Budaya Kalimantan Selatan Yang Kaya Akan Kearifan Lokalnya

  • Bagikan
sumber: website getborneo

Budaya Kalimantan Selatan yang terkenal, banyak yang mengatakan nenek moyangnya penduduk madagaskar. beberapa hipotesis menunjukan bahwa nenek moyang dari madagaskar ialah suku bugis, bajo, dan suku dayak maanyan. setelah melakukan riset genetik, hasilnya membuktikan bahwa nenek moyangnya ialah suku banjar.  Masyarakat Kalimantan biasa menyebutnya urang banjar atau suku banjar. Jumlah penduduk Kalimantan Selatan cukup padat lalu banyak penduduknya yang migrasi ke Madagaskar, tidak hanya bermigrasi kesitu saja tetapi juga ke seluruh penjuru nusantara. Suku yang terbentuk dari suku bukit, maanyan, lawangan, ngaju, jawa, dan melayu. Memang suku banjar terlahir dari berbagai suku, tetapi salah satu yang dominan yaitu suku Dayak.

Suku

budaya kalimantan selatan
sumber: website pengajar.co

Budaya Kalimantan Selatan sangat erat dengan suku. Urang banjar masih terbagi menjadi 3 sub suku, yakni ada banjar pahuluan, banjar kuala, dan banjar batang banyu. Pertama dari banjar pahuluan yang penduduknya bertempat tinggal daerah cabang sungai yang berhulu ke pegunungan meratus dan lembah sungai. Kelompok ini terdiri dari campuran orang hindu, dan  Dayak yang berbahasa melayik.

Kedua, banjar kuala yang merupakan penduduk dari sekitar martapura dan Banjarmasin. Campuran dari orang kuin, Dayak ngaju, batang banyu, kampung melayu, bugis makasar, orang cina parit yang masuk islam, dan orang kampung jawa. Ketiga ada banjar batang banyu yang merupakan campuran orang pahuluan, budha, hindhu, jawa hindu majapahit, orang Dayak bukit, dan lawangan. Mereka biasanya mendiami di lembah sungai bahan.

Suku banjar mempunyai keterampilan yang unik, yaitu mengolah pasang dan surut air. Mereka mempunyai keahlian itu karena bertempat tinggal dekat dengan sungai. Bertempat tinggal daerah tepian sungai membuat masyarakat banjar menjadi inovatif, mereka membuat beberapa perahu atau jukung untuk berdagang dan bepergian satu daerah ke daerah lainnya.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tak Hanya Sunda, Ketahui Semua Budaya Jawa Barat Ini!

Rumah Adat

sumber: website getborneo

Banjar mempunyai rumah adat yang bernama bubungan tinggi, zaman dulu rumah ini merupakan rumah khusus keluarga kerajaan, untuk bentuk rumahnya bagian atap menjulang lancip keatas. Rumah ini terbagi menjadi beberapa konstruksi ruangan. Pertama ada pelataran yang merupakan sebuah ruangan dibagian depan, biasanya terletak dibagian depan setelah pintu masuk tangga.

Kedua ada paciran, yang berfungsi untuk ruangan penghubung, dan biasa juga digunakan untuk menyimpan beberapa alat pertanian. Ketiga yakni panampik, untuk tempat menerima dan menyanjung tamu yang datang. Keempat, palindangan yang merupakan bagian tempat untuk tidur dan beristirahat, lalu yang kelima ada padapuran yang merupakan bagian belakang rumah lalu berfungsi untuk menyimpan perbotan alat masak sekaligus tempat masak.

Tradisi Pasar Terapung

budaya kalimantan selatan
sumber: website wikipedia

Sebuah budaya Kalimantan Selatan yang sangat terkenal, melalui cara perdangan paling berbeda diseluruh nusantara, bertransaksi jual beli menggunakan perahu yang sudah turun menurun dan berlokasi di sungai besar barito. Fungsi pasar ini tetap sama, ada yang menjual sayuran, ikan, buah, daging, dan berbagai kebutuhan masyarakat. Untuk penjual dan pembelinya harus hati-hati dan tetap menjaga keseimbangan perahu.

Tarian Adat

sumber: website kompas

Budaya Kalimantan Selatan menyimpan banyak sejarah tarian. Banjar mempunyai 2 kelompok tarian ada yang dari tarian lingkungan kerajaan keratin dan dari tarian yang berkembang di masyarakat. Semua tarian berawalan dengan nama baksa, contohnya ada tari baksa kembang, tari baksa radap, dan tari baksa tanah. Baksa mempunyai artian kehalusan gerak dalam tarian. Tarian dari Kalimantan mengadopsi beberapa gerakannya dari tarian jawa, yang terlihat halus, kalem, dan pelan. Dari beberapa tarian di banjar, ada satu tarian yang sangat terkenal dan khas, yaitu tari radap rahayu. Tarian ini merupakan seni tari tardisional untuk menyambut para tamu yang datang. Tarian ini sangat sakral karena merupakan sebuah ritual untuk tolak bala masyarakat suku banjar.

Baca Juga ini Ya !! =>  Ragam Tradisi Budaya Bengkulu

Tradisi Lisan

budaya kalimantan selatan
sumber: website mantabz

Budaya Kalimantan selatan yang dikenal dengan istilah madihin. Tradisi lisan merupakan ciri khas Kalimantan Selatan yang Berasal dari Bahasa arab, artinya nasihat, jadi seni ini berisi pantun atau syair yang berisi nasihat kehidupan. Biasanya terdiri dari 2 sampai 4 orang, dan untuk sebutan nama-nama para seniman yaitu pamadihin. Kebudayaan Kalimantan ini masih bisa kalian jumpai sampai sekarang, karena masih banyak warganya yang menjunjung tinggi adat tersebut.

Bahasa

sumber: website

Budaya Kalimantan Selatan ada hubungan erat dengan Bahasa daerah. Masyarakat biasanya menggunakan Bahasa daerah banjar, Bahasa daerah Kalimantan Selatan ini hampir mirip seperti Bahasa melayu. Bahasa Kalimantan Selatan memang cukup banyak, ada bahasa banjar, Dayak, bakumpai, barangas, samiin, deah, halong, dan agal.

Kuliner

budaya kalimantan selatan
sumber: website wikipedia

Makanan Khas Kalimantan Selatan ialah soto banjar, makanan paling terkenal di Kalimantan Selatan ini banyak juga disuguhkan untuk menu andalan restoran- restoran besar. Memang Indonesia memiliki banyak sekali soto, kalau untuk soto banjar mempunyai ciri khas tersendiri. Kuahnya bening, dan biasanya dimakan memakai kupat bukan nasi. Makanan khas kedua yaitu ketupat kandangan, bernama kandangan karena ketupat ini berasal dari daerah Kandangan. Bahan pembuatan ketupat menggunakan beras seperti biasa, hanya terlihat lebih padat. Ketupat Kandangan bisa mereka konsumsi pagi, siang, maupun sore. Pengolahan makanannya menggunakan teknik masak langsung bersama santan.

Makanan favorit ketiga ada manday, kuliner ini menggunakan kulit cempedak. Cara pembuatannya cukup unik, karena kulit cempedak akan diawetkan dahulu dalam waktu yang cukup lama. Memasaknya dengan cara digoreng, tetapi banyak juga yang mereka buat gule, dan bakar. Untuk penyempurnaan rasa, biasanya cempedak masih ditambahkan rempah-rempah khusus. Untuk makanan yang keempat yaitu iwak pakasam, dari namanya saja sudah jelas terbuat dari ikan pakasam yang dicampur dengan kunyit, beras, dan garam. Makanan special ini biasa tersaji untuk makan siang, ikan juga fresh dari sungai sekitar.

Baca Juga ini Ya !! =>  Mengenal Budaya Riau Dari Kesenian, Rumah Adat, Senjata Dan Tarian

Upacara Walimahan

budaya kalimantan selatan
sumber: website banjarmasinpost

Budaya Kalimantan Selatan yang satu ini merupakan hari bahagia bagi pasangan pengantin baru. Walimahan merupakan upacara resepsi yang dilaksanakan keluarga pengantin pria dan wanita lalu menundang seluruh anggota keluarga. Undangan keluarga bertujuan untuk mendapatkan restu kepada pengantin. Suku banjar sangat kental dalam hal gotong royong, jadi jika ada acara seperti ini maka semua penduduk akan membantu. Membentuk panitia untuk mengurus resepsi dengan baik.

Upacara Betapung Tawar

sumber: website banjarmasinposst

Budaya Kalimantan Selatan yang terakhir ialah batapung tawar yang berfungsi sebagai penebusan akhir masa perawan dari wanita yang akan menikah dan biasanya bersamaan dengan upacara badudus (kegiatan mandi kembang). Dalam upacara batapung tawar akan ada berbagai perangkat yang mempunyai simbol kebutuhan pokok sehari-hari. Biasanya berbagai simbol yang mereka gunakan ialah kelapa, ayam, beras, gula merah, pisau, lilin, uang koin, benang, berbagai rempang-rempah dapur, dan rokok. Setiap item tadi mempunyai makna filosofis yang mengambarkan tentang kehidupan rumah tangga seumur hidupnya. Semua item tadi mereka masukan kedalam kerajang dan akan mereka serahkan kepada pemimpin adat upacara atau tetua adat kampung.

Telah kita pelajari bersama tentang budaya Kalimantan Selatan yang sangat kaya. Dalam satu pulau Kalimantan saja, masih terdapat suku Dayak yang tentu mempunyai adat berbeda dengan suku banjar. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *