Wisata  

Rekomendasi Liburan Keluarga, Mengunjungi Tempat Wisata di Pasuruan

Sumber Instagram @kurniawatililik

Kota pasuruan terkenal dengan julukan kota perindustrian dan pertanian. Namun di samping itu, kota ini juga memiliki berbagai objek wisata yang menarik untuk kamu kunjungi. Mulai dari objek wisata alam, wisata tempat-tempat bersejarah, hingga wisata budaya. Bagi kamu yang berencana melancong ke pasuruan, berikut kami berikan beberapa rekomendasi tempat wisata Pasuruan 2021 yang bisa kamu kunjungi.

  1. Agrowisata Bhakti Alam

tempat wisata di Pasuruan
Sumber Instagram @yan_creator

Dari namanya mungkin sudah terbayang seperti apa objek wisata ini. Agrowisata Bhakti alam ini adalah wisata alam terbuka dengan bermacam tanaman tropis  yang memberikan pemandangan alam dan kesejukan yang syahdu. 

Selain menikmati pemandangan alam, berbagai wahana kegiatan edukatif juga bisa kamu lakukan di sini. Akan tetapi bukan wahana bermain seperti pada umumnya. Di Agrowisata Bhakti Alam ini kamu bisa mengikuti kegiatan yang sebagian besar berkaitan dengan peternakan atau perkebunan. Nah misalnya antara lain memerah susu sapi atau mengunjungi pabrik susu, kemudian kamu juga bisa mencicipi buah-buahan yang masih segar. Sebab buah-buahan tersebut baru saja dipetik dari pohonnya.

Selain itu wisata ini juga menyediakan kereta wisata yang bisa kamu naiki. Dengan menaiki kereta ini kamu akan diajak berkeliling kebun untuk mengikuti tour singkat selama kurang lebih setengah jam. Di sini kamu bisa belajar banyak mengenai perkebunan dari penjelasan pemandu. Agrowisata Bhakti Alam ini juga sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga, terutama dengan mengajak anak-anak. Mereka bisa menikmati keindahan alam sekaligus belajar banyak mengenai peternakan dan perkebunan.

Buat kamu anak hits yang mengincar spot-spot foto menarik, di lokasi wisata ini tersedia taman bunga yang indah. Kamu bisa berkeliling taman bung ini sembari berfoto dengan latar bunga yang jenisnya bermacam-macam. Wahana lainnya yang bisa kamu nikmati adalah fasilitas outbond, penyewaan ATV dan kolam khusus untuk anak-anak.

  1. Kebun Raya Purwodadi

Sumber Instagram @kurniawatililik

Tempat wisata di pasuruan selanjutnya adalah Kebun Raya Purwodadi. Kebun raya ini menjadi lokasi wisata populer bagi masyarakat Pasuruan sejak lama. Berdiri sejak tahun 1941, Kebun Raya ini mempunyai area tematik dengan jenis tanaman yang berbeda-beda. Banyak tanaman yang dikembangkan di lokasi ini dan pengelola juga menyediakan area wisata di beberapa tempat.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik untuk Dikunjungi

Nah bagi kamu yang menyukai bunga anggrek, objek wisata alam Kebun Raya Purwodadi ini merupakan surga. Sebab di sini memiliki koleksi lebih dari 2.000 bunga anggrek yang dirawat dengan baik di rumah kaca khusus. Terdapat beberapa jenis anggrek langka dan ada pula koleksi anggrek endemik khas Jawa Timur. Bagi pengunjung lain, rekomendasi spot yang paling banyak dikunjungi adalah Taman Bougenville. Pemandangan bunga Bougenville yang berwarna-warni memberikan daya tarik yang kuat bagi para pengunjung. Terlebih lagi letaknya yang berada di tengah-tengah tanaman hijau, membuatnya terlihat semakin mencolok.

Di kebun raya ini juga kamu bisa menikmati spot-spot lainnya seperti Taman Meksiko, yang menyuguhkan koleksi tanaman khas wilayah meksiko seperti beberapa jenis tanaman kaktus. Ada juga wahana bermain anak berupa kolam, dikhususkan bagi pengunjung yang membawa anak-anak. Lokasi areanya yang sejuk membuat Kebun Raya Purwodadi ini menjadi tujuan wisata keluarga yang populer bagi masyarakat Pasuruan.

  1. Danau Ranu Grati

tempat wisata di Pasuruan
Sumber Instagram @priy_at

Bagi kamu yang menyukai suasana alam lepas, tempat wisata danau Ranu Grati ini wajib kamu kunjungi ketika berlibur ke Pasuruan. Danau ini merupakan satu-satunya di Jawa Timur yang berada di dataran rendah. Luasnya lebih dari 1.000 hektar dar berlokasi di tengah pemukiman warga. Danau ini merupakan danau alami yang bentuknya menyerupai corong. Terbentuk dari aktivitas vulkanik sehingga danau ini sangat dalam dan mengandung sedimen mineral.

Bagi masyarakat yang bermukim di sekitar, danau ini merupakan tempat bermain bagi anak-anak dan juga tempat untuk memancing. Nah buat kamu wisatawan yang berkunjung, tersedia berbagai wahana bermain yang bisa kamu nikmati. Wahana-wahana tersebut antara lain sepeda dan becak air, perahu boat yang siap mengajakmu berkeliling sambil menikmati udara segar dengan pemandangan alam yang syahdu. Atau kamu juga bisa bersantai duduk di pinggir danau sambil membunuh waktu dengan memancing.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Bantul Bertema Alam yang Bikin Rileks!

Untuk bisa masuk ke objek wisata ini, kamu cukup membayar biaya masuk sekitar Rp 3.000. Lokasinya berada di Jl. Alpukat Cukurgondang, Desa Ranu Klindungan, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Kamu bisa menikmati wisata danau ini hingga sore hari, dan akan dimanjakan dengan pemandangan matahari terbenam yang romantis.

  1. Wisata Tretes Prigen

Sumber Instagram @rossapuspitasari

Objek wisata Pasuruan yang satu ini sudah cukup populer dan kerap dikunjungi baik oleh wisatawan domestik hingga mancanegara. Beralamat di Jalan Raya Trawas, Dusun Sumber Wekas, Desa Lumbangrejo, Pasuruan Wisata Tretes Prigen ini menyuguhkan pemandangan alam yang asri. Karena letaknya yang berada di bawah lereng pegunungan Arjuno dan Welirang. Di sini kamu bisa merasakan ketenangan berkat keindahan dan kesejukan suasana alamnya.

Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang ingin keluar sejenak dari hingar-bingar suasana perkotaan atau ingin melepas penat sejenak dari lelahnya pekerjaan. Di sini juga kamu bisa menikmati pertunjukan kesenian daerah dengan kebudayaan Jawa. Misalnya pementasan Bantengan, pentas kesenian ini berupa atraksi dengan pelakunya menjadi kesurupan.

Jadi selain bisa menikmati keindahan alam sekitar, kamu juga bisa menikmati wisata budaya sekaligus mempelajari kesenian budaya daerah, khususnya kebudayaan Jawa.

  1. Hutan Mangrove Nguling

tempat wisata di Pasuruan
Sumber Instagram @ikynrhh

Satu lagi objek wisata alam yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur ke kota Pasuruan adalah hutan Mangrove Nguling. Objek ini ada berkat kepedulian Pak Mukarim terhadap kondisi wilayah pesisir timur Pasuruan. Beliau menanam pohon bakau di sepanjang pantai desanya, dan kini luas hutan mangrove ini sekitar 175 hektar.

Kamu bisa menikmati berbagai jenis tanaman bakau ketika berkunjung ke objek wisata ini, misalnya Abisina Alba, Rhyzapora Apiculata, Rhyzapora Mucronata, Alasina Marina. Sedangkan keberadaan Fauna hutan mangrove Nguling juga sangat bervariasi. Ada sekitar empat belas spesies yang terdiri dari kepiting bakau, udang putih, rajungan, capung, bandeng, kadal, biawak, ular, burung kuntul putih, belanak, glodok, keong, tiram, kerang hijau. Dari kesemuanya itu, hutan Mangrove Nguling rintisan Pak Mukarim ini menjadi salah satu bahan contoh konservasi mangrove di Indonesia.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Batang Terbaik, Rekomendasi untuk Liburan Mendatang

Di lokasi ini kamu bisa mengabadikan momen dengan latar hamparan hijau hutan mangrove atau juga dengan objek birunya lautan lepas yang memukau. Wisatawan mancanegara yang berkunjung ke lokasi ini selain berwisata, sebagian besar juga datang untuk mempelajari mengenai konservasi hutan mangrove ini.

  1. Masjid Cheng Ho

Sumber Instagram @fatheeeem

Mendengar nama Masjid Cheng Ho ini mungkin sudah tidak asing lagi. Ya objek wisata religi Masjid Cheng Ho ini menjadi salah satu tempat wisata di Pasuruan yang sudah terkenal ke mana-mana. Lokasinya berada di Jl. Raya Kasri No.18, Petung Sari, Pasuruan, Jawa Timur dengan luas keseluruhan bangunan Masjidnya sekitar 550 meter persegi. Lokasi ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun dari luar daerah. Terlebih lagi dengan biaya masuk yang gratis.

Yang unik dari Masjid ini adalah desain arsitekturnya. Sebab ia memadukan berbagai unsur seperti Islam, Jawa dan juga Tiongkok. Dengan warna khas merah-kuning yang dominan, interior masjid ini juga menyajikan perpaduan tiga unsur kebudayaan tadi. Masjid ini sendiri mempunyai dua lantai yang mana lantai pertama difungsikan sebagai tempat pertemuan dan lantai bagian atas khusus untuk ibadah sholat.

Bagaimana, apakah kamu pernah mengunjungi salah satu tempat di atas? Jika berniat mengunjungi atau berlibur ke kota Pasuruan, pastikan untuk mengunjungi tempat-tempat di atas.