6 Obat Alami Asam Lambung Yang Banyak Ditemui, Terjamin Ampuh!

  • Bagikan
Obat Alami Asam Lambung

Obat alami asam lambung merupakan pilihan terbaik bagi kamu yang memiliki penyakit lambung. Penderita asam lambung biasanya akan merasakan sensai panas dan nyeri pada area tubuh tertentu atau biasa dikenal dengan heartburn. Biasanya rasa panas akan kalian rasakan di bagian kerongkongan. Sebenarnya beberapa hal ini bisa saja merupakn hal yang biasa namun akan parah. Apabila sudah parah saat sensasi panas lebih terasa karena tenggorokan akan terbakar dengan asam lambung yang sering terjadi.

Berdasarkan penelitian yang ada, kebanyakan dari penderita heartburn mengalami GERD. Jenis ini sudah termasuk pada tahap serius bagi penderita. Sehingga kami sarankan sebelum menjadi lebih serius sebaiknya segeralah melakukan tindakan. Apabila masih dalam tahap awal atau normal, cobalah mencari cara menyembuhkan asam lambung secara total. Sebuah keputusan yang sangat baik apabila kamu melakukannya. Namun selain itu, obat asam lambung sebenarnya banyak berada disekitarmu sehingga tak perlu cemas. Obat alami asam lambung bisa kalian coba terlebih dahulu untuk menyembuhkan penyakitmu. Berikut ini akan kami paparkan beberapa jenis obat herbal tersebut. Yuk simak bersama-sama dengan seksama.

  1. Menggunakan Buah-buahan

Obat Alami Asam Lambung
Sumber: Instagram @sweetandgreen

Obat alami asam lambung yang pertama adalah buah yang menjadi kesukaan banyak kalangan. Buah selain sehat juga membuat siapapun yang memakannya merasa lebih segar. Memiliki banyak manfaat yang tak terhingga dan juga mudah untuk kalian dapatkan dengan harga terjangkau. Adapun buah yang bisa menjadi obat asam lambung yang bagus adalah pisang juga melon. Siapa yang tidak mengenal buah-buah tersebut, pasalnya pisang sudah menjadi favorit banyak orang. Selain mengenyangkan juga memiliki manfaat sebagai buah untuk asam lambung.

Serat yang banyak dalam kandungan pisang dapat membantu makanan tercerna dengan mudah. Sehingga akan dapat mengurangi dan juga mencegah asam lambung untuk naik. Hal ini karena kebanyakan penderita penyakit ini memiliki masalah penumpukan makanan yang ada pada usus. Melon juga bisa menjadi alternatif buat kamu yang tidak menyukai pisang. Karena melon juga ternyata memiliki kandungan magnesium yang biasa kita jumpai pada obat-obat asam lambung yang beredar. Alasan lain juga karena adanya kandungan asam yang rendah padanya sehingga akan aman dikonsumsi. Hindarilah buah yang memiliki rasa asam karena akan memicu refluks pada  asam lambung.

  1. Rempah-Rempah Tanah Air

Sumber: Instagram @pettyelliottskitchen

Rempah yang satu ini mudah kamu jumpai saat berada di rumah. Siapapun memiliki jenis rempah ini di dapur mereka karena merupakan bahan untuk memasak. Cara mengobati asam lambung dengan kunyit merupakan yang paling mudah. Bagi kalian yang suka membuat jamu pastinya kunyit juga merupakan bahan yang wajib ada. Kunyit menjadi salah satu rempah yang banyak beredar di masyarakat memampu mengobati asam lambung secara efektif. Adapun bagian pada rempah ini yang kalian gunakan adalah rimpang. Cara membuatnya pun cukup mudah, kunyit kering kamu haluskan dan tinggal seduh dengan air hangat. Obat kunyit siap kalian santap selagi hangat.

Baca Juga ini Ya !! =>  Wajah Mulus dengan 5 Cara Menghilangkan Komedo ini

Bagi kalian yang mungkin kurang menyukai kunyit, ada alternatif lain loh. Biasanya rempah ini tidak bisa lepas juga jika kita menyebut kunyit. Apalagi kalau bukan jahe yang memiliki banyak manfaat selain menghangatkan tubuh. Memiliki kandungan antioksidan yang melimpah membuatnya juga menjadi primadona obat herba. Senyawa-senyawa yang ada padanya juga dapat mengurangi iritasi pada saluran pencernaan. Sensai hangat yang kalian rasakan saat meminum jahe membantu membuat tubuh rileks dan mengontrol produksi asam lambung. Cara mengonsumsinya bisa dengan berbagai cara misalnya kamu masak ataupun cukup dengan menyeduh saja. Tapi ingat, tidak kami sarankan mengonsumsi jahe dan kunyit secara berlabihan. Minum secukupnya saja dan tidak terlalu banyak karena akan memiliki dampak yang tidak bagus jika berlebihan.

  1. Jus Lidah Buaya

Obat Alami Asam Lambung
Sumber: Instagram @gwellnessrx

Obat alami asam lambung selanjutnya adalah tanaman yang biasa kalian jumpai pada halaman rumah. Siapa sangka jenis tanaman yang satu ini dapat mengurangi iritasi saat asam lambungmu kumat. Lidah buaya sudah banyak dikenal oleh masyarakat karena berbagai manfaat yang ada padanya. Tanaman ini selain bisa kamu gunakan untuk merawat area tubuh lain seperti rambut dan muka. Namun ternyata manfaatnya lebih dari itu apabila kamu mengonsumsinya.

Cara untuk membuatnya sebagai obat herbal pun cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Cukup dengan mengambil satu buah daun lidah buaya lalu bersihkan bagian hijau luarnya. Kemudian apabila sudah, pastikan bersih ya maka bisa kamu mulai untuk membelendernya. Nah jus lidah buaya pereda asam lambung sudah siap untuk kamu minum. Sebaiknya konsumsi jenis jus ini sebelum makan agar khasiatnya lebih terasa.

  1. Permen Karet Tanpa Gula

Sumber: website eatthis

Favorit banyak orang membuatnya banyak dikonsumsi baik dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Permen karet menjadi jenis jajanan yang biasa kita jumpai pada warung-warung dekat rumah. Penelitian tentang kemampuan permen karet dalam mengobati asam lambung pernah para ahli lakukan. Jurnal yang memuat mengenai ini adalah Jurnal of Dental Research yang mendapatkan hasil dan fakta yang mencengangkan.

Baca Juga ini Ya !! =>  Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Bikin PD Lagi

Hasilnya adalah jenis permen satu ini bisa menjadi obat untuk menurunkan asam lambung loh. Tapi permen karetnya harus yang tanpa gula tentunya. Konsumsi permen ini kami sarankan sebaiknya setelah makan karena akan lebih baik. Kunyahlah permen karet selama 20 hingga 30 menit dan akan menghasilkan cukup air liur. Pasalnya karena adanya air liur yang melimpah akan membuat asam lambung bersih dan berkurang. Cara ini cukup alami untuk kamu yang tidak suka minum obat dan juga menyenangkan untuk kalian pencinta permen karet.

  1. Kurangi Minuman Berkafein

Obat Alami Asam Lambung
Sumber: Instagram @s.aoo8

Kopi merupakan minuman yang mengadung kafein dan sekarang memiliki banyak sekali peminat. Beredarnya banyak tempat-tempat yang khusus menyediakan kopi banyak kita temui selalu ramai pengunjung. Hal ini membuktikan bahwa kopi benar-benar  sangat populer diberbagai kalangan. Namun bagi kamu yang menderita asam lambung sebaiknya mengurangi jenis minuman nikmat satu ini. Karena kopi bisa meningkatkan resiko asam lambung sehingga akan sangat berbahaya bila sering kamu konsumsi.

Apabila saat mengonsumsi kopi kalian merasakan sensai heartburn maka segeralah menghentikan minum. Jika tidak maka hal itu akan memperburuk keadaan lambungmu. Berdasarkan pada penelitian yang ahli nutrisi lakukan menemukan fakta bahwa respon asam lambung terjadi karena gangguan yang ada pada kopi. Produksi asam lambung merespon rangsangan dari kandungan kafein sehingga akan membuatnya naik. Sementara pada kandungan lain yang kopi miliki juga membuat iritasi lambung akibat penahanan dalam melepaskan asam.

  1. Kunyah Makanan Perlahan

Sumber: Instagram @tasteofvancouver

Saat mengunyah makanan kami sarankan kamu lebih pelan dan memastikannya hingga halus barulah bisa ditelan. Hal ini akan mengurangi kerja lambung sehingga akan mengurangi risiko asam lambung naik. Ketika kamu mengunyah dan makan dengan cepat maka akan membuat aliran balik pada asam lambung sehingga akan terjadi GERD.

Baca Juga ini Ya !! =>  Cara Diet Sehat Lengkap dengan Menu Diet Alami

Risiko ini akan menjadi lebih parah apabila tidak kamu atasi dan hentikan kebiasaan itu segera. Apabila komplikasi terjadi tanpa adanya penanganan maka kemungkinan terburuk adalah pendarahan pada kerongkongan. Selain itu dampak paling parah yang kemungkinanan terjadi adalah kanker karena penyempitan pada area kerongkongan.

Tips dari kami untuk obat alami asam lambung adalah 6 yang diatas. Kumpulan obat asam lambung herbal yang kami sarankan juga bisa kamu aplikasikan dalam mengatasi  penyakitnya. Cobalah untuk melakukan tips-tips tersebut guna untuk mengurangi iritasi akibat asam lambung. Demikian yang  dapat kami paparkan, semoga dapat bermanfaat ya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *