Wisata  

Tempat Wisata di Bandung Ini Selalu Jadi Destinasi Favorit

Kawah Putih

Pertama kali ke Bandung? Kamu wajib kunjungi 15 tempat wisata di Bandung ini! Destinasi wisata favorit para pelancong yang pastinya akan buat liburanmu berkesan. Simak ulasan terkait 15 lokasinya berikut!

Tempat wisata yang akan kita bahas di sini nggak hanya terletak di pusat Kota Bandung aja. Tapi juga di daerah sekitarnya seperti Lembang di Kabupaten Bandung Barat dan Ciwidey di Kabupaten Bandung sebelah selatan.

1. Jalan Braga

Jalan Braga

Merupakan jalan fenomenal yang jadi ikon Kota Bandung. Belum ke Bandung kalau belum menyambangi jalan ini dan foto bareng papan nama jalannya. Di sini banyak gedung-gedung tua dengan arsitektur khas zaman kolonial Belanda buat menyegarkan mata kamu. Juga bertebaran restoran, café, hingga bar buat menyegarkan kerongkongan dan perut kamu.

2. Saung Angklung Mang Udjo

tempat wisata di bandung
Saung Angklung Udjo

Berkunjung ke tempat dengan budaya yang khas, wajib rasanya buat berwisata budaya. Kalau ke Bandung, kamu bisa wisata budaya ke Saung Angklung Mang Udjo. Kamu bisa belajar sejarah pembuatan angklung dan menyaksikan pertunjukan seni di satu lokasi. Ada pelatihan membuat angklung juga loh! Kamu juga bisa beli angklung buat oleh-oleh.

Lokasi: Jalan Padasuka No. 118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung

3. Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda

tempat wisata di bandung
Tahura Ir. H. Djuanda

Mau jalan-jalan di alam nggak perlu harus keluar kota Bandung. Ada kompleks Tahura di area Dago Pakar, Jalan Ir. H. Juanda no.99, Ciburial, Cimenyan, Bandung. Salah satu spot dengan pemandangan luar biasa adalah Tebing Keraton, tempat kamu bisa mengagumi lautan hijau dari ketinggian. Kamu juga bisa melakukan sunrise trekking ke tebing ini untuk mengejar momen matahari terbit.

4. Farm House Lembang

tempat wisata di bandung
Sumber: Instagram @metharani

Tempat instagramable di Bandung Raya ini adalah taman hiburan bergaya Eropa yang ada di Lembang. Banyak spot foto instajenik di sini, termasuk bangunan-bangunan dengan arsitektur bergaya Belanda serta rumah unik lainnya. Kamu juga bisa berkeliling dan berfoto dengan kostum tradisional Belanda yang manis. Oh ya, jangan lupa cicipi juga kesegaran susu sapi yang jadi andalan tempat ini ya!

Baca Juga ini Ya !! =>  Menelusuri Sejarah Kerajaan Islam Pertama Nusantara, Kerajaan Samudra Pasai

Lokasi: Jalan Raya Lembang no. 108, Gudangkahuripan, Lembang, Kab. Bandung Barat.

5. Floating Market (dan Rainbow Garden) Lembang

Kyotoku, Floating Market Lembang

Salah satu tempat wisata di Bandung Lembang yang paling terkenal adalah Floating Market-nya, yaitu pasar apung yang menjajakan aneka makanan. Selain pasar apungnya, Floating Market juga terbagi jadi beberapa area tematik, seperti taman bunga Rainbow Garden, Kyotoku, dan Kota Mini.

6. Kawah Putih

Kawah Putih

Tempat wisata di Ciwidey yang satu ini bisa dibilang a must-visit one. Harus banget kamu kunjungi. Apalagi kalau ini kali pertama kamu liburan ke wilayah Bandung Raya. Hamparan kawah putihnya yang menyihir kamu juga jadi salah satu background foto ter-Instagramable selama liburanmu di Bandung.

7. Sungai Cikahuripan

Sungai Cikahuripan

Sebuah ngarai tersembunyi dekat kawasan Wisata Cikahuripan. Perlu effort lebih buat menikmati keindahannya. Jalurnya cukup menanjak, dengan batu-batu besar serta dua bukit terjal setinggi 10 meter. Nah, di antara kedua tebing itu mengalir Sungai Cikahuripan yang indah, dengan airnya yang jernih berkilauan. Ada spot-spot dangkal berbatu, tapi sebenarnya sungai ini dalam loh, dengan kedalaman sekitar 4 meter. Ati-ati ya!

8. Situ Patenggang

Situ Patenggang

Di Patenggang, Rancabali, Bandung ada danau luas dengan panorama nan indah dan udaranya yang dingin menyegarkan. Situ Patenggang namanya, tempat kamu bisa menyatu dengan alam dan menjadi rileks. Di tengah danau, ada Pulau Asmara yang berbentuk hati. Dengan legenda yang membayangi, yaitu kisah cinta Ki Santang dan Dewi Rengganis, tempat ini punya mitos terkait jodoh loh! Katanya danau ini bisa mempertemukan kita dengan belahan jiwa kita. Wah, benar nggak tuh?

9. Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole

Temperatur Kota Lembang yang sejuk adalah tempat terbaik untuk berbagai jenis tanaman untuk tumbuh dan berkembang, termasuk aneka tanaman bunga. Di Orchid Forest Cikole kamu bisa temukan 157 spesies anggrek dari seluruh penjuru dunia. Tak hanya hutan anggrek, tempat ini juga adalah area hutan pinus yang asri. Fasilitasnya juga lengkap. Di sini kamu bisa melakukan outbond, jalan-jalan menyusuri jembatan kayu yang instajenik, area piknik, taman bermain, dan masih banyak lagi.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Probolinggo Terbaik Untuk Menghabiskan Waktu Liburan

Lokasi: Jalan Tangkuban Perahu Raya KM 8, Cikole, Lembang, Bandung Barat

10. The Lodge Maribaya (dan Fairy Garden)

Fairy Garden by the Lodge

Tempat ideal untuk wisata keluarga, atau wisata bareng genk kamu. The Lodge Maribaya adalah area glamping ter-hits se-Bandung, dengan pemandangan alam menakjubkan dan berbagai aktivitas seru. Wahana favorit pengunjung antara lain Zip Bike, Sky Tree, Gantole, Mountain Swing, dan lain-lain. Selama camping kamu bisa menikmati malam, duduk melingkar di sekitar api unggun. Juga barbekyu-an, berkuda, atau trekking. Ada juga area Fairy Garden dengan konsep unik, yaitu bernuansa peri dan negeri dongeng.

11. Tangkuban Perahu

tempat wisata di bandung
Tangkuban Perahu

Kalau di sebelah selatan Bandung ada wisata Kawah Putih, di utara ada Tangkuban Perahu. Sebuah gunung stratovolcano aktif yang masih menjadi destinasi wisata favorit para pelancong. Kamu bisa mengagumi panorama gunung ini bahkan hingga ke dekat bibir kawah!

12. Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas

Wisata Bandung selatan yang satu ini berlokasi di Jalan Raya Ciwidey – Patenggang KM 11, Desa Alam Endah, Ciwidey, Kab. Bandung. Kampung Cai Ranca Upas sejatinya adalah Balai Konservasi Penangkaran Rusa sekaligus area perkemahan. Jadi, di sinilah tempat terbaik untuk berinteraksi dengan rusa-rusa lucu, serta melakukan berbagai aktivitas outdoor. Ada pemandian air panasnya juga! Selain itu, kamu juga bisa coba berkemah di sini. Pemandangannya aduhai loh!

13. Dusun Bambu

tempat wisata di bandung
Dusun Bambu

Mau cari tempat yang suasananya Sunda banget? Tradisional, asri, dengan pemandangan alam spektakuler? Pergi makan ke Dusun Bambu aja. Daya tarik utamanya adalah tempat makan pinggir danau yang Instajenik abis! Di taman rekreasi berbasis ekowisata dengan konsep Wisata Sehat ini, kamu juga bisa berfoto dengan background alam yang indah. Mencicipi aneka sajian Sunda. Bahkan menginap di villa atau mencoba glamping alias glamour camping.

Lokasi: Jalan Kolonel Masturi no. KM, Kertawangi, Cisarua, Kab. Bandung Barat

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Nganjuk Yang Menarik Untuk  Kalian Kunjungi

14. One Eighty Coffee

One Eighty Coffee

Ada banyak tempat nongkrong di Bandung yang bisa kamu sambangi buat sekedar melepas penat sehabis jalan-jalan atau buat ngopi-ngopi cantik. Banyak juga yang unik konsepnya. Termasuk One Eighty Coffee ini, yang punya beberapa table di tengah kolam! Jadi, kamu bisa menikmati santap siang atau kopi kamu sambil mencelupkan kaki ke air. Seger pasti!

Lokasi: Jalan Ganesha no. 3, Bandung.

15. Rumah Guguk

tempat wisata di bandung
Rumah Guguk

Dog-lovers merapat! Ada satu tempat yang pasti bikin kamu kegirangan di Bandung. Sebuah pet shop dimana kamu bisa puas main sama anabul-anabul gemesin dalam berbagai ukuran. Ada anjing-anjing kecil, ada juga yang berukuran besar. Selain anjing, kamu juga bisa main bareng aneka satwa lain kok, seperti kucing, kelinci, domba, hingga bebek. Rumah Guguk ini terbagi jadi beberapa area dengan harga tiket beragam, mulai 30ribuan.

Lokasi: Jalan Pada Lestari no. 23, Cidadap, Isola, Sukasari, Bandung

Memasuki tahun yang baru, sudah hampir semua tempat wisata di Bandung yang buka kembali. Kalau kamu memutuskan untuk buru-buru liburan, mumpung masih awal tahun, tetap patuhi protokol kesehatan ya. Stay safe dan saling jaga di mana pun berada!