Inilah Manfaat Tomat jika Rutin Mengkonsumsinya

  • Bagikan

Manfaat Tomat

Banyak sekali manfaat tomat yang ternyata berkhasiat untuk kesehatan kita. Bukan hanya untuk kesehatan saja, buah tomat memiliki kandungan yang berperan aktif untuk kecantikan pula. Misalnya seperti manfaat tomat untuk kulit wajah, dan sebagainya. Masyarakat Indonesia tentu sudah familiar dengan buah merah orange satu ini. Kita sering sekali mengkonsumsi tomat sebagai lalapan. Harganya murah dan mudah sekali untuk menemukannya di pasar atau supermarket membuat buah ini familiar dalam kehidupan kita sehari-hari.

 

Tentang Tomat

Sebelum kita berbicara lebih lanjut tentang khasiat tomat untuk wanita dan pria, mari kita kenalan terlebih dahulu. Buah yang sering menjadi lalapan ini bukanlah tumbuhan asli dari Indonesia maupun Asia. Dia merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika Tengah. Warnanya pun tak selalu merah. Ada yang berwarna hijau, ungu, kuning, dan belang-belang. Berdasarkan informasi dari Wikipedia, siklus hidupnya termasuk singkat dan tingginya bisa mencapai 1-3 meter. Sayangnya kita hanya bisa mengkonsumsi buahnya saja. Untuk batang dan daunnya tidak bisa kita konsumsi karena mengandung alkaloid. 

Tentang Tomat

Sering sekali kita mendengar perdebatan klasik tentang pengkategorian tomat. Apakah dia termasuk buah atau sayuran? Jawabannya bisa keduanya namun lebih condong ke buah karena strukturnya yang mirip dengan buah. Selain itu, kandungan tomat yang kaya akan vitamin dan nutrisi penting lainnya membuat buah ini memiliki banyak manfaat untuk manusia. Kandungannya antara lain adalah vitamin A dan C, kalium, folat, dan masih banyak lagi.

Untuk membudidayakan tomat pun tergolong sangat mudah. Iklim di Asia sangat mirip dengan iklim asalnya, yakni Amerika Tengah. Buah ini cocok untuk tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia. Saking mudahnya untuk dibudidayakan, Anda bisa mencobanya untuk menanam di rumah sendiri. Anda bisa mengawasi penggunaan pupuk dan pestisidanya secara mandiri sehingga terasa lebih sehat jika dikonsumsi. Namun, jika Anda tidak mau repot pun tidak masalah. Buah ini bukanlah buah musiman sehingga Anda bisa menemukannya kapan pun di pasar atau supermarket terdekat.

 

Baca Juga ini Ya !! =>  Segudang Manfaat Daun Kelor yang Tak Disangka-sangka

Manfaat dan Kegunaan Tomat

Sering kita mendengar bahwa manfaat tomat mentah lebih baik daripada harus dimasak. Sebab jika melalui proses memasak, nutrisi dan vitamin penting akan berkurang. Hal ini tidak sepenuhnya salah. Ada sebagian orang yang lebih suka memakan tomat dalam keadaan mentah, ada juga yang sebaliknya. Bagaimanapun cara pengolahannya tidak akan mengurangi khasiat dari buah ini sendiri.

Selain lalapan, tomat juga sering dijadikan sebagai jus. Manfaat jus tomat tentu juga sama dengan manfaat memakan tomat secara langsung. Apalagi jika dicampur dengan buah lain tentu akan semakin menambah nilai nutrisinya. Nah, sekarang mari kita bahas lebih lanjut tentang apa sajakah manfaat buah merah ini untuk kesehatan dan kecantikan!

1. Melancarkan Program Diet

Jus Tomat

Saat sedang diet, Anda mungkin akan banyak mendengar saran untuk rutin mengkonsumsi sayur dan buah. Tomat pun bisa menjadi buah yang membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Buah ini termasuk rendah kalori dan tinggi serat. Berkat itulah, pencernaan Anda bisa lancar jika rutin mengkonsumsi tomat. Manfaat tomat untuk diet ini pun juga banyak dianjurkan oleh pakar kesehatan. Jika Anda ingin menyantap camilan sehat, jangan lupa untuk memasukkan buah ini ke dalam daftar!

 

2. Membantu Proses Detoksifikasi

Anda yang hidup di kawasan perkotaan termasuk rawan terkena polusi. Apalagi dengan gaya hidup yang tidak sehat dan pemilihan makanan yang asal kenyang tanpa melihat gizi. Jika terus dilakukan, maka yang kita lakukan hanyalah menumpuk racun dalam tubuh. Semakin banyak racun maka semakin mudah terjadinya penyakit kanker. Maka dari itulah kita perlu proses detoksifikasi. Khasiat tomat untuk pria dan wanita adalah untuk membantu fungsi ginjal dan hati sebagai pembuang racun utama. Dengan kata lain, kandungan tomat sangat membantu untuk melancarkan proses detoksifikasi alami pada tubuh.

 

Baca Juga ini Ya !! =>  Manfaat Teh Hijau, Cara Konsumsi yang Benar, dan Efek Sampingnya

3. Obat Kolesterol Alami

Sudah banyak bukti di luar sana bahwa seringnya mengkonsumsi junk food bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika kolesterol jahat menumpuk maka akan timbul plak dalam pembuluh darah dan terjadi serangan jantung atau stroke. Di masa modern saat ini, kolesterol tinggi tidak hanya terjadi pada orang tua saja. Anak muda yang terlihat sehat pun saat di cek kadar kolesterolnya ternyata hasilnya juga sama tingginya. Sebelum terjadi hal buruk, cobalah untuk rutin mengkonsumsi tomat. Bukan tidak mungkin Anda akan mendapat manfaat makan tomat sebelum tidur berupa badan yang lebih sehat.

 

4. Kesehatan Tulang yang Terjaga

Selain susu, tomat juga bisa terbukti mampu menjaga kesehatan tulang. Buah ini mengandung kalsium, zat besi, magnesium, dan potasium. Dengan adanya zat-zat tersebut, kebutuhan mineral dalam tubuh pun terjaga. Tulang menjadi lebih sehat, kepadatannya terjaga, dan mencegah osteoporosis.

 

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ada banyak buah dan sayuran yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Tomat pun juga bisa berperan aktif dalam manfaat tersebut. Kandungannya yang kaya akan vitamin C membuat tubuh lebih terlindungi dari segala macam penyakit. Vitamin C juga berperan penting sebagai antioksidan alami untuk tubuh. Apalagi di masa pandemi sekarang ini, menjaga kesehatan dan imunitas adalah cara utama untuk kita bertahan di tengah virus korona.

 

6. Tomat Cherry yang Baik untuk si Kecil

Tomat ada terdiri dari berbagai jenis, salah satunya adalah tomat cherry. Ukurannya yang kecil membuat jenis ini disukai banyak orang. Manfaat tomat cherry ternyata berkhasiat pula untuk si kecil. Para ibu pun bisa menambahkan buah ini sebagai bahan MPASI atau untuk camilan sehat anak. Vitamin B kompleksnya ternyata baik untuk menyempurnakan tumbuh kembang si kecil.

 

Baca Juga ini Ya !! =>  Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan selain Jaga Imunitas

7. Cocok untuk Penderita Diabetes

Selain untuk para pejuang diet, buah ini ternyata juga cocok untuk penderita diabetes. Kandungan mineralnya yang bernama chromium dikenal bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah. Oleh sebab itu, banyak dokter dan ahli kesehatan yang menyarankan buah ini untuk dikonsumsi secara rutin.

 

8. Masker Tomat yang Bikin Kulit Cerah

masker tomat

Kepopuleran si merah bulat ini banyak dimanfaatkan oleh merk-merk perawatan kulit. Selain untuk konsumsi langsung, tomat juga bisa kita jadikan sebagai masker. Banyak merk skincare di luar sana yang menggunakan tomat sebagai bahan aktif pada produk mereka. Tomat diklaim mampu untuk mencerahkan kulit wajah, membuat kulit terlihat awet muda, dan melindungi dari sinar UV. Sangat ajaib sekali bukan?

 

Efek Samping Tomat

Setelah mengetahui apa saja manfaatnya di atas, Anda perlu tahu juga tentang efek sampingnya. Jika Anda terlalu sering mengkonsumsi tomat, akan ada beberapa masalah kesehatan yang bakal terjadi. Rasa buah ini adalah asam dan tidak cocok untuk sering dikonsumsi bagi penderita GERD. Perut pun akan terasa kembung dan tidak nyaman. Kemudian karena kandungan likopen yang tinggi, warna kulit Anda pun bisa berubah. Kalau Anda melihat warna orange atau merah pada kulit karena terlalu sering makan buah ini, maka hentikan atau batasi segera.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *