Deretan Mobil Listrik Indonesia yang Keren dan Ramah Lingkungan

Mobil Listrik Indonesia

Mobil listrik Indonesia akhir-akhir ini mulai memiliki banyak penggemar. Mobil listrik adalah kendaraan yang tenaga penggeraknya menggunkan energi yang berasal dari  listrik. Energi tersebut disimpan dalam baterai ataupun tempat penyimpanan energi. Mobil listrik mulai populer dari abad ke 19 atau 20 dan sekarang semakin populer. Namun, selama pandemi yang hampir satu tahun melanda tanah air, market otomotif khususnya pada roda empat bisa dibilang sedang lesu. Berdasarkan data hasil pengamatan dari penjualan Gaikindo menunjukkan bahwa terjadi penurunan sebesar 50 persen dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 2019.

Mobil listrik yang masuk ke Indonesia cukup beragam, baik yang teknologinya full listrik ataupun yang menggunakan hybrid. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat antusiasme masyarakat akan mobil yang menggunakan teknologi listrik dan juga ramah lingkungan. Tentu saja hal ini merupakan hal yang baik, selain bisa menyelamatkan lingkungan juga bisa memiliki mobil listrik yang keren dan tentunya canggih.

Mobil listrik Indonesia juga ada yang merupakan karya anak bangsa. Karya anak bangsa ini diberi nama mobil listrik Indonesia selo. Pembuat kendaraan listrik yang ada di Indonesia bernama Ricky Elson. Tenaga yang dimiliki Selo mampu mencapai 182 hp dan memiliki kecepatan maksimum sebesar 220 km/jam. Untuk pengisian daya listrik, Selo bisa menepuh jarak sebesar 250 km/jam dengan waktu pengisian ulang daya hanya 4 jam saja.

Bagi kamu yang ingin mengetahui mobil listrik yang sudah masuk ke Indonesia, maka simaklah penjelasan berikut. Terdapat beberapa mobil listrik Indonesia yaitu:

  1. Toyota Prius PHEV Electric Car

Mobil Listrik Indonesia
Sumber: website otosia

PHEV ini memiliki sumber tenaga berjumlah dua yaitu listrik dan bensin. Mobil listrik yang satu ini sudah bisa kamu jumpai di Indonesia dengan harga pasaran sebesar 884 juta. Pada bagian depannya, tenaga listrik yang ada pada Prius ini menggunakan permanent magent synchronous. Daya pada mobil listrik ini sebesar 53 kW dengan daya torsi maksimal sebesar 163 Nm. Waktu yang Toyota Prius PHEV ini butuhkan untuk mengisi baterai secara full hanyalah 2 jam 20 menit.

Baca Juga ini Ya !! =>  Ban Mobil: Komponen Vital untuk Kinerja dan Keamanan Kendaraan

Mobil yang satu ini juga bisa menggunakan fast charging menggunakan kabel yang tipe 2 dengan 80 persen daya baterai hanya dalam waktu 20 menit saja. Saat baterai terisi penuh, jarak maksimal yang dapat ditempuh sebesar 68,2 km. Nah dari beberapa penjelasan tadi, membuat mobil ini bisa dimasukkan dalam mobil impian kamu.

  1. Hyundai Kona Electric Car

Sumber: website carvaganza

Mobil selanjutnya berasal dari Korea. Kendaraan yang satu ini merupakan mobil tipe SUV. Baterai yang ada untuk menopang mobil ini menggunakan baterai Li-Ion polymer 38,3 kWh. Mobil Kona ini menjadi mobil listrik terlaris kedua di Indonesia pada tahun 2020. Hyundai Kona ini memiliki performa listrik sebesar 118 Tk dengan daya torsi paling tinggi sebesar 294 Nm. Jarak tempuh pada mobil ini bisa mencapai 305 km.

Hyundai Kona ini memiliki desain yang modern dengan inovasi terbaru. Kecepatan maksimal mobil Hyundai ini bisa menembus 155 km/jam. Untuk charger, mobil Electric ini membutuhkan waktu 9 jam khusus untuk normal. Jika menggunakan fast cahrger, Kona ini mampu mengisi daya 80 persen hanya dengan 75 menit waktu charger. Harga Hyundai listrik jenis Kona sebesar 674,8 juta saja. Sangat terjangkau untuk kelas mobil listrik.

  1. Hyundai Ioniq

Mobil Listrik Indonesia
Sumber: website otomotif.tempo

Mobil yang satu ini merupakan saudara dari Hyundai Kona Electric. Nah mobil yang satu ini juga merupakan mobil yang bisa kamu gunakan bersama keluarga. Selain merupakan mobil listrik, akan tetapi tetap memperhatikan desain eksteriornya. Desain pada mobil listrik ini modern dan juga yang pasti mewah untuk para kalanggan milenial. Ketika melihat mobil ini, kamu akan terpikat dengan setiap lekukan yang menyatu menjadi kombinasi bagus dan mewah.

Pada Mobil ioniq ini tetap memperhatikan segi kenyamanan dan keselamatan penumpang. Radar sensor yang terdapat pada mobil ini berfungsi untuk melindungi para penumpang selama perjalanan. Harga untuk mobil satu ini merupakan yang termurah pada kalangan mobil listrik. Baterai yang ada menggunakan lithium-ion polymer dengan kapasitas sebesar 38,3 kWh. Untuk jenis ini terdapat dua dengan masing-masing harga sebesar Rp. 637 juta untuk tipe Ioniq Prime dan Rp. 677 juta untuk tipe Ioniq Signature.

  1. BMW i3s Electric

Sumber: website newatlas

Siapa yang tidak kenal dengan merk mobil yang satu ini. Mobil BMW menjadi mobil merek pertama yang mampu memasarkan mobil listrik murni di Indonesia. BMW i3s ini pertama kali meluncur pada GIIAS tahun 2019 yang lalu. Bentuk yang kecil membuat mobil ini terlihat imut. Mobil i3s ini full listrik dengan hp sebesar 184 dengan tingkat tordi maksimum sebesar 270 Nm. Jarak tempuh dalam satu kali cas secara full bisa mencapai 260 kilometer.

Baca Juga ini Ya !! =>  Agar Tak Salah Pilih, Ini Tips Membeli Mobil Bekas Yang Berkualitas

Khusus untuk spesifikasinya, kamu tak perlu khawatir. Spesifikasi baterai yang ada pada mobil listrik satu ini sebesar 42,2 kWh. Tenaganya pun tak perlu kamu ragukan. Mobil i3s ini meskipun mungil namun mampu mencapai tenaga sebesar 184 Tk dengan kekuatan torsi puncak sebesar 270 Nm. Kamu bisa mendapatkan mobil ini seharga Rp. 1.309 Miliyar rupiah.

  1. Mobil Listrik Tesla Model S

Mobil Listrik Indonesia
Sumber: website driving

Pilihan selanjutnya untuk mobil listrik adalah Tesla ini. Tesla model 3 ini memiliki beberapa varian. Mobil yang ini memiliki model yang  bagus dan menarik untuk kamu miliki. Eksterior pada mobil tesla ini menarik dan elegan. Spesifikasi pada mobil ini bagus sekali dan lengkap serta fitur-fiturnya pun modern. Baterai pada mobil satu ini menggunakan lithium-ion yang dayanya mencapai 100 kWh. Untuk mencharger baterai ini sampai penuh membutuhkan waktu 107 menit dengan kabel tipe 2. Namun bagi kamu yang mau menggunakan fast caharger, butuh waktu 30 menit sampai baterai terisi 80 persen.

Tenaga yang mobil ini hasilkan mampu mencapai 680 Tk dengan torsi maksimal sebesar 1.073 Nm. Tesla Model S bisa kamu dapatkan dengan harga sebesar Rp. 1,5 Miliar untuk tipe Tesla Model 3 Facelift dan Rp. 2,85 miliar untuk tipe Long Range.Yang terakhir Rp. 3 Miliar untuk yang performance.

  1. Mobil Lexus UX300e

Sumber: website autonesia

Yang terakhir adalah dari jenis Lexus. Mobil yang pertama diluncurkan sebagai mobil listrik oleh PT Toyota Astra Motor dengan full listrik. Indonesia merupakan negara yang pertama kali menjual mobil Lexus tipe UX300e ini di Asia Tenggara.

Baterai yang ada pada mobil ini menggunakan Lithium-ion. Untuk charger penuh pada motor ini membutuhkan waktu 5 sampai 6 jam dan bisa menempuh jarak sebesar 300 km hanya dengan sekali pengisian daya. Lexus UX300e memiliki listrik berkapasitas 54,35 kWh, tenaga 201 Tk dan torsi maksimal 300 Nm. Mobil listrik premium ini dibandrol dengan harga sebesar Rp. 1,245 miliar.

Baca Juga ini Ya !! =>  Perbandingan antara mobil Daihatsu Sigra dan Toyota Calya

Nah itulah mobil listrik Indonesia yang bisa menjadi referensi untuk mobil listrik impian. Seiring dengan berjalannya waktu, mobil listrik menjadi semakin populer dan memiliki banyak peminat di Indonesia. Semakin gencarnya slogan tentang ramah lingkungan pun menjadi alasan utama banyaknya peminat mobil listrik. Hal ini membuat pasar otomotif khususnya mobil elektrik mengalami pertumbuhan yang signifikan. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat membaca!