Wisata  

Tempat Wisata di Sumenep, Surganya Pecinta Pulau dan Gili

Pulau Sapeken
sumber Instagram @radenbudiarta

Kabupaten Sumenep merupakan surga bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburannya di gili atau pantai. Pulau dan pantai yang menjadi daya tarik tempat wisata di Sumenep memiliki pemandangan alam yang eksotis. Misalnya saja pantai Lombang Sumenep dengan pemandangan pantai cantik dan air lautnya yang jernih.

Di Pulau Madura sendiri, kabupaten Sumenep diperkirakan menjadi pusat peradaban di pulau ini. Banyak warisan sejarah dan budaya yang terdapat di Sumenep. Sehingga, selain wisata alam pantai dan pulaunya, banyak juga alternatif wisata sejarah maupun wisata budaya yang bisa kamu kunjungi. Misalnya saja kamu bisa mengunjungi Masjid Jami, Istana, hingga museum keraton.

Kabupaten Sumenep

Di pulau Madura, Kabupaten Sumenep berada di sisi paling timur. Daerahnya sangat unik sebab wilayahnya terdiri dari daratan dan pulau yang berjumlah sekitar 126 pulau. Pulau-pulau tersebut tersebar luas di lautannya, dan hanya sekitar 48 pulau yang berpenghuni. Tidak heran jika Kabupaten Sumenep menjadi surganya pulau/gili dan pantai di pulau Madura.

Selain memiliki objek wisata yang unik dan menarik, Kabupaten Sumenep juga memiliki kuliner khas yang unik. Salah satunya adalah rujak Dulit. Berbeda dengan rujak-rujak pada umumnya, komposisi rujak Dulit ini menggunakan timun, irisan tahu goreng, lontong, singkong rebus, kacang panjang, kecambah, sayuran rebus, dan toping keripik singkong. Jika kamu berkesempatan mengunjungi Sumenep, pastikan untuk mencoba jajanan unik yang satu ini.

Langsung saja, Sebagai salah satu tempat yang menjadi tujuan wisata bagi pecinta pantai dan pulau, Kabupaten sumenep memberikan keindahan alam pulau yang menakjubkan. Nah bagi kamu yang ingin tau ada wisata pulau apa saja yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke sana, berikut rekomendasi tempat wisata di Sumenep yang wajib kamu kamu coba sebagai pecinta pulau/gili dan pantai.

1. Pulau Gili Iyang

tempat wisata di Sumenep Gili Iyang
sumber Instagram @yanuarrainsyah

Kabupaten Sumenep terkenal dengan wisata gili/pulaunya yang syahdu. Salah satunya adalah pulau Gili Iyang ini. Banyak para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini, selain karena keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga karena lokasi wisata ini terkenal memiliki kadar oksigen yang tinggi. Kadarnya sekitar 21,5%, termasuk salah satu yang tertinggi di dunia. Jadi kamu bukan hanya wisata alam, pulau Gili Iyang juga merupakan tempat wisata sehat.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Bantul Bertema Alam yang Bikin Rileks!

Di sini kamu dapat melakukan berbagai aktivitas yang seru. Kamu bisa berenang, bermain pasir hingga aktivitas menyelam. Kamu juga bisa berfoto, karena kawasan ini memiliki pemandangan yang syahdu. Tidak hanya view pantai dan lautan lepasnya yang bisa menjadi latar, banyak spot menarik yang juga bisa kamu jadikan tempat berfoto, seperti bebatuan karang kokoh yang ada di sekitar pantai ini.

Pantai-pantai indah yang bisa kamu kunjungi ketika berada di pulau ini misalnya Pantai Ropet. Kamu juga bisa mengunjungi wisata Gua. Pulau Gili Iyang ini juga memiliki banyak Gua yang menarik untuk kamu kunjungi.

2. Pulau Gili Labak

gili labak
sumber Instagrm @pixel.travel

Satu lagi objek wisata pulau yang menjadi tujuan para wisatawan ketika melancong ke Kabupaten Sumenep, Madura. Pantai di pulau ini memiliki air laut yang jernih dan pasir putih yang cantik. Tidak heran jika banyak pemburu foto yang nyaman ketika berada di pulau ini. Laut di pulau ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Kamu bisa meminta para nelayan di sini untuk mengantarkanmu ke spot menyelam yang pas. Untuk alatnya kamu tidak perlu khawatir, karena di sini kamu bisa menyewa peralatan menyelam.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas berkemah di pulau Gili Labak ini. Mungkin diantara kamu yang bosan bermalam di penginapan atau hotel di Sumenep. Sehingga kamu bisa berlama-lama menanti mata hari terbenam, melihat indahnya taburan bintang malam hari, hingga pemandangan matahari terbit. Jika masih ingin melakukan kegiatan lainnya, kamu bisa menyewa perahu nelayan untuk bisa mengelilingi lautan sekitar. Air lautnya yang jernih membuat kamu bisa sambil melihat pemandangan ikan berenang.

Lokasi ini kerap kali dikunjungi wisatawan bersama keluarga atau sahabat. Karena suasananya yang syahdu membuat lokasi wisata Pulau Gili Labak ini menjadi tempat wisata keluarga favorit bagi masyarakat di Jawa timur hingga dari kawasan Nusantara yang lain.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Lumajang, Surga Bagi Kamu Pecinta Air Terjun

3. Pulau Gili Genting

Gili Genting
sumber Instagram @kataomed

Tempat wisata di Sumenep Gili Genting, Pulau ini merupakan sebuah kecamatan. Lokasinya berada di sisi tenggara Pulau Madura. Objek wisata populer yang menjadi tujuan wisata utama para wisatawan adalah pantai Sembilan Sumenep.

Pada awalnya pantai ini merupakan pelabuhan kecil tempat bersandarnya perahu penyeberangan antar pulau Gili genting dengan pulau-pulau lain. Tetapi kini kawasan Pantai Sembilan ini justru menjadi objek wisata yang menarik banyak sekali minta pengunjung. Pantai ini pemandangannya begitu mempesona, airnya sangat jernih dan pasir putihnya begitu memukau.

Nama pantai Sembilan diambil dari salah satu spot berupa gundukan pasir yang menyerupai angka sembilan. Gundukan pasir ini justru menjadi daya tarik utama wisata gili Genting ini dan menjadi objek latar berfoto favorit bagi para wisatawan yang berkunjung.

4. Pulau Sapeken

Pulau Sapeken
sumber Instagram @radenbudiarta

Bagi kamu yang menyukai keindahan bawah laut, tempat wisata di Sumenep yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Pulau Sapeken memiliki lautan jernih dengan keindahan bawah laut yang syahdu. Pulau ini merupakan pulau kecil di Kabupaten Sumenep dengan hamparan pasir putih yang indah di sekelilingnya.

Kawasan wisata Pulau Sapeken ini menjadi spot favorit bagi wisatawan yang datang dari kota yang ingin menyegarkan pikiran dan melepas penat. Lokasinya yang sejuk dan tenang, membuat pulau ini menjadi tempat yang pas untuk menghindar sejenak dari hiruk-pikuk suasana perkotaan. Bagi kamu yang sibuk bekerja, ada baiknya untuk merefresh pikiran dengan berkunjung ke Pulau Sapeken ini ketika liburan atau akhir pekan.

Selain menikmati keindahan alamnya, kamu juga bisa melihat aktivitas masyarakat dan belajar adat istiadat masyarakat yang bermukim di sana. Di pulau ini juga hutan mangrovenya tumbuh subur dan menjadi salah satu hutan mangrove yang luas di Jawa Timur.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Denpasar Bali yang Terkenal dan Instagramable

5. Pulau Mamburit

pulau Mamburit
Sumber Instagram @bdoel_kusuma

Rekomendasi tempat wisata pulau yang terakhir adalah wisata Pulau Mamburit. Aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di wisata pulau ini adalah menikmati ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat. Jadi kamu bisa melihat danĀ  membeli langsung ikan segar yang baru saja ditangkap.

Satu lagi yang khas dari pulau ini adalah buah Sukunnya yang manis. Kalau kamu berkesempatan berkunjung ke sini, jangan lupa untuk mencicipi buah ini. Wilayahnya yang tidak begitu luas, membuat pulau ini hanya memiliki sedikit penduduk. Namun penduduknya sangat ramah, mereka selalu menerima dan memperlakukan para wisatawan yang berkunjung dengan hangat.

Ada baiknya ketika kamu berkunjung ke wisata pulau Mamburit ini untuk menunggu hingga sore. Karena pemandangan matahari terbenamnya sangat indah dan menjadi pemandangan favorit sebagian besar pengunjung yang ke sini. Dan setelah puas menjelajah serta menikmati keindahan alamnya, kamu bisa bersantai dan beristirahat sambil menikmati jajanan khas gorengan dan kopi panas yang tersedia di warung warga setempat.

Demikian rekomendasi tempat wisata Gili dan Pulau yang bisa kamu kunjungi ketika berwisata ke Kabupaten Sumenep. Bagaimana, adakah salah satu pulau/gili di atas yang tertarik untuk kamu kunjungi?