Cara Belajar Bahasa Inggris secara Otodidak untuk Pemula, Simpel dan Mudah!

  • Bagikan
cara belajar bahasa inggris

Mau tahu cara belajar Bahasa Inggris yang bisa dilakukan sendiri? Apa saja yang harus diketahui dalam belajar Bahasa Inggris untuk pemula? Simak tips and trick nya berikut!

Perlu diketahui, hingga kini Bahasa Inggris masih diakui dan dipakai sebagai bahasa Internasional. Sebagian besar masyarakat dunia kalau mau saling berkomunikasi lintas negara, ya pakai bahasa Inggris. Lagu-lagu zaman now yang sedang hits juga kebanyakan liriknya pakai bahasa Inggris. Menu makanan dan minuman di restoran kalau ditulis pakai bahasa Inggris juga jadi terlihat lebih berkelas, auto mevvah. Menguasai Bahasa Inggris juga bisa menambah value kamu sebagai manusia yang berbudaya.

Makanya banyak yang menawarkan jasa les atau kursus bahasa Inggris, baik yang berkelompok maupun secara private. Padahal, bahasa itu bisa dipelajari dimana saja, tidak hanya di dalam ruang kelas. Pertama-tama, tentukan tahapan belajar Bahasa Inggris yang cocok buat kamu, lalu mulai deh. Mau tahu cara mudah belajar bahasa inggris bagi pemula? Lanjut baca sampai habis ya! Ini dia tips nya!

  1. Niatkan

Ingat, belajar bahasa baru itu tidak seperti nyeduh kopi sasetan. Kalau kamu baru di bidang ini, ibaratnya seperti ketika kamu ingin minum kopi, tapi harus menanam bibit tanaman kopinya dulu. Butuh proses dan hasilnya tidak instan. Bisa memang kalau mau bisa ngomong pakai bahasa Inggris dengan belajar sehari. Tapi ya ngomong yang bagaimana dulu nih. Apa kamu bakal puas dengan bisa bilang “Hello, how are you?” “I’m fine, thank you”? Kalau ingin yang jauh lebih dari itu, ya luangkan lebih banyak waktu dan perbanyak juga effort atau usaha kamu.

Karena perlu proses itulah, sangat penting untuk terus memunculkan motivasi kita untuk belajar bahasa Inggris. Tanamkan niat dan bulatkan tekad untuk tetap semangat belajar. Kalau perlu, tuliskan besar-besar tujuan kamu dan tempelkan di dinding kamar, atau di gawai kamu. “INGIN BISA NONTON FILM HOLLYWOOD TANPA SUBTITLE”, misalnya.

  1. Siapkan materinya
Baca Juga ini Ya !! =>  Tips dan Cara Menulis Daftar Pustaka Lengkap

Untuk belajar teori-teorinya, kamu bisa temukan banyak sekali materi belajar bahasa Inggris untuk pemula di internet. Toko buku dan lapak online juga banyak menjual buku-buku pelajaran bahasa Inggris. Tapi, materi untuk belajar bahasa Inggris sendiri tidak terbatas hanya pada buku-buku pelajaran saja. Buku-buku lain yang berbahasa Inggris juga bisa kamu baca-baca untuk jadi bahan latihan reading comprehension kamu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa dapat bahan belajar dari lirik lagu, film atau video-video lain, artikel dan bacaan apapun, bahkan unggahan-unggahan di jejaring sosial. Sebagai tambahan, kamu juga bisa belajar bahasa lewat aplikasi di gawai kamu.

  1. Be an English-speaking baby (jadi bayi lagi… atau balita)

Belajar bahasa Inggris pemula berarti kamu memulai dari mula-mula. Dari awal. Berapapun umur kamu sekarang, bayangkan diri kamu balik lagi jadi bayi, tapi bayi bule. Tidak perlu gengsi atau malu untuk memulai dengan belajar alphabet, nyanyi lagu ABC. Atau baca-baca buku dongeng anak-anak yang bahasa dan pemilihan katanya masih sangat sederhana. Atau belajar kosakata baru yang masih sangat dasar pakai flash card atau kartu-kartu lucu, masing-masing dengan gambar aneka buah-buahan atau binatang. Mulai belajar dengan materi se-level anak SD atau bahkan TK bukan hal yang memalukan kok. Tak masalah jika kamu belajar materi-materi dasar seperti salam dan perkenalan, nama-nama hari, anggota keluarga, kata-kata sederhana yang sering dipakai, dan lain-lain. Tidak apa-apa, karena toh begitulah anak-anak belajar bahasa ibu mereka. Semangat ya!

  1. Mulai dengan perbanyak kosakata dalam bahasa Inggris (vocabulary namanya)

Siapa bilang belajar dengan menghafal kosakata itu tidak penting dalam belajar bahasa? Salah satu aspek penting dalam bahasa adalah kata. Kata adalah satuan terkecil dalam bahasa yang memiliki arti dan bisa berdiri sendiri. Kita menyusun kalimat juga dengan memakai beberapa kata bersama-sama dan merangkainya menjadi satu kalimat utuh. Jadi, penting untuk selalu meng-upgrade jumlah kata di bank kata kamu; mulai dari tahu 10 kata saja, lalu ke 100 kata, lanjut jadi 1.000 kata, dan seterusnya, sehingga kalimat yang kamu rangkai bisa lebih bervariasi dan lebih kompleks. Terus kumpulkan sedikit demi sedikit kata-kata baru dalam bahasa Inggris untuk memperbanyak perbendaharaan kata di otak kamu. 

Tentu mempelajari kosakata baru tidak hanya bisa kamu lakukan dengan ‘makan kamus’ saja kok. Tidak perlu sepaneng menghafal kata baru langsung dari kamus, apalagi tanpa tahu bagaimana penggunaannya dalam kalimat dan apakah kata itu lazim ditemui dan digunakan. Kembali ke poin 2 di atas, kamu bisa belajar bahasa Inggris dari mana saja. Tak hanya dari buku, kamu juga bisa dapat kosakata baru dengan melihat sesuatu, bisa gambar atau apapun. Amati dan cari tahu kata-kata yang mendeskripsikan apa yang kamu lihat itu. Misal: ketika kamu melihat harimau, kamu bisa dapat banyak kosakata seperti tiger, stripes, feline, carnivorous, mammal, wild, coat, hind leg, foreleg, quadruped, dan masih banyak lagi. Nah, di sini kamu bisa buka kamusmu, atau minta orang lain untuk menjelaskan ke kamu.

Meski kosakata adalah pokok atau yang utama dalam belajar bahasa, tapi perlu diingat bahwa grammar atau struktur kalimat juga tidak kalah penting. Kedua hal ini sama pentingnya dalam mempelajari bahasa. Tapi, untuk permulaan, lebih baik mulai dari yang paling dasar dulu. Simple Present Tense. Kuasai tense yang satu ini dulu ya, sambil perbanyak kosakata.

  1. Cari learning buddies atau teman belajar (dan ‘guru’)
Baca Juga ini Ya !! =>  Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Pasti Dilirik HRD

Teman belajar di sini bukan teman untuk belajar bahasa Inggris bareng kamu, tapi, yang bisa menemani dan membantu kamu belajar. Cari teman yang bisa bahasa Inggris untuk dijadikan ‘guru’ atau mentor bagi kamu. Pergi ke luar negeri memang sangat membantu, melancong ke negara-negara berbahasa Inggris seperti Amerika, Australia atau Inggris. Tapi ini bukan satu-satunya jalan untuk kamu menemukan learning buddy atau guru. Zaman sekarang kamu bisa dengan mudah berteman dengan siapa saja dan mengobrol dengan banyak orang secara online lewat internet. Cari teman dari luar negeri yang bisa kamu ajak bicara. Kamu juga bisa ikut komunitas internasional, atau komunitas pembelajar bahasa Inggris tempat kamu bisa praktik langsung memakai bahasa Inggris. 

  1. – dst. Latihan, Latihan, Latihan!

Ingat, practice makes perfect! Inilah inti dan kunci penguasaan kemampuan apapun, termasuk kemampuan berbahasa Inggris. Dedikasikan waktumu untuk bahasa Inggris. Sering-sering latihan listening, reading, speaking, dan writing. 4 manifestasi keterampilan kita dalam berbahasa: mendengarkan, membaca, berbicara, menulis. Tidak masalah jika hanya bisa mengambil satu jam saja dalam sehari untuk belajar bahasa Inggris. Rutinkan. Nanti juga setelah terakumulasi setidaknya seribu jam yang kamu dedikasikan, pasti kamu sudah mulai bisa cukup lancar berbahasa Inggris.

Ingin belajar bahasa Inggris percakapan? Ya kamu harus bercakap-cakap. Jangan nyimak melulu. Ekspresikan. Jangan takut buat angkat bicara. Aplikasikan kosakata yang kamu sudah tahu. Tidak masalah meski vocab masih terbatas dan grammar masih amburadul. Berani ngomong dulu, itu sudah bagus. Nanti sambil dikoreksi dan upgrade skill bahasa Inggrisnya pelan-pelan sambil jalan. 

Nah, itu tadi simpelnya cara belajar bahasa inggris otodidak (kata bakunya autodidak, by the way). Mudah, bisa dari rumah!

Penulis : Yunita

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *