Makanan Khas Sulawesi Tenggara

Ikan Dole
Ikan Dole

Jika berkunjung ke suatu daerah atau ke suatu tempat, tidak ada salahnya untuk mencicipi dan mencoba makanan khasnya. Sulawesi Tenggara ada beragam banyak hal yang bisa dieksplor oleh anda, dan banyak sekali makanan khas Sulawesi Tenggara yang tentunya bisa anda cicipi saat anda berkunjung ke Sulawesi Tenggara. Inilah macam macam kuliner di Sulawesi Tenggara, yang nikmat dan juga lezat.

Macam Macam Makanan Sulawesi Tenggara Yang Lezat dan Nikmat

Berlibur ke provinsi Sulawes Tenggarai tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner khasnya, yang pastinya menggugah selera anda dan juga sangat lezat sekali. Berikut ini adalah beberapa kuliner dari Sulawesi Tenggara, yang sangat patut untuk dicoba oleh anda:

  1. Ikan Dole
Ikan Dole
Ikan Dole

Saat anda berkunjung dan berlibur ke Sulawesi Tenggara, baiknya anda untuk mencoba makanan dari bahan ikan. Anda sangat wajib mencoba ikan dole, saat anda berlibur dan juga berkunjung ke Sulawesi Tenggara. Ikan yang digunakan untuk membuat ikan dole ini, menggunakan ikan tenggiri. Ikan Tenggiri ini mempunyai banyak vitamin, salah satunya adalah vitamin B.

Untuk membuat ikan dole khas Sulawesi Tenggara ini sangat mudah sekali, dan ikan ini dicampur dengan parutan kelapa muda. Sesudah itu ikan ini dimasak, hingga warnanya menjadi kecoklatan. Dengan dimasak hingga kecoklatan warnanya, akan membuat rasanya menjadi nikmat. Tidak hanya menjadi nikmat, namun rasa ikan ini menjadi lebih gurih.

 

2. Sate Gogos Pakea

sate gogos pakea
sate gogos pakea

Jika anda ingin mencoba sebuah makanan sate yang berbeda, anda wajib untuk mencoba makanan khas Kendari yaitu Sate Gogos Pakea. Sate gogos pakea ini menggunakan daging kerang, sehingga sate ini berbeda dengan yang lainnya. Tentunya dengan menggunakan daging kerang ini, membuat rasanya menjadi nikmat dan juga sangat lezat sekali.

Baca Juga ini Ya !! =>  Keunikan Budaya Kalimantan Utara yang Perlu Kamu Tahu

Sate Gogos Pakea ini direbus terlebih dahulu,  dan kemudan dibakar hingga akhirnya menjadi matang.  Kemudian sate ini menggunakan bumbu yang pedas manis, seingga rasa menjadi tambah nikmat dan juga menjadi tambah lezat sekali. Untuk harganya pun juga sangat terjangkau sekali, sehingga anda bisa terus membeli sate ini.

 

3. Kasuami

kasuami
kasuami

Makanan berikutnya yang sangat patut dicoba oleh anda, adalah makanan Kasuami. Makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari singkong, dan menudian singkong ini diparut. Setelah singkong tersebut diparut, singkong tersebut di rebus hingga akhirnya menjadi matang. Jika akhirnya sudah matang, singkong tersebut dibuat menjadi berbentuk tumpeng.

Anda bisa mengonsumsi Kasuami ini secara langsung, dan anda bisa mengonsumsi makanan tersebut secara langsung. Jika anda ingin menambahkan lauk, anda bisa menambahkan lauk seperti sayur sayuran atau anda bisa tambahkan lauk ikan. Dengan menambahkan lauk tersebut, membuat Kasuami ini menjadi tambah nikmat sekali.

 

4. Lapa-Lapa

lapa lapa
lapa lapa

Lapa Lapa adalah makanan khas Sulawesi Tenggara, dan Lapa lapa ini menggunakan bahan dasar beras. Beras ini nantinya akan diolah, bersama dengan santan dengan takaran yang sesuai. Tidak hanya menggunakan santan saja, namun untuk membuat Lapa Lapa menggunakan daun  kelapa muda . Bahan bahan untuk membuat lapa lapa ini, sangat mudah sekali untuk anda temui.

Pertama tama beras tersebut dicuci, dan direbus matang hingga menjadi nasi. Kemudian masukan bahan bahan seperti santan dan juga kelapa muda, untuk menambah kenikmatan dari Lapa lap aini. Untuk lauk bisa anda tambahkan seperti ikan asin, dan ikan asin tersebut bisa menambah nikmat dari Lapa Lapa tersebut.

 

5. Sinonggi

Sinonggi
Sinonggi

Sulawesi Tenggara juga mempunyai sebuah makanan khas yang sangat wajib dicoba oleh anda, dan makananan tersebut Bernama Sinonggi. Sinonggi ini menggunakan bahan baku sagu, dan makanan ini mirip sekali dengan Papeda dari Papua. Sagu ini sangat lengket sekali, namun sagu ini mudah sekali untuk anda konsumsi atau untuk dimakan.

Baca Juga ini Ya !! =>  3 Cara Membuat Donat dan Tips Donat Lembut Anti Gagal

Jika anda ingin mengonsumsi Sinonggi ini, anda bisa menambahkan lauk seperti ikan bumbu kuning. Dengan menambahkan ikan bumbu kuning ini membuat rasa nikmat, dan juga makanan menjadi sangat gurih. Untuk itulah anda jangan sampai terlewatkan untuk mengonumsi Sinonggi, saat sedang di Sulawesi Tenggara.

 

6. Bagea Sagu

Bagea Sagu
Bagea Sagu

Bagea Sagu adalah makanan khas dari Sulawesi Tenggara, yang menggunakan bahan dasar sagu. Sagu tersebut nantinya diolah menjadi kue, yang bentuk atau teksturnya menjadi keras. Walaupun teksturnya sangat keras sekali, namun kue ini akan sangat lembut Ketika sedang dikunyah. Untuk varian dari Bagea Sagu ini sangat beragam dan juga banyak macamnya, seperti kacang kenari.

Ada variasi lainnya yang bisa ditemui oleh anda, seperti variasi kayu manis yang rasanya Untuk itulah anda tidak boleh terlewatkan, untuk mencoba makanan Bage Sagu ini. Ada banyak variasi rasa yang anda temukan disini, sehingga anda bisa menikmati beragam variasi Bage Sagu ini.

 

7. Kapusu Nosu

Kapusu Nosu
Kapusu Nosu

Kuliner khas Sulawesi Tenggara yang tidak boleh terlewat untuk dicoba, adalah Kapusu Nosu. Kapusu Nosu adalah makanan khas Sulawesi Tenggara dari bahan beras, dan kemudian dibuat lebut seperti bubur. Bubur ini menggunakan santan, sehingga rasa menjadi nikmat dan juga lezat.

Toping pada bubur ini juga beragam sekali, yakni sayur sayuran yang lengkap. Tidak hanya sayur sayuran saja, namun ada juga ikan yakni ikan kahaleo. Adanya lauk lauk yang beragam, membuat rasa jadi tambah nikmat.

Makanan Sulawesi Tenggara sangatlah beragam, dan membuat anda menjadi tertarik saat ingin mencicipinya. Mulai sekarang, yuk coba ragam kuliner khas dari Sulawesi Tenggara.