9 Cara Mencuci Mobil yang Benar dan Dijamin Mengkilap

Cara mencuci mobil yang benar ternyata tidak bisa kalian lakukan dengan sembaranga. Apalagi seperti yang kita sama-sama ketahui, sebagian masyarakat tentunya memiliki kendaraan roda empat yang biasa kita sebut mobil. Agar mobil tetap nyaman terlihat mata, maka kewajiban yang harus dilakukan yaitu mencucinya. Namun siapa sangka bahwa kebanyakan orang masih banyak yang belum mengetahui cara mencuci mobil yang benar. Mencuci dengan benar sangat disarankan agar tidak merusak komponen eksternal dari mobil. Kamu bisa mencuci mobilmu sendiri tanpa harus menggunakan cuci mobil panggilan. Kami akan memberikan cara dan tips-tips cara mencuci mobil agar bisa kalian praktikkan. Berikut beberapa penjelasannya.

  1. Gunakan Alat Khusus Pencuci Mobil

Cara Mencuci Mobil
Sumber: website ruparupa

Tahap pertama merupakan yang paling penting dalam mencuci mobil. Alat mencuci mobil menjadi komponen utama yang harus ada. Saat mencuci mobil kamu harus menyiapkan kanebo atau spons. Lalu untuk sabunnya, kalian bisa cuci mobil pake shampo rambut. Siapkan juga sarung tangan untuk mencuci serta handuk yang akan kamu gunakan saat proses pengeringan.

  1. Pastikan Area Mobil Bersih

Sumber: website fimela

Pertama-tama pastikan terlebih dahulu bagian bawah mobil seperti kolong-kolong bersih. Jika belum, gunakan cara mencuci mobil tanpa sabun. Pastikan air tidak memercik ke bodi mobil karena akan membuat munculnya jamur. Selain itu, sebisa mungkin hindari mencuci mobil pada sinar matahari agar air tidak cepat mengering karen akan menjadi penyebab timbulnya jamur.

Jika sudah yakin bagian bawah mobil bersih, maka kalian sudah bisa mulai membersihkan debu-debu pada bodi mobil. Saat membersihkan debu mobil sebaiknya gunakan vacum khusus agar debu yang ada bisa bersih maksimal. Lalu lanjutkan mencuci mobil dengan air tanpa sabun.

  1. Mulai Menyemprotkan Air Dengan Benar

Cara Mencuci Mobil
Sumber: website niagamas

Untuk mulai menyemprotkan air pada mobil, jangan sembarangan. Mulailah dengan pelan-pelan dan pastikan kaca mobil dan pintu sudah menutup sempurna. Setelah itu mulailah menggunakan sabun khusus untuk membersihkan mobil. Jika tidak punya, kamu bisa menggunakan pengganti sabun cuci mobil. Misalnya sabun yang biasa digunakan untuk rambut. Hindari menggunakan sabun pencuci piring pada saat mencuci mobil. Alasannya karena sabun ini akan membuat mobil anda banyak goresan dan juga tergores. Saat sudah menyebarkan sabun pada area bodi mobil, lakukan gososkan dengan perlahan. Pastikan menggunakan spons yang bersih.

  1. Jika Tidak Ada Selang Gunakan 2 Ember

Sumber: website gridoto

Nah bagi kamu yang mungkin tidak memiliki selang, tenang saja ada alternatif lain. Gunakan barang-barang yang ada pada sekelilingmu, misalnya saja ember. Saat menggunakan ember, sangat kami sarankan menggunakan 2 ember. Tujuannya agar ember sabun dan air bersih terpisah agar tidak tercampur kotoran-kotoran. Kami menyarankan untuk lebih bagusnya jika kalian sudah membersihkan satu sisi mobil dengan shampo, ada baiknya kalian langsung saja membilasnya dengan air bersih agar cat mobil tetap terlihat bagus.

  1. Gerakan Mencuci Mobil

Cara Mencuci Mobil
Sumber: website dream

Yang satu ini menjadi petunjuk yang sangat penting untuk kamu fahami dan ketahui. Cara mencuci mobil yang benar masih banyak tidak diketahui orang. Cara yang benar yaitu menggerakkan dari atas ke bawah bukan memutar. Mulailah membersihkan mobil dari bagiann atap mobil lalu merembet ke bagian bodi kiri dan kanan. Cara atas ke bawah kami sarankan agar debu dan kotoran tidak kembali ke permukaan karena tersebar akibat gerakan memutar. Saat melakukan gerakan ini, usahakan jangan terlalu menekan bagian spons.

  1. Bersihkan Ban Mobil

Sumber: website id.priceprice

Bagian ini jarang kalian perhatikan saat membersihkan mobil. Tanpa kita sadari, bagian ini juga menjadi penopang kerennya tampilan mobil. Tampilan mobil akan lebih apik saat ban dan pelek mobil bersih dan mengkilap. Mulailah melakukan tahap ini dengan membersihkan dinding yang ada pada ban dengan menggunakan shampo dan sikat. Saat kamu sudah yakin bagian ban bersih, maka kamu bisa beralih ke bagian pelek.

Baca Juga ini Ya !! =>  Deretan Mobil Listrik Indonesia yang Keren dan Ramah Lingkungan

Untuk bagian pelek, gunakan lap saja agar pelek tidak lecet. Bersihkan seluruh bagian dengan tetap memperhatikan bagian-bagian detail seperti sela-selanya. Hal ini bertujuan agar mobil terlihat bersih secara keseluruhan dan enak untuk dipandang. Jangan lupa juga ya bagian spion, antena, handle pintu dan bagian detail lainnya.

  1. Bilas Dan Keringkan Dengan Benar

Cara Mencuci Mobil
Sumber: website carro

Saat bodi mobil sudah kalian pastikan bersih, mulailah untuk membilasnya. Sebaiknya untuk tahap ini gunakah air yang bersih dan tentunya mengalir. Tujuannya agar bodi mobil yang sudah kalian bersihkan tidak terciprat tengan tetesan air yang terkena dengan tanah sehingga akan membuat mobil kotor kembali.

Mulailah membilas dengan menyasar bagian atas mobil terlebih dahulu. Lalu selanjutnya ke bagian kaca dan bagian eksterior lainnya yang harus kalian bersihkan. Seleseikan tahap bilas ini dengan hati-hati dan pastikan jangan sampai ada sisa-sisa sabun yang masih menempel. Jika sabun masih menempel, maka akan menjadi penyebabtimbulnya jamur pada bodi mobil. Nah selanjutnya lap lah mobil untuk mengeringkan menggunakan lap yang sudah kalian siapkan.

Sebisa mungkin gunakan lap yang berbeda untuk mengeringkan mobil agar tidak merusak catnya. Jika memungkinkan, lakukan tahapan ini pada halaman yang terbuka. proses pengeringan menjadi sangat krusial karena apabila salah, maka watermark yang ada pada mobil akan tercederai.

  1. Membersihkan Interior Mobil Bagian Jok

Sumber: website carmudi

Bagian terakhir yaitu interior. Tahap yang terakhir ini sangatpenting karena kita juga selain memperhatikan kondisi ekterior, harus juga memperhatikan interior. Terdapat banyak bagian penting pada interior mobil seperti dashbor, langit-langit dan segala detail interior. Terdapat cara yang berbedauntuk membersihkan bagian-bagian tesebut. Cara membersihkan jok mobil yang digunakan sebagai tempat duduk merupakan yang paling penting. Karena setiap akan mengendarai mobil tentunya para penumpangnya akan duduk pada bagian jok. Jika joknya bersih maka akan tercipta rasa nyaman untuk para penumpang sehingga hal ini menjadi sangat perlu menjadi perhatian. Cara membersihkan jok berbeda tergantung bahan dari jok. Misalnya untuk jok yang berbahan kulit. Alata yang perlu anda siapkan adalah kain lap yang memiliki bahan halus, kuas dan vacum cleaner.

Baca Juga ini Ya !! =>  Rem Mobil: Teknologi yang Mengamankan Perjalanan Anda

Pertama-tama mulailah dengan mengusap jok dengan kain yang sudah kalian peras lalu semprotkan cairan pembersih. Cara menyemprotkan dengan satu persatu dan pastikan sabun pembersih yang kamu semprotkan tidak sampai mengering. Jika memungkinkan, saat menyemprotkan lakukanlah proses pengelapan segera. Lalu lanjutkan ke jok-jok lain sampai bersih secara keseluruhan.

  1. Membersihkan Interior Plafon

Cara Membersihkan Mobil
Sumber: website intersport

Bersihkan plafon mobil dengan cara mengelap menggunakan kain yang setengah basah agar tidak berlebihan. Tidak kami sarankan untuk menggunakan selang penyemprot. Karena banyak bahan yang harus kalian bersihkan pada bagian langit-langit maka lakukan secara teliti dan hati-hati. Bagian langit jangan sampai terkena air secara berleihan karena akan mebuat mobil bau. Jika langit-langit mobil lembab maka akan menimbulkan jamur dan menciptakan bau tak sedap.

Baiklah sekian penjelasan dari kami mengenai cara mencuci mobil yang benar dan dapat kamu praktikkan saat berada di rumah. Jika kamu sudah bisa menerapkan langkah-langkah tersebut, maka kamu bisa membuka jasa cuci mobil di rumah loh. Lumayan kan sebagai pemasukan. Tidak perlu lagi pergi ke tempat cuci mobil terdekat jika bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Menyenangkan dan sekaligus mengisi waktu luang. Selamat mencoba!