Wisata  

Berikut 7 Tempat Wisata di Wonogiri Spesial Untuk Kamu Para Traveler

sumber instagram @michael_a_b_kparang

Kabupaten Wonogiri atau sering dikenal kota gaplek yang menarik untuk kamu kunjungi. Jika mendengar Wonogiri kita akan berimajinasi tentang sebuah daerah pedesaan, daerah yang berseni, memiliki panorama alam dan keindahan alam yang memukau. Dengan kondisi alam yang masih belum terjamah banyak orang, wonogiri mempunyai sejuta keindahan bagi para traveller. Jangan heran bila setiap akhir pekan wonogiri selalu padat pengunjung yang datang. Selanjutnya mari kita simak 7 tempat wisata di wonogiri:

  1. Telaga rowo batu warno

tempat wisata di wonogiri
sumber instagram @discovery.wonogiri

Tempat wisata Telaga rowo batu warno terletak di dusun rowo, sumberejo, batu warno kabupaten wonogiri. Telaga yang tidak pernah sepi pengunjung ini terbentuk secara alami, yang awalnya hanya menampung air hujan untuk warga sekitar, kini menjadi wisata alam yang asri, sejuk, dan nyaman. Bagi kalian yang gemar memancing, bisa juga menguji keberuntungan memancing kalian di telaga seluas 1 hektar ini. Di telaga rowo juga ada spot foto yang bisa kalian manfaatkan untuk mengabadikan momen di sini. Banyak juga para wisatawan yang datang kesini untuk foto pribadi, keluarga maupun prewedding.

  1. Puncak secokro

sumber instagram @michael_a_b_kparang

Wisata wonogiri terbaru ini cukup cepat dikenal banyak orang, Karena itu pengunjung di tempat ini selalu meningkat setiap harinya, apalagi ketika akhir pekan. Puncak secokro terletak di desa bakalan kecamatan purwantoro, kabupaten wonogiri. Puncak ini memiliki ketinggian 693 meter di atas permukaan air laut yang membuat kamu bisa menyaksikan panorama alam cantik dari ketinggian. Melihat pepohonan yang hijau, bukit-bukit yang berjejer menjadi daya Tarik yang special, apalagi kamu bisa mengambil foto dengan background alam sekitar yang indah ini.

  1. Pantai dadapan

tempat wisata di wonogiri
sumber instagram @detra_vianzt

Pantai wonogiri  yang sedang trending topic dikalangan anak muda ini menyajikan lingkungan pantai yang berbeda dari wisata pantai lainnya. Banyaknya pohon dadap yang tumbuh disekitar pantai, udara segar, sejuk, dan deburan ombak yang tenan, sembari relax dibawah pohon dadap membuat siapapun yang datang kesini menjadi nyaman. Terletak di tapal batas jawa tengah dan Yogyakarta. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang tersembunyi, wajar saja ia memiliki pesona yang indah dan menakjubkan. Menyaksikan pasir putih alami dan pemandangan laut yang menakjubkan, wisata bahari ini tidak pernah sepi pengunjung. Dengan pesona yang kian memikat, pantai ini selalu menjadi pilihan untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga maupun dengan teman-teman.

  1. Soko langit

sumber instagram @suryanagaf

Wisata wonogiri sokolangit ini terletak di kecamatan bulukerto, kabupaten wonogiri. Menyuguhkan pemandangan alam luas, kolam renang yang segar, dan berada ditepian bukit. Soko langit memiliki kolam renang yang berada di atap sebuah bangunan atau gedung, dari sini kita dapat menikmati pemandangan alam yang sungguh menarik dan tentunya juga bisa sambil berenang-renang. Kolam renang inilah yang selalu menjadi daya Tarik yang kuat bagi para wisatawan. Dengan tersebarnya foto-foto wisata soko langit ini di berbagai social media membuat tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Jika kalau akan mengagendakan ke wisata soko langit sebaiknya carilah hari-hari senin sampai jumat, karena jika di hari sabtu dan minggu tempat ini sangat ramai. Suasana disini cukup dingin, karena masih berdekatan dengan gunung lawu. Wisatawan yang datang kesini juga bisa bermain flying fox dengan harga hanya 10.000 rupiah. Pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang langsung gunung lawu.

  1. Waduk gajah mungkur

tempat wisata di wonogiri
sumber instagram @fitriiiin

Objek wisata Waduk gajah mungkur menjadi ikon utama dari wonogiri, waduk ini membendung sungai terpanjang di pulau jawa, yakni sungai bengawan solo. Waduk yang berukuran cukup besar ini Sudah terbukti keindahannya. Keindahan alam yang selalu menghiasinya membuat siapapun yang datang kesini tentunya akan kembali lagi. Zaman dulu ketika pemerintahan presiden Soeharto waduk ini sering menjadi tempat pertemuannya ataupun rapat-rapat penting beliau dalam kegiatan negara, tidak heran jika waduk ini menjadi obyek unggulan.

Baca Juga ini Ya !! =>  9 Tempat Wisata di Blitar untuk Menikmati Keindahan Alam

Waduk ini memiliki tanah lapang yang cukup luas, setiap akhir pekan waduk ini juga sering menjadi tempat berkumpul para komunitas, seperti komunitas sepeda, komunitas motor dan komunitas mobil. Sesekali di waduk ini juga kadang-kadang ada agenda konser musik, agenda kemanusiaan atau penggalangan dana untuk korban bencana alam. Masih di area waduk, Ada salah satu wahana yang tidak boleh dilewatkan, yaitu bermain speedboat. kalian bisa menaiki speedboat ini hanya dengan merogoh kocek senilai 25ribu rupiah. Sensasi deg- degan dan senang bercampur aduk ketika menaiki speedboat ini.

Kalian tidak perlu khawatir karena wisata ini aman dan nyaman, ketika naik speedboat kalian akan memakai lifejacket atau jaket keselamatan. Setelah puas bermain speedboat kalian bisa juga menikmati wisata kuliner wonogiri di sekitar area waduk. Ada berbagai macam makanan olahan ikan hasil tangkapan di waduk wonogiri, ikannya fresh karena langsung dari nelayan atau para pemancing sekitar. Dengan harga terjangkau, tempat yang nyaman, dan makanan yang enak, membuat kalian betah berlama-lama di sini. Waduk gajah mungkur juga sering menjadi tempat nongkrong di wonogiri yang asyik.

  1. Goa putri kencono

sumber instagram @ahmadbudiheriyanto

Goa ini berada di desa wonodadi, pracimantoro, kabupaten wonogiri. Salah satu goa di wonogiri ini bisa dibilang wisata yang menarik perhatian banyak orang. Memberikan pengalaman liburan yang mengasyikan, terutama bagi kalian yang senang berpetualang. Goa yang wajib dikunjungi ini mempunyai keunikan yang mengagumkan, karena adanya rangkaian batu stalagtit dan stalagmit di sepanjang lorong. Tempat wisata yang menyajikan petualangan ini banyak di gandrungi para pemuda pemudi, dari yang dalam kota maupun luar kota, karena rasa penasaran yang besar terhadap goa ini. Setiap hari sabtu dan minggu goa ini padat dengan pengunjung dari berbagai daerah.

  1. Museum wayang Indonesia

sumber instagram @veronica_agatha_asiah

Setelah puas berpetualangan di alam terbuka, selanjutnya kita akan memasuki wisata seni di wonogiri yang tidak pernah sepi pengunjung. Objek wisatanya yaitu museum wayang. Tempat wisata di Wonogiri ini resmi terbuka untuk umum pada 1 september oleh presiden kelima kita, yaitu megawati soekarno putri. Wisata Museum wayang ini berada di wuryantoro, kabupaten wonogiri. Museum wayang merupakan wujud dari upaya untuk melestarikan budaya bangsa, tempat ini selalu menarik banyak pengunjung, tidak hanya orang Indonesia saja yang datang, tapi beberapa turis dari Negara tetangga juga banyak yang datang kesini.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Karanganyar dengan Pemandangan Alam Memesona

Budaya memang seperti tidak ada habisnya kalau di bahas, apalagi tentang wayang. Zaman para walisongo, wayang di gunakan untuk berdakwah di tanah jawa ini. Jenis wayang di sinipun juga beragam, ada wayang kulit purwa, wayang golek, wayang bali, wayang klitik, wayang suket, wayang topeng, dan masih banyak jenis wayang lainnya. Di museum ini juga menyimpan sebuah lukisan semar yang berukuran 3x3cm.  Lukisan ini karya ki djoko sutedjo yang akhirnya mendapatkan penghargaan dari MURI pada tahun 1998.

Tadi sudah kita simak bersama beberapa tempat wisata yang menjadi primadona di wonogiri. Jika kalian akan berkunjung kesana sebaiknya memilih hari-hari biasa, seperti senin sampai jumat.