Perbandingan antara mobil Daihatsu Sigra dan Toyota Calya

sigra calya
sigra calya

Dalam segmen mobil Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia, Daihatsu Sigra dan Toyota Calya merupakan dua pilihan populer yang banyak diminati oleh konsumen. Kedua mobil ini menawarkan nilai yang baik dengan harga yang terjangkau, efisiensi bahan bakar yang tinggi, dan ruang interior yang luas. Namun, terdapat beberapa perbedaan penting antara keduanya yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli.

Desain Eksterior: Daihatsu Sigra memiliki tampilan yang modern dan segar. Desainnya yang aerodinamis dengan garis-garis yang tegas memberikan kesan yang sporty. Di sisi lain, Toyota Calya memiliki desain yang lebih klasik dan terlihat lebih konservatif. Calya memiliki dimensi yang sedikit lebih besar dari Sigra, sehingga memberikan kesan lebih besar dan lebih kokoh.

Kenyamanan dan Ruang Interior: Baik Sigra maupun Calya menawarkan ruang interior yang luas untuk ukuran mobil LCGC. Keduanya mampu menampung hingga tujuh penumpang dengan kenyamanan yang memadai. Namun, Sigra memiliki pengaturan kursi yang lebih fleksibel dengan kursi belakang yang dapat dilipat secara individu, memungkinkan penyesuaian yang lebih baik tergantung pada kebutuhan penumpang dan barang bawaan. Sedangkan Calya memiliki sistem kursi yang lebih sederhana dengan kursi yang dapat dilipat dalam konfigurasi 50:50.

sigra
sigra

Fitur Keselamatan: Kedua mobil ini dilengkapi dengan fitur keselamatan dasar seperti rem ABS, sabuk pengaman, serta sistem rem dan suspensi yang andal. Namun, Toyota Calya memiliki keunggulan dalam fitur keselamatan dengan adanya airbag ganda pada varian tertentu, sementara Sigra hanya dilengkapi dengan airbag pengemudi pada semua varian.

Performa dan Efisiensi Bahan Bakar: Dalam hal performa, keduanya menggunakan mesin yang serupa, yaitu mesin bensin 1.2 liter dengan tenaga yang cukup untuk penggunaan sehari-hari. Meskipun demikian, Sigra memiliki sedikit keunggulan dalam efisiensi bahan bakar dengan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah, memberikan jarak tempuh yang lebih jauh per liter bahan bakar dibandingkan dengan Calya.

Baca Juga ini Ya !! =>  Review Toyota Altis Sedan Dengan Tampilan Baru Yang Mempesona

Harga dan Layanan Purna Jual: Dalam hal harga, Daihatsu Sigra cenderung memiliki harga yang lebih rendah daripada Toyota Calya dalam varian yang setara. Namun, layanan purna jual dan jaringan pelayanan purna jual Toyota biasanya dianggap lebih luas dan lebih terjamin di Indonesia, yang mungkin menjadi pertimbangan bagi beberapa konsumen.

sigra calya
sigra calya

Kesimpulan: Daihatsu Sigra dan Toyota Calya adalah dua mobil LCGC yang menarik di pasar Indonesia. Keduanya menawarkan harga yang terjangkau, efisiensi bahan bakar yang tinggi, dan ruang interior yang luas. Pilihan antara keduanya tergantung pada preferensi individu, kebutuhan, dan anggaran yang tersedia. Penting untuk melakukan tes drive dan mempertimbangkan faktor-faktor seperti desain, fitur keselamatan, kenyamanan, efisiensi bahan bakar, harga, dan layanan purna jual sebelum membuat keputusan pembelian.