Kuliner Malang, Manjakan Lidahmu dengan Cita Rasa Nikmat Jawa Timur

  • Bagikan
kuliner malang, pecel
sumber instagram @tia_sulaksono

Malang, kota yang menjadi salah satu destinasi wisata populer di Jawa Timur. Kotanya yang sejuk dan asri membuat Malang menjadi tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan sambil menyegarkan pikiran dari sibuknya pekerjaan. Banyak tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di Kota ini, misalnya saja tempat wisata keluarga, wisata sejarah dan budaya, hingga tempat-tempat wisata alam yang menyuguhkan pemandangan alam yang spektakuler. Nah selain objek wisata tersebut, kamu juga bisa menikmati berbagai jenis kuliner Malang yang memiliki rasa nikmat khas Jawa Timur.

Malang memiliki kuliner-kuliner lezat nan unik, yang merupakan salah satu daya tarik bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke kota ini. Khususnya para pecinta kuliner. Kamu bisa berwisata kuliner dengan mencicipi berbagai macam makanan yang ada. Nah bagi kamu yang mungkin penasaran apa saja makanan yang bisa kamu coba, berikut kami berikan beberapa informasi mengenai kuliner Malang yang populer.

  1. Bakso

kuliner malang, bakso
sumber instagram @ummumarshaayu

Di urutan pertama sudah pasti akan ditempati oleh kuliner Malang yang satu ini, Bakso. Bakso sebenarnya sudah tersebar dan ada hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Bahkan kuliner nusantara yang satu ini sudah menjadi makanan Nasional. Malang menjadi surga bagi para pecinta bakso, sebab bakso yang ada di kota Malang memiliki rasa yang nikmat dan khas.

Tidak heran Malang sampai dijuluki sebagai kota bakso. Salah satu tempat untuk menikmati bakso yang populer dan sudah melegenda adalah Bakso Presiden. Kedai ini sudah ada sejak tahun 1977 lho, dan sampai sekarang masih ramai dikunjungi pelanggan. Tidak hanya dari masyarakat kota malang, tetapi juga dari para wisatawan luar kota yang penasaran dengan kelezatan baksonya. Tidak hanya menyediakan bakso seperti pada umumnya, Bakso Presiden juga menyediakan varian bakso goreng hingga bakso bakar.

Unik Bukan? Nah jika kamu penasaran, jangan lupa untuk mencoba menikmati kuliner Malang Bakso ini ketika sedang berkunjung ke kota Malang. Rasakan langsung kehangatan berbagai pilihan menu bakso di kedai Bakso Presiden.

  1. Rawon

kuliner Malang, rawon
sumber instagram @yulia_tokarmo

Kuliner yang berikut ini juga, meski tidak sepopuler bakso, sudah banyak dikenal oleh masyarakat nusantara. Rawon terkenal sebagai kuliner khas Jawa Timur, dan sebagian besar kota-kota di Jawa Timur ini menjadikan rawon sebagai salah satu kuliner khasnya. Salah satunya adalah kota Malang, rawon juga menjadi salah satu makanan favorit di Kota ini.

Rawon merupakan kuliner olahan daging sapi dengan kuah khasnya yang berwarna hitam. Kuah hitam khas rawon ini berasal dari kluwek. Perpaduan daging sapi dan kuahnya ini memberikan rasa yang unik dan tentunya nikmat. Kamu bisa memadukan Rawon dengan telur asin dan sambal cabai untuk menghasilkan kenikmatan menyantap rawon yang sempurna.

Salah satu rekomendasi tempat untuk menikmati rawon di kota Malang adalah Rawon Nguling. Nah jika suatu saat kamu berencana mengunjungi kota ini, kamu bisa mampir dan mencoba kenikmatan kuliner malang yang satu ini. Rawon Nguling Malang sudah sangat terkenal dan sudah ada sejak tahun 1983. Kamu bisa menikmati rawon dengan berbagai pelengkap lainnya sesuai selera, seperti babat atau juga perkedel. Nikmati kelezatan kuliner Malang dengan harga yang juga cukup terjangkau.

  1. Nasi Pecel

kuliner malang, pecel
sumber instagram @tia_sulaksono

Begitu mendengar nasi pecel, mungkin yang pertama terlintas di pikiranmu adalah kota Madiun. Ya, Madiun memang terkenal dengan julukan sebagai kota pecel, tapi bukan satu-satunya yang memiliki makanan tersebut.

Pecel merupakan salah satu makanan khas daerah Jawa Timur, sama seperti rawon. Jadi tidak heran jika beberapa daerah di Jawa Timur menjadikan nasi pecel ini sebagai makanan favoritnya. Nah salah satunya adalah Kota Malang. Nasi pecel ini sudah menjadi salah satu makanan populer bagi masyarakatnya.

Nasi pecel merupakan kuliner yang menyajikan perpaduan antara nasi dan pecel yang merupakan sayuran segar dan bumbu kacang. Sebagai pelengkap, biasanya ada tambahan peyek. Sayuran segarnya sendiri merupakan tauge, kangkung, kacang panjang dan lainnya yang telah direbus terlebih dahulu. Jika kamu sedang berada di kota Malang, kamu bisa mengunjungi Pecel Kawi 1975. Tempat makan ini sudah sangat terkenal dengan nasi pecelnya yang nikmat.

  1. Orem-Orem

orem orem
sumber instagram @dapurnoona_sherly

Untuk makanan yang satu ini mungkin sebagian dari kamu masih sedikit asing, terutama yang berasal dari luar wilayah Jawa Timur. Orem-orem merupakan kuliner malang yang diolah dari ayam dan irisan tempe goreng khas kota Malang, kemudian dipadukan dengan kuah santan yang cukup kental. 

Kuliner yang satu ini cukup sederhana, tetapi rasanya jangan ditanya. Kamu bisa menemukan orem-orem ini di warung orem-orem Pak Tik. Warung ini merupakan salah satu yang menjadi favorit untuk menikmati orem-orem. Kamu bisa menikmati kuliner Malang ini dengan dampingan ketupat. Yang menjadikan orem-orem Pak Tik ini unik adalah karena cara memasaknya yang masih tradisional, yaitu dengan menggunakan arang.

Setiap harinya banyak pengunjung yang datang untuk menikmati kelezatan orem-orem ini, terlebih ketika akhir pekan. Tidak hanya masyarakat kota Malang, banyak wisatawan dari luar kota yang juga mampir karena penasaran dengan rasanya.

  1. Tempe Mendol

tempe mendol
sumber instagram @tantriseating

Nah selanjutnya adalah Tempe Mendol yang merupakan kuliner khas kota malang yang cukup unik. Tempe mendol ini terbuat dari tempe biasa yang dibentuk lonjong sedemikian rupa ata yang biasa disebut mendol. Tempe mendol ini menjadi salah satu makanan atau lauk bagi masyarakat kota Malang. Makanan tradisional ini masih terus populer dan tidak kalah dibandingkan dengan kuliner Malang kekinian lho.

Bentuknya sangat berbeda dari tempe pada umumnya, teksturnya juga lebih padat. Untuk lebih mudah mencari makanan yang satu ini, kamu bisa datang ke warung-warung pecel. Karena biasanya tempe mendol ini menjadi lauk pendamping untuk nasi pecel.

  1. Ketan

ketan
sumber instagram @nimasmhr

Kuliner Malang berikutnya direkomendasikan buat kamu yang menyukai makanan manis dan hangat. Terlebih lagi dengan suasana kota malang yang cukup dingin, ketan sangat cocok untuk kamu nikmati. Kuliner yang satu ini berasal dari beras ketan yang dinikmati bersama dengan parutan kelapa.

Salah satu tempat terkenal untuk menikmati ketan berada di Kota Batu, yaitu Pos Ketan Legenda. Letaknya berada di sekitar alun-alun kota Batu. Tempat ini sudah sangat populer untuk berwisata kuliner di Batu Malang dan sudah ada sejak tahun 1967. Kamu bisa menikmati berbagai macam pilihan menu ketan manis dan varian ketan gurih seperti ketan keju hingga ketan ayam pedas.

  1. Wedang Ronde

wedang ronde
sumber instagram @s_angela23

Satu lagi kuliner Malang yang bisa menghangatkan kamu di tengah dinginnya hawa kota Malang adalah Wedang Ronde. Wedang ronde sebenarnya merupakan minuman tradisional Jawa yang hampir mudah kamu temui di seluruh wilayah Jawa. Minuman ini terbuat dari rebusan air jahe, serai dan juga gula Jawa. Kemudian ditambahkan dengan tepung beras yang berbentuk bola kecil, berisi gula. Bolatan itulah yang disebut ronde.

Di kota Malang sendiri wedang ronde sangat cocok. Kandungan jahenya bisa membuat tubuh menjaga kehangatannya, terlebih lagi penyajiannya adalah wedang hangat. Salah satu tempat yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu menikmati wedang ronde adalah ronde Titoni. Kedai Ronde ini sudah menjadi cukup legendaris dan terkenal bagi masyarakat kota Malang.

Bagaimana, kamu tertarik untuk menikmati kuliner-kuliner Malang di atas? Jika masih penasaran, kamu bisa melihat review kuliner Malang di internet terlebih dahulu. Pastikan menyempatkan waktu untuk menikmati kuliner-kuliner tersebut ketika sedang berada di Kota Malang. Kamu bisa berkeliling kota untuk menemui tempat-tempat yang menjajakan kuliner tersebut atau bisa langsung mengunjungi tempat kuliner Pasar Besar Malan untuk pilihan yang lebih lengkap.

Baca Juga ini Ya !! =>  3 Cara Membuat Donat dan Tips Donat Lembut Anti Gagal
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *