5 Rekomendasi Kuliner Bandung yang Wajib Kamu Coba

  • Bagikan
kuliner bandung, iga bakar
sumber instagram @duniakulinerbdg

Kota Bandung dikenal sebagai salah satu pusat industri kreatif Nusantara, bahkan kota ini pun dijuluki juga sebagai Paris Van Java. Selain menjadi pusat industri, kota Bandung juga menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan. Kamu bisa menikmati berbagai jenis objek wisata yang menarik dan tentunya memiliki pesona alam yang yahud. Tidak hanya itu, berbagai jenis kuliner Bandung pun bisa kamu nikmati. Contoh tempat populer untuk melakukan wisata kuliner adalah di kawasan kuliner Braga, Bandung.

Semakin kesini, wisata kuliner sudah semakin populer. Banyak wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah tidak hanya untuk melihat tempat-tempat wisata, tetapi juga untuk menikmati kulinernya. Jika kamu penasaran dan ingin melakukan perjalanan wisata kuliner di kota Bandung, berikut kami berikan beberapa rekomendasi kuliner nikmat yang bisa kamu temui di Kota Bandung. Mungkin informasi-informasi berikut bisa membantu kamu ketika tiba nantinya kamu berkunjung ke sana.

  1. Nasi Kalong Bandung

kuliner bandung, nasi kalong
sumber: instagram @fajarsatritama

Yang pertama adalah kuliner unik yang menjadi salah satu daya tarik bagi para pecinta kuliner untuk berburu kuliner nikmat di kota Bandung. Keunikan dari Nasi Kalong ini adalah warna nasinya yang bukan putih melainkan berwarna hitam. Warna hitam tersebut berasal dari kluwek. Kamu bisa menikmati makanan ini dengan dampingan ayam goreng atau tumis buncis.

Ayam goreng madu menjadi salah satu menu favorit yang paling banyak disukai oleh pengunjung yang datang. Disajikan dalam bentuk potongan kecil daging yang telah dibumbui dengan madu. Rasa manis madu yang meresap dan tekstur daging yang empuk dijamin akan membuat lidah kamu bergoyang. Kuliner khas Bandung ini menjadi salah satu kuliner yang populer di kalangan wisatawan yang datang ke Kota Bandung.

Di warung nasi Kalong ini kamu bisa memilih dan mengambil sendiri makanannya terlebih dahulu baru kemudian membayarnya ke kasir. Kalau kamu penasaran, kamu bisa datang langsung ke jalan R.E. Martadinata (Jalan Riau) No. 57, Kota Bandung. Kamu juga bisa memilih menu nasi nasi merah dan beberapa lauk lainnya yang nikmat.

  1. Batagor Hanjuang

kuliner bandung, batagor hanjuang
sumber: image maps batagor Hanjuang

Rekomendasi kuliner Bandung yang berikutnya adalah Batagor Hanjuang. Batagor sudah menjadi makanan yang populer di mana-mana. Kamu pasti sudah akrab dengan kuliner yang satu ini meski belum pernah ke Bandung sekalipun. Ya, batagor memang sudah menyebar ke beberapa daerah di luar kita Bandung. Kita bisa menikmati jajanan yang satu ini di mana-mana. Tapi kalau kamu ingin menikmati batagor langsung di Kota Bandung, Batagor Hanjuang menjadi rekomendasi yang perlu kamu coba.

Kuliner nikmat tidak melulu harus mencarinya di restoran mewah. Batagor Hanjuang ini buktinya. Berlokasi di jalan Astina, Cicendo, Kota Bandung, meski merupakan kuliner Bandung kaki lima dan hanya menggunakan gerobak jualan, batagor ini memiliki rasa yang tidak kalah nikmat. Batagor Hanjuang sudah mulai berjualan sejak tahun 1990-an dan hingga saat ini selalu ramai.

Hal tersebut tidak lain karena batagor ini memberikan cita rasa asli khas Kota Bandung. Batagor diolah dari daging ikan tenggiri dengan paduan bumbu kacang yang membuat batagor ini gurih dan menggugah selera. Kamu akan disajikan batagor Hanjuang ini dengan tambahan mie untuk menambah kenikmatan.

  1. Iga Bakar Si Jangkung

kuliner bandung, iga bakar
sumber instagram @duniakulinerbdg

Adakah diantara kamu yang menyukai daging? Jika iya, maka kuliner Bandung yang satu ini wajib kamu coba, Iga Bakar si Jangkung. Bagi para pecinta kuliner, Iga Bakar ini menjadi rekomendasi top ketika berburu kuliner di Kota Kembang ini. Tempatnya hanya berupa rumah makan biasa yang sederhana, namun cita rasa makanannya tidak perlu ditanya. Tidak heran jika Iga Bakar si Jangkung ini selalu ramai dengan pengunjung, baik masyarakat Bandung hingga wisatawan dari luar kota.

Jangan heran jika ketika kamu datang ke sini harus mengantri terlebih dahulu. Sebab sering kali tempatnya penuh. Keunikan dari Iga Bakar si Jangkung adalah penampilan live music yang akan menemanimu menyantap hidangan yang tersaji. Sehingga suasana makanmu akan menjadi lebih hangat dan berwarna.

Menu iga bakar ini dihidangkan menggunakan hot plate tradisional yang terbuat dari tanah liat. Jika penasaran ingin mencoba, kamu bisa langsung datang ke Warung Lahap, Jl. Kejaksaan No 3, Kebon Kawung, Kota Bandung. Berbagai menu nikmat lainnya bisa kamu pilih selain daging iga sapi. Ada pula menu olahan daging ayam dan daging kambing, atau menu lain seperti nasi goreng.

  1. Bakmi Apin

bakmi apin
sumber: instagram @lusyhalim

Bakmi mungkin bukan menjadi kuliner yang asing bagi masyarakat Indonesia khususnya di Pulau Jawa. Jika membahas bakmi, di berbagai daerah di Jawa juga memiliki kuliner tersebut. Masing-masing daerah memiliki bakmi dengan cita rasa yang sudang menyesuaikan dengan lidah masyarakatnya. Nah jika kebetulan kamu sedang mengunjungi atau berlibur ke Kota Bandung, kamu perlu mencoba Bakmi Apin.

Bakmi Apin ini sangat direkomendasikan buat kamu pecinta mie. Kamu bisa menemui warung bakmi ini diĀ  jalan Gandapura Nomor 39 kota Bandung. Tidak hanya bagi para pecinta kuliner, wisatawan yang datang untuk menikmati tempat wisata pun banyak yang mampir dan mencoba kenikmatan bakmi Apin.

Bakmi Apin menjadi salah satu tempat menikmati bakmi favorit dan cukup populer di kota Bandung. Menu yang menjadi andalannya adalah Yamie manis dengan campuran daging ayam cincang dan kuah kaldu. Setiap harinya Bakmi Apin ini selalu ramai. Kamu bisa menikmati bakmi dengan dampingan daging ayam, kerupuk kulit, sayuran atau berbagai pilihan toping sesuai seleramu.

  1. Paskal Food Market

paskal food market
sumber: instagram @paskalfoodmarket

Rekomendasi berikut ini bukan merupakan kuliner, melainkan tempat yang menyediakan berbagai jenis kuliner. Jadi ketika kamu melakukan pernajalan liburan ke Bandung dan ingin mencoba banyak makanan, kamu bisa datang ke Paskal Food Market. Lokasinya berada di Paskal Hypersquare, Jalan Pasir Kaliki, Bandung.

Tempatnya sangat nyaman dan tersedia lebih dari 50 stand makanan yang menyajikan berbagai macam kuliner. Tempat ini merupakan surga bagi kamu pecinta makanan dan yang hendak berburu wisata kuliner di Kota Bandung. Kamu bisa menikmati banyak pilihan menu hidangan mulai dari masakan nusantara hingga mancanegara. Jadi dijamin kamu akan puas ketika mengunjungi pasar kuliner ini.

Waktu paling favorit untuk mengunjungi Paskal Food Market ini adalah ketika malam hari. Tempat ini menjadi rekomendasi tempat menikmati kuliner Bandung malam hari. Kamu bisa menyantap hidangan pilihanmu sambil menikmati performa live music yang syahdu. Ditambah dengan suasana romantis dari hiasan lampu pijar yang membuat susana makanmu semakin nyaman. Jadi selain menjadi tempat untuk menikmati berbagai pilihan kuliner, kamu juga bisa memanfaatkan tempat ini sebagai tempat untuk bersantai dan menghibur diri.

Demikianlah beberapa rekomendasi kuliner Bandung yang wajib kamu coba dan juga salah satu tempat favorit untuk menikmati berbagai jenis kuliner nikmat ketika berkunjung ke Kota Kembang ini. KamuĀ  bisa terlebih dahulu mencari informasi kuliner Bandung instagram atau di internet.

Baca Juga ini Ya !! =>  3 Kuliner Jakarta Khas Betawi yang Melegenda
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *