Olahraga Malam Hari yang Efektif Setelah Kamu Seharian Beraktivitas

Olahraga Malam Hari

Olahraga malam hari dapat kamu lakukan selepas pulang dari bekerja. Tujuan dari olahraga pada malam hari dapat membuat tubuh kamu yang lelah setelah seharian bekerja menjadi rileks sehingga akan membuat kamu tidur nyenyak. Selain untuk merilekskan tubuh, olahraga pada malam hari juga memiliki berbagai manfaat. Salah satunya yaitu membakar lemak yang kamu makan seharian. Sehingga olahraga pada malam hari bisa kamu lakukan saat kamu tidak punya waktu untuk olahraga sore hari ataupun pada pagi hari. Kamu dapat melakukan olahraga malam hari jam berapa pun terserah kamu. Asalkan kamu melakukan olahraga sebelum tidur minimal 2 jam sebelum kamu pergi tidur. Hal ini bertujuan agar suhu badan kamu ketika ingin tidur tidak panas. Adapun beberapa olahraga yang cocok untuk malam hari yang bisa kamu lakukan akan kami paparkan satu persatu. Berikut penjelasannya:

  1. Gerakan Yoga

Olahraga Malam Hari
Sumber: website fimela

Latihan yang satu ini merupakan olahraga yang cocok untuk malam hari. Kegiatan ini menjadi salah satu olahraga yang aman untuk kamu lakukan ketika malam hari. Olahraga ini memiliki manfaat untuk membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks karena lelah seharian bekerja. Selain itu, yoga juga dapat membantu melancarkan predaran darah pada tubuh kamu dan juga membuat sistem pernafasan kamu menjadi lebih lega. Saat pernafasan kamu menjadi lebih lega, maka tubuh akan menjadi rileks dan akan membuat tidur kamu menjadi nyenyak.

Selain bermanfaat membuat tubuh rileks, gerakan pada latihan ini juga dapat menjadi olahraga malam untuk mengecilkan perut. Gerakan yang bisa kamu lakukan cukup mudah dan sederhana. Kamu dapat memulai dengan melakukan relaksasi terbalik selama kurang lebih dua menit. Adapun cara melakukannya yaitu kamu cukup memposisikan diri kamu seperti orang yang sedang duduk pada dinding. Kepala kamu berada pada lantai ataupun kasur dan pastikan bokong kamu memiliki jarak 6 inchi dari dinding. Tangan kamu berada pada samping tubuh dengan posisi telapak tangan menghadap atas. Tahanlah posisi ini selama beberapa saat dan lanjutkanlah pada proses latihan gerakan yoga selanjutnya.

  1. Jalan-jalan Malam Bersama Keluarga

Sumber: website kesehatan.kontan

Kegiatan selanjutnya yaitu olahraga malam hari untuk menurunkan berat badan. Kita sama-sama mengetahui bahwa berjalan kaki merupakan salah satu olahraga menurunkan berat badan. Hal ini karena kita yakin saat berjalan akan membakar lemak yang berada pada tubuh. Selain itu, saat berjalan kaki mata kamu akan disuguhkan dengan pemandangan malam yang indah dan udara malam yang segar.

Baca Juga ini Ya !! =>  Denver Nuggets: Mengenal Tim Basket Profesional di Kota Mile High

Hal ini akan membantu meredakan stres dan juga akan membuat kualitas tidur kamu menjadi lebih baik. Manfaat lain yang bisa kamu rasakan saat jalan kaki yaitu membuat sendi kamu lebih kuat. Berjalan kaki akan membuat berbagai gerakan yang membantu memperkuat sendi dan otot kamu serta memperlancar aliran darah dalam tubuh. Kamu cukup melakukan jalan kaki selam 10 menit saat malam hari dan kamu akan merasakan khasiatnya.

  1. Latihan Pilates

Olahraga Malam Hari
Sumber: website halodoc

Latihan ini dapat kamu gunakan sebagai olahraga malam hari yang bermanfaat untuk meregangkan tubuh dan berfokus pada bagian tubuh yaitu perut, punggung, paha dan panggul. Olahraga ini dapat membantu kamu untuk menajamkan fokus kamu. Selain mudah untuk dilakukan, namun membutuhkan kamu untuk berkonsentrasi lebih tinggi. Gerakan ini mengharuskan kamu untuk dapat mengendalikan tubuh dan fikiran kamu sehingga kamu dapat mengatur nafas dengan baik. Jika kamu sudah dapat mengendalikan tuhuh dan fikiran serta nafas kamu, maka kamu akan menjadi fokus dan dapat merasakan manfaat dari latihan ini secara langsung. Selain untuk menajamkan fokus kamu, latihan ini juga dapat membantu memperbaiki postur tubuh. Cobalah untuk melakukan latihan ini setiap sebelum tidur dan kamu akan merasakan manfaat dari latihan ini.

  1. Latihan Tai Chi

Sumber: website otcdigest

Olahraga yang satu ini berasal dari Tiongkok. Latihan ini memiliki gerakan-gerakan yang lebih mirip seperti meditasi. Olahraga ini dapat dilakukan oleh siapa saja dan kamu juga dapat melakukannya dimana saja. Olahraga ini mampu memberikan ketenangan sehingga orang yang melakukan olahraga ini akan merasa rileks dan damai. Oleh karena itu, latihan ini menjadi salah satu latihan yang paling populer untuk menghilangkan rasa stres dan juga membantu merilekskan tubuh. Hal ini akan membantu memperbaiki kualitas tidur kamu agar menjadi lebih nyenyak. Selain untuk mengurangi stres, olahraga ini juga ternyata mampu membuat daya konsentrasi meningkat hingga tak ayal banyak kalangan menggemari latihan ini baik dari remaja ataupun dari kalangan orang tua.

Baca Juga ini Ya !! =>  Spezia: Sebuah Perjalanan Menawan di Dunia Sepak Bola Italia

Latihan ini meskipun dikenal sebagai salah satu latihan bela diri, tetapi latihan ini lebih pelan dan lembut serta terfokus pada pernafasan dan pemusatan pikiran yang bertujuan membuat tubuh menjadi lebih tenang. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir akan bahaya olahraga malam bagi jantung. Latihan ini justru memiliki manfaat untuk kesehatan terutama untuk mengurangi risiko seseorang untuk terkena penyakit jantung dan stres.

Hal ini terbukti dari berbagai penelitian yang sudah para ahli lakukan. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut, olahraga ini dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah yang tinggi dan juga mampu menurunkan tingkat kolesterol yang ada dalam tubuh. Oleh karena itu, olahraga ini sangat bagus dan memiliki manfaat yang berlimpah sehingga latihan ini menjadi salah satu latihan yang direkomendasikan untuk kamu lakukan terutama sebelum pergi untuk tidur.

  1. Gerakan Stretching

Olahraga Malam Hari
Sumber: website hellosehat

Olahraga yang satu ini bertujuan untuk merenggangkan otot-otot kamu yang tegang karena seharian beraktivitas di luar rumah ataupun sibuk bekerja. Gerakan yang ada pada latihan ini cukup sederhana akan tetapi memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh. Adapun beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan pada saat melakukan peregangan yaitu dapat meredakan stres. Bagi kamu yang seharian memiliki kegiatan baik di tempat kerja ataupun sebagainya.

Latihan ini sangat cocok untuk kamu lakukan guna untuk mengurangi rasa penat yang seharian berada pada pikiran karena tekanan kerja. Kamu dapat melakukan berbagai gerakan streching yang tentu saja mudah untuk kamu lakukan. Selain meredakan stres, peregangan juga dapat memperbaiki postur tubuh dan mengatasi nyeri pada punggung. Hal ini sangat bermanfaat sekali bagi kamu yang seharian suntuk kerjanya hanya duduk di kursi kantor. Duduk yang terlalu lama akan membuat punggung kamu sakit dan nyeri. Sehingga latihan ini menjadi sangat berguna dan bermanfaat untuk coba kamu peraktikkan sesaat sebelum pergi tidur. Kamu cukup melakukan gerakan-gerakan ringan saja untuk beberapa menit dan kamu akan merasakan tubuh kamu akan menjadi lebih rileks.

Baca Juga ini Ya !! =>  Guys, Ini 7 Olahraga Pagi yang Simple Banget dan Harus Kamu Coba

Sekian berbagai penjelasan mengenai olahraga yang dapat kamu lakukan saat malam hari. Tidak ada alasan untuk tidak berolahraga, karena olahraga dapat kamu lakukan dimana saja dan tidak perlu melakukan gerakan-gerakan yang sulit. Cukup luangkan waktu hanya sebentar untuk merileksasikan tubuh dan kamu akan lebih rileks.