Wisata  

Tempat Wisata di Pamekasan, Berikut Rekomendasi Tempat yang Bisa Kamu Kunjungi

Tempat wisata di pamekasan tebing waru
sumber instagram @aidaef.es

Meskipun tidak begitu populer sebagai lokasi tujuan berwisata, Pulau Madura ternyata menyimpan berbagai keindahan alam yang menakjubkan. Sebagai contoh adalah beberapa tempat wisata di Pamekasan dan wisata di Sumenep yang memberikan pemandangan alam yang syahdu. Bagi kamu yang belum pernah berwisata ke Pulau Garam ini, cobalah sesekali menghabiskan waktu liburanmu dengan berkunjung ke Madura.

Selain memiliki keindahan alam yang cantik, di kabupaten Pamekasan juga bisa kamu nikmati berbagai tempat wisata sejarah hingga beberapa kampung wisata. Nikmati pengalaman liburan tidak hanya bermain di alam, kamu juga bisa berwisata sambil belajar sejarah.

Sekilas tentang Kabupaten Pamekasan

Kabupaten Pamekasan mungkin masih terdengar asing di telinga beberapa orang. Nah buat kamu yang belum terlalu mengenalnya, Kabupaten Pamekasan merupakan salah satu kabupaten yang ada di pulau Madura, Provinsi Jawa Timur. Wilayah Pakekasan ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sisi utaranya. Kalau kamu berangkat dari Surabaya, jarak tempuh dari jembatan Suramadu menuju ke Kabupaten Pamekasan memakan waktu kira-kira 2 sampai 3 jam perjalanan. Meskipun bukan merupakan sebuah kabupaten yang cukup terkenal, seperti yang sudah kita bahas tadi, Kabupaten Pamekasan memiliki berbagai macam objek wisata menarik. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga objek berupa kampung wisata

Nah apakah kamu tertarik untuk menghabiskan waktu liburanmu di Kabupaten Pamekasan? Jika demikian, berikut rekomendasi beberapa tempat wisata di Pamekasan yang bisa menjadi referensi perjalanan liburanmu ketika melancong ke Kabupaten ini.

1. Pantai Talang Siring

Tempat wisata di Pamekasan Pantai Talang Siring
sumber Instagram @dina.a.p.t.a

Lokasi wisata pantai ini berada di Desa Montok, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan. Daya tarik khusus bagi para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini adalah, selain kamu bisa menikmati pemandangan pantai dan lautan, di wisata ini kamu juga bisa menikmati hutan mangrove nan hijau di sepanjang pesisir pantai. Selain itu pantai ini juga selalu ramai dengan aktivitas nelayan yang melaut.

Adanya perahu-perahu dari warga sekitar yang melaut, memberikan pemandangan tambahan yang bisa kamu nikmati berupa jejeran perahu nelayan. Salah satu spot unik yang kerap kali menjadi tempat untuk berfoto bagi para pengunjung adalah rumah panggung unik yang dibuat dari pohon bambu. Bangunan ini merupakan rumah bagang, yg merupakan tempat untuk menangkap ikan bagi para nelayan.

Baca Juga ini Ya !! =>  Pantai Teluk Awur, Tempat Wisata di Jepara Ramah Keluarga

Kamu bisa melakukan banyak kegiatan menarik di wisata pantai ini. Seperti kebanyakan pengunjung objek wisata pantai pada umumnya, kamu bisa bermain pasir atau berenang di lautnya. Tapi ketika berenang sebaiknya sedikit hati-hati karena di beberapa tempat terdapat banyak batu karang. Selain bermain air dan pasir, ketika air surut pengunjung biasanya berburu kepiting, untuk kemudian nantinya bisa disantap.

Atau jika kamu tidak ingin repot-repot, di kawasan wisata ini juga tersedia warung yang menyediakan berbagai pilihan kuliner nikmat yang bisa kamu coba. Menyantap makanan sambil bersantai menikmati pemandangan pantai dan lautan.

2. Tebing Waru

tebing waru
sumber instagram @aidaef.es

Objek wisata ini berada di Kecamatan Waru. Tebing Waru ini sekilas terlihat seperti dinding raksasa. Selain memiliki pemandangan yang menyegarkan mata, di kawasan ini juga kaya akan keragaman flora dan faunanya. Masyarakat banyak yang menghabiskan akhir pekannya untuk datang ke sini, sebab lokasi wisata Tebing Waru Pamekasan ini merupakan wisata gratis. Pengunjung yang datang tidak perlu membayar biaya masuk.

Bukit tebing waru ini merupakan bukit bebatuan tertinggi di Pamekasan, dari sini kamu bisa menikmati pemandangan alam yang syahdu. Pemandangan utama yang bisa kamu nikmati adalah tebing batu yang kokoh. Di tebing tersebut terdapat ukiran alami yang sekilas menyerupai relief. Wisata tebing ini kerap kali menjadi lokasi untuk olahraga panjat tebing. Dinding yang kokoh dan struktur tebingnya memang sangat cocok sebagai arena olahraga tersebut.

3. Pantai Jumiang

Pantai Jumiang
sumber instagram @adindaa_dr

Kawasan wisata pantai Jumiang ini cukup unik karena lokasinya yang berada di dataran tinggi. Beralamat di Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan Provinsi Jawa Timur. Pantai Jumiang ini menjadi salah satu objek wisata kekinian yang merupakan tujuan favorit bagi masyarakat Pamekasan. Terutama bagi anak-anak muda, sebab beberapa spot di lokasi wisata ini sangat instagenic dan keren untuk berfoto. Ketika sore harinya, lokasi ini merupakan tempat yang syahdu untuk menikmati indahnya view matahari terbenam.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Pekalongan Ini Jadi Kebanggaan Kota Batik. Terbaik!

Pepohonan di sekitar yang rindang membuat udara di pantai ini menjadi sejuk, ditambah dengan suara debur ombak yang menabrak karang. Suasana tersebut sangat cocok bagi kamu yang ingin menenangkan pikiran sembari menikmati pemandangan alam. Atau ada juga pendopo-pendopo yang tersedia, bisa kamu pakai untuk melepas lelah.

Pantai Jumiang ini memang sangat unik, suguhan pemandangan pantai, lautan dan tebing batunya membuat wisata ini begitu diminati. Selain itu, salah satu daya tarik bagi wisatawan yang datang adalah kamu bisa melihat banyaknya tumbuhan kaktus yang berada di sekitar kawasan wisata ini.

Kurang asik sepertinya jika hanya sekedar menikmati pemandangan alam tanpa melakukan aktivitas apapun. Tapi jangan khawatir, ada beberapa wahana yang bisa kamu coba di kawasan wisata ini. Kamu bisa mencoba fasilitas snorkeling, menyewa kano, banana boat, dan berbagai wahana permainan air lainnya hingga pada aktivitas outbond. Objek wisata pantai Jumiang ini sangat cocok untuk menjadi tempat liburan bersama keluarga tercinta.

4. Api Tak Kunjung Padam

api tak kunjung padam
sumber instagram @fuad.explorer

Kamu suka mengunjungi lokasi wisata yang unik dan aneh? jika iya, makan fenomena api abadi ini sangat wajib kamu kunjungi. Tempat wisata di Pamekasan yang satu ini merupakan objek wisata yang sangat unik dan sangat langka. Sebab fenomena alam api abadi seperti ini hanya ada beberapa di dunia, dan salah satunya berada di Kabupaten Pamekasan ini. Lokasinya berada di Desa Larangan Tokol, Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura.

Objek wisata Api tak Kunjung Padam ini lokasinya tidak terlalu jauh, dari pusat kota Pamekasan, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit perjalanan. Sedangkan jika kamu berangkat dari kota Surabaya, kamu membutuhkan waktu sekitar 2 setengah sampai 3 jam, melewati jembatan Suramadu.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Grobogan, Air Terjun Widuri dan Legenda 7 Bidadari

Daya tarik yang menjadikan wisata ini digandrungi oleh para wisatawan adalah apinya. Di sini kamu dapat menyaksikan fenomena alam luar biasa api yang tidak bisa padam. Uniknya semburan api ini akan terus menyala meskipun terguyur air. Wisata ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena keunikannya. Tidak hanya terkenal bagi masyarakat Madura, tetapi juga hingga ke masyarakat dari luar daerah.

5. Gua Blaban

Gua Blaban
sumber instagram @jirihruska.cz

Mungkin kamu sudah sering mengunjungi objek wisata gua, tapi apakah kamu pernah mengunjungi wisata gua bawa tanah? Gua Blaban yang berada di Kabupaten Pamekasan madura ini mungkin sesekali perlu kamu kunjungi jika penasaran dengan sensasi menyusuri gua bawah tanah. Berbeda dengan gua pada umumnya, gua ini tidak terdapat kelelawar yang menghuni di dalamnya, jadi kamu tidak akan menemukan kotoran kelelawar ketika berkunjung.

Wisata gua ini terletak di Dusun Rojing, Desa Blaban, Batumarmar, Pamekasan. Pertama kali gua ini ditemukan ketika ada penggalian sumur oleh warga. Lantas mereka langsung melaporkan penemuan lubang besar tersebut kepada Kepala Desa Blaban sebelum selanjutnya tersebar luas di masyarakat. Hingga kini gua blaban ini menjadi lokasi wisata yang sering dikunjungi oleh masyarakat yang penasaran dengan bentuk dan lokasinya yang unik.

Kamu bisa menikmati pemandangan stalaktit dan stalagmit putih yang berkilau. Kilauannya semakin mempesona ketika ada sinar matahari yang masuk dan memantul. Karena lokasinya yang berada di dalam tanah, hawanya cukup hangat dan sedikit pengap karena udara yang masuk tidak begitu leluasa. Kamu bisa dipandu juga oleh penjaga gua untuk bisa bertanya mengenai sejarah dari wisata gua Blaban ini.