Wisata  

Tempat Wisata di Lumajang, Surga Bagi Kamu Pecinta Air Terjun

tempat wisata di Lumajang
Sumber Instagram @diyanofficial

Jawa timur memang tidak pernah berhenti untuk menarik minat para pelancong dan petualang. Kota-kota di Jawa Timur selalu menyimpan banyak objek wisata alam yang sangat indah. Mulai dari danau, air terjun, hingga pantai-pantai yang cantik. Kota-kota di jawa timur memang kerap kali menjadi tujuan wisatawan untuk bisa menikmati wisata alam. Banyak rekomendasi tempat wisata alam yang unik dan indah untuk dinikmati. Salah satu kota yang menyimpan banyak wisata alam yang indah adalah Kota Lumajang. Tempat wisata Lumajang 2021 ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Kota ini memiliki semua jenis wisata alam yang kamu butuhkan, termasuk wisata danau, air terjun hingga pantai.

Selain wisata alam, kota Lumajang juga menyediakan berbagai wisata sejarah dan kebudayaan yang bisa memberikanmu pengalaman wisata yang edukatif. Pasalnya di kota ini ada Suku Tengger yang benar-benar mempertahankan tradisi. Terutama tradisi dari sisa kerajaan Majapahit di masa lampau. Kamu juga bisa menikmati berbagai jenis wisata kuliner Lumajang yang nikmat.

Kota Lumajang memiliki berbagai wisata alam yang indah, salah satunya adalah objek wisata air terjun. Lumajang merupakan kota surga bagi mereka yang menyukai wisata alam berupa air terjun. Sebab, Kota lumajang memiliki banyak tempat wisata air terjun yang bisa kamu kunjungi. Selain pemandangannya yang syahdu, masing-masing air terjun juga memiliki keunikannya tersendiri. Tidak heran jika banyak wisatawan domestik hingga mancanegara datang ke kota Lumajang ketika hendak berburu wisata alam air terjun. Nah bagi kamu yang berniat menghabiskan waktu liburanmu di Kota Lumajang, berikut kami berikan rekomendasi beberapa wisata alam air terjun yang berada di Kota Lumajang.

1. Air Terjun Tumpak Sewu

tempat wisata di Lumajang
Sumber Instagram @iverp

Air terjun ini sangat berbeda dengan air terjun pada umumnya, karena bentuk air terjunnya yang menyerupai tirai. Karena keunikannya itu, kamu pasti akan terkesima melihat pemandangan air terjun ini. Letaknya yang berada di lembah curam, untuk bisa melihatnya secara keseluruhan, kamu bisa berhenti di atas tebing, Namun kamu juga bisa turun langsung ke bawah untuk bisa menikmati lebih dekat air terjun ini. Akan tetapi medannya yang curam membuat anda harus sedikit berhati-hati dan waspada ketika melewatinya.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Brebes yang Wajib Masuk Intinerary

Lokasinya berada di Kampung Siji, Pronojiwo, Lumajang. Air Terjun Tumpak Sewu ini terbentuk dari aliran Sungai Glidih yang berasal dari di Gunung Semeru. Pemandangan yang syahdu dan unik membuat tempat ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang. Tidak hanya wisatawan domestik, tetapi juga banyak wisatawan dari luar kota yang datang untuk menikmati keindahan air terjun Tumpak Sewu ini. 

Di sini kamu bisa menikmati pemandangan air terjun berbentuk tirai yang dikelilingi hijaunya hutan. Dari atas tebing ada spot yang disediakan untuk kamu yang ingin memandang air terjun ini secara keseluruhan. Banyak yang menjadikan tempat ini sebagai objek fotografi, terlebih ketika cuaca cerah, kamu bisa melihat pemandangan gunung semeru yang berada di kejauhan. Bagi kamu pecinta fotografi pasti akan betah berada di lokasi ini. Tapi pastikan terlebih dahulu jika air terjun ini salah satu dari wisata Lumajang yang sudah buka terlebih dahulu ya.

2. Air Terjun Watu Lapis

Sumber Instagram @retno_syarifah

Satu lagi tempat wisata di Lumajang yang berupa air terjun adalah objek wisata Air terjun Watu Lapis ini. Objek ini juga unik dan menyimpan keindahan tersendiri. Sebab letaknya berada di tengah-tengah perkebunan kopi masyarakat desa sekitarnya.  Akses menuju ke lokasi wisata alam ini tidak terlalu susah. Dari Kota Lumajang kamu membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk bisa sampai, baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Letaknya yang berada di tengah perkebunan kopi membuat perjalanan menuju air terjun ini menjadi semakin syahdu. Sebab kamu akan dimanjakan dengan pemandangan pohon-pohon kopi di sekitarmu. Pepohonan hijau yang teduh membuat suasana objek wisata ini sangat asri. Cocok sekali untuk kamu yang ingin menyegarkan diri sekaligus menenangkan pikiran. Ditambah beberapa jembatan kecil dan pondok bambu yang dibuat warga sekitar, membuat pemandangannya air terjunnya semakin menyatu dengan suasana pedesaan. Bisa lho menjadi rekomendasi tempat nongkrong di Lumajang, jika kamu datang bersama teman atau keluarga.

Baca Juga ini Ya !! =>  Keajaiban Alam Indonesia: Danau Toba

Sebagian warga desa Tawosono menjual pisang mas, dan biasanya pengunjung yang datang ke lokasi ini menjadikan pisang mas ini sebagai oleh-oleh ketika pulang dan selesai berkunjung dari wisata air terjun Watu Lapis ini. Jadi jika kamu sempat mengunjungi objek wisata ini, jangan lupa untuk membeli buah tangan pisang mas ini.

3. Air Terjun Kapas Biru

tempat wisata di Lumajang
Sumber Instagram @diyanofficial

Kota lumajang memang terkenal menjadi surganya air terjun. Bagi kamu yang menyukai wisata alam berupa air terjun, maka kamu wajib untuk berjalan-jalan ke lumajang. Air terjun yang berada di Lumajang selalu spektakuler dan memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing.

Salah satu wisata air terjun yang harus kamu datangi ketika melancong ke Lumajang adalah air terjun Kapas Biru. Air terjun ini memiliki penampakan yang sangat indah, ketinggiannya yang hanya sekitar 20 meter membuat aliran air terjunnya sangat deras. Sehingga air terjunnya nampak putih kebiru-biruan. Layaknya suasana di objek wisata air pada umumnya, suasana di air terjun Kapas Biru ini sangat sejuk dan tentunya segar. Jadi jika berniat mengunjungi wisata ini, pastikan untuk menyediakan waktu khusus agar bisa bersantai dan menikmati cukup lama keasrian wisatanya.

Selain waktu, tentunya mempersiapkan kondisi fisik yang optimal juga dibutuhkan. Karena dari tempat parkir kendaraan, kamu harus turun melewati puluhan anak tangga. Harus sangat berhati-hati, sebab jalurnya cukup curam. 

4. Coban Pawon

Sumber Instagram @tiantraveller

Satu lagi objek wisata air terjun yang memiliki keindahan dan keunikan yang spesial di Lumajang, yaitu Coban Pawon. Air terjun ini unik karena aliran airnya yang jatuh, tumpah ke gua yang berada tepat di bawahnya. Sehingga pemandangan yang disuguhkan benar-benar berbeda dan tentunya sangat indah.

Baca Juga ini Ya !! =>  AirAsia: Membangkitkan Perubahan dalam Industri Penerbangan

Lokasinya berada di Dusun Kertowono, Desa Wangkit, Lumajang. Air terjun ini termasuk rendah, tingginya hanya sekitar 15 meter. Jika kamu pecinta alam dan sangat menyukai air terjun, maka Kota Lumajang adalah tempat yang pas dan air terjun ini menjadi salah satu yang wajib kamu kunjungi. Kamu akan menyaksikan pemandangan pedesaan yang asri ketika menuju ke objek wisata air terjun Coban Pawon ini.

Masyarakat desa sekitar sangat ramah. Menurut mitos warga setempat, percikan air yang jatuh menerpa lubang gua dapat menjadi obat dan meringankan penyakit. Ketika lelah menikmati objek wisata ini, kamu bisa beristirahat di spot-spot santai yang disediakan oleh warga sekitar.

Di tempat wisata Lumajang ini juga menyediakan tempat peristirahatan. Lokasinya beradai di sekitar area wisata air terjun Coban Pawon ini. Di sini pengunjung bisa beristirahat setelah lelah menjelajahi dan menikmati keindahan air terjun Coban Pawon.