10 Ide Bisnis Rumahan yang Hits untuk Wirausahawan Pemula

Siapapun kini bisa menggeluti bisnis rumahan, baik itu wirausaha maupun wiraswasta. Kalau kamu ingin terjun menjadi pengusaha atau entrepreneur, kamu perlu memikirkan ide bisnis yang kamu minati. Tentunya nggak sembarangan dong. Meski sah-sah aja punya bisnis sesuai passion, kamu tetap harus riset pasar dan cek ombak juga. Berikut kami rangkum 10 ide bisnis rumahan yang hits dan aman buat bahan pertimbangan kamu.

Memulai Bisnis Sendiri

Sumber Gambar: Pinjam Modal

Kita beruntung hidup di zaman sekarang, yang mana lebih mudah buat memulai usaha sendiri. Apalagi dengan semua kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini. Yah, meskipun saingan tetap bejibun banyaknya sih. Tetap aja, semua kemudahan ini milik kita untuk kita manfaatkan. Kayak kata iklan Tokopedia zaman dulu itu loh, kita bisa …

“Mulai aja dulu.”

Zaman sekarang apalagi di tengah pandemi begini, bisnis rumahan online mulai menjamur. Kan, banyak yang terdampak tuh. Dan banyak yang mulai di rumah aja, baik secara sukarela maupun yang terpaksa. Dengan jaringan internet yang stabil (malahan udah ada yang sinyalnya 5G!), usaha online memang menjanjikan banget. Banyak jenis usaha yang bisa kamu kerjakan di rumah, lalu kamu pasarkan lewat media sosial atau online marketplace.

Tips Memulai Bisnis dalam Berwirausaha

Buat wirausahawan atau wiraswasta pemula yang baru mau mulai nih. Kami punya sedikit tips yang perlu kalian note yang kami lansir dari laman situs 99 Group. Untuk tahu perbedaan wirausaha dan wiraswasta, bisa cek artikel sebelumnya ya. Nah, berikut ini tips-nya:

  1. Pelajari dulu caranya manajemen administrasi yang baik
  2. Be brave! Jangan takut gagal sebelum mencoba ya!
  3. Pilih jenis usaha sesuai passion, biar semangat jalaninnya
  4. Buat visi misi dan buat rencana ke depannya
  5. Hitung perkiraan expense yang perlu kamu keluarkan, dan siapkan modal awalnya
  6. Pilih strategi promosi yang tepat sesuai jenis usaha dan target market kamu
  7. Tentukan timing atau waktu yang tepat untuk mulai
Baca Juga ini Ya !! =>  Mengenal Ekonomi Digital dan Perkembangannya di Indonesia

Ide Bisnis Rumahan Terfavorit 2020

1. Jualan kreasi hampers atau gift set

Salah satu usaha rumahan yang lagi trend banget nih. Bisnis yang satu ini menjanjikan banget, karena akan selalu ada perayaan dalam kehidupan kita. Apalagi di Indonesia sendiri cukup banyak hari libur nasional atau hari besar yang biasa kita rayakan secara meriah. Dan, pada hari-hari seperti ini, jadi momen bagi masyarakat kita buat kasih sesuatu ke orang-orang terkasih. Misalnya: Hari Natal dan Tahun Baru, Idul Fitri, Hari Ibu, Hari Kasih Sayang atau Valentine Day, dan lain sebagainya. Selain itu, kado juga selalu ada di setiap perayaan pernikahan, kelahiran, dan ulang tahun. Nah, hampers ini lagi hits banget nih untuk jadi kado di acara-acara tersebut.

2. Buka warung kopi atau cafe

bisnis rumahan

Lihat sekitarmu deh! Kedai kopi bertebaran dimana-mana, apalagi di kota-kota besar. Tapi, banyak juga yang selalu ramai pelanggan. Bisnis café atau warung kopi memang lagi IN banget 2020 ini. Yang dijual nggak hanya kopi yang enak aja, tapi juga suasananya. Kalau kamu mau all out di bisnis ini, modalnya lumayan sih. Soalnya biasanya konsep kedai kopi kekinian, interiornya lumayan kece. Orang-orang suka yang instagramable.

3. Jualan camilan home-made

Sampai saat ini, usaha rumahan makanan ringan memang masih banyak peminatnya. Tinggal gimana kamu berkreasi biar nggak kalah saing sama pengusaha yang udah mulai duluan. Yang lagi hits tahun ini yang berbau Korea sih, misalnya Korean milky cream donut. Tapi, camilan seperti aneka kue, brownies, donat, risol mayo, dan jajan pasar tetap diminati masyarakat kok. Kamu juga bisa berinovasi dalam membuat camilan ala kamu sendiri. Misalnya, bikin versi sehatnya camilan masa kini.

4. Jualan pulsa dan paket data internet

Siapa coba yang nggak mau punya usaha rumahan modal kecil untung besar? Nah, salah satunya nih yang lumayan simpel, join jadi agen pulsa melalui distributor resmi. Zaman sekarang kan orang udah kayak jadi satu sama HP yak. Hampir semua kalangan nggak bisa lepas dari kebutuhan beli pulsa dan kuota data buat internetan. Nah, kamu bisa manfaatkan peluang ini. Selain pulsa dan kuota data, ide bisnis yang nggak kalah oke adalah jasa bayar tagihan.

Baca Juga ini Ya !! =>  Definisi dan Manfaat Financial Technology Dalam Kehidupan Sehari-hari

5. Buka jasa laundry

Jenis usaha di bidang jasa yang booming dari tahun-tahun lalu, yang disambut hangat oleh kaum mageran dan kaum ngideran. Banyak loh, masyarakat kita yang nggak sempat buat cuci baju sendiri. Karena itulah, bisnis laundry mulai naik pamornya.

6. Jualan kerajinan tangan

bisnis rumahan

Banyak ide usaha rumahan kreatif terkait kerajinan tangan. Bisnis ini masuk ke ranah hobi. Bisnis rumahan yang cocok buat kamu-kamu yang punya tangan yang terampil, dan hobi kamu bikin-bikin kreasi barang handmade. Ide bisnis rumahan ini misalnya barang-barang rajut, gerabah, anyaman rotan atau bambu, kreasi mainan anak, aksesoris handmade, dan masih banyak lagi.

7. Jualan minuman kekinian

Berjualan minuman termasuk salah satu bentuk bisnis modal kecil yang bisa banget kamu jajal. Nggak sampai 5 juta kamu udah bisa mulai bisnis ini. Baik itu ikutan franchise minuman kekinian yang udah ada, maupun bikin sendiri. Tinggal belanja bahan-bahan misalnya serbuk minuman aneka rasa lalu kamu olah dan kemas sendiri.

8. Buka usaha catering

Punya bisnis catering nggak melulu yang cuma melayani partai besar untuk acara khusus macam resepsi pernikahan aja loh. Ada juga jasa catering yang melayani catering untuk kantor atau rumah tangga. Boleh banget nih dicoba, buat yang hobi masak dan masakannya enak. Yang nggak kalah banyak peminatnya adalah catering diet. Misalnya diet mayo atau diet karbo. Tapi kalau yang ini, kamu perlu pengetahuan lebih tentang nutrisi ya.

9. Budidaya Ikan Hias

Beberapa jenis ikan hias harganya bisa selangit loh. Biasanya jenis ikan yang sedang hits berbeda-beda seiring berjalannya waktu. Untuk sekarang, ikan predator seperti channa atau ikan gabus sedang naik daun. Tapi, ikan hias lain seperti cupang atau betta, guppies, arwana, lohan, koi, dan teman-temannya belum pudar pesonanya di kalangan para pecinta ikan hias. Kalau ingin menggeluti bidang ini, kamu perlu bekal ilmu yang cukup terkait budidaya dan pemeliharaan ikannya juga ya. Dan, jangan lupa ikuti komunitasnya.

Baca Juga ini Ya !! =>  Mengenal Ekonomi Syariah, dari Konsep hingga Manfaatnya

10. Jualan fashion item

bisnis rumahan

Semua orang butuh pakaian yang termasuk salah satu kebutuhan pokok selain makanan dan tempat tinggal. Bisnis fashion nggak akan ada matinya. Apalagi kalau target pasar kamu cewek-cewek. You know, banyak perempuan yang ngeluh nggak punya baju padahal lemari udah pada penuh sesak semua. Jangankan baju sama celana, jualan topi sama sepatu juga cukup menjanjikan. Yang sekarang lagi hits lagi-lagi adalah yang berkaitan dengan Korea atau K-pop idols. Bisa merchandise (official maupun yang unofficial). Bisa juga fashion item yang dipakai para idol ini, baik yang asli maupun replika.

Tentunya masih banyak ide-ide hebat lainnya di luar 10 ide bisnis rumahan di atas. Sesuaikan ide bisnis yang kamu ingin jalani dengan demand dari masyarakat. Misal nih, sekarang kan kita masih dalam ancaman pandemi covid-19. Masyarakat masih harus menggalakkan 3M: mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker. Nah, ini yang menjadikan bisnis masker lagi naik. Mungkin kamu mau ikutan juga? Contoh lain, karena bisnis online sedang banyak peminatnya, jasa konsultan SEO ikutan kecipratan nih. Kalau kamu punya ilmunya, kamu juga bisa menjajaki bisnis ini. Yang penting, apapun jenis bisnis yang kamu pilih, terus tumbuhkan semangat wirausaha ya!