3 Kuliner Jakarta Khas Betawi yang Melegenda

  • Bagikan
ketoprak
sumber instagram @pr.ditha

Masing-masing daerah di Indonesia selalu memiliki hal unik dan daya tarik tersendiri yang dapat memikat para wisatawan untuk berkunjung. Sebagai contoh misalnya kota-kota memiliki beberapa tempat wisata yang unik dan memiliki pemandangan yang syahdu atau juga sajian kulinernya yang menggugah selera. Salah satunya adalah Ibu Kota Jakarta yang memiliki berbagai jenis tempat wisata menarik dan tentunya kuliner Jakarta khas yang memiliki cita rasa menggoda.

Jakarta menjadi kota metropolitan modern yang juga merupakan pusat pemerintahan dan perekonomian Indonesia. Meskipun demikian, kota Jakarta masih mempertahankan kebudayaan serta ciri khas Betawinya. Sebagai contoh adalah beberapa kuliner tradisional khas betawi yang hingga saat ini masih eksis dan justru menjadi ikon kota Jakarta itu sendiri.

Ada banyak kuliner khas kota Jakarta atau Betawi yang bisa kamu temui ketika berkunjung ke sana. Beberapa diantaranya akan kami berikan informasi untuk menambah wawasanmu mengenai kuliner khas kota Jakarta. Nah berikut 3 kuliner khas kota Jakarta yang sudah melegenda dan dikenal hingga ke seluruh penjuru nusantara:

  1. Kerak Telor

kuliner jakarta, kerak telor
sumber instagram @kulinerlesehan

Sudah menjadi rahasia umum kalau kerak telor menjadi makanan khas betawi yang paling populer dan sudah terkenal hingga ke daerah-daerah lainnya di Indonesia. Kamu belum sah mengunjungi Ibu Kota jika belum mencicipi kuliner Jakarta yang satu ini.

Kerak Telor  merupakan makanan khas daerah Betawi atau Jakarta. Kuliner ini terbuat dari olahan beras ketan yang dicampur bersama dengan telur bebek atau ayam dan udang kering. Bahan-bahan tersebut lalu disangrai bersama dengan bawang goreng dan bumbu-bumbu masakan lainnya, seperti cabe merah, merica butiran, garam, gula pasir dan bumbu parutan kelapa.

Menurut sejarahnya kerak telor sudah diciptakan oleh masyarakat betawi sejak zaman Belanda. Dan kerak telor menjadi sajian ketika ada perayaan pesta atau acara-acara besar bagi para petinggi pada masa itu. Namun seiring waktu kerak telor tergantikan dengan hadirnya makanan-makanan barat di Indonesia ketika itu.

Kini makanan ini sudah menjadi ikon dari kota Jakarta. Rasanya yang nikmat dan gurih membuat kerak telor begitu mudah menarik hati orang-orang, yang bahkan baru pertama kali mencicipinya. Tidak heran jika kuliner Jakarta yang satu ini sangat populer dan menjadi salah satu kuliner yang diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Jakarta.

Kamu bisa dengan mudah menemukan kerak telor di setiap sudut kota Jakarta. Baik di warung tetap, maupun pedagang kaki lima yang berjualan keliling. Apa lagi ketika ada perayaan seperti Pekan Raya Jakarta atau yang lebih kita kenal dengan PRJ, kerak telor menjadi kuliner kaki lima Jakarta yang wajib ada. Penyajiannya pun terbilang cukup singkat, kamu hanya perlu menunggu selama kurang dari 15 menit untuk bisa menikmati makanan ini.

Meskipun semakin banyak makanan kekinian yang bermunculan di kota Jakarta, kerak telor tetap menunjukkan eksistensinya dengan terus menjadi kuliner favorit bagi masyarakat kota Jakarta. Jadi, bagi kamu yang berencana berlibur ke Jakarta, pastikan untuk mencoba langsung kenikmatan kerak telor ini.

  1. Semur Jengkol

kuliner jakarta, semur jengkol
sumber instagram @dapoer_kang_awe

Kuliner berikutnya adalah semur jengkol. Sebagian besar masyarakat nusantara, termasuk juga mungkin kamu, sudah tahu bahwa jengkol sangat identik dengan kota Jakarta atau khususnya kita kenal dengan daerah Betawi. Dan salah satu kuliner Jakarta yang populer dari bahan dasar Jengkol adalah semur jengkol.

Sedikit sejarah singkat mengenai mengapa semur jengkol bisa menjadi salah satu kuliner khas masyarakat betawi. Hal tersebut bisa terjadi karena dulunya, hampir di tiap kebun atau bahkan di rumah warga Betawi pasti memiliki pohon jengkol. Sehingga jengkol menjadi salah satu bahan makanan yang selain nikmat, mudah pula didapatkan. Harganya yang terjangkau juga menjadikan jengkol sebagai pilihan utama masyarakat Betawi untuk membuat semur ketimbang menggunakan daging yang harganya sedikit lebih mahal. Hingga kini hidangan semur jengkol sudah menjadi menu favorit dan sangat melekat dengan kota Jakarta khususnya suku Betawi.

Keunikan dari sajian berbahan dasar jengkol ini adalah aroma khasnya yang cukup menyengat. Sebagian orang yang belum pernah memakan semur jengkol mungkin akan ragu ketika baru mencium aromanya. Tetapi begitu sudah mencoba memakannya langsung, kamu pasti akan langsung jatuh hati.

Teksturnya yang sedikit keras menjadikan jengkol sangat cocok sebagai pengganti daging ketika membuat menu hidangan semur. Jengkol terbaik yang digunakan adalah jengkol yang sudah tua. Sebab jengkol tua dengan daging buah yang sedikit keras akan menjadi legit setelah dimasak.

Bagi kamu yang belum pernah mencoba dan penasaran dengan rasa kuliner Jakarta yang satu ini, kamu bisa cukup mudah untuk mendapatkannya di Jakarta. Semur jengkol biasanya tersedia di warung-warung Ibu Kota. Atau untuk lebih mudahnya kamu bisa mencarinya ketika malam hari di penjual atau warung nasi uduk. Sebab semur jengkol juga menjadi salah satu kuliner Jakarta malam yang cukup favorit.

  1. Ketoprak

kuliner jakarta, ketoprak
sumber instagram @pr.ditha

Satu lagi hidangan khas dari Ibu Kota adalah Ketoprak. Kuliner Jakarta yang satu ini sekilas mirip dengan gado-gado atau mungkin juga menyerupai nasi pecel. Namun berbeda dengan nasi pecel yang berisi sayuran rebus, isi ketoprak lebih kepada ketupat, tahu goreng, bihun, mentimun dan tauge. Kamu juga bisa menambahkan lauk pendamping seperti telur dadar atau telur rebus, tergantung seleramu.

Menjadi kuliner Jakarta murah dan cara pengolahan yang sederhana tidak lantas membuat cita rasa ketoprak ini biasa saja. Begitu mencicipinya, lidah kamu akan dimanjakan dengan kualitas rasa yang nikmat. Tidak mengherankan jika ketoprak memiliki sangat banyak peminat.

Terkenal sebagai kuliner khas kota Jakarta atau suku Betawi, tapi justru sebenarnya asal dari ketoprak ini masih simpang siur. Sebagian masyarakat mengatakan bahwa ketoprak adalah makanan khas betawi, sebagian lain mengatakan ketoprak merupakan kuliner luar Jakarta. Ada yang mengatakan asalnya dari Cirebon dan ada pula yang mengatakan asalnya dari Jawa Tengah. Meskipun demikian, terlepas dari bermacam spekulasi mengenai asal daerahnya, ketoprak kini menjadi salah satu kuliner yang sudah tersebar di mana-mana khususnya pulau Jawa. 

Di kota Jakarta sendiri kamu bisa dengan mudah untuk mencari ketoprak. Dulunya pedagang yang menjajakan kuliner ini dengan berjualan menggunakan gerobak. Gerobaknya pun terbilang unik karena bentuknya seperti perahu, sangat berbeda dengan gerobak-gerobak pedagang kaki lima pada umumnya. Namun sekarang, sudah banyak warung atau rumah makan yang menyediakan menu ketoprak. Sehingga kamu menjadi semakin mudah untuk menemukannya.

Demikian informasi singkat mengenai 3 kuliner khas kota Jakarta. Sudahkan kamu mencoba kenikmatan salah satu dari kuliner Jakarta di atas? Ketika sedang berada di Jakarta, makanan-makanan di atas akan sangat mudah kamu temui. Sebab semuanya sudah tersebar di berbagai penjuru kota Jakarta, baik di tempat-tempat kuliner Jakarta selatan, pasar kuliner Jakarta barat, maupun di warung kuliner jakarta utara.

Baca Juga ini Ya !! =>  Kuliner Malang, Manjakan Lidahmu dengan Cita Rasa Nikmat Jawa Timur
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *