BERIKUT 8 MANFAAT OLAHRAGA BAGI TUBUH YANG TIDAK KITA SADARI

Berbicara tentang manfaat olahraga bagi tubuh memang selalu menjadi topik yang mengasyikan untuk kita bahas. Wajah yang terlihat segar, mood bagus, dan selalu semangat, itulah keuntungan olahraga. Perlu anda ketahui secara baik bahwa adanya obat yang paling mujarab untuk menyembuhkan berbagai macam -macam penyakit ialah olahraga.

Ada beragam manfaat olahraga secara teratur, dari meningkatkan imun tubuh kita mulai, kesehatan tubuh, sampai manfaat olahraga untuk kecantikan bagi perempuan. Selanjutnya mari kita bahas beberapa manfaatnya.

  1. Manfaat Olahraga Untuk Kecantikan

manfaat olahraga bagi tubuh
sumber: website shutterstock

Manfaat olahraga bagi tubuh yang pertama ialah untuk kecantikan. Ternyata olahraga dapat juga memelihara kesahatan kulit dan menambah kecantikan. Nah hal demikian dapat menjadi motivasi bagi kita agar semangat berolahraga. Lalu, kenapa olahraga dapat menambah kecantikan? Tahukah kamu, saat melakukan olahraga tubuh akan mengeluarkan keringat. Keluarnya keringat disertai dengan kotoran yang telah lama terkatup dalam pori-pori kulit.

Keringat yang dikeluarkan oleh tubuh dapat berkontribusi membentuk kulit lebih bersih. Proses ini merupakan keringat yang dikeluarkan oleh pori-pori kulit yang menyangkut kotoran. Setelah melakukan olahraga segera mandi supaya kotoran tidak menumpuk kembali agar dapat hasil yang maksimal.

  1. Manfaat untuk anak

Sumber: website liputan6

Manfaat olahraga bagi tubuh yang kedua ialah manfaat olahraga bagi anak. Perlu kamu ketahui bahwa olahraga tidak hanya untuk orang dewasa lo, olahraga juga dianjurkan untuk anak. Badan kesehatan dunia (WHO) menganjurkan olahraga untuk anak. Pada usia 5-17 tahun sedikitnya 1 jam sehari dan bagi yang kurang dari 5 tahun setidaknya 3 jam dalam sehari. Untuk anak-anak juga bisa meningkatkan pengetahuan anak.

Manfaatnya dapat meningkatkan fungsi kecerdasan dan pengetahuan pada anak secara baik. Hal demikian bukan hanya pendapat kosong belaka, penelitian mengatakan bahwa anak yang melakukan olahraga secara rutin dapat mempunyai aktivitas otak bagian prefrontal secara lebih aktif. Bagian tersebut dapat mengatur dan bertanggungjawab dalam fungsi kognitif. Selain itu, olahraga yang dilakukan sejak dini dapat membantu anak memilki konsentrasi yang lebih fokus.

  1. Manfaat Olahraga Lari

manfaat olahraga bagi tubuh
sumber: website liputan6

Selanjutnya kita akan membahas tentang lari, Manfaat olahraga lari secara teratur merupakan olahraga yang sangat sempurna bagi kesehatan tubuh. Mulai dari untuk diet seperti artis-artis kekianian sampai kepada mengatasi stress atau depresi. Loh kog bisa? Jawabannya bisa. Mari kita simak bersama.

Baca Juga ini Ya !! =>  Spezia: Sebuah Perjalanan Menawan di Dunia Sepak Bola Italia

Diet ala ala artis Olahraga lari yang dilakukan secara rutin dapat menurunkan berat badan secara maksimal. Sebuah studi mengatakan bahwa olahraga lari dapat membakar kalori dengan cepat sehingga sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Berbeda dengan bersepeda atau latihan kekuatan, olahraga lari membakar kalori dalam hitungan per menitnya.

Jika kita rutin melakukannya maka tingkat kalori yang terbakarpun akan sangat tinggi. Sebaliknya jika tingkat larinya rendah maka kalori yang terbakarpun akan sangat rendah. Penurunan berat badan harus seimbang dengan pola makan sehat dan teratur.

Masalah yang sering di alami adalah saat kita melakukan olahraga harian secara tiba-tiba dengan tingkat waktu yang lama, sering merasa bahwa telah membakar banyak kalori. Kenyataannya tidak demikian, celakanya karena berpikir sudah membakar banyak kalori, kita pun makan berlebihan.

Perlu kamu ketahui bahwa ketika baru memulai hari melakukan olahraga dengan intensitas yang tinggi, kamu akan merasa sangat lapar. Hal ini perlu sekali kita sadari secara baik agar Cuma-cuma saja melakukan olahraga.

  1. Manfaat untuk Tubuh

manfaat olahraga bagi tubuh
sumber: website sehatku

Manfaat olahraga bagi tubuh yang keempat ialah manfaat untuk tubuh. Anda mungkin pernah mendengar sebuah peribahasa mengatakan bahwa kepingan emas dan perak bukanlah kekayaan sejati melainkan kesehatan.

Yaps benar sekali peribahasa itu dari seorang tokoh india yang bernama Mahatma Gandhi.

Olahraga memiliki beragama sekali manfaatnya bagi tubuh kita, seperti meningkatkan rasa bahagia, bikin tidur lebih nyenyak, kesehatan tulang dan otot bahkan sampai kepada hubungan seks.

  1. Meningkatkan rasa bahagia.

sumber: website tamasia

Mungkin kamu merasa stress atau sedang memiliki mood yang buruk setelah menjalani aktivitas seharian penuh kerja atau studi (kuliah). Dengan penuh tekanan, cobalah melakukan olahraga yang kamu sukai untuk memperbaiki suasana hati agar bahagia.

Baca Juga ini Ya !! =>  Waw! Cara Olahraga Mengecilkan Perut Paling Ampuh dan Efektif

Sebab olahraga dapat mendorong pembentukan zat kimia pada otak seperti endorfin dan serotonin. kedua zat ini dapat menimbulkan suasana hati yang menyenangkan, pencernaan lebih baik, kemampuan belajar dan ingatan (memori) yang baik. Hal ini dapat menjadikan kamu lebih santai dan bahagia.

  1. Membuat tidur lebih nyenyak

sumber: website klik dokter

Apakah kamu susah tidur malam? Jika benar, lakukan olahraga pada siang hari secara teratur agar kebugaran tubuh terjaga. Olahraga secara teratur terbukti menjadi solusi bagi kamu yang sesulitan tidur dimalam hari, atau kamu juga dapat melakukan sleep hygiene.

Sleep hygiene ini adalah praktik yang dilakukan agar membantu kebiasaan tidur yang sehat. Ada beragam pola tidur sehat yang harus kamu lakukan untuk membangun dan memperbaiki kualitas tidur yang sehat. Pola tidur ini dapatr kamu terapkan antara lain, pastikan tidur dan bangun diwaktu yang sama, lakukan rutinitas sebelum tidur, buat lingkungan tidur yang nyaman, atur waktu tidur siang, serta batasi makan dan minum sebelum tidur.

  1. Kesehatan tulang dan otot

manfaat olahraga bagi tubuh
sumber: website okezone news

Seiring berjalannya waktu, umur manusia makin hari makin bertambah, manusia akan kehilangan fungsi tulang dan otot disaat usia senja yang mengakibatkan pada cedera dan cacat. Aktivitas olahraga secara teratur pada masa muda dapat membantu kepadatan tulang.

Tetapi juga dapat membantu osteoporosis di masa selanjutnya. Berlatih fisik ini secara teratur seperti angkat beban mampu merangsang pembentukan otot dan mengimbanginya dengan asupan protein yang cukup. Karena olahraga semacam ini mampu membantu melepaskan hormon yang menambah kemampuan otot untuk menyerap asam amino. Olahraga ini memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan tulang dan otot.

  1. Hubungan pasutri yang baik

sumber: website mother and baby

Hubungan pasutri yang baik ialah hubungan yang mengalami peningkatan seperti menambah gairah. Nah olahraga telah terbukti mampu meningkatkan gairah seksual seseorang manakala ia melakukannya secara teratur. Aktivitas olahraga yang teratur mampu meningkatkan dan memperkuat sistem kardiovaskular, dan sistem peredaran darah.

Baca Juga ini Ya !! =>  Harry Kane: Striker Prolifik yang Menggebrak Dunia Sepak Bola

Kualitas seksual akan terjaga saat kita melakukan aktifitas fisik secara rutin sehingga hal tersebut mampu menambah kenikmatan seksual dan meningkatkan kinerja seksual. Sebuah penelitian menemukan sekelompok perempuan yang beruasia 40-an mengalami peningkatan orgasme yang lebih sering ketika mereka melakukan aktifitas olahraga secara tertur seperti lari maupun latihan beban. Selain itu sebuah penelitian lain juga menemukan bahwa seorang laki-laki yang melakukan aktivitas rutinitas selama 6 menit berjalan dapat membantu mengurangi gejala disfungsi ereksi.

Semua manfaat olahraga diatas semoga dapat bermanfaat, ingat ya olahraga yang baik yaitu teratur dan bertahap. Jangan langsung mulai banyak ataupun berat, tetapi sedikit demi sedikit lalu meningkat.