Wisata  

Menikmati Indahnya Pesona Alam Tempat Wisata di Bangkalan, Madura

sumber instagram @jonathanjorenzo

Tempat wisata di Bangkalan – Masyarakat Madura dikenal sebagai masyarakat yang disiplin dan sangat pekerja keras. Pulau ini dijuluki sebagai pulau garam, sebab banyak sekali tambak garam yang berada di pulau Madura ini. Wilayah penghasil garam terbesar di madura adalah Sumenep, Sampang, dan Pamekasan.

Salah satu kebudayaan khas Madura yang dapat kamu nikmati ketika berkunjung ke sini adalah Karapan sapi. Kebudayaan ini sudah sangat populer hingga ke seluruh nusantara. Karapan sapi merupakan perlombaan adu cepat sapi yang menarik kereta yang terbuat dari kayu.

Pulau Madura, tidak banyak yang mengetahui banyak banyak tempat wisata di Madura yang memiliki pemandangan yang menawan. Meskipun tempat-tempat wisata tersebut tidak seterkenal objek wisata di kota-kota yang berada di sekitarnya, seperti Surabaya hingga Bali. Namun perlu kamu ketahui bahwa pulau ini menyimpan berbagai lokasi wisata menarik yang cocok untuk kamu kunjungi bersama pasangan ataupun berlibur bersama keluarga.

Salah satu wilayah di Madura yang memiliki tempat wisata menarik adalah Kabupaten Bangkalan. Nah berikut beberapa rekomendasi tempat wisata alam dan pantai di Bangkalan yang bisa kamu kunjungi:

1. Pantai Rongkang

tempat wisata di bangkalan
sumber website pantainesia

Sebagai sebuah pulau, Madura tentunya memiliki tempat wisata pantai yang indah, termasuk yang berada di wilayah Kabupaten Bangkalan seperti Pantai Sembilan Bangkalan, pantai siring Kemuning dan salah satunya adalah wisata pantai Pantai Rongkang. Objek wisata alam pantai Rangkong ini memiliki keunikan karena pantainya yang tertutup oleh bebatuan. Nama Rongkang diberikan oleh warga karena banyak bebatuan dan karang yang tersebar di sepanjang pantainya.

Salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke wisata pantai ini adalah bukit karang setinggi kurang lebih 25 meter. Banyak pengunjung yang mengabadikan momen wisata mereka dengan berfoto berlatarkan bukit karang ini. Adanya bebatuan karang yang berlubang ini akibat proses abrasi air laut, proses itu menyebabkan terbentuknya pemandangan batu-batu karang alami yang eksotis.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat wisata di Kudus, Menikmati Pesona Alam Hingga Wisata Religi

Di objek wisata ini kamu bisa menyewa perahu untuk menyusuri lautnya. Kamu juga bisa melihat pemandangan megahnya jembatan Suramadu. Terlebih jika kamu mengunjungi pantai ini dari sore hingga gelap. Kamu Dapat melihat gemerlap indah lampu-lampu dari jembatan Suramadu dan kapal laut yang melintas.

2. Pantai Siring Kemuning

Sumber Instagram @emilyalexandra27

Berbeda dengan pantai pasir putih yang lain, dari kejauhan pasirnya terlihat agak kekuning-kuningan. Karena itulah pantai ini diberi nama pantai Siring Kemuning. Sebelum sepopuler sekarang, pantai ini justru sudah terkenal terlebih dahulu di kalangan wisatawan asing. Pantai ini menjadi favorit karena lokasinya yang masih sepi dan tenang. Sehingga menjadi lokasi yang sangat cocok untuk menyegarkan pikiran.

Hingga saat ini, pantai ini menjadi salah satu spot wisata terbaik yang bisa kamu kunjungi ketika ingin menghabiskan waktu liburan bersama dengan keluarga dan orang-orang terdekat. Pemandangannya yang syahdu dan suasananya yang sejuk, menjadikan pantai ini cocok sebagai wisata penghilang penat.

Jika hendak bermain air, kamu perlu sedikit waspada. Sebab ombak di pantai ini cukup besar. Terutama bagi kamu yang membawa anak-anak. Kamu bisa bersantai di bangku yang tersedia di bawah pohon ketika lelah bermain pasir dan air.

3. Bukit Jaddih

tempat wisata di Bangkalan
sumber instagram @andrekr81

Bukit Jaddih menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi anak-anak muda, karena pemandangan tebing kapurnya yang unik. Objek wisata tebing kapur ini sebenarnya adalah hasil patahan karena aktivitas penambangan kapur, jadi tebing kapur ini tidak terbentuk secara alami. Meskipun demikian, pemandangan yang diberikan cukup menarik minat para wisatawan yang ingin mengabadikan momen dengan selfie.

Sekarang ini bekas tambang kapur tersebut telah menjadi objek wisata hits. Jaraknya dari pusat kota Bangkalan sekitar sepuluh kilometer. Di lokasi ini kamu bisa menikmati pemandangan alam dengan hiasan patahan tebing kapur yang megah. Tebing-tebing tersebut menjadi daya tarik utama yang kerap dijadikan latar foto bagi para pengunjung.

Bagi kamu yang ingin bermain air, di tengah bukit kapur ini terdapat sebuah kolam yang terbentuk secara alami. Kolam ini bernama Goa Potte. Di sini kamu bisa menyegarkan diri sembari melepas lelah dengan berendam. Bukit Jaddih ini berada di Desa Jaddih, Socah, Kabupaten Bangkalan, Madura.

Baca Juga ini Ya !! =>  Keajaiban Alam Indonesia: Danau Toba

4. Bukit Arosbaya

sumber instagram @jonathanjorenzo

Bukit Arosbaya ini tidak jauh berbeda dengan bukit Jaddih sebelumnya. Tempat wisata ini juga merupakan bekas dari aktivitas penambangan kapur tulis yang sudah tidak beroperasi lagi. Namun yang membedakannya adalah warna dari bukit kapur ini yang berwarna merah. 

Lokasi wisata bukit ini memiliki bekas patahan yang unik dan membentuk lorong layaknya gua. Lorong gua tersebut diakibatkan oleh bekas galian tambang kapur. Spot ini yang menjadi favorit bagi pengunjung yang ingin berfoto. Selain karena lokasinya yang unik, bentuknya juga sangat instagenic.

Wisata ini semakin menarik minat pengunjung dengan warna cokelat kemerahannya. Karena keunikan dan eye catchingnya itu membuat tempat wisata ini tidak hanya diminati oleh wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Bagi kamu yang berniat mengunjungi wisata Bukit Arosbaya ini disarankan untuk membawa payung. Terlebih karena hawa di pulau madura ini cukup panas.

Kamu juga bisa sekaligus berkunjung ke objek wisata religi di Bangkalan yang cukup terkenal yaitu makam Raja-Raja Bangkalan “Air Mata Ibu”. Sebab lokasinya tidak terlalu jauh dari kawasan wisata Bukit Arosbaya ini.

5. Bukit Lampion Beramah

tempat wisata di bangkalan
sumber instagram @chitradityana

Kabupaten Bangkalan terkenal dengan objek wisata bukitnya yang banyak. Salah satunya adalah wisata Bukit Lampion Beramah ini. Diantara beberapa tempat wisata bukit-bukit di Bangkalan, bukit Lampion ini termasuk yang baru hadir.

Spot utama di objek wisata ini adalah panggung kayu yang berbentuk hati. Nah untuk tempat wisata di Bangkalan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang datang bersama pasangan. Sesuai dengan namanya bukit Lampion Beramah ini dihiasi dengan lampion-lampion berwarna warni yang indah.

Selain panggung kayu yang romantis, kamu juga bisa menikmati spot yang memiliki ayunan berbentuk seperti sangkar burung dan rumah pohon yang bisa kamu jadikan sebagai spot foto kekinian. Dijamin pasti akan membuat feed instagram kamu semakin cantik.

Baca Juga ini Ya !! =>  10 Tempat Wisata di Lampung Buat Kamu yang Menyukai Alam dan Pantai

Selain itu, pemandangannya yang syahdu juga menjadi daya tarik lain bagi para wisatawan yang berkunjung. Wisata bukit Lampion Beramah ini tergolong objek wisata baru, namun sudah sangat populer. Terutama untuk kalangan anak muda milenial yang menyukai objek wisata hits.

6. Bukit Geger

sumber website pulaumadura

Objek wisata bukit yang satu ini berada di daerah ketinggian dan termasuk salah satu tempat wisata tertinggi di Pulau Madura. Wisata Bukit Geger ini terletak di ketinggian 200 mdpl. Wilayahnya cukup luas dan memiliki pemandangan alam yang cukup indah. Jaraknya sekitar 30 km dari pusat kota Bangkalan.

Untuk bisa sampai ke puncak kamu akan melalui anak tangga yang jumlahnya cukup banyak. Di Bukit Geger ini kamu bisa menikmati pemandangan pepohonan mahoni di sekelilingnya yang menyejukkan mata. Kawasan ini termasuk ke dalam hutan lindung. Sesampai di puncak kamu akan takjub dengan pemandangan alam yang syahdu.

Kamu juga bisa melihat beberapa satwa liar yang dilindungi dan tidak boleh diganggu keberadaannya. Kamu bisa menemukan monyet, burung, hingga ayam hutan di Bukit geger ini.

Demikian rekomendasi tempat wisata di Bangkalan, Madura yang bisa kamu masukkan ke dalam daftar perjalanan ketika berkunjung ke Pulau Garam ini. Kamu juga bisa mencoba untuk berburu kuliner Bangkalan yang lezat ketika berwisata ke sini lho.