Tips Praktis Cara Belajar Gitar yang Mudah Untuk Pemula

  • Bagikan
cara belajar gitar
sumber instagram @uhuiimusikmadiun

Gitar memang menjadi salah satu alat musik yang sangat populer dan tentunya disukai semua kalangan, tua maupun muda. Tak heran jika alat musik ini bisa menghasilkan berbagai jenis genre musik populer yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sehingga banyak orang yang ingin mengetahui cara belajar gitar. Bagi pecinta musik sudah pasti paham bahwa  gitar mampu menghasilkan berbagai genre musik mulai dari jazz, dangdut, pop, rock, indie, metal, dan lain sebagainya.

Gitar tak hanya sekedar sebagai alat untuk menghibur, namun juga dapat memberikan kesan indah bagi pemainnya. Oleh karena itu banyak orang yang jatuh cinta dan ingin sekali bisa memainkan alat musik yang satu ini. Sehingga mereka mencari cara belajar gitar melalui internet maupun meminta teman mengajari, atau mungkin termasuk kamu salah satunya?

Mereka yang serius ingin mendalami keahlian bermain gitar tentu akan melakukan segala hal. Termasuk dengan mengikuti kursus dan membeli gitar sebagai alat pendukung yang bagus dan berkualitas. Nah bagi pemula dan ingin bisa dasar-dasar memainkan alat musik ini, tidak perlu khawatir. Banyak tips dan cara untuk bisa mengajarimu bermain gitar sebagai pemula. Berikut tips dan cara belajar main gitar untuk pemula yang tentunya tetap diimbangi dengan latihan yang rutin.

  • Kunci Dasar

cara belajar gitar
sumber instagram @bertflier

Hal pertama yang perlu kamu lakukan tentunya adalah mempelajari terlebih dahulu kunci-kunci dasar dalam bermain gitar. Pada umumnya gitar memiliki 6 senar, mulai dari senar paling kecil yang berada di bagian paling bawah hingga yang besar berada di posisi paling atas.

Selain itu, untuk jenisnya sendiri ada dua gitar yang umum dimainkan oleh banyak orang, yaitu gitar elektrik dan gitar akustik. Meski sekilas keduanya terdengar memiliki nada yang mirip, ada banyak perbedaan dari kedua gitar ini terutama ketika memainkannya.

Nah kembali ke masalah kunci dasar, berikut kunci dasar yang dihasilkan oleh masing-masih senar pada gitar dan perlu kamu ketahui,  Senar 1 atau yang paling bawah, menghasilkan nada E’, senar 2 menghasilkan nada B, senar 3 menghasilkan nada G, senar 3 menghasilkan nada G, senar 4 menghasilkan nada D, senar 5 menghasilkan nada A, dan terakhir senar 6 yang berada paling atas menghasilkan nada E.

  • Posisi Gitar

Setelah mengetahui kunci-kunci dasar tersebut, selanjutnya kamu perlu mengetahui cara memegang dan atau posisi memegang yang benar ketika bermain gitar. Pastikan untuk memposisikan gitar dengan membuat kamu merasa nyaman ketika memegangnya. Jika kamu pemula, bisa terlebih dahulu memangku gitar, kemudian dekatkan body gitar ke bagian dada dan perutmu.

Duduklah di kursi senyaman mungkin dengan menegakkan punggung serta bahu. Dekatkan body gitar ke perut dan dada seperti sebelumnya. Lalu pegang leher gitar dengan tangan kiri, ibu jari di posisi bagian belakang dan empat  jari sisanya di bagian depan. Untuk menahan body gitar, kamu bisa menggunakan kaki kananmu. Ini untuk pemain gitar secara umum yang memetik menggunakan tangan kanan ya.

Kemudian, kamu bisa mencoba menekan-nekan senar menggunakan tangan kiri secara asal, mulai dari perlahan hingga cepat. Hal ini berfungsi untuk melatih sedikit keseimbangan. Cobalah terus dan biasakan posisi memegang gitar ini. Setidaknya setiap 5 menit sekali agar bisa menyeimbangkan diri. Di masa-masa awal belajar, punggung dan bahu mungkin akan terasa kurang nyaman. Tapi semakin lama kamu akan menjadi terbiasa.

  •  Tuning atau Menyetem

Nah, ketika sudah menemukan posisi memegang gitar yang nyaman, tahap berikutnya adalah menyetel atau menyesuaikan senar gitar. Sebab gitar akan menghasilkan suara yang syahdu jika setiap senarnya disetel dengan baik. Mungkin akan sedikit rumit, tetapi pelajaran bagian ini sangat penting dan akan melatih telinga kamu terbiasa mendengar nada dengan tepat.

Caranya cukup sederhana, atau kamu juga bisa menggunakan bantuan alat running gitar untuk menyetel senarnya. Hal pertama adalah kamu perlu mengetahui nama-nama senar. sebelumnya sudah kita bahas, nah dari senar paling atas atas ke bawah urutan nadanya adalah E, A, D, G, B, dan E’. Atur senar dengan cara memutar putaran yang ada di bagian kepala gitar, pastikan sesuai dengan nada yang kamu butuhkan. Jika nada tinggi, putar ke arah yang mengencangkan senar gitar. Sebaliknya jika ingin nada rendah, putar tunernya sampai senarnya mengendur dengan tepat.

  • Belajar Memetik

cara belajar gitar
sumber instagram @milkhaazalia

Selanjutnya adalah tahap untuk mempelajari cara memetik gitar. Belajar memetik gitar sangat perlu kamu agar nada yang kamu mainkan bisa terdengar merdu dan indah. Kamu bisa coba mulai dengan meletakkan ibu jari pada senar paling atas. ibu jari berfungsi untuk memetik senar bass yang berada pada senar nomor 6, 5, atau 4. Kemudian jari telunjuk untuk memetik senar nomor 3, jari tengah untuk senar nomor 2, dan jari manis untuk memetik senar nomor 1. Petik secara perlahan sampai kamu bisa memetiknya dengan baik.

Setiap kunci gitar bisa kamu pelajari melalui buku belajar gitar atau browsing di internet. Tiap kunci menghasilkan nada yang berbeda-beda. Coba biasakan dengan variasi kunci yang berbeda-beda kemudian dikombinasikan. Kamu bisa mengawali dengan memainkan satu lagu yang memiliki kunci gitar yang sederhana dan menggunakan kunci dasar. Latih terus sampai kamu bisa terbiasa berpindah-pindah kunci dengan baik.

Di masa awal mempelajari cara belajar gitar petikan seperti ini, jari-jarimu akan terasa sakit dan dibagian ujungnya mengapal dan mengeras. Namun hal tersebut wajar dan tidak menjadi masalah. Teruskan latihanmu sehingga kamu akan terbiasa. Konsentrasi pada kombinasi kunci dan lagu yang kamu mainkan agar mendapatkan perpaduan yang pas antara lagu dan kunci yang dimainkan.

  • Mempelajari Melodi

Tahap berikutnya untuk cara belajar gitar setelah lancar memainkan kunci dasar adalah mempelajari melodi. Banyak yang menganggap bahwa mempelajari melodi cukup sulit. Hal tersebut benar, tapi bukan berarti tidak bisa dipelajari. Nah berikut adalah tips yang bisa kamu gunakan ketika ingin belajar melodi pada gitar.

Yang pertama cari tahu terlebih dahulu melodi gitarnya dengan cara membaca tabulasi. Tabulasi ini adalah proses menempatkan sebuah data kedalam bentuk tabel yang isinya berupa not-not. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kamu dalam mempelajari melodi.

Selanjutnya, kamu harus memahami scale. Ini adalah sebuah cara untuk mencari-cari melodi dalam sebuah lagu. Jika kamu sudah memahami tentang scale, kamu akan dengan mudah menebak melodi sebuah lagu. Nah sedikit informasi, scale yang umum dan mudah untuk dipahami adalah pentatonic scale.

Terakhir jika kamu sudah paham mengenai tabulasi dan scale, kamu bisa masuk ke tahap belajar improvisasi. Cara ini sangat membutuhkan feeling, pendengaran dan insting yang kuat dalam menentukan setiap nada. Coba berlatih dengan cara mendengarkan sebuah lagu, lalu coba kamu susun nada-nada yang sesuai alur dalam satu melodi lagu tersebut.

Tahap ini seperti yang sebelumnya sudah kita singgung memang tahap yang cukup rumit. Dan yang terpenting dalam mempelajari melodi adalah ketepatan feeling, skill, dan improvisasi untuk mengkombinasikan not kunci demi kunci. Sehingga kamu bisa menghasilkan suara gitar yang syahdu.

  • Rutin Berlatih

cara belajar gitar
sumber instagram @uhuiimusikmadiun

Setelah kamu dapat mempelajari keseluruhan tahap dengan baik, selanjutnya kamu hanya perlu rajin latihan secara rutin. Hal ini penting untuk membuatmu lancar dan terbiasa bermain. Sebab tidak ada gunanya kamu menghafal tanpa terus diasah. Dan juga kemampuan  bermain gitarmu tidak akan berkembang, atau bahkan kamu lupa dengan apa yang sudah kamu pelajari.

Nah demikianlah beberapa tips dan belajar main gitar untuk permulaan, khususnya untuk kamu yang baru pertama kali ingin mulai bermain gitar, semoga bermanfaat.

Baca Juga ini Ya !! =>  Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Pasti Dilirik HRD
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *