Wajib Coba! 13 Rekomendasi Kuliner Jambi Berikut Ketika Kamu Berkunjung Ke Kota Bumi Melayu Ini

Pempek
Sumber: srivijaya.id

KabarApik, Kuliner JambiProvinsi Jambi merupakan wilayah yang berada di wilayah Timur Pulau Sumatera dan sangat kental dengan adat Melayu. Tak heran jika provinsi ini dijuluki pula dengan sebutan Bumi Melayu.

Masyarakat Jambi masih satu rumpun dengan suku Melayu sehingga sebagian besar kebudayaannya lekat dengan budaya Melayu.

Sebagaimana beberapa daerah yang kental dengan budaya melayu, Jambi juga memiliki segudang kuliner nikmat yang siap memanjakan lidahmu. Sebut saja beberapa bakso enak di Jambi, mie pangsit Jambi, hingga kwetiau Jambi.

Jadi wajib buat kamu menjajaki wisata kuliner Jambi ketika kamu sedang berkunjung ke Tanah Batuah ini. Nah, berikut ini KabarApik akan mengulas sejumlah rekomendasi kuliner khas Jambi yang bisa kamu coba.

  1. Kuliner Jambi Tempoyak

tempoyak Kuliner Jambi
Sumber: via Wikipedia

Tempoyak tentu menjadi salah satu kuliner Jambi yang sudah cukup populer, khususnya di wilayah Sumatera. Kuliner ini terbuat dari bahan olahan dasar berupa durian yang sebelumnya telah difermentasi.

Masyarakat di Jambi biasanya mengkonsumsi tempoyak secara langsung atau bersamaan dengan nasi putih. Selain itu, kuliner khas Jambi ini juga bisa menjadi bumbu masakan yang berfungsi sebagai perasa untuk makanan lainnya.

Kamu wajib mencoba sajian ini ketika berkunjung ke Jambi, sebab sebagian besar wisatawan menjadikannya sebagai oleh-oleh.

  1. Gulai Tepek Ikan

Gulai Tepek Ikan
Sumber: via laman Detik

Gulai Tepek Ikan merupakan hidangan lezat sekaligus masakan adat khas Jambi. Menu kuliner ini sering disajikan dalam acara-acara adat, misalnya acara pernikahan hingga acara keagamaan.

Kuliner tradisional Jambi ini cukup unik, karena diolah dari perpaduan antara tepek ikan dengan kuah gulai. Dengan olahan dan bumbunya yang khas, menjadikan citarasa gulai tepek ikan ini sangat kaya rempah khas masakan Nusantara.

  1. Pempek Sambal

Pempek sambal
Sumber: via laman Cookpad

Hampir semua masyarakat Indonesia tahu kuliner yang satu ini, jajanan dengan kuah cukanya yang khas. Namun, yang berbeda dari varian pempek ini adalah kuahnya yang menggunakan kuah sambal.

Baca Juga ini Ya !! =>  Cara Membuat Nasi Goreng ala Rumahan sampai ala Gordon Ramsay

Kamu bisa menikmatinya dengan paduan daun jeruk dan daun kunyit membuat kuliner tradisional khas Jambi ini menjadi daya tarik bagi pecinta kuliner nusantara.

  1. Kuliner Jambi Pempek

Kuliner Jambi Pempek
Sumber: srivijaya.id

Kuliner Jambi yang satu ini tidak perlu dijelaskan panjang lebar, sebab sudah cukup populer karena sudah bisa kamu temui di beberapa daerah di tanah air. Namun, akan berbeda rasanya jika kamu mencicipinya langsung di Jambi.

Meskipun lebih terkenal sebagai kuliner khas Palembang, pempek juga merupakan makanan favorit bagi masyarakat Jambi. Berbeda dengan Pempek yang dinikmati dengan sambal, kuliner Jambi ini disajikan dengan cuka.

Pempek atau empek-empek merupakan jajanan yang terbuat dari gilingan daging ikan lembut yang bercampur tepung kanji atau tepung sagu. Selain itu, ada juga tambahan komposisi bahan lain seperti bawang putih yang dihaluskan, telur, penyedap rasa, dan garam. 

  1. Bolu Kojo

Bolu Kolo Ijo
Sumber: via laman Best Recipes

Kuliner Jambi yang satu ini mungkin belum terlalu akrab di telinga. Bolu Kojo memang tidak sepopuler jenis kue bolu lainnya yang ada di daerah lain di Indonesia. Akan tetapi, di wilayah Sumatera Selatan, kuliner ini sangat populer terutama bagi masyarakat di Jambi, Bengkulu, dan Palembang.

Bolu Kojo atau Bolu Kemojo sendiri merupakan kue bolu yang memiliki bentuk seperti bunga kamboja. Bentuk tersebut diperoleh dari hasil cetakan loyang yang sengaja dibuat menyerupai bunga kamboja.

  1. Kue Srikaya

Kue Srikaya
Sumber: via laman GoTravelly

Jajanan khas Jambi berikutnya adalah Kue Srikaya. Menariknya, meski namanya Kue Srikaya, ternyata kue ini sama sekali tidak mengandung bahan srikaya.

Kue Srikaya justru terbuat dari bahan dasar tape santan yang kemudian diberi warna hijau serupa srikaya dari pewarna alami menggunakan daun pandan. Dari situlah kuliner ini mendapat nama kue srikaya.

Buat kamu pecinta jajanan manis, kue srikaya ini wajib kamu coba. Perpaduan rempah dan gulanya memberikan sensasi rasa manis yang khas dan tentu saja nikmat.

  1. Dodol Nanas

Kuliner Jambi Dodol Nanas
Sumber: via Laman Andalas Tourism

Kamu suka nanas? Mungkin jajanan yang satu ini akan membuat kamu tertarik, yaitu dodol Nanas yang merupakan varian dodol khas Jambi.

Baca Juga ini Ya !! =>  Nikmati Kelezatan Sop Ayam yang Hangat dan Gizi

Seperti yang diketahui, buah nanas memang merupakan salah satu bahan andalan bagi produksi pangan masyarakat Jambi. Jadi tidak heran bila Nanas kemudian diolah menjadi berbagai macam makanan, termasuk salah satunya dodol nanas.

  1. Kuliner Jambi Nasi Gemuk

Kuliner Jambi Nasi Gemuk
Sumber: via Laman Kaskus

Kuliner tradisional nasi gemuk ini sekilas mirip dengan nasi uduk di Pulau Jawa atau nasi lemak khas Malaysia.

Banyak rekomendasi untuk menikmati jajanan pagi hingga kuliner malam Jambi. Namun, Nasi Gemuk ini umum menjadi menu sarapan bagi masyarakat di wilayah Jambi. Kuliner yang satu ini biasanya disajikan bersamaan dengan tempe orek dan telur balado.

  1. Gulai Terjun

Kuliner Jambi Gulai Terjun
Sumber: via Laman Tribunnews

Kuliner Jambi berikut ini memiliki nama yang cukup unik, yakni gulai terjun. Nama tersebut berasal dari teksturnya yang lebih cair daripada jenis gulai lainnya. Sebagaimana cita rasa kuliner melayu pada umumnya, rasa bumbu gulai ini sangat nikmat.

Bumbu gulai ini juga cocok untuk menjadi bahan memasak berbagai jenis daging, misalnya saja untuk memasak olahan daging Kambing atau Sapi.

  1. Kerutup Ikan

Kuliner Jambi Kerutup Ikan
Sumber: via Laman Cookpad

Secara umum, Kerutup Ikan adalah kuliner yang termasuk dalam jenis sate. Kuliner tradisional khas Jambi ini merupakan menu yang terbuat dari bahan olahan dasar ikan air tawar, seperti ikan nila, ikan maupun ikan mas.

Bahan dasar ikan air tawar tersebut kemudian berpadu dengan rempah daun kunyit sehingga menghasilkan sensasi cita rasa makanan yang khas dan lezat. Kerutup ikan merupakan salah satu kuliner yang sayang untuk kamu lewatkan ketika sedang berkunjung ke Jambi

  1. Lempok Durian

Kuliner Jambi Lempok Durian
Sumber: via Laman GoTravelly

Sebagai wilayah yang banyak menghasilkan buah-buahan, Provinsi Jambi juga memiliki beberapa kuliner yang terbuat dari bahan dasar buah. Salah satu yang menjadi kuliner tersebut adalah Lempok Durian.

Baca Juga ini Ya !! =>  4 Rekomendasi Kuliner Palembang yang Populer Bagi Kamu Penikmat Wisata Kuliner

Olahan durian memang selalu menjadi daya tarik tersendiri, sebab buah dengan julukan raja buah ini memang primadona bagi masyarakat Indonesia. Begitu disulap menjadi Lempok, kamu akan merasakan sensasi berbeda dalam menikmati olahan durian.

  1. Kuliner Jambi Kue Padamaran

Kuliner Jambi Kue Padamaran
Sumber: via Laman Info Jambi

Kuliner yang satu ini memiliki warna hijau cerah. Bahkan banyak orang yang mengira jajanan khas Jambi ini terbuat dari daun pandan karena warna hijaunya. Namun ternyata, warna hijau dari kue tersebut berasal dari berasal dari daun suji.

Kue padamaran merupakan jajanan yang terbuat dari olahan bahan dasar santan dan tepung beras. Kue ini menjadi salah satu makanan atau jajanan paling populer di Jambi. Tak hanya bagi masyarakat setempat, bahkan juga wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jambi.

  1. Cumi Cah Kangkung

Kuliner Jambi Cumi Cah Kangkung
Sumber: via Laman Cookpad

Rekomendasi terakhir adalah kuliner yang cocok buat kamu pecinta makanan laut atau seafood. Sebagai daerah pesisir pantai, Jambi memiliki sejumlah kuliner khas laut, salah satunya adalah Cumi Cah Kangkung.

Cumi cah kangkung merupakan menu laut andalan warga Jambi yang dimasak menggunakan cumi segar dengan paduan bumbu khas. Tidak heran jika Cumi Cah Kangkung ini merupakan satu dari sekian banyak makanan tradisional favorit di Jambi.

Sekian ulasan rekomendasi kuliner khas Jambi yang bisa menjadi informasi bagi kamu yang hendang mencoba berwisata kuliner di bumi melayu tersebut. Kamu bisa dengan mudah menemukan resto dan tempat makan seperti Cafe Rumah Putih, Jambi atau kwetiau 71 Jambi.