Lawan Covid-19! Begini Cara Memperkuat Imun Tubuh Agar Tidak Gampang Sakit

  • Bagikan
cara memperkuat imun tubuh

Di masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara memperkuat imun tubuh. Hal ini karena turunnya atau melemahnya sistem imun tubuh merupakan salah satu faktor yang meningkatkan resiko terkena virus corona ini. 

Banyak yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas, salah satunya dengan minum aneka jus untuk memperkuat imun tubuh. Sebelum membahas lebih jauh tips memperkuat imun tubuh, kita pahami dulu yuk, apa itu imun tubuh. Imun tubuh adalah daya tahan tubuh, yang bekerja dalam suatu sistem mekanisme pertahanan yang kompleks melawan ‘serangan’ dari luar. Bisa dari virus, bakteri, infeksi, hingga parasit. Sistem imun juga lebih dikenal dengan sistem kekebalan tubuh.

Menjaga pola hidup sehat adalah kunci untuk menjaga imun tubuh tetap kuat. Meski mengkonsumsi suplemen dapat membantu, banyak juga kok cara memperkuat imun tubuh secara alami. Berikut diantaranya:

1. Berjemur

Sejak pandemi covid-19 mulai merebak di Indonesia awal tahun ini, publik mulai menyoroti aktivitas berjemur dan sempai menuai pro kontra. Apakah sebenarnya berjemur baik bagi tubuh? Nyatanya iya. Menurut ahli, berjemur dapat membantu menjaga atau meningkatkan daya tahan tubuh jika dilakukan dengan benar. Berjemur berkaitan dengan produksi dan penyerapan vitamin D yang bagus untuk kekebalan tubuh. 

Idealnya, berjemur hanya 10-15 menit saja setiap kali dilakukan, dan cukup 2 atau 3 kali saja dalam seminggu. Sedangkan waktu yang baik untuk berjemur sendiri tergantung dengan lokasi kamu, biasanya di pagi hari antara jam 8-9. Jangan lupa tetap pakai sun-block atau tabir surya ya! Dan, jangan terlalu pagi atau terlalu siang, apalagi terlalu sore. Ini karena sinar matahari paling buruk bagi tubuh saat siang menuju sore hari.

2. Olahraga teratur

Semua orang setuju bahwa olahraga banyak memberi manfaat untuk tubuh kita. Mau ada pandemi atau tidak, kita perlu berolahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Usahakan untu berolahraga secara rutin setiap hari selama 30 menit. Dengan melakukan ini, kadar leukosit dalam sel darah akan meningkat. Hal ini lah yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Selain imun tubuh meningkat, olahraga juga bisa membantu membasmi bakteri yang masuk dalam tubuh dan meningkatkan respon antibodi dalam tubuh kita. Alhasil, kita jadi nggak gampang sakit deh.

Untuk waktu dan jenis olahraga,kamu bisa memilih sendiri sesuai preferensi dan kebutuhan kamu. Tak hanya nge-gym, senam, atau melakukan olahraga yang berat seperti HIIT atau High-Intensity Interval Taining. Kamu juga bisa memilih olahraga lain seperti yoga, pilates, atau sepedaan (yang sekarang juga masih booming). Atau, bisa juga hiking atau jalan-jalan santai di alam, sambil menikmati pemandangan dan menghirup udara segar. Yang penting, lakukan dengan sungguh-sungguh dan rutinkan ya.

3. Istirahat yang cukup

Badan yang lelah dan letih juga bisa memicu turunnya imun tubuh. Maka dari itu, penting bagi tubuh untuk tetap mendapatkan istirahat yang cukup untuk kembali aktif bekerja. Umumnya, orang dewasa perlu tidur kurang lebih 5 sampai 7 jam setiap hari, sedangkan anak-anak butuh waktu tidur lebih lama, yaitu sekitar 8 hingga 10 jam. Tapi, bukan tidur sembarang tidur. Pastikan untuk mendapat tidur yang berkualitas setiap malamnya, sehingga di pagi hari kamu bisa bangun dengan kondisi badan lebih segar. Caranya bisa dengan tidak menatap layar ponsel, laptop, computer, dan lain-lain mulai satu jam sebelum waktu tidur. Jauhkan ponsel kamu dari ranjang (atau non-aktifkan sekalian), rapikan kamar terurama ranjang kamu, matikan lampu dan tidur dalam kondisi kamar yang gelap di jam yang sama setiap malam.

Bagaimana kalau kita mengalami susah tidur? Biasanya, kita akan lebih cepat tidur jika rileks. Jadi, bebaskan pikiran kamu dari hal-hal yang mengganggu. Bisa dengan bantuan meditasi. Nah, untuk membantu tubuh lebih rileks, kamu bisa mandi air hangat dan/atau minum segelas susu hangat sebelum tidur.

4. Berpikir positif

Banyak sekali manfaat berpikir positif bagi kesehatan mental dan fisik kita. Salah satunya adalah, berpikir positif bisa membantu kita lebih baik dalam mengelola stres atau tekanan dalam pikiran. Para ahli sepakat bahwa pengelolaan stres yang baik akan menjaga sistem imun kita untuk bekerja dengan baik. Jika sering stres atau tertekan, produksi hormon kortisol dalam tubuh kita akan mengalami peningkatan, dan inilah yang mengganggu sistem imun dan menurunkan kekebalan tubuh kita. Selain itu, ketika kita tertekan, stres, depresi, atau apapun namanya, kita cenderung ingin atau akan melakukan hal-hal yang tidak baik untuk tubuh. Misalnya, merokok, minum minuman beralkohol, makan junk food, makanan berlemak, atau yang manis-manis, dan begadang.

Dengan berpikir positif, kita akan mengeluarkan energi yang baik pula, dan otak kita akan penuh dengan pikiran-pikiran yang baik. Hasilnya, kita jadi tidak mudah stres dan jadi lebih tenang dalam menghadapi masalah kehidupan. Dijamin, kalau pikiran sehat, badan pun ikut sehat.

5. Cukupi asupan nutrisi untuk tubuh

Kita juga harus menjaga pola makan untuk menjaga dan memperkuat imun tubuh. Konsumsi makanan dan minuman sehat dengan gizi seimbang yang akan mencukupi asupan nutrisi harian yang tubuh kita perlukan. Tentu, disarankan untuk memperbanyak makan buah dan sayur yang mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Serta antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas. 

Kita bisa mengonsumsi banyak jenis buah untuk memperkuat imun tubuh. Contohnya jambu biji, kiwi, jeruk dan lemon, apel, leci, anggur, dan masih banyak lagi. Buah-buahan tersebut kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Tapi, tak hanya itu saja. Buah-buahan juga memiliki ragam khasiat lain untuk kesehatan. Jambu biji misalnya, mengandung vitamin C dan A, antiosidan, dan kalium. Serta kandungan nutrisi lain dalam kadar yang lebih sedikit seperti zat besi serat, magnesium, protein, dan folat. Bagus untuk menurunkan kolesterol, mengontrol tekanan darah, menjaga kesehatan mata dan pencernaan, hingga mencegah penyakit gula dan demam berdarah.

Selain buah-buahan, konsumsi sayur juga penting untuk menjaga sistem imun tetap kuat. Variasikan makanan yang kamu konsumsi, yang berisi sayuran hijau, wortel, brokoli, biji-bijian, kacang-kacangan, bawang putih dan lain-lain. Tapi, perhatikan cara pengolahan sayur-sayuran ini ya, agar kandungannya tetap ada dan bisa terserap dengan baik oleh tubuh. Dan jangan lupa penuhi juga kebutuhan nutrisi lainnya seperti protein nabati dan hewani, serta lemak baik yang bisa kamu dapatkan dari buah alpukat, minyak zaitun, atau ikan salmon.

5 cara meningkatkan kekebalan tubuh di atas adalah yang utama dan paling dasar yang bisa kita lakukan untuk menjaga imunitas. Sangat penting untuk memiliki sistem imun tubuh yang kuat untuk menjaga tubuh tetap sehat dalam kondisi pandemi seperi sekarang. Tetap patuhi protokol kesehatan: jaga jarak, cuci tangan pakai air mengalir dan sabun atau hand sanitizer, dan, pakai maskernya ya!

Penulis : Yunita

Baca Juga ini Ya !! =>  Ini Manfaat Madu & 3 Jenis Madu Terlangka di Dunia

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *