Rekomendasi Tempat Wisata di Madiun dengan Beragam Keunikan

  • Bagikan
sumber: Instagram @martien_saputro

Madiun adalah sebuah kota yang letaknya di Provinsi Jawa Timur. Mungkin yang banyak orang-orang ketahui tentang Madiun adalah budaya tradisional pencak silatnya dan juga kuliner khasnya yaitu pecel dan brem. Tapi apa kamu tahu kalau selain wisata budaya dan wisata kuliner Madiun, banyak juga lho tempat wisata di Madiun yang keren dan menarik untuk kamu kunjungi. Sebagai salah satu contoh adalah Gunung Kendil Madiun.

Nah bagi kamu yang mungkin punya rencana liburan dengan mengunjungi kota Madiun ada baiknya untuk mengetahui beberapa objek wisata populer dan menarik yang ada di sana. Untuk itu, berikut kami berikan informasi singkat beberapa rekomendasi tempat wisata di Madiun yang menarik untuk mengisi waktu liburanmu.

  1. Wana Wisata Grape

tempat wisata di madiun, Wana Wisata Grape
sumber: Instagram @martien_saputro

Yang pertama adalah Wana Wisata Grape. Jika kamu menginginkan sebuah tempat melepaskan penat yang sejuk dan masih alami, Objek wisata Wana Wisata Grape ini pilihannya. Kamu bisa menenangkan pikiran dan menjauh sejenak dari kebisingan kota. Lokasinya sangat cocok untuk menghilangkan rasa penatmu dari kesibukan pekerjaan.

Kawasan wisata seluas satu setengah hektar ini akan menyuguhkan pemandangan alam yang syahdu. Kamu bisa melihat hamparan sawah terasering, sungai mengalir dan rimbunnya pepohonan hijau yang menyejukkan mata. Selain itu kamu juga bisa mencoba aktivitas menarik yaitu bersepeda.

Tersedia penyewaan sepeda yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk mengeksplorasi kawasan wisata ini dengan lebih seru. Jika sudah merasa puas dan lelah, kamu bisa beristirahat sambil menikmati makanan dan minuman di tempat makan yang ada di sini. Terdapat dua tempat makan yang bisa kamu kunjungi, rumah makan yang terletak di tengah perkebunan Jati atau warung lesehan yang berada di pinggir sungai. Keduanya merupakan tempat beristirahat yang sangat syahdu. Kamu bisa menikmati hidangan sambil ditemani pemandangan yang syahdu.

  1. Taman Wisata Umbul

tempat wisata di madiun, Taman Wisata Umbul
sumber: instgram @andridanu2

Berikutnya adalah Taman Wisata Umbul. Hal yang menjadi menarik dari objek wisata ini adalah, taman ini merupakan sebuah taman peninggalan masa Belanda. Letaknya yang berada di lereng gunung Ungaran, membuat suasana di kawasan wisata ini sangat asri dan pemandangannya indah. Tempat ini menjadi salah satu tempat nongkrong di Madiun yang populer.

Banyak fasilitas yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke objek Taman Wisata Umbul ini. Bagi kamu yang suka bermain air, di sini terdapat kolam renang yang siap menyegarkanmu. Ada juga sumber air belerang, atau jika kamu datang bersama keluarga dan membawa serta anak-anak, tersedia pula wahana bermain anak yang bisa digunakan.

Salah satu daya tarik utama dari tempat wisata di Madiun ini adalah kebun binatang mininya. Di kebun binatang ini terdapat kurang lebih 115 koleksi hewan yang bisa kamu lihat. Meskipun tidak selengkap koleksi kebun binatang besar, adanya fasilitas kebun binatang mini ini membuat Taman Wisata Umbul Madiun menjadi salah satu tempat wisata keluarga favorit di Madiun. Banyak masyarakat yang datang berkunjung ketika akhir pekan atau musim liburan tiba.

Selain itu, bagi kamu yang menyukai sejarah dan budaya, kamu bisa melihat koleksi arca peninggalan kebudayaan Hindu-Budha. Terdapat delapan arca yang terawat dengan baik di lokasi wisata ini. Arca tersebut adalah Patung Dewi Durga, Dewi Sri, ingga yoni, dua buah arca lembu andini, dua buah arca pancuran juala dan jala, serta arca miniatur lumbung padi.

  1. Situs Nglambangan

tempat wisata di Madiun, situs nglambangan
sumber instagram @syafaa.in

Setelah membahas sedikit mengenai peninggalan sejarah dan budaya yang ada di Taman Wisata Umbul, kita lanjutkan dengan membahas salah satu peninggalan sejarah yaitu situs Ngalmbangan. Di lokasi ini kamu bisa melihat peninggalan sejarah Majapahit berupa Pesiraman, Pura Lambangsari dan beberapa tempat keramat.

Lokasinya berada di Desa Nglambangan, Wungu, Kabupaten Madiun. Situs Nglambangan ini sudah sangat populer bagi masyarakat kota Madiun karena lokasinya kerap kali menjadi tempat upacara ritual bulan Sura. Objek wisata sejarah ini kerap ramai dengan pengunjung, selain karena bisa mempelajari dan menikmati sejarah peninggalan Kerajaan Majapahit, Situs Nglambangan ini juga dapat kamu kunjungi dengan gratis.

Situs ini dikenal juga dengan sebutan Punden Nglambangan atau Punden Lambang Kuning. Disini kamu bisa melihat peninggalan sejarah dengan corak Hindu-Jawa. Mulai dari pintu masuk kamu bisa melihat gapura yang dibangun dari tumpukan batu bata. Bangunan dan beberapa bendanya menghadirkan suasana klasik masa lampau. Ditambah lagi dengan banyaknya pepohonan besar yang berusia ratusan tahun.

  1. Air Terjun Krecekan Danu

air terjun krecekan denu
sumber: blog wisataindonesialiburan

Objek wisata air terjun ini ukurannya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 20 meter. Akan tetapi air terjun Krecekan Danu ini memiliki pesona alam yang mempesona. Kawasannya masih sangat asri dan cocok bagi kamu yang hendak melepaskan penat dan menenangkan pikiran.

Lokasinya objek wisata ini berada di Desa Kepel, Grape, Kabupaten Madiun. Air terjun Krecekan Danu ini menjadi salah satu tujuan wisata bagi masyarakat kota Madiun ketika waktu liburan dan akhir pekan.

Sedari perjalanan menuju ke lokasi wisata ini kamu sudah dimanjakan dengan pemandangan alam sekitar berupa perbukitan yang menyejukkan mata. Kamu akan melewati jalan setapak yang lumayan menantang. Kamu perlu menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 15 menit berjalan kaki. Namun perjuangan itu tidak akan sia-sia ketika kamu sampai di spot utama air terjunnya dan melihat langsung keindahannya.

  1. Dumilah Waterpark

dumilah waterpark
sumber instagram @rickaufaira

Tempat wisata di Madiun berikutnya adalah sebuah lokasi yang kerap kali menjadi tujuan wisata keluarga bagi masyarakat Kabupaten Madiun. Objek wisata itu adalah Dumilah Waterpark. Sebuah wisata dengan wahana bermain air yang ramah keluarga. Dengan berbagai wahana yang ada, kamu bisa menikmati keseruan bersama keluarga tercinta.

Di antara berbagai wahana yang ada, kamu bisa menikmati fasilitas kolam renang yang beragam. Misalnya kolam arus, kolam anak, kolam tanding hingga kolam dengan perosotan.

Ada juga Garden Zone bagi kamu yang ingin bersantai sambil menikmati kesejukan atau mengabadikan momen dengan berbagai macam jenis bunga yang indah. Salah satu wahana yang menjadi favorit pengunjung adalah fasilitas outbondnya. Dengan menikmati fasilitas ini akan menambah keseruan liburan keluargamu

  1. Sun City And Theme Park

sun city water park
sumber instagram @waterparksuncitymadiun

Satu lagi tempat wisata keluarga yang memiliki fasilitas dan wahana bermain yang menyenangkan, yaitu Sun City and Theme Park. Wahana wisata ini sangat cocok bagi kamu yang mencari tempat liburan bersama keluarga. Banyak wahana yang bisa kamu nikmati, misalnya ada Waterboom, kolam renang, bom bom car, hingga kereta api mini dan masih banyak wahana seru lainnya. 

Untuk wahana bermain airnya sendiri terdapat banyak pilihan yang bisa kamu nikmati. Mulai dari kolam anak yang lengkap dengan seluncuran hingga kolam untuk dewasa dan kolam dengan ombak buatan. Objek wisata keluarga Sun City Theme Park ini menjadi pilihan wisata bagi masyarakat Kota Madiun ketika ingin menghabiskan waktu liburan dan akhir pekan bersama keluarga.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Madiun yang asik untuk kamu kunjungi. Kamu juga bisa menikmati berbagai macam pilihan tempat wisata di Madiun dan Magetan sekaligus, sebab lokasi kedua kota tersebut berdekatan. Mulai dari wisata keluarga hingga tempat wisata dengan pesona alam yang syahdu. Pastikan untuk menikmati objek wisata di atas ketika kamu sedang berkunjung ke kota Madiun ya.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Wonosobo yang Memanjakan Para Pecinta Alam
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *