Wisata  

Tempat Wisata di Banyumas Untuk Menikmati Keindahan Alam

tempat wisata di Banyumas
Sumber: Instagram @curugnangga_petahunan

Pernah kepikiran kalau jajaran tempat wisata di Banyumas juga memamerkan keindahan alam yang spektakuler? Temukan buktinya di artikel kali ini! Tak cukup hanya lihat di foto, kamu pelu datang menyaksikan betapa menakjubkan alam Banyumas dengan mata kepala sendiri.

1. Sendang Bidadari

Sumber: Instagram @instapurwokerto

Sebuah nama yang menakjubkan, berarti kolam Bidadari. Apakah tempat ini dulunya adalah tempat mandi para bidadari Surga? Siapa tahu. Yang jelas, Sendang Bidadari memang punya keindahan surgawi yang membuatmu bertanya-tanya, “Benarkah tempat ini ada di Bumi?”

Sendang Bidadari bisa dibilang adalah salah satu tempat ‘main air’ yang eksklusif di Banyumas. Berlokasi di Dusun II, Karangsalam, Baturraden, untuk menuju lokasi kamu perlu hiking dulu selama kurang lebih 45 menit. Trek-nya lumayan licin kalau basah, jadi hati-hati ya! Akses masuk ke Sendang Bidadari berupa sebuah gua. Di dalamnya, ada air terjun kecil yang mengisi kolam berair jernih di bawahnya. Itulah Sendang Bidadari.

2. Curug Nangga

tempat wisata di Banyumas
Sumber: Instagram @curugnangga_petahunan

Wisata air terjun cukup banyak bisa kamu temui di Banyumas. Beberapa tempat wisata di Banyumas berupa air terjun dengan ciri khas dan keunikan lansekap masing-masing. Termasuk Curug Nangga, yang berundak seperti anak tangga. Lagi-lagi, perlu usaha untuk mencapai lokasinya di Petahunan, Ajibarang ini. Sebuah perjuangan yang diperlukan, karena keindahan Curug Nangga memang tiada duanya. Air terjun ini ada di ketinggian mulai 1.200 mdpl. Jadi, sudah pasti kamu bisa merasakan hawa sejuk yang akan segera menyegarkan diri kamu dari kelelahan. Keindahan Curug Nangga sudah bisa terlihat dari kejauhan, dimana kamu akan melihat air yang terjun menuruni tangga ini. Tapi, tentunya kamu nggak akan melewatkan kesempatan untuk melihat lebih dekat dan merasakan segarnya air Curug Nangga secara langsung dong?

3. Curug Lima

tempat wisata di banyumas
Sumber: Instagram @amend_raditya

Sudah bisa menebak pemandangan air terjun ini dari namanya? Betul. Curug Lima di Dusun II, Baseh, Kedungbanteng memang punya 5 air terjun mini. Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, tapi pesonanya jangan ditanya. Air mengalir deras menuju kolam yang cukup lebar. Airnya tentu saja jernih dan segar. Cocok untuk mendinginkan badan. Seperti dua tempat wisata sebelumnya, kamu juga perlu berjalan kaki sedikit jauh terlebih dahulu. Trek-nya cukup menantang, cocok buat kamu-kamu yang gemar berakivitas di luar ruangan. Sesampainya di Curug Lima, celupkan kaki yang lelah ke dalam air. Dijamin langsung nyes!!

Baca Juga ini Ya !! =>  Berikut 7 Tempat Wisata di Wonogiri Spesial Untuk Kamu Para Traveler

4. Curug Telu

tempat wisata di banyumas
Sumber: Instagram @amend_raditya

Kalau kamu bisa bahasa Jawa, kamu pasti tahu kalau lagi-lagi, nama tempat wisata ini menggambarkan pemandangan di sana. Telu dalam bahasa Jawa berarti tiga. Nah, kan, langsung paham. Seperti halnya Curug Lima yang air terjunnya ada lima. Di Curug Telu, air terjunnya ada tiga biji. Tapi air terjun utamanya sih ada satu yang besar. Sementara dia lainnya adalah air yang mengalir pada dinding tebing. Pancuran can cucuran airnya pun cukup tinggi, jadi menambah keindahan air terjun Curug Telu. Di atas sana adalah tebing batu dengan pahatan alami yang eksotis. Oh ya, lokasi Curug Telu ada di Karangsalam, Baturraden. Familiar? Iya, benar. Curug Telu ada di lokasi yang sama dengan tempat wisata Sendang Bidadari.

5. Telaga Kumpe

Sumber: Instagram @banudawial

Wisata air terjun di Banyumas masih ada banyak lainnya, tapi mari kita berpindah dari air terjun yang menderu ke telaga yang lebih tenang. Telaga Kumpe di Dusun III, Pesawahan, Gununglurah, Cilongok ini masih belum tersentuh peradaban. Menjadikannya obyek wisata yang masih cukup ‘perawan’. Daya tariknya ada pada air telaganya yang masih murni, ditemani perbukitan hijau di sekitarnya. Ketenangannya membawa pesona tersendiri bagi Telaga Kumpe. Tentunya lebih afdol kalau kamu menyempatkan diri naik perahu untuk berkeliling telaga. Dan pastinya, jangan lupa ambil foto! Oh ya, kamu juga bisa berkemah di dekat telaga lho! Wah, pasti jadi pengalaman seru nih!

6. Hutan Pinus Limpakuwus

tempat wisata di banyumas
Sumber: Instagram @amend_raditya

Puas main air, sekarang saatnya menjelajahi hutan! Kalau di Jogja ada Pinus Pengger dan teman-temannya, di Banyumas ada Hutan Pinus Limpakuwus. Bedanya, hutan pinus di Banyumas ini masih sangat alami. Belum banyak tersentuh manusia. Lebih asri dan pastinya udara di sini sejuk dan segar, beda banget sama udara perkotaan. Sangat cocok buat kalian yang ingin sejenak melupakan kehidupan kota yang penat dan padat. Mana tahu, kamu mungkin jadi nggak pengen cepat-cepat balik dan malah berakhir dengan mendirikan tenda dan bermalam di sini. Kalau belum puas juga menikmati keindahan alam di Hutan Pinus Limpakuwus, kamu bisa melipir ke Telaga Sunyi yang ada di area yang sama, yaitu di Limpakuwus, Sumbang, Banyumas. Di dekat situ juga ada obyek wisata lain, yaitu Baturraden Adventure Forest.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat wisata di Kudus, Menikmati Pesona Alam Hingga Wisata Religi

7. Bukit Agaran

Sumber: Instagram @biilliiaa

Selain air terjun, tempat wisata di Banyumas didominasi juga oleh area perbukitan. Banyak ‘negeri di atas awan’ di kota ini, termasuk Bukit Agaran yang punya banyak spot selfie berlatar pemandangan alam di bawahnya yang sangat Instajenik. Seperti halnya tempat wisata perbukitan, kalau kabut sedang turun saat kamu berkunjung kemari, kamu akan merasa seperti sedang ada di kahyangan. Tentu kabut tak jadi satu-satunya daya tarik Bukit Agaran. Waktu terbaik untuk berkunjung ke bukit di Dusun III, Melung, Kedung Banteng ini adalah setiap waktu. Mau pas matahari terbit, atau matahari terbenam, siang hari, atau malam hari yang berhiaskan lampu perkotaan di bawah sana. Semua indah!

8. Bukit Watu Meja

Sumber: Instagram @amend_raditya

Ada lagi wisata area bukit, yaitu Bukit Watu Meja. Bedanya, tempat ini tidak menyuguhkan padamu kawasan perkotaan sebagai pemandangan utamanya. Melainkan, Sungai Serau dan Gunung Slamet. Betapa lukisan alam yang menawan, pastinya membuatmu kagum akan kebesaran Tuhan. Penikmat alam dan pecinta fotografi pasti akan jatuh cinta dengan Bukit Watu Meja di Jalan Raya Patikraja – Kebasen, Tumiyang Kidul, Tumiyang, Kebasen ini.

9. Bukit Tranggulasih

tempat wisata di banyumas
Sumber: Instagram @b.anyumas

Mau dapat pemandangan malam hari yang romantis seperti di Bukit Bintang di Jogja? Kamu bisa ke Bukit Tranggulasih di Windujaya, Kedung Banteng. Berbeda dengan wisata bukit lainnya di atas, kali ini yang lebih ditawarkan justru pemandangan perkotaan. Tepatnya wilayah Kota Purwokerto, yang berbatasan dengan Banyumas. Untuk pengalaman terbaik, coba datang sore hari lalu dirikan tenda di sini. Habiskan malam sambil menikmati keindahan alam dan kelap kelip lampu perkotaan yang seperti bintang di bumi. Lalu, bangun awal untuk menyaksikan terbitnya matahari dari atas bukit. Jangan lupa bawa perbekalan yang cukup, karena belum banyak warung di kawasan ini.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Magelang Untuk Mengisi Liburan Mendatang

10. Caping Park

tempat wisata di banyumas
Sumber: Instagram @amend_raditya

Merupakan salah satu obyek wisata edukatif di Banyumas, Caping Park banyak dikunjungi keluarga. Terutama saat libur sekolah. Lokasinya tak begitu jauh dari perkotaan, tepatnya di Dusun II, Desa Kebumen, Baturraden. Di sini pun banyak selfie spots yang bisa kamu jajal. Termasuk yang wajib kamu coba adalah jembatan kaca dan karpet terbangnya yang unik. Bangunan warna warni di area Caping Park sangat kontras dengan hijaunya alam sekitar. Oh ya, jangan lupa juga abadikan foto bareng warna warni caping.

Itu tadi sepuluh tempat wisata di Banyumas dengan keindahan alamnya yang unik. Gimana? Jadi pengen berangkat kan?