Cara Olahraga Menggunakan Barbel Yang Paling Efektif Untuk Sehari-hari

Cara olahraga menggunakan barbel memiliki banyak manfaat baik untuk fisik maupun mental. Adapun manfaat angkat barbel yaitu meredakan gejala depresi, menurunkan berat badan, dan juga dapat mencegah gejala osteoporosis untuk semua usia. Olahraga ini merupakan salah satu cara olahraga menggunakan barbel dengan angkat beban dan angkat besi yang memiliki berat bervariasi. Untuk anda yang ingin perut buncitnya menjadi ramping, cara olahraga menggunakan barbel ini dapat anda gunakan. Adapun beberapa gerakan untuk membuat perutmu rata yaitu dengan cara melakukan latihan 3-4 kali set rutin tiap 3 kali seminggu.

Cara menggunakan barbel untuk mengecilkan perut akan kami paparkan satu persatu. Selain untuk mengecilkan perut, latihan ini juga bisa anda gunakan sebagai latihan barbel untuk dada dan cara mengecilkan lengan dengan barbel. Berikut ini penjelasan tentang latihan barbel untuk dada dan mengecilkan lengan juga perut dengan barbel. jika anda tertarik maka lanjutkan membaca tips-tips berikut ini: 

1. Side bend

sumber: website total workout fitness

Cara olahraga menggunakan barbel yang pertama, menggunakan barbel untuk mengecilkan perut yang gerakannya juga  cukup mudah diikuti. Cara olahraga menggunakan barbel  ini dapat anda lakukan pada saat senggang. Kegiatan olahraga ini hanya membutuhkan dumbell. Cara angkat dumbell yang benar  yaitu pertama-tama anda harus berdiri tegak dan satu tangan memegang barbel, sedangkan tangan lainnya berada diatas kepala. Gerakkan bahu menyamping ke kanan dan kekiri, lakukan gerakan selama 10-15 kali lalu tukarkan pada tangan yang satunya dan lakukan gerakan yang sama. Bagian ini banyak membakar lemak pada perut sehingga olahraga ini dapat mengecilkan perut.

2. Woodchop

cara olahraga menggunakan barbel
sumber: website coach mag uk

Cara ini dapat anda gunakan untuk mengecilkan perut selanjutnya. Cara ini menggunakan barbel untuk mengecilkan perut dengan cara berdiri tegak dan kedua tangan memegang barbel. Lalu angkat barbel keatas kepala bagian kanan dan condongkan badan ke belakang. Setelah itu, turunkan barbel ke bawah bagian kiri dan badan berada pada posisi jongkok. Ulangi gerakan yang sama selama 10-12 kali kemudian ganti posisi pada bagian sebaliknya. Lakukan secara rutin dan konsisten sampai anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga ini Ya !! =>  Olahraga Malam Hari yang Efektif Setelah Kamu Seharian Beraktivitas

3. Russian Twist

cara olahraga menggunakan barbel
sumber: website sehatq

Cara olahraga menggunakan barbel selanjutnya  untuk mengecilkan perut  yang efektif.  Mengecilkan otot perut bagian samping dan atas. Untuk melakukan olahraga ini hanya membutuhkan satu alat yaitu barbel. Adapun langkah-langkah melakukan olahraga ini yaitu pertama-tama pegang barbel dengan kedua tangan dengan mengambil posisi duduk. Setelah itu, lakukan gerakan dumbell kesamping ke kiri dan ke kanan badan. Lakukan gerakan ini selama 10-12 kali dan ulangi hingga 4 set. Latihan ini dapat anda lakukan dirumah dan fitness. Lakukan latihan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Barbell Incline Bench Press

sumber: website skimble

Latihan barbel untuk dada ini bermanfaat untuk melatih otot bagian atas dada. Adapun cara melakukannya yaitu mulailah dengan memastikan posisi bangku sudah berada ditengah smith machine. Selanjutnya rebahkan tubuhmu pada bench dan pegang bar sebahu anda agak lebar sedikit dengan bagian lengan lurus memegang dumbell didepan dada. Selanjutnya, dorong bar keatas dan turunkan perlahan mendekati dada. Ulangi gerakan tersebut lakukan sebanyak12-15 kali dengan 3 set.

5. Low Cable Crossover (Upper Chest)

sumber: website line today

Latihan ini merupakan latihan barbel untuk dada selanjutnya. Adapun langkah-langkah melakukan latihan barbel untuk dada ini dan cara ini dapat anda lakukan sebagai cara angkat barbel untuk pemula yaitu pertama-tama mulailah dengan berdiri tepat di tengah mesin pulley lalu aturlah ketinggian pulley pada posisi rendah. Kemudian mulailah maju ke arah depan sampai kabel pulley menegang. Anda harus memastikan posisi telapak tangan anda harus meghadap ke depan dan tangan di bawah pinggang serta lengan harus lurus. Ini merupakan posisi awal anda, tahap selanjutnya anda harus menarik tangan anda ke atas dan tepat ke arah garis tengah tubuh anda. Tangan harus anda pastikan menyatu pada dada bagian depan dan telapak tangan menghadap ke atas. Lakukan gerakan tersebut berulang dan sebanyak 12-15 kali dengan 3 set.

Baca Juga ini Ya !! =>  Denver Nuggets: Mengenal Tim Basket Profesional di Kota Mile High

6. Squat Sambil Mengangkat Barbel

sumber: website dbl id

Cara mengecilkan lengan dengan barbel salah satunya dengan cara squat sambil mengangkat barbel dengan berat 2-3 kg. Barbel anda pegang dengan kedua tangan kiri dan kanan. Untuk melakukan cara mengecilkan lengan dengan barbel pertama-tama bukalah kedua kaki sekitaran setengah meter dan mulailah melakukan squad dengan posisi kedua lengan berada di depan dada dengan digenggam. Saat badan turun, usahakan kedua lengan dikunci agar mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Hammer curls with dumbbells

cara olahraga menggunakan barbel
sumber: website ignore limits

Cara mengecilkan lengan dengan barbel yang selanjutnya adalah olahraga ini. Mulailah gerakan ini dengan berdiri tegak sejajar lebar bahu dan lutut sedikit menekuk atau dengan posisi duduk dengan memastikan punggung anda tegak. Pastikan anda memegang barbel dengan posisi telapak tangan menghadap ke samping badan. Lalu mulailah tekukkan siku kemudian angkatlah barbel sejajar bahu. Biarkan barbel tetap berada disamping anda dan ulanglah gerakan ini beberapa kali. Gerakan ini dapat anda lakukan dengan satu ataupun dua lengan.

8. Stretching dengan Barbel

sumber: website line today

Cara olahraga menggunakan barbel ini merupakan tips mengecilkan lengan dengan barbel yang selanjutnya. Pertama-tama mulailah dengan mengangkat kedua tangan anda ke atas kepala kemudian renggangkan kedua sisi badan sampai anda merasakan tulang dada anda menonjol. Bawalah barbel pada masing-masing tangan anda. Dengan menambahkan barbel, akan membuat dan membantu pembakaran pada bagian bawah lengan menjadi lebih maksimal dan dapat membuat lengan bagian atas lebih kencang dan berbentuk.

9. Triceps kickback with dumbbells

cara olahraga menggunakan barbel
sumber: website fitness trainer santa barbara

Selanjutnya cara mengecilkan lengan dengan barbel hanya memerlukan kursi panjang yang berbentuk datar. Adapun langkah-langkah yang perlu anda lakukan yaitu pertama-tama dengan meletakkan lutut kanan dan tangan kiri pada kursi panjang datar tersebut dan posisikan punggung tetap datar. Kemudian mulailah mengambil barbel dengan tangan kanan dan juntaikan ke bawah. Gerakkan siku kanan ke belakang, pastikan lengan kanan sejajar dengan lantai dan posisi barbel tepat berada pada sisi belakang anda. Ulangi gerakan tersebut sebanyak beberapa kali dan kemudian lakukan hal yang sama ke tangan kiri anda.

Baca Juga ini Ya !! =>  Fran Garcia: Menginspirasi dengan Bakat Sepak Bola yang Luar Biasa

10. Standing biceps curl with dumbbells

sumber: website openfit

Untuk melakukan gerakan cara mengecilkan lengan dengan barbel ini, anda harus berdiri tegak dengan menekuk kaki yang posisinya selebar bahu dan lutut. Anda juga bisa memilih melakukan gerakan ini dengan posisi duduk akan tetapi anda harus memastikan posisi duduk anda harus dengan punggung yang tegak. Adapun langkah-langkahnya yaitu pertama-tama ambillah barbel dari bawah dengan telapak tangan menghadap ke atas dengan lengan berada pada samping tubuh. Tekuk siku dan angkat barbel sampai sejajar dengan bahu dan arahkan barbel ke arah Anda. Anda dapat mengulangi gerakan ini beberapa kali. Anda juga dapat melakukan gerakan ini dengan menggunakan satu ataupun dua lengan sekaligus.

11. Lying Triceps Extension with Dumbbells

cara olahraga menggunakan barbel
sumber: website muscle strength

Untuk melakukan gerakan cara mengecilkan lengan dengan barbel  yang satu ini anda juga perlu menggunakan kursi panjang yang datar. Mulailah dengan berbaring pada kursi datar dan bawa barbel ke arah dada dan angkat barbel ke arah atas dengan posisi telapak tangan kearah samping. Lalu turunkan barbel pelan-pelan ke arah dahi dengan menekuk siku sampai ke posisi 90 derajat. Jangan biarkan siku goyang dan tahan posisi tersebut. Anda dapat mengulangi gerakan tersebut sebanyak yang anda inginkan. Selamat mencoba!