Cara Mencuci Tangan yang Benar untuk Cegah Covid-19

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Sudah tahu cara mencuci tangan yang benar? Sangat penting untuk memahami cara cuci tangan yang baik dan benar, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak penjelasannya berikut ini!

Sejak virus covid-19 mulai merebak di tanah air, cara mencuci tangan yang benar mulai banyak digaungkan. Pasalnya, hal ini dinyatakan bisa membantu kita menangkal virus corona ini, selain selalu mengenakan masker terutama ketika keluar rumah, dan juga senantiasa menjaga jarak. Ingat 3M!

Mengapa sangat penting untuk sering mencuci tangan?

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Tangan adalah bagian tubuh yang paling rentan mentransfer bakteri, virus dan kuman ke bagian tubuh kita yang lain. Kita menyentuh banyak sekali bagian tubuh lain dengan tangan kita, terutama bagian muka. Setiap hari kita sering menyentuh bibir dan hidung, mengucek mata, memasukkan makanan ke dalam mulut, menyiapan makanan dan minuman, menyentuh berbagai permukaan barang, berjabat tangan, dan masih banyak lagi. Kita tidak tahu virus,bakteri, dan kuman seperti apa yang menempel di benda-benda yang kita sentuh dengan tangan kita, karena mereka sangat kecil, tak kasat mata. Dan kemudian virus, bakteri, dan kuman itu berpindah menempel ke tangan kita, ke jari-jari kita. Bayangkan bagaimana virus, kuman dan bakteri bisa masuk ke dalam tubuh kita melalui tangan kita yang kotor.

Apalagi di Indonesia. Tahu sendiri kan? Masyarakat di negara ini bahkan juga menggunakan tangan untuk makan secara langsung, tanpa memakai peralatan makan seperti sendok, garpu dan sumpit. Kalau tidak cuci tangan? Waduh, bisa bahaya! Jadi, manfaat mencuci tangan yang paling utama adalah untuk membunuh virus, kuman dan bakteri yang mungkin menempel di tangan. Jika tangan kita bersih, kita bisa menghindari risiko terkena diare dan masalah pencernaan lainnya, serta, hopefully, virus covid-19.

Baca Juga ini Ya !! =>  Manfaat Kangkung yang Ternyata Berkhasiat Tinggi

Salah satu langkah pencegahan penyebaran virus corona

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Tahun 2020 menjadi tahun yang buruk bagi dunia. Terutama negara kita tercinta Indonesia. Hingga kini kita masih berjuang melawan gelombang pertama virus berbahaya covid-19 yang sudah memakan ratusan ribu korban jiwa. Sejak awal kemunculannya, WHO sudah mengemukakan langkah-langkah yang bisa kita ambil untuk membantu memutus rantai sebaran virus mematikan ini. Salah satunya adalah dengan mencuci tangan dengan benar. Banyak yang sudah mensosialisasikan cara mencuci tangan kepada masyarakat, terutama dari kementerian kesehatan RI dengan panduan dari WHO.

Langkah-langkah yang benar dalam mencuci tangan menurut standar WHO

Cara Mencuci Tangan yang Benar
Sumber: Kemenkes RI

Cara mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah yang disarankan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization ini. Tak perlu berlebihan dalam menggunakan sabun dan air. Sudah cukup asal cara kamu mencuci tangan sudah tepat. Nah, berikut ini langkah mencuci tangan dengan baik dan benar, beserta penjelasannya.

Pertama-tama, basahi kedua tangan dengan air. Kemudian, tuang atau usapkan sabun cuci tangan (bebas mau yang batang, cair/gel, atau busa) ke salah satu telapak tangan kita. Lalu, gosok-gosok kedua tangan dan mulai mencuci tangan. Ada setidaknya enam langkah dalam mencuci tangan, sebagai berikut:

  1. Telapak tangan kanan dengan telapak tangan kiri
  2. Telapak tangan kanan dengan punggung tangan kiri, dan juga sebaliknya
  3. Rapatkan/kaitkan jari jemari kedua tangan kemudian gosok kedua telapak tangan
  4. Putar bagian punggung jari tangan kanan ke telapak tangan kiri, dan juga sebaliknya
  5. Gosok jempol tangan kanan menggunakan tangan kiri dengan gerakan memutar, dan juga sebaliknya
  6. Bersihkan ujung jari dan kuku tangan kanan dengan menggosokkannya dengan gerakan memutar ke telapak tangan kiri, dan sebaliknya

Selain tangan secara keseluruhan, kuku jari tangan juga bisa jadi sarang kuman dan penyakit loh! Jadi, harus jeli dalam mencuci tangan. Jangan terburu-buru, lakukan cuci tangan secara menyeluruh. Bersihkan semua bagian tangan dengan baik, termasuk sela-sela jari dan juga kuku. Akan lebih bagus jika kamu juga rutin memotong pendek kuku jarimu, agar tidak ada kotoran yang mungkin menempel di sela-selanya.

Baca Juga ini Ya !! =>  Penyakit Menular dan Penyakit Tidak Menular: Memahami Perbedaan untuk Pencegahan yang Lebih Baik

Setelah cuci tangan, lalu apa?

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Jika sudah selesai mencuci seluruh bagian telapak tangan, saatnya bilas! Gunakan air mengalir untuk membasuh tangan kamu dan membilas sabun hingga bersih. Jangan sampai ada sisa sabun yang masih menempel ya. Apalagi kalau setelahnya kamu mau langsung makan. Bisa-bisa ikut kemakan deh sabunnya. Nah, setelah bilas sampai bersih, keringkan telapak tangan yang basah. Jangan asal ya! Gunakan tissue atau handuk kering yang bersih untuk mengeringkan tangan kamu. Kalau kamu mencuci tangan di ruang publik, seperti di mall, restoran, atau taman, pakai tissue atau handuk milik sendiri ya. Jangan joinan sama yang lain. Biar tetap higienis, setelah mencuci tangan, matikan keran dengan menggunakan siku.

Mencuci tangan yang benar biasanya memakan waktu paling sedikit 20 detik, agar semua bagian sudah digosok dan dicuci dengan baik, dan sabun mulai bekerja secara efektif membunuh kuman dan bakteri. 20 detik memang bukan waktu yang lama. Tapi, biasanya kita yang terlalu tidak sabaran. Untuk mengetahui apakah kamu sudah cukup mencuci tangan dengan benar, kamu juga bisa cuci tangan sambil menyanyikan satu bagian baris atau bait dari lagu yang kamu suka loh. Biar nggak gabut bengong sembari cuci tangan.

Kalau tidak ada air…

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Meski sangat dianjurkan untuk mencuci tangan pakai sabun dan juga air mengalir, kadang kan kita tidak selalu bisa menemukan air ya. Nah, dalam kondisi tersebut, kita boleh mengganti cuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer. CDC atau Centers for Disease Control and Prevention menyarankan untuk memilih produk hand sanitizer yang memiliki kadar alkohol minimal 60%, agar lebih efektif membunuh kuman, bakteri serta virus. Meski demikian, hand sanitizer masih belum bisa menandingi keampuhan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir dalam hal melenyapkan kuman dan bakteri. Selain itu, kamu juga tidak bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan kotoran serta minyak yang menempel di tangan. Jadi, gunakan hand sanitizer hanya sebagai alternatif kalau benar-benar tidak bisa cuci tangan dengan air dan sabun ya.

Baca Juga ini Ya !! =>  Wajah Mulus dengan 5 Cara Menghilangkan Komedo ini

Hand sanitizer yang banyak kita temukan bisa berupa cairan atau gel. Sangat praktis dan mudah aplikasinya; tinggal tuang sedikit ke telapak tangan lalu gosok-gosokkan saja. Tunggu hingga mengering dan produk meresap ke kulit, and you’re good to go.

Nah, mencuci tangan dan menjaganya tetap bersih dan higienis juga membantu kita menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Jadi, jangan malas mencuci tangan ya! Dan, selalu bawa hand sanitizer dan/atau sabun cuci tangan setiap kali bepergian keluar rumah. Pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan, kurangi kontak fisik, berpikir positif, dan tetap diam di rumah saja jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak. Stay safe everyone!