Wisata  

Air Terjun Toroan, Menikmati Kesegaran Tempat Wisata di Sampang

tempat wisata di sampang
sumber Instagram @fdtyas

Sebagian dari kamu mungkin mengenal Pulau Madura dengan budaya karapan sapi dan kuliner satenya. Tapi pulau ini tidak hanya identik dengan kedua hal tersebut. Pulau ini juga menyimpan berbagai keindahan alam di masing-masing daerahnya. Salah satunya adalah di kabupaten Sampang. Banyak wisata yang yang bisa kamu nikmati di kabupaten ini, dan yang paling populer adalah Air Terjun Toroan dan Pantai Nepa. Kedua tempat wisata di Sampang tersebut ada di lokasi yang berdekatan, sehingga kamu bisa langsung berwisata mengunjungi keduanya sekaligus.

Objek wisata ini merupakan satu satu-satunya wisata air terjun yang berada di pulau Madura. Jadi sangat sayang sekali untuk melewatkan keindahan alam Air Terjun Toroan ini ketika berkunjung ke Pulau Madura. Lokasinya terletak di Desa Ketapang Daya, Ketapang, Kabupaten Sampang. 

Akses dari pusat kota menuju ke wisata air terjun ini cukup mudah, karena lokasi air terjunnya tidak berada di dataran tinggi atau pegunungan. Meskipun lokasinya berada di dataran rendah, pemandangannya tidak kalah dengan air terjun yang pada umumnya berada di daerah ketinggian. Kamu juga tetap bisa menikmati pemandangan alam yang indah ketika dalam perjalanan menuju ke tempat wisata ini.

  • Wisata Air Terjun Toroan

Wisata Air Terjun Toroan
sumber Instagram @fdtyas

Tinggi air terjun Toroan ini kurang lebih 20 meter dan lingkungan di sekelilingnya masih sangat alami. Belum banyak bangunan atau perumahan di sekitarnya, sehingga suasana di lokasi wisata ini begitu tenang dan menyegarkan. Aliran airnya berasal dari sungai Payung.

Keunikan Air Terjun Toroan yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang datang selain keindahannya adalah lokasinya yang berdampingan langsung dengan lautan. Air dari air terjun ini tumpah dan mengalir langsung ke lautan lepas. Hal itu menambah kesan eksotis bagi pemandangan objek wisata ini.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Cilacap Terpopuler yang Paling Banyak Peminatnya

Buat kamu yang suka berburu spot-spot syahdu untuk berfoto, Air Terjun Toroan ini sangat cocok. Pemandangan air terjunnya yang megah dengan hamparan lautan biru yang luas di sekitarnya, bisa kamu jadikan sebagai latar untuk berfoto. Selain itu bebatuan dan pasir putih yang ada di sepanjang pantai menambah kesan estetik tersendiri terhadap tempat ini. Di sini kamu bisa menikmati suara air dan ombak yang menenangkan, membuatmu merasa nyaman untuk berlama-lama di sini. 

Yang membuat objek wisata air terjun Toroan ini menarik adalah letaknya yang bersebelahan dengan Pantai Nepa. Pantai nepa ini merupakan salah satu tempat wisata di Sampang yang paling diminati masyarakatnya. Masyarakat Sampang sering mengunjungi pantai ini bersama keluarga ketika musim liburan maupun akhir pekan. Salah satu waktu yang cocok untuk berkunjung ke sini adalah ketika sore hari. Sebab kamu dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam.

pantai nepa
pantai Nepa: sumber instagram @nouna_getoy
  • Mitos Air Terjun Toroan

Ada mitos yang beredar di masyarakat mengenai wisata air Terjun Toroan ini. Sehingga lokasi ini dikeramatkan oleh warga sekitar. Dulunya ada sepasang suami istri yang tinggal di daerah ini. Suaminya bernama Sayyid Abdurrahman dan istrinya bernama Siti Fatimah.

Suatu hari sang suami mencurigai isterinya berselingkuh, dan begitu pula sebaliknya sang isteri pun mencurigai jika si suami berselingkuh. Akhirnya keduanya mengucapkan sumpah, sang isteri bersumpah, jika dia berselingkuh maka kuburnya akan hanyut terbawa air sungai. Sedangkan sang samin bersumpah jika ia berselingkuh, ketika meninggal kuburannya akan sulit digali.

Pada akhirnya ketika mereka meninggal, sama sekali tidak terjadi apa apa. Karena mereka berdua tidak pernah melakukan perselingkuhan. Jika kamu berkunjung ke lokasi wisata ini kamu dapat melihat makam Siti Fatimah yang berada di tengah sungai dan membelah aliran air sungai tersebut. Aliran sungai ini yang akhirnya menuju ke air terjun Toroan.

  • Pesona Air Terjun Toroan

Air Terjun Toroan
sumber instagram @irpanz_fzi

Pertama kali memasuki area objek wisata ini kamu akan terkesima dengan pemandangan yang disuguhkan. Kamu bisa menikmati berbagai spot-spot foto yang unik, seperti gazebo dengan dinding yang berwarna-warni atau langsung dengan latar pemandangan alam yang syahdu. Di sini juga terdapat sebuah cafe yang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat bersantai sebelum atau setelah menikmati keindahan pesona air terjun Toroan ini.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Jember, Berikut 7 Rekomendasi yang Harus Kamu Kunjungi

Salah satu spot paling diminati oleh wisatawan yang ingin berfoto adalah sebuah jembatan lengkung yang ada di bibir pantai. Letaknya berada di sebelah kiri wisata air terjun ini. Spot jembatan ini memang sangat strategis, spotnya menyuguhkan pemandangan air terjun dan pantai yang indah. Tidak heran jika banyak pengunjung yang berburu foto untuk menghiasi feed sosial medianya.

Berbagai macam aktivitas seru dapat kamu lakukan ketika berada di kawasan wisata air terjun Toroan ini. Memang yang paling banyak dilakukan oleh wisatawan adalah berfoto. Tetapi ketika kamu hendak mengambil foto di spot yang dekat dengan air terjunnya, perlu sedikit waspada ya. Sebab arus dari air terjun ini cukup kuat, jangan sampai terpeleset dan jatuh.

Begitu pula untuk aktivitas berenang, wisatawan dilarang berenang di area dekat air terjunnya. Dikhawatirkan pengunjung dapat terseret arus. Jadi air terjunnya cukup kamu pakai sebagai latar foto saja ya. Sehingga jika kamu ingin menikmati dengan bermain air, kamu bisa berenang di bagian pantai Nepanya.

Objek wisata air terjun Toroan ini juga menjadi tempat wisata di Sampang favorit bagi masyarakatnya untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang eksotis. Kamu bisa menikmati pesona alam dari air terjun, pantai dan matahari terbenam sekaligus. Ketika lelah setelah mengeksplorasi kawasan wisata ini, kamu bisa beristirahat di cafe untuk menikmati ragam kuliner sambil kembali menikmati pesona alam wisata air terjun Toroan dan Pantai Nepa ini.

  • Akomodasi

Banyak wisatawan yang datang bersama keluarganya ketika musim liburan atau ketika akhir pekan tiba. Karena tarif masuk ke objek wisata air terjun Toroan ini sangat terjangkau. Setiap pengunjung dikenakan tarif hanya Rp. 5.000, dan kamu sudah bisa menikmati berbagai keindahan alam yang ada.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Boyolali yang Unik dan Instajenik

Jam operasional untuk wisata ini mulai dari pukul 7 pagi hingga jam 6 sore dan buka setiap hari, dari Senin sampai Minggu. Bagi kamu yang berasal dari luar kota, tersedia berbagai pilihan tempat penginapan yang ada di sekitar kawasan objek wisata ini. Kamu tinggal memilih tipe dan harga yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Demikianlah informasi singkat mengenai salah satu tempat wisata di Sampang yang menyimpan pesona keindahan alam yang unik. Karena sangat jarang sekali ada objek wisata berupa air terjun yang berdampingan langsung dengan sebuah pantai yang indah. Di lokasi ini kamu dapat menikmati megahnya view air terjun Toroan dan pantai Nepa yang eksotis dalam satu waktu sekaligus.

Nah buat kamu yang berencana untuk berlibur ke Pulau Madura khususnya di Kabupaten Sampang, maka objek wisata air terjun Toroan dan pantai Nepa ini wajib kamu kunjungi dan jangan sampai kamu lewatkan ya.