12 Tips Cara Mencuci Motor Sendiri di Rumah Yang Mudah Agar Hemat

Cara mencuci motor menjadi hal yang sangat penting untuk merawat kebersihan kendaraanmu. Motor harus juga dibersihkan layaknya manusia. Agar tetap merasa nyaman dalam mengendarai motor, kalian harus memastikan  motor tetap bersih. Saat musim hujan akan membuat motor kamu lebih sering terkena becek. Kondisi ini mengharuskan kalian untuk pergi ke tempat cuci motor terdekat. Namun siapa sangka, kamu bisa melakukannya sendiri tanpa harus membuatmu membayar orang. Bagi kalian yang ingin melakukan aktivitas ini sendiri di rumah, kami akan menjelaskan tips cuci motor sendiri. Mari kita simak bersama teman-teman.

  1. Pastikan Motor Dalam Keadaan Dingin

Cara Mencuci Motor
Sumber: website otosia

Saat berencana untuk membersihkan motor kesayangan anda, pastikan motor sedang dalam keadaan dingin. Jangan pernah sekali-kali menyemprotkan air saat motor anda panas. Hal ini akan membuat blok mesin anda retak karena perubahan suhu. Meskipun keadaan motor anda sangat berlumpur, biarkan saja dahulu. Tunggu sampai dingin baru kalian bisa mulai mencucinya.

  1. Siapkan Terlebih Dahulu Peralatan

Sumber: website hipwee

Pertama-tama kamu harus menyipakan hal yang paling penting, ya tentu saja alat untuk membersihkan. Mulailah dengan mempersiapkan 2 ember air yang satunya berisi air bersih dan pada ember kedua berisi air sabun. Gunakan sabun untuk cuci motor yang kamu miliki. Namun jika teman-teman tidak memiliki sabun khusus pencuci motor, maka bisa mencuci motor dengan shampo rambut loh. Apabila memungkinkan, teman-teman bisa menyiapkan air mengalir dari selang. Pastikan alat-alat pencuci sudah lengkap sebelum kamu mulai mencuci motor agar tidak perlu bolak balik mencari peralatan.

Alat yang perlu kamu siapkan adalah ember, spons bersih, kain bersih dan kering, sikat gigi bekas (agar dapat membersihkan celah kecil pada motor), pembersih krom.

  1. Perhatikan Waktu Mencuci Yang Tepat

Cara Mencuci Motor
Sumber: website id.priceprice

Kami sarankan saat teman-teman ingin mencuci motor pilihlah waktu yang tepat. Hindari mencuci saat matahari sedang terik-teriknya agar saat proses mencuci tidak menimbulkan jamur. Jamur akan muncul apabila sabun yang digunakan mencuci kering. Sebaiknya cucilah motor saat pagi hari dan fleksibel selama matahari tidak terik.

  1. Bersihkan Rantai

Sumber: website idntimes

Apabila motor kamu memiliki rantai, maka bersihkan bagian ini terlebih dahulu. Namun bagi kalian yang memiliki motor matic, maka lihatlah cara mencuci motor matic agar sesuai. Oh iya, tujuan membersihkan rantai terlebih dahulu agar kotoran pada rantai yang berminyak tidak akan terciprat kemana-mana saat proses pembersihan.

  1. Memastikan Motor Bersih

Cara Mencuci Motor
Sumber: website superbengkel

Sebelum mulai membasuh motor, pastikan sudah bersih dari kotoran berupa debu ataupun lain sebagainya. Saat sudah yakin bersih, maka kamu bisa memulai langkah pertama dengan menyiramkan air bersih terlebih dahulu. Pastikan seluruh bagian motor terkena air semua. Apabila air sudah membasahi seluruh bagian motor, maka kamu bisa menyabuni setiap bagian motor.

  1. Bagian Bawah Motor

Sumber: website motormobile

Sebaiknya saat mulai menyabuni bagian motor, mulailah pada bagian bawah agar tidak terbawa kotoran yang ada. Karena apabila debu terbawa, maka akan menyebabkan goresan pada bodi motor dan membuatnya tidak enak untuk mata memandang. Saat membersihkan bagian bawah, jangan lupa juga mengecek secara detail untu memastikan printilan pada motor lengkap. Bagian bawah juga merupakan komponen yang rentan kotor dan jarang menjadi perhatian.

  1. Bersihkan Bagian Atas Dan Krom

Cara Mencuci Motor
Sumber: website astramotor

Apabila kalian sudah yakin bagian bawah sudah bersih. Maka bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu bodi motor. Saat membersihkan bagian ini, teman-teman harus hati-hati karena bagian ini rawan akan goresan. Bagian yang rawan goresan menjadi yang harus pelan-pelan untuk kalian bersihkan. Contohnya pada tangki bensin dan komponen lain yang terlapisi cat. Ketika melakukan tahapan ini, sebisa mungkin gunakan sabun yang ringan dan lap yang halus.

Baca Juga ini Ya !! =>  Inilah 13 Jenis Mobil Hemat BBM dan Perawatan Buat Kamu

Untuk membersihkan bagian ini sama saja dengan cara membersihkan pada bodi. Bagian yang terlapis dengan krom pada tahap akhir jangan lupa untuk menyemirnya menggunakan semir khusus krom. Tujuannya agar tampilan gagah pada motor tetap terjaga dan tentunya ini merupakan cara mencuci motor yang benar.

  1. Cuci Area Mesin Motor

Sumber: website jawapos

Cara membersihkan mesin motor biar kinclong ternyata ada tipsnya. Bersihkan bagian ini dengan membaluri terlebih dahulu menggunkan  sabun yang sudah kalian siapkan. Sebaiknya gunakan spons yang berbeda dengan yang kamu gunakan saat membersihkan area mesin bawah. Tujuannya untuk menghindari kotoran pada spons tidak terbawa ke area mesin. Jika kamu menemukan kesulitan saat membersihkan areatertentu, gunakan kuas kecil untuk menjangkaunya. Apabila tidak ada kuas, kalian sangat bisa menggunakan sikat gigi.

  1. Bilas Dan Pengeringan

Cara Mencuci Motor
Sumber: website webikeindonesia

Bilas dapat kalian lakukan ketika sudah tahap terakhir. Maksudnya jika semua komponen dan bagian motor sudah terkena dengan sabun. Basuh motor guna sunlight tidak kami sarankan ya. Mulai dari bagian atas motor dengan tingkat keras semprotan selang yang rendah agar debu yang mungkin belum hilang dapat bersih. Pastikan sabun tidak ada yang tersisa baik pada bagian bodi, mesin atau rantai. Apabila masih terdapat sabun yang tertinggal, akan membuat dampak yang tidak bagus.

Sebuah kain chamios dapat kamu gunakan saat semua sabun benar-benar bersih dari bagian motor. Kain ini dapat mengeringkan bagian yang basah pada bodi motor dengan cepat. Karena manfaat kain ini salah satunya menyerap air. Mulailah mengelap dari bagian atas contohnya dashbor, tangki dan jok, dan komponen lainnya.

  1. Wax

Sumber: website biopolish

Agar terlihat lebih memukau. Tahap ini sangat kami sarankan. Gunakan wax yang berkualitas karena akan melindungi bodi dan mencegah para debu menempel. Pastikan tahap ini kalian lakukan saat seluruh bodi motor bersih. Setiap produk wax memiliki cara pakai masing-masing. Maka sebelum menggunakannya, pastikan kamu sudah membaca petunjuk penggunaan yang ada agar tidak terjadi kesalahan. Jika melakukannya dengan baik dan sesuai petunjuk, maka akan kalian dapatkan hasil yang bagus.

  1. Dudukan Motor

Cara Mencuci Motor
Sumber: website otosia

Nah bagian ini merupakan yang paling penting karena fungsinya sebagai tempat dudukan ketika berkendara. Jok ini terbuat dari bahan yang bermacam-macam jenisnya. Tapi kebanyakan terbuat dari kulit atau vinly. Apabila motormu menggunakan vinly, akan rawan mengeras dan memudar siring berjalannya waktu sehingga harus tetap kalian perhatikan. Maka kami sarankan gunakan pelindung vinil yang memiliki kualitas bagus. Dudukan yang rapuh dapat teman-teman atasi menggunakan krim perawatan pada dudukan motor. Kamu bisa mendapatkan bahan ini di toko terdekat yang menjual pernak pernik motor.

  1. Perhatikan Bagian Rantai

Sumber: website tirtoid

Terakhir kali dan yang paling penting saat semua prosedur pembersihan sudah usai, onderdil paling penting kalian perhatikan adalah raintai. Ini merupakan cara detailing motor. Tujuan pelumas rantai agar aman saat kamu gunakan melaju. Karena ketika mengendarai, komponen ini akan terus bekerja sehingga rawan menjadi kotor.

Baca Juga ini Ya !! =>  Perbandingan antara mobil Daihatsu Sigra dan Toyota Calya

Sekian 12 cara mencuci motor yang dapat kami paparkan dan semoga teman-teman bisa memahaminya dengan mudah. Rawatlah motormu agar tidak gampang rusak dan berdebu. Sebab debu menjadi salah stu komponen yang dapat merusak bagian motor bila terlalu lama menempel. Jadi, saran kami usahakan mencuci motor kamu secara rutin agar tetap bagus. Jangan lupa memperhatikan komponen penting dan harus dibersihkan juga. Bagian sulit dan sempit juga harus kalian usahakan untuk bersih dan terutama rantai.