tidak baik jika Anda tidak bisa mengontrolnya. Selain konsumsi yang berlebihan, kangkung juga bisa berbahaya jika tidak diolah dengan benar. Walaupun di awal artikel disebutkan jika kangkung dapat dikonsumsi mentah, namun Anda tetap perlu berhati-hati.

Berikut ini efek samping kangkung yang perlu Anda tahu:

1. Mengantuk

Efek ini bisa dibilang baik ataupun buruk tergantung kondisinya. Anda bisa memanfaatkan kangkung sebagai obat tidur alami jika Anda mengalami susah tidur. Namun jika berlebihan tentu tidak baik. Kandungan kalium yang tinggi pada kangkung ternyata berpengaruh pada sistem saraf pada kepala. Hal inilah yang menyebabkan Anda menjadi mengantuk setelah makan kangkung.

2. Batang Kangkung Sering Menjadi Sarang Lintah

Batang kangkung yang berongga sering menjadi sarang lintah. Maka dari itulah penting bagi kita untuk mencuci bersih kangkung sebelum mengolahnya. Pastikan rongga pada batang bersih dari lintah ataupun makhluk organisme lainnya. Jika sampai tertelan, dikhawatirkan akan terjadi gangguan pencernaan.

Gangguan Pencernaan

3. Asam Urat

Bagi para penderita asam urat, ada baiknya untuk membatasi konsumsi kangkung. Kangkung memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Zat ini mampu memicu ataupun memperparah kadar asam urat pada tubuh. Jika Anda belum pernah menderita asam urat, ada baiknya untuk tidak berlebihan dalam memasukkan kangkung sebagai makanan sehari-hari.