Wisata  

6 Tempat Wisata di Situbondo dengan Pemandangan Alam yang Eksotis

tempat wisata di situbondo
Sumber instagram @alyamirza

Kabupaten Situbondo mungkin bukan merupakan daerah yang populer sebagai tujuan berwisata wisatawan dari luar kota. Padahal Situbondo juga memiliki berbagai tempat wisata menarik dan menyimpan keindahan alam yang eksotis. Sebut saja tempat wisata di Situbondo yang memiliki pemandangan yang indah seperti Gunung Argopuro, Pantai Pasir Putih, dan Taman Nasional Baluran.

Kabupaten Situbondo termasuk wilayah yang sangat strategis karena letaknya yang berada di wilayah pesisir utara pulau Jawa. Perekonomiannya juga cukup aktif karena berada di jalur transportasi Jawa-Bali. Selain mengunjungi berbagai objek wisata alam, ada pula tradisi unik yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke Kabupaten Situbondo yaitu Tradisi Ojung. Tradisi ini merupakan pertarungan antara dua orang yang saling memukul menggunakan rotan sebagai senjatanya.

Meski bukan sebagai kota pariwisata yang terkenal, Kabupaten Situbondo memiliki berbagai budaya dan keindahan alam yang menakjubkan untuk kamu nikmati. Untuk kamu yang tertarik ingin mengunjungi Situbondo, berikut beberapa rekomendasi objek wisata Situbondo 2021 yang menarik untuk kamu kunjungi ketika berlibur ke kabupaten ini:

  1. Pantai Pasir Putih

tempat wisata di Situbondo
Sumber website eljohnnews

Situbondo juga memiliki wisata pantai yang cukup menawan, yaitu Pantai Pasir Putih. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang syahdu dan bersih membentang sepanjang garis pantai.

Objek wisata ini bisa dikatakan wisata yang paling populer bagi masyarakat Situbondo untuk mengisi waktu liburan dan akhir pekan. Tidak hanya itu, banyak juga wisatawan dari luar kota yang berkunjung ke pantai Pasir Putih ini. Sebab pantai ini menyediakan berbagai pemandangan yang indah untuk dinikmati. Selain menikmati pemandangan yang syahdu dan udaranya yang sejuk, kamu juga bisa melihat batu koral yang berwarna-warni serta beberapa jenis ikan yang berenang di sekitar terumbu karang.

Pantai yang terletak di desa Kembang Sambi Kecamatan Bungatan, kabupaten Situbondo ini ketika musim liburan, sering menjadi tempat untuk berbagai macam acara seperti lomba memancing, lomba balap perahu hingga pergelaran konser musik. Jadi kalau beruntung kamu bisa mengunjungi pantai pasir putih ini sambil menikmati acara-acara tersebut.

  1. Pantai Tampora

Sumber website tripadvisor

Satu lagi objek wisata pantai yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Situbondo, yaitu pantai Tampora. Sama seperti pantai Pasir Putih, pantai Tampora ini juga memiliki hamparan pasir putih yang indah. Selain itu pemandangan air lautnya yang jernih dan bebatuan karang yang kokoh menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Sebab kerap kali menjadi spot foto yang bagus.

Baca Juga ini Ya !! =>  Museum Mpu Tantular, Tempat Wisata di Sidoarjo Sambil Belajar Sejarah

Bagi kamu yang menyukai fotografi, wisata pantai ini menjadi tempat yang pas karena memiliki pemandangan tebing batu alami. Lokasi wisata ini belum terlalu terekspos dan tidak seramai lokasi-lokasi wisata pantai yang lain. Sehingga pantai ini cocok buat kamu yang sedang ingin menjauh dari keramaian dan menenangkan pikiran. Tapi meskipun masih tergolong sepi, di pantai ini sudah tersedia berbagai macam fasilitas pendukung seperti  toilet, gazebo untuk beristirahat hingga mushola.

  1. Kampung Kerapu

tempat wisata di Situbondo
Sumber website dakatour

Daya tarik utama dari tempat wisata di Situbondo yang satu ini adalah dermaga apungnya yang melingkar dan menjorok sejauh 300 meter ke tengah laut. Jembatan yang terbuat dari kayu ini menjadi objek utama bagi para wisatawan yang ingin menikmati tempat wisata Kampung Kerapu ini. Karena spotnya sangat cocok sebagai tempat mengabadikan momen liburanmu. 

Kamu juga bisa melihat puluhan keramba ikan di Kampung Kerapu ini. Nah dengan berjalan diatas jembatan kayu tadi, kamu bisa melihat keramba-keramba tersebut dengan lebih dekat. Jika berencana untuk berkunjung ke Kampung Kerapu ini, salah satu waktu terbaik untuk menikmatinya adalah ketika sore hari. Banyak pengunjung yang datang untuk memotret kecantikannya.

Wisata Kerapu ini berada di Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit. Kampung ini hadir dengan tujuan untuk memperkenalkan konservasi hayati dan sumber daya perairan kepada khalayak umum. Kalau masih ingin menikmati fasilitas lain, Kampung Kerapu ini memiliki fasilitas perahu wisata yang bisa kamu sewa. Dengan perahu ini kamu bisa menyusuri dan melihat keramba yang ada. Kamu juga bisa coba memancing ikan yang dibudidayakan masyarakat setempat. 

  1. Waduk Bajul Mati

Sumber instagram @adisusanto10

Waduk Bajul Melati menjadi tempat yang favorit bagi masyarakat Situbondo untuk menyegarkan pikiran dan melepas penat. Bagaimana tidak, di lokasi ini kamu bisa memanjakan mata dengan pemandangan waduk yang menyerupai danau besar dan hijaunya hamparan perbukitan yang syahdu.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Trenggalek, Goa Lowo Terpanjang se-Asia Tenggara

Di wisata waduk Bajul Mati ini kamu bisa merasakan kesejukan berkat hembusan angin dan  panoramanya yang indah. Lokasi ini sangat pas kamu kunjungi bila suntuk dengan suasana perkotaan atau sedang stres karena kesibukan pekerjaan, Selain itu akan sangat menyenangkan bila berkunjung beramai-ramai bersama teman maupun keluarga.

Pada mulanya lokasi wisata ini merupakan waduk yang berfungsi sebagai pengairan hingga menjadi pembangkit listrik mikrohidro. Kini lokasi ini juga dijadikan sebagai tempat wisata karena pemandangannya yang memukau. Terlebih bagi milenial yang suka mengabadikan momen di tempat-tempat yang eye catching, waduk Bajul Mati ini menjadi spot yang cocok untuk tempat berfoto.

  1. Bekol Savannah

Sumber instagram @alyamirza

Bekol Savannah merupakan salah satu bagian dari kawasan taman nasional baluran. Pasalnya karena hamparan padang savana ini memiliki hamparan padang rumput yang luas, menjadikan taman Nasional Baluran sebagai “little Africa”. Jika beruntung, kamu dapat menjumpai beberapa satwa liar yang ada di sini, seperti ular, rusa, hingga banteng. Selain itu ada juga beberapa tanaman unik yang tumbuh dengan alami. Tak heran jika kawasan ini dijuluki sebagai miniatur Afrika yang berada di Jawa Timur.

Disini kamu akan disuguhkan pemandangan padang rumput yang begitu luas. Latar gunung yang berada di kejauhan menambah eksotis pemandangan di kawasan Bekol Savannah ini. Untuk bisa mendapatkan pengalaman menikmati pemandangan yang syahdu, ada baiknya jika kamu datang ketika subuh. Sebab kamu bisa menikmati indahnya matahari terbit yang perlahan menyinari hamparan padang rumput di savana ini.

Kawasan wisata Bekol Savannah ini menjadi salah satu tempat wisata di Situbondo yang sudah terkenal tidak hanya bagi wisatawan lokal, namun juga hingga ke wisatawan mancanegara. Banyak pengunjung yang datang ke kawasan ini berasal dari berbagai negara. Sehingga di sekitar kawasan ini tersedia banyak penginapan atau hotel Situbondo yang bisa disewa oleh pengunjung luar kota atau luar negeri.

  1. Air Terjun Talempong

tempat wisata di Situbondo
Sumber instagram @rozyzone

Rekomendasi terakhir merupakan objek wisata alam yang cocok bagi kamu yang ingin menikmati kesegaran dengan bermain air. Wisata air terjun Talempong merupakan salah satu tujuan wisata keluarga populer bagi masyarakat Situbondo. Namun tidak jarang pengunjung yang datang bersama pasangannya dikarenakan pemandangan dan hawa kawasan ini yang eksotis dan romantis.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Probolinggo Terbaik Untuk Menghabiskan Waktu Liburan

Tidak hanya masyarakat Situbondo, kawasan wisata Air terjun Talempong ini juga sangat diminati oleh wisatawan dari berbagai daerah. Udaranya yang sejuk dan airnya yang segar membuat wisata air terjun ini menjadi lokasi favorit bagi pengunjung yang jenuh dengan hiruk pikuk perkotaan. Kamu juga bisa menyegarkan pikiran dari sibuknya pekerjaan dengan mengunjungi wisata ini.

Ada mitos menarik yang ada di kawasan air terjun Talempong ini. Konon lumut yang ada pada bebatuan di air terjun ini dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kamu tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini?

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur ke Kabupaten Situbondo. Jangan lupa juga untuk mencoba berbagai jenis makanan khas Situbondo ketika sampai di sini ya. Dan bagi kamu yang berasal dari luar kota, pastikan terlebih dahulu mengenai informasi hotel di Situbondo untuk tempat kamu menginap.