Makanan Khas Jambi

Tepek Ikan
Tepek Ikan
tempoyak
tempoyak

Jambi terdapat beragam kekayaan budaya di dalamnya, yang membuat banyak orang tertarik untuk pergi ke Jambi. Namun anda juga harus tahu di Jambi juga terdapat sebuah kuliner khas, yang sangat lezat dan sangat wajib sekali untuk anda coba. Apa saja kuliner khas dari Jambi yang sangat wajib sekali untuk anda coba? Simak infonya berikut ini.

Kuliner Kuliner Khas Jambi Yang Wajib Dicoba

Ada beberapa kuliner khas Jambi yang wajib sekali untuk anda coba, , dan berikut ini adalah beberapa kuliner khas Jambi yang sangat perlu anda untuk coba:

 

  1. Tempoyak

tempoyak
tempoyak

Gambar: Good News From Indonesia

Jika anda ingin berkunjung ke Jambi, anda tidak boleh melewatkan untuk membeli makanan khas Jambi yaitu Tempoyak. Tempoyak ini merupakan makanan khas dari Jambi, yang bahan dasarnya adalah Durian. Durian ini nantinya difermentasi sedemikian rupa, sehingga nantinya rasa yang dihasilkan menjadi enak dan juga lezat.

Tempoyak ini nantinya dapat diolah, dan anda bisa mengolah Tempoyak tersebut dengan menggunakan ikan Patin. Anda bisa menambahkan bumbu bumbu lainnya, sehingga rasa dari ikan patin menjadi lebih nikmat. Jika anda suka dengan rasa yang pedas, anda bisa menambahkan cabai di dalamnya. Rasanya pun pedas manis, sehingga rasa ikan patinnya  menjadi lebih nikmat dan juga lezat.

  1. Nasi Gemuk

nasi gemuk
nasi gemuk

Gambar: channelmuslim.com

Kuliner khas Jambi selanjutnya yang sangat wajib dicoba oleh anda, adalah Nasi Gemuk. Jika anda mendengar di Jakarta ada Nasi Uduk, di Jambi tedapat sebuah kuliner yang bernama Nasi Gemuk. Kuliner ini berbahan dasar nasi putih, dan nasi putih tersebut ditambah dengan santan. Dengan ditambah santan ini, nantinya akan membuat nasi gemuk menjadi tambah nikmat dan juga lezat.

Jika anda ingin membah lauk, lauk yang tersedia misalnya adalah telur goreng atau tempe goreng. Ada juga daun melinjo pada nasi gemuk, sehingga rasa dari nasi gemuk menjadi nikmat. Anda hanya menemukan nasi gemuk ini, pada saat pagi hari atau saat sarapan. Jadi anda jangan sampai terlewatkan, untuk menyantap nasi gemuk saat pagi hari.

  1. Tepek Ikan

Tepek Ikan
Tepek Ikan

Gambar: newsmedia.co.id

Tepek Ikan juga merupakan kuliner Jambi, yang sangat wajib dicoba oleh anda. Untuk anda ketahui bahwa Tepek Ikan ini adalah makanan khas Jambi, yang diolah dengan cara dipipih atau dalam bahasa Jambinya adalah Tepek. Dengan cara dilakukan Tepek, maka nantinya daging ikan tersebut akan menjadi empuk dan juga lembut.

Setelah dilakukan Tepek, maka langkah selanjutnya ikan tersebut diolah menjadi gulai. Dengan diolah menjadi gulai, maka nantinya makanan tersebut akan menjadi nikmat dan juga lezat. Makanan ini juga akan menjadi tambah nikmat, jika ditambah dengan nasi hangat.

  1. Nasi Minyak

nasi minyak
nasi minyak

Gambar: correcto.id

Nasi minyak merupakan makanan khas Jambi, yang bahan dasarnya adalah dari nasi. Walaupun nasi ini adalah nasi minyak, namun nasi ini sedikit minyak atau bahkan tidak ada minyaknya sekali. Bahan bahan untuk membuat nasi minyak, adalah bawang putih dan juga bawang merah. Selain itu juga diberi tambahan saus tomat pada nasi minyak ini, agar rasa dari masakan tersebut menjadi nikmat.

Nasi minyak ini dibuat, pada saat acara acara tertentu. Nasi minyak ini biasanya ditemukan pada saat acara acara seperti khitan, atau seperti acara pernikahan. Banyak sekali acara acara yang menggunakan sebuah nasi minyak untuk menunya, sehingga nasi minyak ini tidak boleh terlewat untuk dikonsumsi saat ada acara.

  1. Sate Ikan

sate ikan
sate ikan

Gambar: sajiansedap.grid.id

Jika anda ingin mencoba olahan ikan yang lainnya, anda wajib mencoba Sate Ikan. Sate Ikan ini adalah makanan khas Jambi, dan ikan yang digunakan untuk sate ikan adalah ikan gabus. Ikan gabus ini digunakan untuk sate ikan, karena tektur dagingnya  cukup tebal.ikan gabus tersebut dipotong potong terlebih dahulu, dan kemudian daging tersebut ditaruh pada daun pisang dan ditusuk.

Jika sudah dibungkus dan ditusuk, maka sate tersebut bisa dipanggang atau direbus. Nantinya anda bisa mengonsumsi makanan tersebut, dan anda bisa mencobanya setelah di panggang atau direbus. Sate ikan ini sangat mudah sekali ditemui di Jambi, dan ada warung warung yang menjual Sate Ikan ini Jambi.

  1. Soto Semurup

Soto Semurup
Soto Semurup

Gambar: dananwahyu.com

Di Indonesia Soto banyak sekali variasinya, dan di Jambi ada yang namanya Soto Semurup. Soto Semurup khas Jambi ini, menggunakan daging ayam dan juga kuah kuning. Kuah kuning ini dihasilkan, dari Kunyit. Selain itu Soto Semurup ini juga kuahnya, ditambah dengan kuah kaldu sapi.

Untuk toping atau tambahan lauk lainnya, misalnya ada sebuah telur rebus dan mie sohun. Anda bisa menikmati Soto Semurup ini, saat sedang panas atau saat masih hangat. Banyak sekali yang menjual Soto Semurup ini, sehingga anda tidak boleh terlewat mencobanya.

  1. Lakso Jambi

Lakso Jambi
Lakso Jambi

Gambar: cookpad. com

Lakso atau dalam bahasa Indonesia adalah makanan khas dari Indonesia, dan banyak sekali yang menyukai Laksa ini. Laksa adalah makanan mie, dan mie ini ditambah dengan kuah yang sangat sangat kental agar rasanya menjadi tambah nikmat.

Lakso ini juga bisa ditambah lauk seperti bakso, atau bisa ditambah juga dengan lauk seperti telur rebus. Dengan menambahkan lauk lauk tersebut membuat Lakso nikmat, saat anda santap atau anda konsumsi.

Sekian informasi mengenai kuliner khas Jambi, dan kuliner khas Jambi tersebut anda cicipi saat ke Jambi. Luangkan waktu untuk berlibur ke Jambi, dan cicipi makanan khasnya.

Baca Juga ini Ya !! =>  Makanan Khas Sulawesi Utara