Inilah 13 Jenis Mobil Hemat BBM dan Perawatan Buat Kamu

Mobil hemat BBM dan mudah perawatan menjadi incaran banyak orang. Bagaimana tidak, apabila mobil kamu memiliki perawatan yang hemat dan irit BBM maka itu merupakan kabar baik. Kamu dapat mengurangi pengalokasian dana kamu untuk perawatan mobil dan transportasi. Dengan begitu, kamu akan banyak menghemat uang kamu dan mengalokasikannya untuk keperluan lain. Mau tau mobil apa saja yang irit dan perawatan mudah? Yuk kita simak bersama.

  1. Mobil Honda Brio

Mobil Hemat BBM dan mudah perawatan
Sumber: website oto

Nah yang pertama ini merupakan mobil yanng cukup populer dan banyak peminatnya di Indonesia. Konsumen dari mobil brio ini kebanyakan adalah kalangan milenial dan para pasangan muda. Bagaimana tidak, honda brio ini merupakan salah satu city car yang harganya cukup terjangkau. Kita banyak menjumpai mobilĀ  yang satu ini pada jalan-jalan. Bentuk eksteriornya tidak hanya imut tapi juga memiliki sisi sporty. Selain dari segi harga, ternyata mobil yang satu ini juga hemat BBM dan minim perawatan. Brio 1,2 E A/T banyak menarik pembeli karena bahan bakar yang sangat irit. Untuk 1 liter bensin, mobil brio tipe ini dapat menempuh jarak sebesar 21,2 km/liter.

  1. Mobil Mazda2

Sumber: website carmudi

Mobil yang satu memiliki tampilan yang elegan dan tentu saja nyaman untuk kamu kendarai. Meskipun merupakan buatan Jepang, namun tingkat kenyamannya terasa seperti buatan Eropa. Untuk desain eksteriornya yang sudah ada, memungkinkan keseimbangan mobil tetap terjaga meskipun dikendarai dengan kecepatan tinggi. Mobil mazda juga menjadi primadona untuk mobil yang irit dengan eksterior yang menarik. Jarak yang dapat ditempuh dengan 1 liter bensin adalah 21.5 km/liter BBM.

  1. Mobil Avanza dan Xenia

Mobil Hemat BBM dan Mudah Perawatan
Sumber: website moladin

Kendaraan selanjutnya merupakan mobil yang bisa kamu gunakan bersama keluarga. Meskipun bukan mobil kecil, namun untuk urusan bensin mobil keluarga paling irit adalah ini. Mobil avanza dan xenia dalam masalah bahan bakar dan perawatan hampir sama. Untuk jarak yang dapat ditempuh, kedua kendraan ini bisa menempuh 11 km/liter.

  1. Mobil Ford Fiesta

Sumber: website gridoto

Mobil buatan Amerika ini merupakan salah satu mobil yang hemat BBM dan mudah perawatan loh. Ford memiliki mesin 1.000 cc dan rata-rata konsumsi BBM yang dihabiskan sebesar 20 km/liter pada jalan yang bebas hambatan. Meskipun sudah tidak dipasarkan di Indonesia, namun kamu masih dapat membeli bekasnya. Mobil bekas ford ini tidak perlu kamu ragukan. Transmisi dual clutch pada mobil ini membuatnya menjadi mobil bekas paling irit yang perlu kamu lirik.

  1. Mobil Datsun Go

Mobil Hemat BBM dan Mudah Perawatan
Sumber: website carmudi

Alat transportasi yang satu ini bisa kamu dapatkan pada kondisi baru ataupun bekas. Mobil keluarga bekas murah dan irit adalah Datsun Go ini. Merupakan salah satu mobil jenis LCGC, siapa sangka harganya juga relatif terjangkau. Mesin pada mobil sudah dilengkapi dengan transmsi manual dengan kapasitas 1.200 cc. Perusahaan yang membuat mobil ini mengatakan bahwa jarak yang dapat ditempuh untuk 1 liter bensin adalah 23,5 km.

  1. Mobil Honda Mobilio

Sumber: website berita.rajamobil

Kendaraan roda empat yang satu ini merupakan salah satu mobil hemat BBM dan Mudah perawatan. Mobil ini termasuk dalam kategori mobil MPV. Mobilio ini memiliki banyak sekali peminat baik dari kalangan muda ataupun tua. Hal ini terjadi karena keiritan yang ada. Jarak yang dapat ditempuh sebesar 17,05 km/liter bensin. Jika melihat keiritannya, maka tak heran jika mobil ini memiliki banyak penggemar.

  1. Mobil Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Mobil Hemat BBM dan Mudah Perawatan
Sumber: website autonetmagz

Nah kedua mobil ini memiliki khas dan ciri-ciri yang sama. Keduanya merupakan city car yang sangat banyak dibeli oleh para masyarakat. Selain harga yang murah, suspensi yang dimiliki pun sangat baik. Dengan suspensi yang baik ini membuat kamu saat berkendara akan merasa nyaman. Untuk jarak, rata-rata keduanya mampumenempuh 19,3 hingga 19,5 km/liter bensin. Tentu saja hal ini membuat minat masyarakat pada mobil ini semakin meningkat.

  1. Mobil Daihatsu Sirion

Sumber: website otosia

Kita beralih ke mobil buatan negara tetangga kita yaitu Malaysia. Daihatsu Sirion ini wajib banget kamu masukkan kedalam mobil yang ingin kamu beli. Kelebihan dari mobil Malaysia ini yaitu konsumsi bahan bakar yang terbilang irit. Sama seperti Ayla, jarak tempuh untuk perliter bensin pada mobil ini yaitu 20,8 km/liter bensin. Irit sekali bukan? Untuk harga pun mobil ini bisa kamudapatkan dengn harga 200 jutaan saja.

  1. Mobil Nissan March

Mobil Hemat BBM dan Mudah Perawatan
Sumber: website otomotif.kompas

Mobil hemat BBM dan mudah perawatan yang selanjutnya adalah buatan Nissan. Merupakan andalan dalam hal keiritan bahan bakar, dengan kapasitas 1.198 cc dan memiliki CVTC. Dengan kelebihan yang ada, mobil ini digadang-gadang mampun menempuh jarak 21 km/liter bensin.

  1. Mobil KIA Picanto

Sumber: website mbtech

Selanjutnya datang dari negara Gingseng. Mobil Korea ini memiliki mode ECO yang membuat mesinnya bekerja lebih efisien. Body pada mobil ini tergolong mungil dan banyak memiliki penggemar dari para kalangan milenial. Kapasitas yang terdapat pada mobil dengan 1200 cc dapat menempuh jarak jauh sebesar 19 km/liter bensin. Karena banyak keunggulan yang terdapat pada mobil satu ini, membuatnya masih dipandang sebagai mobil yang bagus.

  1. Mobil Mitsubishi Mirage

Mobil Hemat BBM dan Mudah Perawatan
Sumber: website otomotif.tempo

Nah yang satu ini merupakan andalan mobil hemat irit dari Mitsubishi. Mobil keluaran Jepang ini merupakan non hybrid yang mampu menempuh jarak luar biasa hanya dengan 1 liter bensin saja. Meskipun harga mobil Mirrage ini tergolong murah, namun fitur yang terdapat pada mobil ini tetap canggih. Kamu bisa menempuh jarak 31 km/liter bensin loh. Pantas saja mobil ini banyak kita jumpai di jalanan Indonesia. Karena banyak sekali keuntungan yang pembeli dapat pada mobil ini.

  1. Mobil Toyota Rush

Sumber: website tribunnews

Memiliki banyak sekali peminat, mobil ini merupakan tipe SUV paling irit BBM di Indonesia. Harga dari kendaraan ini cukub beragam dan kompetitif berkisaran 225 juta hingga 275 jutaan. Cukup murah jika dibandingkan dengan harga mobil SUV lainnya. Mesin yang ada pada mobil ini memiliki 4 silinder. Untuk jarak sendiri, mobil ini mampu menempuh jarak 12 km/liter dengan kecepatan 22 km/jam. Namun pada jalan tol jika dengan kecepatan 90 km/jam membuutuhkan 1 liter bensin dengan jarak tempuh 16,4 km/liter.

  1. Mobil Daihatsu Sigra X

Mobil Hemat BBM dan Mudah Perawatan
Sumber: website oto

Mobil hemat BBM dan mudah perawatan yang terakhir adalah dari daihatsu. Salah satu mobil yang masuk dalam daftar konsumsi BBM mobil yang irit. Mobil ini dapat kamu beli dengan harga yang relatif terjangkau. Jarak tempuh mobil satu ini sebesar 19 km/liter bensin. Meskipun murah, kamu bisa menggunakan mobil ini bersama keluarga kamu dan akan tetap merasa nyaman.

Baca Juga ini Ya !! =>  Mobil Listrik: Masa Depan Ramah Lingkungan dalam Industri Otomotif

Setelah membahas beberapa mobil irit dan perawatan yang murah, kamu jadi tahu kan mobil apa saja yanng bisa kamu jadikan sebagai mobil impian kamu. Mobil-mobil tersebut meskipun murah dan irit, tetapi fitur yang kamu dapatkan juga tetap kualitas bagus. Jadi tidak perlu takut ya untuk membeli mobil yang menjadi impian kamu. Beberapa uraian yang sudah kami jelaskan dapat kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk mobil impian kamu. Tak perlu khawatir, meskipun kamu hanya ingin mobil bekas namun tetap memiliki kualitas yang bagus. Semoga membantu dan bermanfaat ya.