Surganya Makanan Laut, Berikut 10 Kuliner Bangka Belitung yang Sangat Menggugah Selera

kuliner bangka belitung
Sumber: laman boleh.id

KabarApik, KulinerWisata Bangka Belitung terkenal akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, terutama untuk wisata laut dan pantainya. Namun, tahukah kamu bahwa wisata kuliner Bangka Belitung juga menarik untuk dijelajahi lho.

Sebab, ketika berwisata ke sebuah daerah, tentu kamu perlu merasakan makanan khas atau makanan tradisional wilayah setempat. Wisata kuliner saat ini telah menjadi sebuah trend yang cukup populer di kalangan pelancong.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak wisatawan yang pergi ke suatu daerah, tidak hanya datang untuk menikmati pesona alamnya saja. Melainkan juga untuk merasakan kenikmatan kuliner tradisionalnya.

Karena wilayah kepulauannya memiliki banyak pantai dan laut, sudah menjadi sejarah Bangka Belitung jika makanan khasnya didominasi kuliner berbahan dasar seafood. Dilansir dari berbagai sumber, berikut kuliner Bangka Belitung yang bisa kamu cicipi ketika berkunjung ke sana.

  1. Kuliner Bangka Belitung Lempah Kuning

kuliner bangka belitung
Sumber: laman boleh.id

Bagi kamu yang suka makanan laut terutama ikan, lempah kuning merupakan rekomendasi kuliner Bangka Belitung yang bisa kamu coba. 

Masakan lempah di Bangka belitung umumnya adalah masakan berkuah. Dan Lempah Kuning merupakan sajian sup ikan dengan kuah berwarna kuning. Sajian ini sangat kaya rasa karena mengandung banyak bahan rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah, kunyit, lengkuas, juga belacan.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan potongan nanas untuk menjadikannya lebih terasa segar. Yang demikian, masyarakat Bangka Belitung biasa menyebutnya dengan nama Lempah Nanas.

Ada juga sebagian masyarakat yang menambahkan sayuran dan kacang kedelai. Kerap kali ikan yang digunakan adalah ikan kakap merah atau ikan tenggiri dan menghasilkan kuliner yang bercita rasa gurih.

  1. Belacan

kuliner Bangka Belitung
Sumber: laman indonesiakaya.com

Belacan merupakan Kuliner khas Bangka Belitung yang memiliki aroma yang cukup unik. Hal itu dikarenakan kuliner yang satu ini terbuat dari fermentasi hasil laut.

Belacan biasanya digunakan sebagai penyedap rasa atau bumbu tambahan berbagai makanan masyarakat di Bangka Belitung, salah satunya adalah sambal. Kamu bisa menikmatinya sebagai pendamping makanan utamamu.

Baca Juga ini Ya !! =>  Lengkapi Perjalanan Wisatamu dengan Kuliner Jogja yang Nikmat

Sekilas Belacan ini terlihat mirip dengan Terasi, yang membedakannya adalah terasi terbuat dari udang rebon segar, yang difermentasi, kemudian dikemas.

  1. Kuliner Bangka Belitung Lakso

kuliner bangka belitung
Sumber: laman cookpad.com

Makanan khas Bangka Belitung yang satu ini cocok buat kamu yang menyukai mie. Namun berbeda dengan kebanyakan mie yang bahan dasarnya menggunakan terigu, Lakso terbuat dari tepung beras yang bercampur dengan tepung sagu.

Bahan dasar itu menjadikan warna mie lakso menjadi putih, seperti Pantiaw. Kemudian perpaduan sejumlah rempah seperti ketumbar, bawang merah, kemiri, dan kunyit membuat rasa dan aromanya semakin kaya.

Lakso biasanya disajikan bersama dengan kuah ikan dan santan kuning untuk membuat rasanya menjadi gurih.

Menurut cerita masyarakat setempat, masakan Lakso pertama kali tercipta oleh warga Melayu di Pulau Bangka sebagai camilan. Kemudian makanan ini dikembangkan oleh warga keturunan Tiongkok dan menjadi makanan berat seperti sekarang.

  1. Pantiaw

Pantiaw
Sumber: lama orami.co.id

Pantiaw merupakan mie kwetiau khas Bangka Belitung yang  bentuk mienya lebar dan pipih. Pantiaw memiliki warnanya seputih susu dan dengan tekstur yang kenyal.

Untuk penyajiannya, biasanya Pantiaw menggunakan toping bumbu yang terbuat ikan giling, kemudian menambahkannya dengan rebusan kuah bakwan. Sebagian masyarakat ada yang menikmatinya tanpa kuah, melainkan bersama bumbu ikan giling, taburan bawang goreng, dan seledri.

Berbeda dengan kwetiau, kuliner Bangka Belitung satu ini terbuat dari bahan dasar tepung beras atau tepung gandum sehingga Pantiaw memiliki warna putih.

  1. Siput Gonggong

siput gonggong
Sumber: laman orami.co.id

Saat berwisata ke provinsi Bangka Belitung, kamu wajib mencicipi kuliner unik yang satu ini, namanya adalah Siput Gonggong. Kuliner khas Bangka Belitung ini cukup mudah kamu temui karena banyak warung atau tempat makan yang menjajakannya.

Sesuai dengan namanya, sajian khas Bangka Belitung ini adalah kuliner yang terbuat dari olahan siput yang direbus atau digoreng kemudian disajikan bersama sambal. Namun, berbeda dengan kebanyakan olahan makanan siput, bahan dasar kudapan ini bukan dari siput yang hidup di darat, melainkan Siput Gonggong yang termasuk hewan laut.

Baca Juga ini Ya !! =>  5 Rekomendasi Kuliner Lampung Buat Kamu Pemburu Kuliner Lezat

Cara mengkonsumsi siput gonggong cukup mudah, kamu bisa mengeluarkan isi siput dari cangkangnya menggunakan tusuk gigi. Kemudian cocol pada kuah sambal yang sudah tersedia.

  1. Kuliner Bangka Belitung Sup Gangan

sup gangan
Sumber: laman indonesiakaya.com

Buat kamu yang main ke Bangka Belitung dan mencari makanan laut yang berkuah, Sup gangan bisa menjadi pilihan sempurna. Makanan khas Bangka Belitung ini adalah kuliner berkuah yang terbuat dari olahan ikan.

Yap, bahan utama dari Sup Gangan yakni ikan tenggiri segar, yang pengolahannya berpadu dengan rempah cabai, lengkuas, bawang dan kunyit. Selain rasanya gurih, sup gangan juga memiliki sensasi rasa pedas yang menggoyang lidah.

Meski umumnya menggunakan olahan bahan dasar dari kan, Sup Gangan juga bisa kamu olah dengan menggunakan daging sapi, yang oleh masyarakat setempat menyebutnya dengan nama Gangan Darat.

  1. Mie Bangka

kuliner bangka belitung
Sumber: laman klipingqu.com

Bagi para pecinta Mie, satu lagi makanan khas Bangka Belitung yang bisa menjadi pilihan wisata kulinermu adalah Mie Bangka. Bahkan, makanan ini adalah salah satu makanan Bangka Belitung yang cukup banyak digemari.

Mie Bangka secara umum mirip dengan Bakmi. Biasanya kudapan ini penyajiannya menggunakan kuah kaldu yang terbuat dari tulang kemudian ada juga topping daging sapi, daging ayam, serta makanan laut.

  1. Mie Koba

mie koba
Sumber: laman cookpad.com

Satu lagi bakmi atau sajian mie khas Bangka Belitung adalah Mie Koba. Mie Koba secara umum penyajiannya adalah dengan kuah kaldu yang terbuat dari olahan ikan tenggiri.

Ikan tenggiri yang digunakan untuk bahan kaldu sebelumnya direbus kemudian digiling. Selanjutnya tumis bahan tersebut dan merebusnya lagi bersama dengan bumbu rempah rempah seperti pala, ketumbar, cengkeh, dan gula aren serta kayu manis.

Untuk menambahkan citarasa pada mie koba yang hendak kamu santap, kamu bisa menambahkan perasan air jeruk kunci, yang mirip dengan jeruk nipis.

  1. Berego

berego
Sumber: laman budaya-indonesia.com

Kuliner Bangka Belitung yang satu ini cocok buat kamu yang mencari lontong opor namun dengan cita rasa berbeda. Mengapa disebut berbeda? sebab lontong dari Berego ini berbeda dengan lontong pada umumnya yang terbuat dari beras.

Baca Juga ini Ya !! =>  Unik dan Nikmat, ini Rekomendasi Kuliner Medan yang Wajib Kamu Coba

Berego terbuat dari bahan dasar menggunakan campuran tepung beras dan sagu. Masyarakat di Bangka Belitung biasanya menyantap berego bersama kuah kari ikan dan juga bersama dengan makanan khas Bangka Belitung lain seperti Gangan, Lakso, dan lainnya.

  1. Sirup Jeruk Kunci

sirup jeruk
Sumber: laman omiyago.com

Sebagai penutup, KabarApik mau merekomendasikan kuliner minuman khas Bangka Belitung, yakni sirup jeruk kunci. Jeruk Kunci sendiri merupakan salah satu buah khas Bangka Belitung.

Buah ini memiliki sejumlah khasiat karena kandungan vitamin C yang melimpah. Kandungan tersebut bahkan diketahui lebih banyak dibanding jenis jeruk lainnya.

Masyarakat Bangka Belitung seringkali menjadikan Jeruk Kunci menjadi olahan sirup. Selain bisa kamu nikmati langsung di sana, kamu juga bisa menjadikan sirup jeruk kunci ini sebagai buah tangan atau oleh-oleh khas Bangka Belitung.

Karena khasiatnya, bahkan masyarakat setempat sering menjadikan Jeruk kunci sebagai campuran obat pilek, obat batuk hingga obat masuk angin untuk anak-anak. Caranya, kamu bisa merebusnya bersama dengan kayu putih, kemudian mengoleskannya ke punggung dan dada anak.

Itulah rekomendasi 10 kuliner khas Bangka Belitung yang bisa kamu coba ketika berwisata ke sana. Selain mengeksplor wisata kulinernya, kamu juga bisa menyaksikan tarian khas Bangka Belitung atau upacara adat Bangka Belitung jika datang di waktu yang tepat.

Atau salah satu aktivitas favorit wisatawan adalah, dengan memakai atau menyewa pakaian adat Bangka Belitung untuk melengkapi nuansa foto saat dokumentasi.