Wisata  

Tempat Wisata di Grobogan, Air Terjun Widuri dan Legenda 7 Bidadari

tempat wisata di grobogan, air terjun widuri
Sumber Instagram @ahmad.landscapes

Tempat terbaik untuk menghabiskan waktu akhir pekan adalah dengan mengunjungi tempat-tempat yang tenang, sejuk sekaligus menyegarkan. Biasanya, sebagian besar orang akan pergi ke taman atau berlibur ke pantai untuk melepaskan penat sambil menikmati udara segar dan pemandangan yang syahdu. Namun sebenarnya ada banyak lokasi yang sejuk dan menyegarkan dan bisa menjadi tempatmu melepas penat. Misalnya saja mengunjungi wisata perbukitan, danau, hingga air terjun. Sebab objek-objek wisata tersebut memiliki pemandangan alam dan juga suasana yang menyegarkan untuk pikiranmu. Nah jika kamu bingung mencari tempat yang santai untuk liburan akhir pekanmu, kami akan merekomendasikan salah satu tempat wisata di Grobogan yang sejuk, yaitu Air Terjun Widuri.

Kabupaten Grobogan mungkin tidak terlalu populer di kalangan pecinta wisata. Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah ini mungkin kalah tenar dibanding dengan kota Semarang, Kudus, Solo, bahkan Yogyakarta. Namun kamu harus tahu bahwa Grobogan juga memiliki berbagai jenis objek wisata menarik yang bisa kamu nikmati. Misalnya Sendang Keongan, Bukit Pandang Jati Pohon, Desa wisata Banjarejo, dan Air Terjun Widuri yang akan kita bahan nantinya.

Jadi, Kabupaten Grobogan juga memiliki keindahan alam yang syahdu dan tidak kalah dengan kabupaten-kabupaten di Jawa Tengah yang lainnya. Nah buat kamu yang sudah penasaran, berikut sedikit informasi mengenai objek wisata Air Terjun Widuri Kabupaten Grobogan.

Air Terjun Widuri

tempat wisata di grobogan, air terjun widuri
Sumber Instagram @ahmad.landscapes

Lokasi objek wisata ini terletak di Desa Kemadohbatur, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Air Terjun ini menjadi salah satu tempat wisata di Grobogan yang kerap dikunjungi warga lokal hingga luar daerah ketika musim liburan atau akhir pekan.

Banyak masyarakat Grobogan yang memilih untuk menghabiskan waktu akhir pekannya di wisata air terjun ini karena tidak terlalu sulit untuk bisa mencapai lokasinya. Sebab akses jalan menuju ke wisata air terjun ini sudah sangat bagus dan bisa dilalui berbagai jenis kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor.

Baca Juga ini Ya !! =>  Museum Mpu Tantular, Tempat Wisata di Sidoarjo Sambil Belajar Sejarah

Pemandangan di sekitar kawasan wisata air terjun Widuri ini sangat indah dan menyejukkan mata, bahkan sejak dalam perjalanan. Begitu dekat dan memasuki desa Kemadohbatur kamu akan langsung dimanjakan dengan pemandangan alam yang membentang sepanjang perjalanan. Jejeran pepohonan hijau yang asri akan menemanimu sampai di lokasi. Untuk bisa mencapai lokasi wisata juga kamu tidak akan kebingungan karena ada banyak papan petunjuk yang akan membantumu.

Setelah memasuki area wisata, dari lokasi parkir kendaraan kamu perlu berjalan kaki untuk bisa sampai di spot air terjunnya. Tapi tidak perlu khawatir karena jalurnya sangat nyaman dan mudah untuk kamu lewati. Jalannya cukup lebar sehingga bisa kamu lewati dengan aman.

Objek wisata Keluarga

tempat wisata di Grobogan, air tejun widuri
sumber Instagram @grobogan_kekinian

Air terjun Widuri ini selain memiliki pemandangan alam yang syahdu juga memiliki suasana yang tenang dan sejuk. Sehingga lokasi wisata ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin melepaskan penat. Rehat dari kesibukan pekerjaan, terlebih lokasinya yang jauh dari kota membuat kamu bisa menjauh sejenak dari kebisingan suasana perkotaan

Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini datang beramai-ramai. Ada yang datang bersama para sahabat atau rekan kerja, ada pula yang datang bersama dengan keluarga. Wisata alam air terjun Widuri ini memang pas sebagai tempat liburan keluarga. Hawanya sejuk sehingga nyaman untuk tempat berkumpul dan beristirahat bersama keluarga.

Jika kamu hendak datang bersama keluarga dan membawa anak-anak, pastikan untuk terus mengontrol aktivitas mereka. Jangan biarkan mereka bermain sendiri di luar pengawasan, terutama ketika mereka hendak bermain air. Mereka juga bisa menikmati wahana ayunan yang disediakan oleh pengelola lokasi wisata setempat.

Di tempat wisata di Grobogan ini kamu bisa menikmati kesegaran air terjun dan keindahan pemandangannya sambil beristirahat santai. Tersedia beberapa tempat duduk santai dan gazebo yang bisa kamu dan keluarga manfaatkan untuk rehat sejenak.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Karanganyar dengan Pemandangan Alam Memesona

Pesona Air Terjun Widuri

tempat wisata di grobodan, air terjun widuri
sumber instagram @revinnapurnama

Saat akhir pekan dan musim liburan tiba, Air Terjun Widuri selalu dikunjungi oleh banyak wisatawan. Pesona alam dan hawanya yang sejuk menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang datang. Air Terjun Widuri ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Aliran airnya yang tidak begitu deras membuat tempat wisata ini cukup aman, bahkan untukĀ  anak-anak. Namun untuk aktivitas bermain anak-anak tetap harus di bawah pengawasan orang dewasa.

Selain air terjunnya yang menjadi daya tarik utama, pesona alam di sekitarnya juga tidak kalah syahdu. Kawasan ini dikelilingi oleh pemandangan hijau pepohonan yang menyejukkan. Objek wisata ini dikelilingi oleh tebing batu yang kokoh dan memiliki kolam yang ukurannya cukup besar. Kamu bisa bermain air di kolam ini karena bagian pinggir kolam tidak dalam. Jikan hendak bermain air, pastikan untuk menyediakan pakaian ganti terlebih dahulu ketika datang ke wisata ini. Jangan pula melupakan untuk membawa alat dokumentasi seperti kamera atau ponsel.

Sebab di kawasan ini terdapat banyak spot foto dengan latar pemandangan alam yang eksotis. Apa lagi kamu yang datang berkunjung bersama dengan sahabat maupun keluarga, sangat pas untuk mengabadikan momen kebersamaan kalian di sini. Terdapat spot-spot foto kece yang bisa kamu manfaatkan. seperti misalnya sebuah jembatan kayu yang menjadi lokasi favorit bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen serunya.

Mitos di Air Terjun Widuri

Meskipun tidak semua, tetapi sebagian dari tempat-tempat wisata memiliki cerita atau mitos di balik kehadiran atau penamaan tempat wisatanya. Biasanya mitos tersebut justru menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung. Disamping ingin menikmati keindahan objek wisatanya, sebagian dari mereka penasaran dengan mitos atau legenda yang beredar. Tidak terkecuali dengan tempat wisata di Grobogan ini. Objek wisata air terjun Widuri juga memiliki legenda.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Denpasar Bali yang Terkenal dan Instagramable

Ada mitos atau legenda unik yang berada di balik tempat wisata air terjun Widuri ini. Nama Widuri sendiri berasal dari kata Widodaren yang berarti Bidadari. Penamaan tersebut datang dari mitos yang berkembang di daerah setempat bahwa air terjun Widuri ini merupakan lokasi pemandian bidadari.

Mungkin kamu pernah mendengar dongeng tentang Jaka Tarub dan tujuh bidadari. Dikisahkan bahwa ada tujuh bidadari yang datang dari kayangan dan mandi di aior terjun ini. Kemudian Jaka Tarub mencuri salah satu selendang milik bidadari yang bernama Dewi Nawangwulan. Nah, legenda itulah yang ada di masyarakat setempat mengenai objek wisata air terjun Widuri ini.

Nah, demikian beberapa informasi singkat mengenai tempat wisata di Grobogan, yaitu air terjun Widuri. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan bagi kamu yang berniat mengunjungi objek wisata air terjun ini. Jangan lupa pastikan untuk memperhatikan cuaca sebelum berangkat. Siapkan pula pakaian ganti jika kamu ingin bermain air, dan tentunya jangan sampai melupakan kamera atau ponsel untuk mendokumentasikan keseruan liburan kamu.