7 Tips Olahraga di Rumah Tanpa Alat Yang Perlu Kalian Ketahui

Olahraga dirumah tanpa alat

Kita bisa memulai olahraga di rumah tanpa alat dengan sangat mudah dan menarik untuk kalian coba. Siapa sangka kamu bisa melakukan olahraga di rumah tanpa alat apapun. Olahraga tanpa alat disebut juga olahraga yang tidak membutuhkan bantuan alat sama sekali. Sehingga meskipun di rumah tidak ada alasan satupun untuk tidak berolahraga. Olahraga yang bisa kamu lakukan bermacam-macam dan sangat mudah serta tentu saja efektif. Simak penjelasan berikut satu persatu ya.

  1. Gerakan Push up

Sumber: website okezone

Latihan pertama ini adalah olahraga tanpa alat yang dapat kamu lakukan saat berada di rumah. Gerakan dalam latihan ini sangat mudah dan dapat kamu sesuaikan dengan kemampuanmu. LatihanĀ  ini dapat bermanfaat untuk menguatkan otot bisep dan trisep. Gerakan pada latihan ini sangat efektif untuk membakar lemak dan membentuk otot. Kamu juga dapat menjadikannya sebagai latihan upper body dirumah karena dapat melatih lengan, dada, bahu dan perut.

Untuk melakukan latihan ini, pertama-tama kamu memposisikan diri pada posisi tengkurap dan posisi tangan kanan kiri berada disamping badan. Mulailah bersiap dan doronglah badan kamu keatas dengan kekuatan tangan kamu. Ketika melakukan gerakan ini, pastikan badan dan kaki tetap lurus. Lakukan latihan ini sebanyak 20-30 kali setiap hari untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

  1. Latihan Plank

Sumber: website klikdokter

Contoh olahraga di rumah tanpa alat selanjutnya yaitu plank. Latihan ini memiliki manfaat yang sangat bagus untuk melatih ataupun dapat kamu lakukan sebagai olahraga di rumah mengecilkan perut. Gaya pada latihan plank ini bermanfaat untuk mengencangkanĀ  perut, lengan, pinggul dan kaki serta membentuk postur tubuh kamu.

Gerakan pada latihan ini cukup mudah untuk kamu lakukan yaitu mulailah dengan menelungkupkan badan dan tangan kamu pada lantai. Posisikan lengan dan jari kaki kamu pada lantai serta pastikan siku kamu berada tepat di bawah bahu. Angkatlah tubuh kamu dengan tetap bertumpu pada lengan dan jari kaki kamu tetap ke lantai. Pastikan bahu tidak menempel ke telinga, tahan posisi ini beberapa detik lalu rebahkan diri kamu ke lantai. Ulangi gerakan ini beberapa kali dan lakukan secara konsisten setiap hari untuk hasil yang maksimal.

  1. Gerakan Sit up

Olahraga dirumah tanpa alat
Sumber: website prima

Latihan ini juga merupakan olahraga di rumah tanpa alat yang dapat kamu lakukan saat masa senggang kamu. Untuk melakukan gerakan latihan ini pun sangat mudah. Manfaat melakukan olahraga ini yaitu dapat membantu memperkuat otot-otot yang ada pada perut. Gerakan pada latihan ini dapat kamu mulai dengan posisi berbaring dengan lutut menekuk dan kaki pastikan tetap menempel pada lantai.

Baca Juga ini Ya !! =>  Harry Kane: Striker Prolifik yang Menggebrak Dunia Sepak Bola

Kamu dapat menyelipkan kaki kamu pada meja ataupun meminta bantuan orang lain untuk memegangi kaki kamu agar tetap menempel pada lantai. Tangan menyentuh telinga dan berada pada samping kepala. Tarik nafas dan dekatkan tubuh kamu menuju lutut, turunkan badan kamu pelan-pelan ke lantai dan tariklah nafas. Ulangi gerakan ini beberapa kali dan lakukanlah setiap hari agar hasilnya terlihat.

  1. Gerakan Squat

Sumber: website runner’s world

Olahraga selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk latihan lower body tanpa alat adalah olahraga dirumah tanpa alat yang satu ini. Latihan ini bermanfaat untuk melatih otot-otot yang ada pada paha, perut dan lengan kamu. Gerakan pada latihan ini sangat mudah dan siapapun dapat melakukannya.

Untuk melakukannya, mula-mula berdirilah tegak dan lebarkan kaki kamu selebar bahu. Setelah itu, mulailah menurunkan tubuh kamu dengan menekuk lutut kamu dan tangan berada lurus kedepan. Pinggul kamu posisikan layaknya orang yang sedang duduk namun tidak lurus kebawah. Lutut dan paha harus sejajar dengan lantai serta lutut jangan melewati jari-jari kaki kamu. Pastikan punggung kamu lurus dan pandangan tetap lurus kedepan. Kemudian bersiaplah mengangkat tubuh kamu pelan-pelan dan kembalilah ke posisi semula. Tahanlah posisi duduk kamu dan angkat kembali tubuh kamu hingga posisi berdiri. Ulangilah gerakan-gerakan ini berulang beberapa saat setiap hari.

  1. Gerakan naik dan Turun Tangga

Olahraga dirumah tanpa alat
Sumber: website fimela

Olahraga yang satu ini sangat-sangat sederhana dan siapapun bisa melakukannya dengan hanya berada di rumah. Gerakan pada latihan ini sangat mudah dan sederhana. Namun banyak orang yang tidak menyadari akan manfaat yang luar biasa dari hanya melakukan latihan yang satu ini.

Untuk melakukan latihan ini kamu hanya perlu menaiki dan menuruni tangga yang ada pada tempat kamu. Kamu cukup melakukan ini setiap hari dan secara maksimal. Maka kamu akan mendapatkan manfaat pada otot dan tulang kaki kamu.

  1. Latihan Mountain Climber

Sumber: website warrior made

Latihan ini adalah latihan yang dapat kamu lakukan dengan gerakan yang mudah dan tentu saja olahraga di rumah tanpa alat. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, maka olahraga yang satu ini dapat kamu jadikan sebagai salah satu latihan wajib kamu. Meskipun gerakan ini cukup mudah, namun manfaat yang akan kamu dapatkan ketika melakukan latihan ini sangat efektif untuk membakar lemak.

Baca Juga ini Ya !! =>  Park Soo Ryun: Menginspirasi Dunia Atletik dengan Dedikasi dan Prestasinya

Latihan ini merupakan salah satu gerakan yang masuk dalam kategori latihan kardio yang salah satu manfaatnya adalah menyehatkan jantung. Selain itu, gerakan yang ada pada latihan ini dapat membakar kalori dalam waktu singkat sehingga sangat efektif bagi kamu yang ingin membakar lemak yang ada pada tubuh.

Adapun gerakan yang harus kamu lakukan pada latihan ini yaitu pertama-tama posisikan tubuh kamu seperti posisi push up. Tangan berada tepat pada bawah bahu dan kaki lurus ke belakang. Kemudian doronglah tubuh kamu menjauh dari lantai. Lalu mulailah menarik salah satu lutut kamu mendekat ke dada dengan kaki yang satunya tetap lurus. Tariklah lutut kamu secara bergantian mendekati dada dan ulangi gerakan ini beberapa kali. Semakin cepat pergantian lutut yang mendekati dada, maka semakin eksplosif latihannya.

  1. Olahraga Jumping Jack

Olahraga dirumah tanpa alat
Sumber: website sehatq

Olahraga di rumah tanpa alat yang satu ini merupakan salah satu latihan yang paling mudah untuk kamu lakukan dan dapat kamu lakukan kapan saja. Untuk melakukan latihan ini, kamu tidak perlu alat apapun. Latihan ini merupakan salah satu olahraga dalam latihan aerobik. Olahraga ini memiliki banyak manfaat, salah satu manfaat dari olahraga ini yaitu menurunkan berat badan. Untuk menurunkan berat badan, kamu hanya perlu melakukan olahraga ini dalam 30 menit.

Selain itu, manfaat yang lain pun masih banyak dari latihan ini. Adapun gerakan yang perlu kamu lakukan untuk latihan ini yaitu mulailah dengan berdiri tegak dan posisi kedua kaki kamu harus sejajar. Letakkan tangan kamu pada bagian samping tubuh. Bersiaplah melompat dengan mulai menekuk lutut kamu, jika sudah maka mulailah melompat. Ketika melompat, kamu harus merentangkan kaki kamu selebar bahu kamu. Lengan kamu juga harus renggang ke samping sampai melewati kepala. Kemudian kembali ke posisi semula dan ulangi gerakan ini selama 30-50 detik.

Baca Juga ini Ya !! =>  Spezia: Sebuah Perjalanan Menawan di Dunia Sepak Bola Italia

Nah guys, itulah pemaparan beberapa tips olahraga yang bisa kamu lakukan, dan tentunya tidak membutuhkan tambahan alat apapun. Selamat mencoba!