Budaya  

Pakaian Adat Jambi

motif dan warna pakaian adat jambi
motif dan warna pakaian adat jambi
pakaian adat jambi
pakaian adat jambi

Jambi adalah provinsi yang terjenal dengan keunikannya, mulai dari tradisi hingga budanya yang sangat unik sekali. Jambi juga terdapat  sebuah pakaian adat, yang sangat unik dan juga sangat berbeda dengan yang lainnya. Berikut ini adalah informasi selengkapnya untuk anda, mengenai pakaian adat dari provinsi Jambi.

Mengenal Pakaian Adat Dari Jambi

Saat anda berkunjung ke Jambi, maka anda nantinya akan mendapatkan orang orang mengenakan pakaian adat yakni Baju Kurung. Masyarakat Jambi merupakan masyarakat dengan etnis Melayu terbanyak, sehingga corak yang ada pada baju kurung ini sangat kental sekali dengan nuansa Melayu. Corak khas Melayu ini sangat tampak sekali, yakni warna merah dan juga keemasan.

Pakaian adat ini sudah ada sejak zaman dahulu, yakni pada saat Indonesia masih bentuk kerajaan. Pakaian  ini digunakan oleh para raja raja, sebagai simbol kekuasaan dan juga kebesaran seorang raja pada saat itu. Saat ini baju kurung dari Jambi, digunakan untuk acara acara adat atau acara penting lainnya.

Bentuk Bentuk Motif,  Warna

motif dan warna pakaian adat jambi
motif dan warna pakaian adat jambi
  1. Warna Pada Baju Adat

Warna yang ada pada baju kurung ini sangat beragam sekali, mulai dari warna hitam hingga warna merah. Warna hitam dan juga merah tersebut, dicampur atau dipadupadankan dengan warna keemasan. Adanya warna keemasan pada baju kurung ini, membuat baju kurung ini tampak sekali khas Melayunya.

Tidak hanya bagian bajunya saja yang berwarna merah dan corak emas, namun bagian sarung atau penutup kepalanya  juga berawarna merah keemasan. Warna merah keemasan tersebut sangat cerah sekali, sehingga pakaian baju kurung pada pria menjadi menarik dan juga gagah saat sedang digunakan.

  1. Corak Pada Bajunya

Ada beberapa motif atau corak yang ada pada baju kurung, yakni  corak kembang melati serta corak lainnya seperti tugo (bunga tabur).  Motif kembang melati dan juga motif bunga tabur tersebut, ada pada pakaian kurung pria.

Baca Juga ini Ya !! =>  Membentuk dan Mempertahankan Budaya Organisasi yang Kuat

Untuk baju kurung wanita ini berbeda motifnya, dan motif dari baju kurung wanita adalah bunga melati dan juga bunga tabur. Motif ini ada pada bagian kiri dan juga kanan baju, sehingga baju kurung pada wanita ini menjadi tampak lebih menarik.

Perlengkapan Perlengkapan Yang Ada Pada Baju Kurung

baju kurung jambi
baju kurung jambi

Saat mengenakan atau memakai baju kurung, ada beberapa perlengkapan perlengkapan yang harus ada ketika sedang menggunakan baju kurung. Berikut ini adalah perlengkapan perlengkapan yang harus tersedia, ketika anda sedang menggunakan baju kurung:

  1. Perlengkapan Perlengkapan Untuk Baju Adat Pria
  • Gelang

Perlengkapan yang wajib digunakan saat sedang menggunakan baju kurung, adalah pria wajib sekali untuk menggunakan sebuah gelang. Nantinya gelang tersebut digunakan dibagian bagian tangan, dan gelang ini berbahan logam.

Untuk motif pada gelangnya adalah motif naga, dan dengan adanya motif naga tersebut menunjukan sebuah kekuasaan pada seorang pria. Untuk itulah gelang ini tidak boleh terlewatkan untuk digunakan, ketika sedang menggunakan baju kurung.

  • Kain Songket

Kain Songket ini juga tidak boleh terlewatkan untuk digunakan oleh pria, karena dengan adanya kain songket ini menunjukan budaya khas Jambi. Kain Songket ini digunakan pada bagian pinggang pria, sehingga membuat pria menjadi gagah ketika menggunakan baju kurung. Untuk Warnanya sendiri sama dengan bagian bajunya, yakni warna merah dengan corak keemasan.

  • Keris

Keris adalah senjata khas Jambi, dan Keris ini juga sangat wajib digunakan oleh pria ketika memakai baju kurung. Keris ini diletakan dibagian pinggang, dan tentunya dengan adanya keris ini membuat penampilan pria menjadi gagah.

  • Penutup Kepala

Penutup kepala juga tersedia untuk pria, dan penutup kepala ini adalah Lecak. Dengan adanya lecak ini, akan membuat kepala menjadi terlindungi. Penutup kepala ini mempunyai motif bunga runci, yang warnanya adalah putih.

  1. Perlengkapan Perlengkapan Untuk Baju Adat Wanita
  • Kalung
Baca Juga ini Ya !! =>  Berbagai Macam Budaya Jambi Yang Perlu Kalian Ketahui

Untuk perlengkapan pada wanita, yang wajib dikenakan adalah kalung. Kalung ini biasanya digunakan pada bagian leher, dan ada beberapa jenis kalung yang biasa digunakan oleh wanita. Jenis jenis kalung yang biasa digunakan, misalnya adalah kalung bentuk tapak dan juga rantai sembilan.

  • Anting Anting

Wanita juga tidak boleh terlewatkan, untung menggunakan anting anting. Dengan adanya anting anting, membuat penampilan menjadi lebih menarik serta bagus. Ada beberapa sebuah anting yang bisa digunakan, yakni anting anting seperti kupu kupu dan juga bentuknya banjar. Kedua macam anting tersebut sangat cocok sekali, untuk digunakan saat menggunakan baju kurung.

  • Gelang Untuk Tangan dan Kaki

Untuk membuat penampilan menjadi menarik, sangat diwajibkan sekali menggunakan gelang untuk tangan dan juga kaki. Gelang kaki yang bisa digunakan adalah gelang ular melingkar, dan gelang untuk tangan adalah gelang buku beban. Kedua gelang ini sangat wajib sekali digunakan, dan pastinya gelang tersebut membuat penampilan wanita menjadi anggun serta tampak mewah.

  • Penutup Kepala

Tidak hanya pria saja yang memakai penutup kepala, namun wanita juga sangat perlu untuk memakai sebuah penutup kepala. Penutup kepala yang digunakan oleh wanita ini, adalah penutup kepala yang bernama Tekuluk. Tekuluk ini menunjukan status atau kasta dari wanita, sehingga berbagai macam bentuk tekuluk atau penutup kepalanya ini berbeda beda satu sama yang lain.

Itulah fakta fakta unik, mengenai pakaian adat dari Jambi yang menarik. Semoga informasi ini sangat membantu anda, agar anda bisa mengenal lebih jauh budaya Jambi yang sangat unik sekali.