Budaya  

Keunikan Budaya Jambi

budaya jambi
budaya jambi
budaya jambi
budaya jambi

Indonesia adalah salah satu negara yang beragam, dan tentunya banyak suku dan juga budaya yang ada di Indonesia. Salah satu budaya Indonesia yang ada di Indonesia ini, adalah budaya dari provinsi Jambi. Berikut ini adalah budaya budaya yang ada di Provinsi Jambi, yang sangat unik dan juga perlu anda ketahui.

Mengenal Ragam Budaya Yang Ada di Jambi

Budaya Jambi sangat beragam dan juga sangat banyak sekali, dan pastinya anda akan tertarik untuk melihat budaya dari Jambi ini. Berikut ini adalah beberapa budaya unik, yang ada di wilayah Jambi:

1. Rumah Adat

rumah jambi
rumah jambi

Jambi mempunyai sebuah rumah adat, dan rumah adat ini masih dilestarikan hingga saat ini. Nama dari rumah adat tersebut, adalah Rumah Lajang Lako. Bentuk rumah ini adalah memanjang, dan panjang dari rumah adat ini adalah sebanyak  2 meter. Dengan panjang sekitar 2 meter ini, rumah ini menghadap ke bagian depan jalan. Untuk bagian belakangnya ini, digunakan sebagai tempan penyimpanan padi.

Pada bagian depannya ini terdapat sebuah tangga, dan dengan adanya tangga tersebut membantu orang untuk bisa ke rumah tersebut. Untuk warna dari rumah tersebut adalah warna hitam, dan ada corak emas pada bagian depan rumah ini. Bagian atapnya ini sangat berguna sekali, untuk melindungi rumah dari air hujan.

2. Tarian Adat Jambi

Tarian Adat Jambi juga sangat menarik sekali untuk disaksikan, dan tarian adat dari Jambi adalah tarian adat Tari Selampit. Tarian Selampit ini dilakukan oleh anak anak yang masih muda, dan dengan adanya tarian tarian Selampit ini akan membuat anak anak muda jadi akrab satu sama lain.

Selanjutnya ada juga tarian Jambi yanhg lainnya, yakni tarian Sekapur Sirih. Tarian ini merupakan tariah khas Jambi, dan tarian ini ciri khasnya ada pada sirihnya. Tujuan dari tariah zsekapur Sirih ini, adalah untuk menghormati tamu tamu yang akan datang. Contohnya adalah para pejabat daerah yang ke daerah Jambi, dan mereka akan disambut dengan tarian Sekapur Sirih.

Baca Juga ini Ya !! =>  Berbagai Macam Budaya Jambi Yang Perlu Kalian Ketahui

 

3. Pakaian Adat

tarian adat jambi
tarian adat jambi

Pakaian adat ada diseluruh Indonesia, dan tentunya pakaian adat dari Jambi juga sangat unik. Pakaian adat dari Jambi ini, adalah baju adat Kurung. Warna pakaian adat Kurung dari Jambi ini adalah kuning, dengan corak keemasan. Corak keemasan tersebut, dipengaruhi dari budaya Melayu yang sangat kental sekali.

Saat menggunakan baju kuring ini, biasanya pria dan wanita menggunakan sebuah penutup kepala. Untuk pria menggukan penutup kepala lacak, sedangkan untuk wanita menggunakan sebuah penutup kepala Tekuluk. Keduanya sangat diperlukan sekali, dan dengan adanya penutup kepala ini membuat kepala menjadi lebih terlindungi.

4. Tradisi

Provinsi banyak sekali tradisi tradisi yang sangat unik, dan tentunya tradisi ini masih dilestarikan hingga saat ini. Tradisi tradisi dari Jambi berikut, yang masih dilestarikan hingga saat ini:

  • Burusik Sirih Bergurau Pinang

    burusik sirih bergurau pinang
    burusik sirih bergurau pinang
  • Tradisi yang ada di wilayah Jambi yang sangat terkenal, adalah tradisi Burusik Sirih Bergurau Pinang. Tradisi atau budaya ini dilakukan dan juga dilaksanakan oleh masyarakat sekitar, saat ada pasangan yang ingin menikah. Tradisi ini dilakukan secara besar besaran, dan biasanya keluarga dari pihak pria akan mengunjungi pihak perempuan dengan membawa sebuah sirih.

    Nantinya saat keluarga dari pihak pria tersebut datang, maka nantinya akan diberikan pantun saat keluarga pihak pria datang. Ketika pihak pria tersebut datang, maka akan dilakukan pemberian pantun dari kedua belah pihak. Nantinya jika kedua belah pihak setuju, maka pihak keluarga dari pria dan juga wanita akan saling memberikan kado atau  sebuah barang.

  • Menuak,
    menuak
    menuak

    Dalam tradisi Jambi yang selanjutnya, ada juga yang namanya sebuah tradisi Menuak. Menuak ini adalah salah satu tradisi yang ada di Jambi,  ketika seorang wanita sedang mengandung atau hamil. Tradisi ini biasanya dilakukan pada saat kandungan, sedang memasuki usia 7 bulan. Tujuan tradisi ini adalah na tinya akan ada seseorang tabib atau dukun, yang mmbantu persalinan.

    Tradisi ini dilakukan dengan  calon orang tua, mendatangi tabib atau  tersebut. Mereka akan membawa seserahan berbagai macam makanan, untuk diserahkan kepada dukun tersebut. Setelah dilakukan seserahan kepada dukun tersebut, maka nantinya dukun tersebut bisa membantu calon orang tua untuk melahirkan.

  • Kenduri Sko
    Kenduri Sko
    Kenduri Sko

    Kenduri Sko merupakan tradisi pemberian gelar, kepada petinggi atau tetua adat. Biasanya saat kenduri Sko ini masyarakat berkumpul di sebuah tempat, dan para undangan tersebut akan diundang dengan menggunakan sebuah bendera.

    Dalam tradisi ini akan ada seseorang petinggi adat baru, yang akan diberikan sebuah gelar Permeti. Nantinya akan ada serah terima benda pusaka, dan nantinya orang yang ditunjuk mendapatkan gelar Permeti. Jika sudah selesai acaranya, biasanya akan ada ramah tamah dengan tamu undangan tersebut. Tradisi ini rutin dilakukan, jika ada pimpinan adat yang baru.

  • Kumau

    kumau
    kumau
  • Tradisi Kumau adalah tradisi yang dilakukan oleh para petani, dan tradisi ini merupakan tradisi yang sudah turun temurun. Tradisi ini biasanya dilakukan para petani, agar pertanian berjalan dengan lancar. Petani akan menaburkan air di persawahan tersebut, dan kemudian menaburkan sebuah  benih. Tradisi in rutin sekali dilakukan oleh para petani, dan mereka melakukannya sekitar satu tahun sekali.Sekian infromasi mengenai budaya unik, yang ada di provinsi Jambi. Masyarakat di Jambi tetap melestarikan tradisinya, sehingga tradisi tersebut tetap ada hingga saat ini.