Gaya Hidup Minimalis Yang Membuat Happy Dan Cepat Kaya

  • Bagikan

Gaya hidup minimalis saat ini sudah menjadi trend dan berkembang pesat dikalangan masyarakat. Kebanyakan para milenial memilih gaya hidup minimalis namun elegan. Mulai dari tampilan, tempat tinggal,  kendaraan dan lain sebagainya. Konsep hidup minimalis biasanya terkenal dengan sebutan sederhana yang mana lebih mementingkan kebutuhan tanpa harus bermewah-mewah. Meskipun gaya hidup minimalis kebanyakan dikaitkan dengan barang-barang yang lebih sedikit, namun tentu saja lebih berfungsi. Kebanyakan penganut konsep minimalis lebih mementingkan kualitas dari barang daripada harus membeli banyak namun tidak terpakai.

Manfaat gaya hidup minimalis dalam menjalani kehidupan akan lebih terasa dan kamu juga akan merasa lebih bahagia. Selain itu, dengan konsep hidup minimalis kalian akan lebih memiliki uang untuk menabung daripada harus menghambur-hamburkannya. Trend gaya hidup minimalis Malaysia juga terus berkembang seperti tanah air. Penyuka minimalis sangat banyak seiring dengan banyaknya generasi-generasi milenial yang lebih simple. Mereka menerapkan gaya hidup ini pada berbagai hal yang berkaitan dengan hidup setiap harinya. Misalkan saja rumah yang menganut konsep minimalis dengan tidak banyak pernak pernik dan barang. Tampak dan bentuk dari bangunan biasanya juga sangat simple namun multifungsi serta terasa nyaman. Menarik bukan, yuk bahas lebih dalam mengenai trend ini.

  1. Menganut Konsep Jepang

Gaya Hidup Minimalis
Sumber: Instagram @sobeautifulhomes

Hidup minimalis ala orang Jepang sepertinya sangat menarik untuk kita bahas dan perhatikan. Selain karena gaya hidup yang simple namun juga memiliki daya tarik yang mampu memikat mata. Kebanyakan desain untuk rumah gaya hidup minimalis Jepang menggunakan bahan-bahan yang masih alami bersumber dari kekayaan alam. Negara Sakura ini mempunyai seni dalam memotong ataupun membuat garis yang rapi dan apik. Menjunjung tinggi konsep dengan kekayaan alam membuat gaya minimalisnya semakin banyak digemari. Kebanyakan rumah-rumah Jepang tidak menggunakan hiasan yang tak perlu.

Baca Juga ini Ya !! =>  Cara Mengatasi Patah Hati & Fase yang Harus Dihadapi

Karena konsep hidup minimalis kebanyakan menjunjung tinggi keindahan dan kemurnian. Keyakinan yangorang Jepang anut kebanyakan tentang membuang segala sesuatu yang akan menghambat perkembangan mereka. Selain itu, hal-hal yang tidak bermanfaat untuk mereka akan ditinggalkan dan beralih ke hal yang lebih mendatangkan keuntungan. Hal ini karena para penduduk Negeri Sakura ini memiliki jiwa seni yang  tinggi sehingga semua yang mereka buat tak perlu ada bahan atau dekorasi yang berlimpah. Dengan begitu kebahagiaan akan lebih terasa dan hidup hemat akan membawa keberuntungan di masa datang.

  1. Packing Barang Yang Tidak Terpakai

Sumber: Instagram @japandi_interior

Filosofi minimalis yang banyak orang fahami yaitu hanya membeli barang yang relevan dengan kehidupan  sehari-hari. Tak perlu gengsi dengan hanya memamerkan barang mewah dan berkelas kepada banyak orang. Namun apa gunanya jika barang tersebut hanya untuk pamer dan tidak dipergunakan. Dengan banyaknya barang yang tidak terpakai menumpuk dalam lemari kamu, kemungkinan hal itu akan menjadi masalah. Selain berpengaruh pada kebahagiaan juga akan berdampak pada kesehatan mental yang akan memicu stres.

Langkah pertama bisa kamu mulai dari kamarmu dan sekelilingnya. Mulailah tahap pertama dengan memilah dan memilih kira-kira barang apa yang akan bermanfaat untukmu. Untuk barang yang tidak terpakai, kumpulkan dalam satu wadah dan niatkan untuk berbagi. Ingat loh barang yang sebaiknya kamu bagikan  masih yang layak ya. Tanamkan pada diri kamu persepsi tentang hanya memiliki barang yang kalian butuhakan dan tidak membeli jika tidak membutuhkannya.  Hal ini akan membantumu secara fisik dan emosional sehingga kesehatan mental akan terjaga.

  1. Menata Barang Tanpa Harus Penuh

Gaya Hidup Minimalis
Sumber: Instagram @homeideaswishlist

Gaya hidup minimalis kebanyakan dilakukan banyak orang karena mereka tidak ingin berfokus pada duniawi dan materi. Daripada harus memikirkan dunia dengan membeli banyak barang untuk mencapai kesenangan. Para penerap sistem hidup minimalis lebih memilih untuk berinvestasi agar bisa mengunjungi tempat yang akan memberikan manfaat. Manfaat yang dicari mengenai pengalaman dan juga perlajaran untuk terus menjalani hidup. Kamu akan menjadi orang yang tidak konsumtif dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Finansial akan terjaga dan tentunya akan menjamin keuangan masa depanmu. Selain itu, dengan membuat ruangan lebih lega akan membuatmu memiliki suasana baru dan lebih rileks.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tips dan Cara Mempersiapkan Pernikahan Sendiri. Jangan Tunggu Sampai Mepet Hari H!

Tanpa kamu sadari, barang yang penuh akan membuat suasana hati  dan mood terganggu. Apabila mood sudah terganggu, maka kalian akan mudah stres dan terserang berbagai penyakit. Pengalaman hidup minimalis akan membuat jiwamu lebih nyaman dan tidak gampang terdistrak oleh hal-hal lain. Gaya hidup ini akan mengajarkan kamu banyak hal misalnya saja untuk rasa takut. Apabila kamu takut kehilangan barang-barangmu, tak perlu lagi. Tak perlu lagi menyimpan berbagai barang yang tidak kamu perlukan dan menumpuknya pada gudang rumahmu.

  1. Sayangi Barang Yang Kamu Punya Saat Ini

Sumber: Instagram @erinroberts.design

Dengan memiliki barang sedikit namun memiliki kualitas tinggi akan mudah dalam merawatnya. Namun apabila barangmu banyak juga menumpuk, pasti rasa malas akan menghalangimu merawatnya. Segala seesuatu yang tidak dirawat akan mudah rusak dan tidak bisa terpakai lagi. Sehingga setiap hal ini terjadi kamu harus membeli barang yang baru lagi. Tahukah kamu cara ini akan membuat pengeluaranmu membengkak dan tak bisa menabung.

Sebaiknya belilah barang dengan kualitas bagus namun sedikit. Barang sedikit akan selalu terjamah oleh matamu sehingga akan membantu dalam proses perawatan. Barang yang kalian miliki sebaiknya kamu rawat secara rutin dan dengan cara yang benar. Hal ini akan membuat barangmu awet dan tidak gampang rusak sehingga tak perlu membeli sesering mungkin. Dengan cara ini kalian akan lebih mengirit pengeluaran sehingga akan membantu menabung setiap bulannya. Sejak kecil, menabung sudah orang tua ajarkan guna membantu kondisi keuangan pada masa depan.

  1. Manfaat Menerapkan Hidup Minimalis

Gaya Hidup Minimalis
Sumber: Instagram @japaneseinteriors

Gaya hidup minimalis memiliki beragam manfaat baik pada segi kesehatan mental dan keuangan. Manfaat yang akan sangat terasa pertama yaitu memperbaiki mood karena pikiran yang selelu rileks. Percayalah bahwa apabila barang kamu sedikit namun memiliki manfaat sendiri-sendiri akan mampu memperbaiki mood. Selain mudah menemukan barang yang kamu cari dan butuhkan juga akan mudah dalam merapikannya. Dalam merapikan rumah tak perlu lagi membutuhkan banyak waktu. Apabila ruangan sempit, akan membuat batasan terasa pada dirimu. Baik saat memandang sekeliling ruangan akan membuat kamu stak dan tidak bisa berfikir kreatif.

Baca Juga ini Ya !! =>  Manfaat Berpikir Positif dan Caranya, Apa Saja Ya?

Terapkan prinsip pada diri sendiri bahwa pada barang dapat diperlakukan pilihan antara membuang, mendonasikn dan menyimpannya. Terapkan prinsip 90 hari pada barang-barangmu. Apabila barang sudah tidak terpakai lebih dari 90 hari maka sebisa mungkin singkirkan barang tersebut dari pandanganmu. Tapi harus tetap melihat jenisnya ya, apabila seperti peralatan service tidak perlu (palu, tang, gergaji, dll). Untuk barang yang layak namun tak terpakai, maka kalian bisa memberikan kepada orang yang membutuhkan. Pilihan ini sangat tepat daripada harus membuatnya menumpuk pada lemari.

Nah Guys, tertarik kan dengan gaya hidup minimalis. Selain sangat simple dan memiliki banyak manfaat namun juga mendatangkan kebahagiaan. Segala sesuatu yang tertata rapi akan membuat pandangan mata sehat dan nyaman. Nah bagaimana, yuk mulai hidup minimalis dan bahagia.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *