10 Tempat Wisata di Jogja yang Bikin Kamu Pengen Balik Lagi

  • Bagikan
tempat wisata di Jogja

Nggak sabar pengen ke tempat wisata di Jogja lagi? Memang, selalu ada sesuatu di Jogja yang bikin kamu kangen. Suasananya, makanannya, tempat wisatanya. Semuanya.

Mengingat Indonesia sedang dalam situasi pandemi covid-19, pariwisata dalam negeri memang termasuk yang paling terdampak. Sudah berbulan-bulan kita terpaksa menunda liburan karena harus terus saling jaga. Di penghujung tahun ini, pariwisata kita mulai bangkit nih guys. Yah, meskipun masih jalan pelan-pelan. tempat wisata di jogja yang sudah dibuka kembali pun tetap mematuhi protokol kesehatan. Beberapa masih membatasi jumlah pengunjung, seperti Candi Prambanan. Nah, kalau kamu udah siap-siap mau menyusun rencana liburan ke Jogja, berikut beberapa tempat wisata yang bisa masuk ke daftar must-visit kamu.

1. Nikmati Keindahan Surgawi di Goa Jomblang

Sumber Gambar: IG Airy Indonesia

Panorama menakjubkan yang pamornya sudah sampai ke luar negeri. Goa Jomblang sering menjadi target tujuan wisata baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Untuk melindungi keindahannya, pengelola Goa Jomblang memberlakukan beberapa peraturan. Termasuk membatasi jumlah cavers atau penjelajah goa yang ingin menyusuri gua vertikal ini setiap harinya. Kalau kamu tertarik mencobanya, pastikan untuk sampai di pos pendaftaran pagi-pagi sekali ya. Biar nggak kehabisan kuota.

2. Menyatu dengan Aneka Bunga di Romantic Garden Bantul

Sumber Gambar: IG septiani.ecky

Pengen manjain mata kamu dengan memandangi indahnya bunga-bunga aneka warna? Mau hunting stock foto buat Instagram feed kamu? Ke sini aja! Dijamin, kamu pasti melongo melihat keindahan taman bunga ini. Untuk menikmati kebun bunga dan segala keindahannya ini, kamu cukup bayar 8 ribu perak lho! Udah sama biaya parkir, toilet dan sewa topi pula! Tempat wisata Jogja murah meriah ini nggak bikin dompet kamu nangis kan~

Jangan lupa siapin kostum terbaikmu dan datang lebih pagi sebelum ramai ya. Biar foto-foto kamu nggak bocor.

3. Pacu Adrenalin dengan Naik Kereta Gantung di Pantai Timang

Ngaku pemberani? Cek dulu di Pantai Timang; cobain kereta gantungnya yang menyeberangi lautan berombak ganas di bawah! Pastinya bakal bikin adrenalin terpacu banget. Lebih mantap lagi karena ‘gondola’ ini terbuat dari kayu, dan meluncur dengan bantuan tali-tali tambang biasa! Nelayan lokal juga memakai kereta gantung Pantai Timang ini untuk menyeberang ke Pulau Watu Panjang untuk memanen lobster. Jadi, jangan lewatkan momen menikmati lobster hasil tangkapan nelayan ya. Abis uji nyali, cocok banget makan lobster segar. Yum!

Baca Juga ini Ya !! =>  9 Tempat Wisata di Blitar untuk Menikmati Keindahan Alam

4. Eksplor Keindahan Garis Pantai Gunung Kidul

Pantai Watu Lumbung

Bicara tentang tempat wisata di Jogja pantai yang bisa kamu kunjungi seakan nggak ada habisnya. Mulai dari tempat wisata komersial hingga pantai ‘pribadi’ yang nggak banyak orang tahu. Beberapa rekomendasi pantai yang nggak terlalu ramai tapi juga nggak terpencil-terpencil amat antara lain Pantai Ngrawe, Pantai Wedi Ombo, Pantai Drini, Pantai Watu Lumbung, Pantai Jogan, dan masih banyak lagi.

5. Temukan Kyoto di Jogja – Kalinampu Pundong

Sumber Gambar: IG Kalinampu Natural Park

Kamu pasti nggak nyangka kalau tanaman enceng gondok bisa jadi background foto yang instagenic. Apalagi kalau jumlahnya banyak, dengan bunganya yang berwarna putih bermekaran dengan indahnya. Datang aja ke Kalinampu Pundong di Sungai Opak, Jogja. Dengan torii atau gerbang khas Jepang membuat seluruh lokasi berasa Kyoto banget! Untuk menambah suasana Jepangnya, pengelola juga menyewakan yukata serta aksesoris bernuansa Jepang seperti payung dan kipas sebagai properti.

6. Wisata ke Santorini-nya Jogja – Langlang Buana di Agrowisata Bhumi Merapi

Udah ada Kyoto, ada pula Santorini di Jogja. Nggak perlu jauh-jauh ke Yunani; datang aja ke Langlang Buana yang jadi bagian dari Agrowisata Bhumi Merapi. Lokasinya di Jalan Kaliurang no. KM 20, Kec. Pakem, Sleman, DIY. Cukup bayar 25 ribu rupiah, kamu bisa keliling dunia. Spot utamanya nggak cuman bangunan serba putih-biru macam di Santorini. Ada juga spot Renaissance yang penuh dinding bermural, juga Underground Baker Street. Kamu juga bisa sewa kostum ala Eropa buat foto-foto di sini.

7. Time-travelling ke Masa Lalu di Studio Alam Gamplong

Mau tamasya ke masa lalu? Di Jogja, bisa! Studio Alam Gamplong jadi hits setelah menjadi set beberapa film besutan sutradara Hanung Bramantyo. Sultan Agung the Untold Story dan Bumi Manusia, contohnya. Di sini kamu bisa berfoto dengan latar bangunan-bangunan dan kendaraan-kendaraan djadoel. Ada replika Keraton Mataram lengkap dengan desa di sekitarnya. Ada juga Benteng Batavia. Letaknya di Gamplong 1, Dukuh, Sleman. Kalau kamu bawa kamera, akan ada biaya sebesar 10 ribu, meskipun untuk masuk ke lokasi sendiri bayarnya suka-suka. Cuma bayar parkir aja 3 ribu sama kalau mau masuk ke set Bumi Manusia, harga tiketnya 10 ribu juga.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Banyumas Untuk Menikmati Keindahan Alam

8. Hunting Foto sekaligus Belajar Sejarah di Museum Ullen Sentalu

tempat wisata di Jogja

Museum terbaik se-Indonesia ada di Jogja? Yep. National Geographic menobatkan Museum Ullen Sentalu sebagai yang terbaik di Indonesia. Museum yang memajang koleksi pribadi ini nggak cuman menyuguhkan wisata sejarah aja. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat Instagramable di jogja dengan arsitektur dan penataan lokasi yang sangat apik. Tenang, untuk menjelajahi seluruh area museum, pemandu wisata bakal menemani kamu dan memberi penjelasan terkait karya seni yang ada. Di akhir tur, kamu bakal disuguhi segelas Ratu Mas, minuman ramuan tradisional untuk kesehatan dan keantikan.

9. Bersantai sambil Makan-makan di HeHa Sky View

tempat wisata di Jogja

Ada tempat nongkrong di Jogja yang relatif baru nih. Restoran bernama HeHa Sky View di Desa Patuk, Gunung Kidul ini baru mulai beroperasi sejak September tahun lalu. Sesuai namanya, restoran ini menawarkan keindahan bukit dengan pemandangan langit yang luar biasa. Apalagi matahari terbenam dan taburan bintangnya di malam hari, super cantik! Suasananya benar-benar bikin kamu betah nongkrong bareng temen-temen, keluarga, atau kekasih hati.

Selain HeHa Sky View, Jogja punya banyak sekali tempat nongkrong yang semuanya unik-unik. Saking banyaknya kamu nggak bisa datangi semuanya sekaligus dalam sekali liburan. Makanya, kamu jadi pengen balik lagi dan lagi ke Jogja. Tempat nongkrong hits di Jogja yang recommended buat kamu sambangi termasuk The House of Raminten, Bong Kopitown, Abhayagiri, Titik Nol Kilometer, Alkid, Bukit Bintang, dan masih banyak lagi. Cobain juga jajan malam-malam ke angkringan ya, mumpung di Jogja.

10. Wajib Mampir Kalau ke Jogja: Malioboro dan Pasar Beringharjo

tempat wisata di Jogja

Kan, liburan kamu di Kota Pelajar kurang afdol tanpa wisata kuliner Jogja. Apalagi tanpa menyambangi Malioboro, pusatnya wisata Kota Jogja. Rasanya kayak makan enak tapi nggak minum. Seret bund! Di Malioboro kamu nggak cuman bisa menikmati belanja oleh-oleh khas Jogja yang murah meriah. Malam hari Jalan Malioboro begitu meriah dengan hiburan musik angklung jalanan. Plus, beragam jajanan dan makanan khas Jogja bisa kamu temui di sini. Jangan lupa juga belanja batik di Pasar Beringharjo ya!

Baca Juga ini Ya !! =>  Mojosemi Forest Park, Tempat Wisata di Magetan yang Ramah Keluarga

Sepuluh rasanya terlalu sedikit buat mengulas semua tempat epic di Jogja buat kamu sambangin. Masih banyak lagi tempat-tempat wisata di Jogja yang semuanya bikin kamu kangen Jogja. Nah, kalau kamu mau liburan ke Jogja, ada baiknya bikin itinerary atau jadwal perjalanan wisata dulu, biar liburan kamu lebih tertata. Apalagi kalau domisili kamu cukup jauh dari kota ini. Susun itinerary Jogja berdasarkan areanya ya. Cari tempat-tempat yang jaraknya dekat untuk kamu datangi di hari yang sama; biar nggak kelamaan di jalan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *