Cara Diet Sehat Lengkap dengan Menu Diet Alami

  • Bagikan
cara diet sehat

cara diet sehat

Simak cara diet sehat ini kalau kamu mau nurunin berat badan biar lebih sehat dan gesit! Lengkap dengan menu diet sehat seminggu yang bisa kamu ikuti agar hasil diet kamu makin maksimal. Good luck, dieters!

Diet Sehat yang Benar

cara diet sehat

Udah tahu dong? Cara diet yang benar bukan diet yang nggak makan sama sekali. Kalaupun mau puasa, puasa yang benar. Tetap ada waktunya makan. Semuanya ada aturannya. Kalau ngikutin cara diet super cepat tapi ending-nya merusak kesehatan, ya buat apa? Jadi langsing memang menggiurkan, tapi kesehatan lebih penting. Apalagi untuk jangka panjang. Mau tahu cara diet sehat dan cepat kurus? Pertama-tama, ikuti cara diet cepat kurus dalam 1 minggu dengan menu diet sehat berikut ini:

Menu hari pertama

Hari pertama diet nih. Kamu bisa mulai sarapan dengan roti bakar, telur dan alpukat. Bisa dengan merebus telur atau dibuat omelette atau scrambled egg. Untuk rotinya, kamu bisa pilih yang lebih sehat daripada white bread. Bisa dengan roti tawar whole wheat, multi-grain atau coba sourdough bread. Kamu juga bisa buat roti bakar dengan telur dan alpukat. Avocado toast with sourdough bread enak banget lho!

Untuk makan siang, bakar ikan atau ayam. Kamu juga bisa buat masakan dengan bayam, buncis dan wortel sesuai selera. Kalau siangnya kamu sudah bakar dada ayam, malamnya kamu bisa ganti dengan ikan, misalnya ikan kod atau salmon. Lengkapi dengan sayur brokoli. Kamu juga bisa tambahkan quinoa dalam menu makan malam kamu, kalau punya.

Menu hari kedua

Hari kedua, kamu bisa tetap memilih telur dan roti untuk sarapan. Atau, bisa diganti dengan salad sayur, dengan dressing minyak zaitun. Bisa juga salad buah dengan dressing yogurt. Masukkan aneka buah-buahan segar, tambahkan oats dan kacang-kacangan juga. Yum!

Baca Juga ini Ya !! =>  Cara Menghilangkan Jerawat Bandel yang Bikin Mood Anjlok!

Nah, kalau pagi sarapan salad, untuk makan siang kamu bisa bikin toast pakai roti gandum. Tambahkan daging sapi, ham, atau bacon, keju, mustard dan mentega almond. Jangan lupa side dish tumis sayurannya ya. Makan malam dengan tumis daging atau grilled chicken breast dengan sayuran. Pasangkan dengan kacang merah atau kacang hitam.

Menu hari ketiga

Malam hari sebelum hari ketiga, kamu bisa siapkan overnight oatmeal buat sarapan. Atau kamu bisa bikin yang fresh di pagi harinya. Masak dengan almond milk, tambahkan buah-buahan, selai kacang, dan kayu manis bubuk. Makan siang dengan selembar whole wheat tortilla, setengah buah alpukat, tomat iris, selada dan keju. Makan malam bisa masak daging giling dengan side dish kacang merah yang direbus dengan saus tomat buatan sendiri.

Menu hari keempat

Hari keempat diet, goreng telur boleh nih. Tapi pakai minyak zaitun ya gorengnya. Atau, kamu juga bisa bikin telur dadar dengan irisan bayam dan wortel cincang. Kalau belum kenyang, bisa tambah roti gandum bakar, kasih selai kacang. Dan ngemil pisang. Makan siang dengan sushi enak juga. Bikin maki sushi, atau sushi roll, pakai nasi merah. Isiannya pakai alpukat, timun, dan ikan salmon. Untuk makan malam sedikit prihatin. Makan ubi jalar rebus aja.

Menu hari kelima

Sarapan hari kelima pakai oatmeal lagi, kali ini bisa dicampur kacang almond atau kenari. Kasih susu rendah lemak. Untuk buahnya, bisa makan buah jeruk. Makan siang dengan salad sayur. Campurkan bayam, kale, cherry tomatoes, feta cheese kalau punya, kasih perasan lemon biar seger. Tambahkan ikan salmon panggang atau dada ayam di-grill juga untuk tambahan proteinnya. Menu makan malam kali ini seafood. Tumis udang dengan minyak zaitun, tambahkan paprika, potongan lemon atau jeruk nipis, dan bawang putih. Nasinya tetap pakai nasi merah ya.

Baca Juga ini Ya !! =>  Inilah Manfaat Tomat jika Rutin Mengkonsumsinya

Menu hari keenam

cara diet sehat

Hari keenam, bikin smoothies yuk buat sarapan! Blender bubuk protein, kacang polong atau almond, blackberry atau blueberry atau stroberi (atau buah apa yang ada), selai kacang, santan, dan chia seed kalau punya. Makan siang boleh makan terong dan telur balado atau bikin salad lain pakai kale, grilled chicken, kacang lentil, wortel, cherry tomato, perasan lemon, dan keju parut. Makan malamnya udang bakar. Sajikan dengan tumisan bawang merah, bawang bombay dan paprika. Sausnya pakai sour cream dan keju parut. Lalu, santap dengan tortilla jagung, yang kecil aja ya.

Menu hari terakhir

Hari ketujuh nih, hari terakhir diet untuk minggu ini. You did it! Untuk sarapan hari terakhir ini, masak oatmeal dengan almond milk, tanpa gula ya. Lalu, tambahkan blueberry, pisang, selai atau pasta almond, dan kayu manis. Atau, kalau mau sarapan pakai telur orak arik dengan jamur dan sayuran juga boleh. Makan siangnya kali ini tuna. Masak tuna, tambahkan mayonnaise, sayuran hijau, dan alpukat. Taburi dengan seledri cincang. Untuk snacknya bisa makan irisan apel. Makan malam dengan menu ayam panggang dengan labu jenis butternut dan brokoli. Panggang semuanya pakai minyak zaitun.

Buat kamu yang cari menu diet sehat 30 hari, bisa juga dengan memakai menu mingguan ini selama sebulan. Tentunya kamu bisa berkreasi dengan mengkombinasikan berbagai variasi agar tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja. Untuk snack hariannya, kamu bisa pilih cemilan sehat seperti buah-buahan, low fat yogurt tanpa gula, atau sayur-sayuran seperti baby carrot. Selain menyiapkan menu diet sehat di atas, ada banyak tips cara diet sehat alami yang perlu kamu perhatikan, sebagai berikut:

Baca Juga ini Ya !! =>  Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan selain Jaga Imunitas

Tips Diet Sehat Alami

cara diet sehat

  1. Kurangi konsumsi garam dan gula
  2. Say no to carbonated drink (termasuk diet coke) dan juga minuman beralkohol!
  3. Banyakin protein, kurangi karbo
  4. Perbanyak makan rebusan; sebisa mungkin hindari goreng-gorengan
  5. Ganti minyak untuk menumis atau memanggang dengan minyak baik seperti olive oil atau minyak zaitun
  6. Banyak makan buah dan sayur setiap harinya (dan, lebih baik makan buah daripada meminumnya)
  7. Stay hydrated; cukupi kebutuhan air putih harian!
  8. Tidur dan istirahat cukup
  9. Jangan stres, perbanyak berpikir positif, kalau perlu do yoga atau meditasi
  10. Stay active, move your body!
  11. Penuhi kebutuhan omega-3, omega-6 dan vitamin D
  12. Berteman dengan lemak baik, misalnya: alpukat, kacang-kacangan, ikan seperti salmon, tuna, mackerel, sarden dan herring, minyak zaitun, kubis, bayam, serta produk yang mengandung omega-3 seperti telur, susu dan roti.
  13. Nikmati makananmu, kunyah dengan baik dan makan pelan-pelan
  14. Makan teratur dengan porsi kecil
  15. Lebih sering masak sendiri di rumah daripada makan di luar (no junk food!)

Meski ada banyak cara diet tanpa olahraga, tapi, agar hasilnya maksimal dan tubuh jadi bugar, tetap imbangi dengan olahraga ya! Nggak perlu maksain datang rutin ke gym, ikut membership dan bayar personal trainer kok. Kamu bisa berolahraga sendiri di rumah. Ada banyak sekali panduan olahraga yang bisa kamu ikuti di Youtube. Tinggal sesuaikan dengan preference kamu deh. Mau HIIT dan workout untuk membentuk tubuh, atau mau yoga atau pilates. Bebas. Yang penting rutinkan. Semangat!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *