Motor 4 Tak Adalah Impian dan Berikut Rekomendasi Motor 4 Silinder

Motor 4 tak adalah kata lain dari 4 langkah. Artinya cara kerja dari motor ini adalah 4 langkah untuk menghasilkan tenaga pada mesin. Akhir-akhir ini jika kita perhatikan, pencarian mengenai motor 4 tak adalah menjadi yang paling banyak. Apalagi seperti yang kamu ketahui, masyarakat Indonesia lebih banyak yang menggunakan motor salah satunya motor bakar. Motor bakar adalah mesin yang ada pada motor dengan menggunakan tenaga dari pengembangan gas panas dari campuran gas dan udara sehingga akan menghasilkan energi.

Motor menjadi alat transportasi yang mayoritas setiap orang miliki. Hal ini membuat para produsen sepeda motor berlomba-lomba untuk menghasilkan produk yang lebih bagus dan ramah lingkungan. Cara kerja mesin motor dibedakan menjadi mesin 2 tak dan 4 tak. Namun seiring berjalannya waktu, produsen lebih menawarkan motor 4 tak. Alasannya karena motor 4 tak adalah yang ramah lingkungan pada hal emisi gas buang.

Agar lebih mengerti bagaimana sih prinsip kerja motor 4 tak, kami akan memberikan penjelasan yang dapat kamu pahami. Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara kerja motor 4 tak beserta gambarnya. Penjelasan dengan gambar akan membuat kamu lebih faham dan mudah mengerti tentang sesuatu. Oleh karena itu, simaklah penjelasan berikut dengan seksama ya.

Pengertian siklus pada motor 4 tak terbagi menjadi 4 langkah. Langkah pertama yaitu hisap, kompresi, usaha dan buang. Untuk lebih jelasnya point ini akan kami jabarkan beserta contoh motor 4 tak.

  1. Langkah Pertama Hisap (Intake)

Motor 4 tak adalah
Sumber: website willycar

Yang pertama ini merupakan langkah pemasukan atau hisap. Tujuan pada langkah ini ialah untuk memasukkan udara kabut dari bahan bakar ke silinder mesin motor. Tenaga mesin dari motor ini dipengaruhi oleh jumlah bahan bakar yang terbakar pada saat proses pembakaran. Proses yang terjadi pada tahap ini dimulai dengan piston yang akan bergerak dari titik mati atas kemudian akan bergerak menuju titik mati bawah yang menjadi titik rendah pada piston.

Baca Juga ini Ya !! =>  Mobil Listrik: Masa Depan Ramah Lingkungan dalam Industri Otomotif

Selanjutnya pada saat yang bersamaan ketika piston bergerak dari TMA ke TMB, katup inlet akan terbuka dan valve Ex akan tertutup dan menyebabkan bahan bakar masuk kedalam silinder. Saat bahan bakar masuk, kruk As dan noken AS akan berputar masing-masing 180 dan 90 derajat. Perputaran yang terjadi membuat piston memiliki tekanan yang negatif dan membuatnya menghisap kabut udara dari bahan bakar masuk ke silinder.

  1. Langkah Kompresi

Sumber: website insinyoer

Tahap selanjutnya pada motor 4 tak bertujuan meningkatkan temperatur yang akan membentuk senyawa melalui campuran dari bahan bakar dan udara. Proses ini berhubungan erat dengan rasio produksi tenaga yang ada pada mesin. Cara kerja tahap dua ini adalah katup masuk dan buang akan sama-sama tertutup bersamaan dengan piston yang bergerak naik dari titik mati bawah (TMB) menuju titik mati atas (TMA). Saat katup masuk dan buang tertutup, maka akan menghasilkan udara pada ruang pembakaran terkompresi.

Pada posisi sebelum TMA sekitaran 15 derajat, busi yang ada pada mesin motor akan mulai menyalakan bunga api sehingga proses pembakaran dimulai pada tahap ini. Kruk dan noken As yang kita bahas sebelumnya akan mencapai rotasi penuh (Kruk As) sedangkan noken As akan mencapai 180 derajat.

  1. Tahap Usaha

Mobil 4 tak adalah
Sumber: website oto.clas

Tahap selanjutnya adalah tahap usaha atau ekspansi karena TMA hampir tercapai posisinya oleh piston. Usaha ini terjadi ketika bahan bakar yang tercampur dinyalakan oleh busi. Kegiatan ini menyebabkan dorongan balik bertekanan tinggi pada piston menuju turun ke silinder bore. Hal ini terjadi karena ledakan yang tak tertahankan oleh dinding silinder akibat dinyalakannya busi. Kemudian akan tercipta gerak rotasi dari kruk as dari hasil kerja pada gerakan linier piston.

Selanjutnya akan terjadi gerak bolak balik dari transformasi energi yang akan menjadi rotasi untuk kruk as. Pada kruk as akan terjadi putaran yang mencapai 540 derajat dan noken as sebesar 270 derajat.

  1. Proses Pembuangan

Sumber: website p2kptk2-jakpus

Pada langkah terakhir ini sudah terjadi proses pembakaran. Langkah ini merupakan tahapan yang sangat penting guna untuk menghasilkan kinerja operasi yang akan membuat mesin lebih terasa lembut dan efisien. Proses pembuangan ini sangat wajib untuk membuang gas yang sudah terbakar.

Baca Juga ini Ya !! =>  Berikut Review Toyota Agya Dan Cara Mengatasi Kekurangannya

Tahapan terakhir ini saat piston yang mulai bergerak dari TMB kemudian keatas menuju TMA. Saat proses naik ini, klep harus terbuka agar bisa mendorong gas sisa pembakaran. Kemudian dari hasil gas sisa akan keluar dari silinder dan mengarah ke pipa knalpot.

Proses pembuangan menuju kenalpot harus benar-benar secara total. Karena apabila terdapat sisa gas pembakaran meskipun sedikit dan tercampur dengan gas baru yang masuk, maka akan berpengaruh pada tenaga yang menjadi output. Piston bergerak dari TMB ke TMA dan katup Ex terbuka namun valve inlet menutup sempurna. Pada proses ini, kruk as melakukan rotasi maksimal sebanyak 2 kali  rotasi secara penuh dengan 720 derajat. Disisi lain, noken as menyelesaikan rotasi penuhnya sebanyak satu kali dengan rotasi sebesar 360 derajat.

Nah guys, itulah penjelasan lengkap dan singkat untuk motor 4 tak. Sudah tidak bingung lagi kan mengenai apa itu motor 4 tak dan bagaimana cara kerjanya. Namun ternyata, selain motor 4 tak terdapat contoh motor 4 silinder yang ingin kami jelaskan ke kamu. Yuk bahas bareng-bareng terutama kamu yang pengen punya motor 4 silinder.

Motor yang memiliki 4 silinder kebanyakan dikaitkan dengan motor-motor gede. Hal ini karena performa yang akan kamu dapatkan dengan tampilan yang menarik jua. Berikut ini rekomemendasi beberapa motor yang mempunyai 4 silinder buat kalian.

  1. Kawasaki Z900

Motor 4 tak adalah
Sumber: website exhaustnotes

Rekomendasi yang pertama adalah motor yang datang dari Kawasaki. Berasal dari Jepang, motor yang satu ini merupakan andalan untuk motor 4 silinder. Tampilan pada motor ini sangat elegan dan juga spesikasi mesin yang baik. Untuk kamu yang tertarik ingin membeli motor satu ini hanya perlu menyiapkan bugdet sebesar Rp. 250 juta saja dan kalian akan memboyong satu unit Kawasaki Z900. Harga yang tergolong terjangkau namun performa mesinnya sangat istimewa yaitu 948 cc dan tenaganya mencapai 123 hp. Untuk torsi maksimum sebesar 98,8 Nm dengan 7.500 rpm. Tenaga maksimal yang dapat dihasilkan mencapai 125 PS dengan rpm di 9.500. Selain itu, motor ini memiliki fitur yang modern seperti eco indikator dan anti lock breaking system.

  1. Yamaha New R6

Sumber: website id.priceprice

Kemudian dari Yamaha juga mengeluarkan motor seri 4 silinder dengan harga 270 jutaan. Harga ini termasuk dalam harga yang relatif murah dan terjangkau. Motor ini ditawarkan dengan tiga warna dengan tampilan yang modern. Tampilan motor pada motor ini sangat gagah dan menarik. Selain dari sisi tampilan, motor ini juga menawarkan fitur mesin dengan 599 cc  dengan tenaga 121,7 hp dan torsi maksimum sebesar 65,7 Nm. Tentu saja motor yang satu ini bisa masuk kedalam list motor 4 silinder yang harus kamu beli.

Baca Juga ini Ya !! =>  Kesayangan Keluarga, Review Toyota Alphard Dengan Segala Kelebihannya

Itulah beberapa rekomendasi untuk motor 4 silinder buat kamu. Jika tertarik, kalian bisa mencari lebih banyak lagi rekomendasi untuk motor jenis ini. Semoga artikel ini dapat membantu agar lebih memahami motor 4 tak dan 4 silinder serta menentukan pilihan motor impianmu ya.