5 Rekomendasi Kuliner Lampung Buat Kamu Pemburu Kuliner Lezat

  • Bagikan
tempoyak
sumber instagram @dapoermbokrondo

Kuliner – Selain tempat wisata Lampung yang menarik, terdapat banyak makanan khas terkenal yang bisa kamu nikmati dari Provinsi Lampung. Misalnya adalah tempoyak, gulai taboh, mie Lampung, kemplang, keripik pisang, lapis legit, dodol dan masih banyak lagi. Nah berikut kami berikan 5 rekomendasi kuliner Lampung yang unik dan khas untuk kamu kamu coba ketika berkunjung ke sana.

  • Seruit

kuliner lampung
sumber instagram @iwanlaksmana

Di antara beberapa jenis kuliner Lampung, salah satu yang menjadi favorit masyarakatnya adalah Seruit. Nama seruit ini berasal dari kata ‘nyeruit’ yang memiliki arti melakukan kegiatan secara bersama-sama. Seperti kebiasaan yang kerap dilakukan oleh masyarakat di berbagai daerah Indonesia pada umumnya, kota Masyarakat Lampung juga senang bersilaturahmi dan juga berkumpul bersama dengan keluarga atau tetangga. Selain sekedar bertamu, kegiatan berkumpul ini juga biasanya terjadi saat ada acara adat, keagamaan, atau perayaan seperti acara pesta pernikahan. Nah hidangan yang disajikan pada kegiatan-kegiatan seperti itulah yang disebut dengan seruit.

Di kota Lampung sendiri terdapat dua masyarakat adat, yaitu Lampung Sai Batin dan juga Lampun Pepadun. Nah seruit merupakan makanan pokok bagi masyarakat adat Lampung Pepadun.

Seruit merupakan kuliner lampung dari olahan yang terdiri dari Sambal sebagai bagian utama, kemudian dicampur dengan Ikan Bakar. Ikan yang digunakan biasanya merupakan jenis ikan sungai, misalnya baung, lais, seluang, belida, dan lain sebagainya. Kemudian penyajiannya juga dengan menambahkan timun, terong bakar/goreng serta tempoyak, yang merupakan fermentasi dari durian. Kesemua bahan tersebut lalu diaduk secara merata dan kalis dengan sedikit kuah pindang ikan Baung/Patin.

Nah setelah kental, olahan seruit siap kamu sajikan. Kamu juga bisa menambahkan hidangan pendamping seperti tahu/tempe goreng, pepes Ikan, gulai taboh khas Lampung ataupun aneka jenis lalapan lainnya sesuai dengan selera. Rasa makanan seruit ini begitu nikmat, terutama cita rasa khas yang dihasilkan dari sambal dan ikannya, sangat menggugah selera. Mencoba seruit ketika berada di Lampung adalah sesuatu hal yang wajib kamu lakukan.

  • Tempoyak

tempoyak kuliner lampung
sumber instagram @dapoermbokrondo

Kuliner Lampung berikutnya adalah tempoyak atau tempuyak. Kuliner ini merupakan masakan yang cukup unik karena bahan dasar pembuatannya berasal dari olahan buah durian yang difermentasi. Meski begitu, tempoyak ini justru biasa dikonsumsi sebagai lauk ketika memakan nasi. Kamu juga bisa memakannya langsung, namun hal tersebut cukup jarang, sebab banyak yang sulit menahan keasaman atau juga aroma dari tempoyak ini. Selain itu, tempoyak juga kerap menjadi bagian dari bumbu masakan.

Ketika kamu mencicipi, citarasa dari tempoyak ini adalah asam, akibat dari proses fermentasi daging buah durian yang menjadi bahan utamanya. Tempoyak sangat terkenal di Lampung dan juga di beberapa daerah lain di Indonesia, seperti Bengkulu, Palembang, Sumatra Barat, Jambi, dan bahkan Kalimantan. Di Palembang sendiri, kekhasan tempoyak ini karena dimasak dengan campuran daging ayam dan kerap menjadi bahan dalam membuat seruit atau juga campuran untuk sambal.

Proses pembuatan tempoyak yaitu dengan cara menyiapkan durian yang sudah masak. Kemudian ambil daging duriannya, cerikan sedikit garam. Selanjutnya durian tadi ditambah dengan cabe rawit untuk bisa mempercepat proses fermentasi. Setelah selesai mencampurnya, simpan adonan tersebut di wadah yang tertutup rapat. Tempoyak difermentasi selama sekitar 3-5 hari sudah cocok untuk kamu jadikan sambal. Sambal tempoyak ini sendiri biasanya bisa kamu sajikan bersama dengan menu hidangan ikan-ikanan.

  • Gulai Balak

kuliner lampung
sumber web primarasa

Sebagian dari kamu mungkin masih asing ketika mendengar nama kuliner Lampung yang satu ini, terutama bagi yang berada di luar daerah Sumatera. Memang namanya terdengar cukup unik, namun rasanya akan membuat kamu ketagihan. Gulai balak adalah masakan khas Lampung yang terbuat dari olahan daging kambing atau juga menggunakan daging sapi. Daging kambing atau sapi tersebut dimasak dengan campuran santan dan rempah-rempah khas Lampung.

Dari segi bahasa, penamaan ‘balak’ memiliki arti ‘besar’ di dalam bahasa Indonesia. Jadi secara harfiah, makna dari gulai balak ini berarti gulai besar. Meskipun pada kenyataannya penyajiannya tidak sebesar yang terbayang. nah arti dari balak yang merupakan makan besar ini maksudnya adalah, pada umumnya hidangan gulai balak ini kerap kali menjadi sajian dalam sebuah perayaan ataupun hajatan besar khas daerah Lampung. Jadi makna dari gulai balak ini berarti gulai yang sering tersaji dalam acara-acara besar. Sebab kuliner Lampung yang satu ini merupakan kuliner Lampung Legendaris.

Yang khas dari gulai balak ini adalah kekayaan bumbu rempahnya seperti jahe, lengkuas, kunyit, ketumbar, bawang merah dan  putih, cabai merah, pala, adas, lada, kayu manis, serai, dan juga jintan yang dihaluskan  dan dimasak dengan santan. Warna dari gulai balak ini juga khas berwarna kuning akibat pengaruh kunyit. Sekilas masakan ini juga terlihat seperti hidangan kari.

  • Gabing

kuliner Lampung
sumber web blog tokopedia

Satu lagi makanan khas Lampung yang berupa gulai, yaitu Gulai Gabing. Kalau biasanya kita mengenal hidangan gulai berbahan baku daging, tetapi sedikit berbeda dengan sajian gulai yang satu ini. Gabing merupakan sajian gulai yang bahan utamanya terbuat dari olahan pucuk daun kelapa atau bakal buah kelapa yang masih muda. Biasanya berada di bagian paling atas pohon kelapa dan merupakan cikal bakal buah atau pelepah daun kelapa. Warnanya putih kekuningan dan inilah yang menjadi bahan campuran dengan santan untuk selanjutnya menjadi gulai gabing.

Gulai gabing ini memiliki cita rasa lembut dan gurih. Sayangnya gulai gabing ini adalah salah satu kuliner lampung yang cukup langka. Kelangkaan tersebut karena sulit untuk mendapatkan bahan utamanya. Untuk membuat satu kuali besar gulai gabing, kamu setidaknya perlu menebang satu pohon kelapa. Nah untuk bisa mengambil gabingnya, butuh kurang lebih lima tahun untuk pohon kelapa tersebut siap.

Jadi mungkin akan cukup sulit untuk menemukan kuliner Lampung yang satu ini. gulai gabing bisa kamu jumpai mungkin ketika ada acara-acara khusus atau kegiatan adat. Nah ketika kamu sedang berwisata ke kota Lampung dan bisa mencicipi hidangan gulai gabing ini, kamu termasuk orang yang beruntung. Sebab bisa jadi hidangan ini telah menjadi salah satu kuliner yang langka di dunia.

  • Pandap

pandap
sumber instagram @kuliner_lampung

Rekomendasi kuliner Lampung yang terakhir adalah Pandap. Kuliner ini merupakan salah satu hidangan khas provinsi Lampung. Biasanya makanan ini menjadi santapan bagi masyarakat yang berada di daerah pesisir. Sekilas penampilannya terlihat seperti pepes, sebab pandap juga terbungkus oleh daun dan cara pengolahannya pun hampir sama. Hanya saja pandap bentuknya persegi empat dan sedikit memanjang.

Bahan-bahan dalam pengolahan pandap ini yang perlu kamu antara lain daun talas sebagai pembungkus, lalu ikan laut serta bumbu-bumbu yang terdiri dari kelapa parut, kelapa goreng, lengkuas, cabe rawit, cabe merah,  kunyit, merica, garam dan asam jawa. Untuk ikannya sendiri biasanya menggunakan ikan tongkol.

Hal unik dan yang perlu kamu perhatikan dalam proses pembuatan sajian pandap ini adalah penggunaan daun talasnya. Sebab tidak semua daun talas dapat kamu lho. Hanya daun talas yang memiliki batang berwarna putih lah yang dapat kamu konsumsi. Jika salah dalam memilih daun talas, justru bisa menimbulkan gejala gatal setelah memakannya.

Kamu bisa menikmati sajian pandap ini dengan tambahan pendamping seperti taboh iwak tapa, masakan bersantan seperti gulai dan seruit atau juga dengan sambal mentah dan berbagai menu lalapan lainnya. Untuk menu kuliner Lampung yang satu ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di resto atau warung-warung yang ada di kota Lampung.

Demikian lima rekomendasi kuliner khas Lampung yang wajib kamu coba ketika sedang berkunjung ke kota ini. Masih ada banyak kuliner lain yang bisa kamu eksplorasi, seperti seafood enak di Lampung dan ada pula kuliner Lampung instagram banget dan hits. Sekian, semoga bermanfaat.

Baca Juga ini Ya !! =>  Cara Membuat Nasi Goreng ala Rumahan sampai ala Gordon Ramsay
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *