6 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Sesuai Passion Kamu

  • Bagikan
Cara Memilih Jurusan Kuliah

Cara memilih jurusan kuliah ternyata ada loh, jadi tidak perlu galau ya buat kalian yang sedang bingung. Sepertinya sudah lumrah bagi siswa SMA yang sedang berada pada semester akhir mulai bingung. Biasanya hal ini karena masih bimbang ingin kuliah pada jurusan apa dan di Universitas mana. Jurusan yang akan kamu pilih tentunya akan berpengaruh untuk jenjang karir kalian kedepannya. Sehingga sebaiknya berhati-hatilah dalam menentukan pilihanmu. Cara mengetahui jurusan kuliah yang cocok ternyata cukup mudah loh. Tanyakan pada dirimu kecenderunganmu pada bidang apa.

Bagi kamu yang sedang mempertimbangkan daftar jurusan yang mungkin kalian sudah memiliki ketertarikan. Sebaiknya pertimbangkanlah secara lebih matang agar sesuai dengan karaktermu. Berikut kami jelaskan cara tepat menentukan jurusan kuliah yang baik. Yuk bareng-bareng kita simak!

  1. Kenali Diri Sendiri

Cara Memilih Jurusan Kuliah
Sumber: Instagram @artezaofficial

Hal paling penting dan paling krusial dalam menentukan jurusan adalah dengan mengetahui potensi diri kamu. Memilih jurusan kuliah berdasarkann keperibadian merupakan keputusan bagus. Sebenarnya apa cita-cita masa depanmu dan apakah program studi yang akan kalian pilih akan mendukung untuk mencapai cita-citamu. Selain beberapa aspek tersebut, minat yang ada pada dirimu juga menjadi bahan pertimbangan yang penting. Carilah jurusan yang tepat untukmu dan kehidupan karir masa depan.

Tentukanlah kalian ingin bekerja nantinya setelah lulus kuliah pada industri bidang apa. Keputusan ini membantu sekali untuk menjawab kebingunganmu dalam menentukan minat jurusan kuliah. Kekuatan terbesarmu akan mendukung proses yang mudah dalam menempuh jenjang kuliah. Hindari memilih jurusan yang kamu tidak sukai karena akan menghambat nantinya. Jangan lupa membaut list daftar jurusan kuliah yang menarik minatmu agar lebih mudah mengambil keputusan.

  1. Pertimbangkan Peluang Karir Jurusan

Sumber: Instagram @nessii123

Memang dalam memilih jurusan memerlukan banyak sekali pertimbangan agar tidak salah dan menyesal. Salah satu bahan pertimbangan adalah dengan melihat peluang program studi. Peluang masa depan menjadi langkah pertama untuk menunjang karir kalian. Untuk bisa mendapatkan informasi lebih lanjut, kalian juga bisa sharing. Kami sarankan sharing sebaiknya kamu lakukan dengan alumni dari jurusan yang ingin kamu ambil.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tips dan Cara Menulis Daftar Pustaka Lengkap

Tujuannya agar kalian punya gambaran bagaimana proses perkuliaha dan prospek karir masa depannya bagiamana. Misalnya dengan melihat pertumbuhan pada bidang ekonomi syariah di Indonesia. Hal ini tentu bisa menjadi peluang masa depan dalam keuanga yang berbasis Islam. Beberapa bidang yang berkaitan dengan jurusan ini adalah pada bagian finance ataupun perbankan.

  1. Pilihlah Jurusan Yang Linier

Cara Memilih Jurusan Kuliah
Sumber: Instagram @fizjo.endorfina

Jurusan kuliah IPS biasanya berbeda dengan jurusan kuliah IPA. Kebanyakan dari IPS akan cenderung memilih kuliah yang tidak berkaitan dengan teknik taupun bidang kesehatan. Hal ini terjadi karena mata pelajaran saat sekolah menengah berbeda dengan IPA. Kecendrungan siswa ilmu sosial akan banyak terjun pada jurusan yang menyangkut keuangan ataupun ekonomi. Berbeda dengan siswa ilmu alam, beberapa dari mereka kebanyakan memilih jurusan yang berbau kesehatan. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari minat dan bakat yang tertanam pada diri mereka masing-masing. Potensi yang ada dan dengan ilmu penunjang yang diserap selama pendidikan menengah atas akan membantu menentukan arah kedepannya.

Sebaiknya jika kalian sudah memfokuskan dalam satu bidang rumpun ilmu saat kuliah. Maka carilah macam-macam jurusan kuliah yang ada dalam fakultas tersebut. Jangan lupa juga mempertimbangkan akreditasinya ya. Kalian juga bisa mencari berbagai prospek dari beragam jurusan yang kamu minati. Misalnya beragam pilihan program studi untuk jurusan teknik dan juga bagaimana prospeknya pada kehidupan mendatang.

  1. Perhatikan Biaya Kuliah

Sumber: Instagram @i_am_l_a_r_a

Masalah biaya tentu saja menjadi salah satu hal yang paling penting. Keuangan yang orang tua miliki dapat menjadi pertimbangan juga loh. Mulai langkah ini dengan berbicara kepada orang tua mengenai jurusanmu dan seberapa besar biayanya. Biaya akan menjadi penentu berjalannya kuliahmu juga serta berbagai proses kedepannya. Terbukalah kepada orang tua tentang biaya-biaya yang akan kamu keluarkan saat menempuh bangku kuliah. Kamu juga bisa melakukan langkah ini dengan merincikan biaya yang akan kalian keluarkan disetiap semesternya. Biaya lain-lain juga tentu saja menjadi penting misalnya biaya hidup dan tempat tinggal.Pertimbangkan juga beberapa pengeluaran tak terduga yang mungkin perlu kamu bayarkan.

Baca Juga ini Ya !! =>  Panduan Cara Membuat Jurnal Ilmiah untuk Pemula

Tanyalah pada temanmu yang mungkin sudah terlebih dahulu hidup ditempat yang akan kamu datangi untuk kuliah. Temanmu akan mampu memberikan kamu beberapa informasi penting yang mungkin belum kamu ketahui. Apabila sudah mengetahui mengenai berbagai macam biaya dan orang tua menyanggupi. Maka kebingunganmu akan terjawab dan apabila sebaliknya maka tetap ada solusi. Kamu dapat megajukan beasiswa kepada pihak-pihak terkait atau bisa juga mengambil alternatif jurusan lain. Tes untuk memilih jurusan kuliah penting kamu lakukan guna mengukur tingkat minat dan potensi.

  1. Berbicaralah Kepada Orang Tua

Cara Memilih Jurusan Kuliah
Sumber: website natcom

Memang merupakan hal yang sulit dalam menentukan pilihan yang satu ini. Tidak ada salahnya kamu bercerita kepada orang-orang yang kalian anggap dapat memberikan saran. Misalnya saja pada orang tua atau keluarga. Mereka dapat kalian jadikan sebagai teman sharing untuk meyakinkan kira-kira apa yang tepat untukmu. Jika sudah meminta saran dan pertimbangan maka kembalikan lagi pada dirimu. Tujuannya karena kamu yang lebh tau potensi dan kelemahanmu, saran dari mereka bisa kalian jadikan sebagai bahan pertimbangan. Cara memilih jurusan kuliah juga bisa dari saran dan masukan orang lain.

Ketika sudah memikirkannya, maka keinginanmu tetap yang menjadi keputusan untuk menentukannya. Namun apabila belum yakin dan masih merasa belum bisa menemukan keputusan yang tepat. Kalian bisa berkonsultasi pada ahlinya misalnya saja konsultan pendidikan. Dengan pegalaman dan skill yang konsultan miliki akan membantu kamu dalam menemukan potensi tersembuyi pada dirimu.

  1. Quality Time Dengan Diri Sendiri

Sumber: Instagram @elfenweiss.de

Apabila beberapa saran yang kami jelaskan sudah kamu lakukan namun tak kunjung menemukan titik temu. Maka cara terakhir yang dapat kalian lakukan adalah berdiam sejenak sambil berfikir perlahan. Mulailah pelan-pelan memikirkan kelebihan pada dirimu yang akan membantumu pada masa depan. Tetap pertimbangkan saran orang terdekatmu dan konsultan yang sudah kalian temui. Caranya sebenarnya sama seperti tips memilih jurusan SMA.

Baca Juga ini Ya !! =>  Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Pasti Dilirik HRD

Keputusan ada pada tanganmu dan pastikan kamu benar-benar memilih dengan teliti dan cermat. Usahakan jangan terpengaruh dengan siapapun karena pengambil keputusan adalah kamu. Yang lebih tau dan mengenal dirimu sebenarnya tak lain dan tak bukan adalah kamu. Jadi sebisa mugkin tentukan kecenderunganmu apa dan dibidang seperti yang bagaimana.

6 cara memilih jurusan kuliah yang kami sarankan bagi kamu yang masih bingung dalam menentukan arah dan tujuan. Dengan memilih program studiĀ  yang mendukung karirmu pada masa depan dengan matang akan lebih baik. Carilah inormasi sebanyak-banyaknya mengenai calon prodimu. Pilihlah program studi dan juga Universitas terbaik. Karena hal itu juga akan membantu karirmu pada masa depan. Dalam memilih program studi kami sarankan untuk hati-hati dan mempertimbangkan secara benar ya. Semoga ulasan ini mampu mengurangi kebingunganmu. Semoga berhasil!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *