Cara Atasi Sembelit Dengan Cepat Dan Alami di Rumah, Ampuh!

  • Bagikan

Cara atasi sembelit yang ampuh dan efektif serta alami merupakan solusi yang sangat bagus. Tak perlu lagi meminum obat ataupun menggunakan sesuatu yang terbuat dari bahan kimia untuk mengatasi masalah ini. Pasalnya banyak orang yang mengalami sembelit dalam satu tahun. Hal ini terjadi karena berbagai faktor yang tanpa kalian sadari berada disekitar dan sering sekali kamu lakukan. Misalnya saja sebagai contoh kecil makanan yang kurang bersih. Karena kurang bersih, maka akan membuat bakteri hidup dan berkembang biak dalam tubuh hingga mengganggu sistem pencernaan. Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menjadi penyebab perut sembelit.

Sembelit biasanya memiliki gejala yang dapat kamu deteksi tanpa harus pergi periksa ke dokter atau bidan. Contohnya apabila kalian dalam satu minggu buang air besar kurang dari tiga kali. Nah hal itu menandakan kalian sedang mengalami sembelit dan cobalah cari cara hilangkan sembelit dengan cepat. Selain tanda tersebut, ada juga tanda lain yaitu kembung. Ciri-ciri perut yang kembung dapat kamu ketahui saat kamu sering bersendawa atau buang angin. Selain itu juga perut akan bergemuruh dan juga akan terlihat lebih membesar dari biasanya. Berikut beberapa tips yang akan kami jabarkan mengenai cara mengatasi sembelit adalah sebagai berikut. Mari kita simak bersama-sama.

  1. Konsumsi Makanan Dengan Serat Melimpah

Cara Atasi Sembelit
Sumber: Instagram @lena_silviana

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membaca doa hilangkan sembelit yang sudah agama ajarkan. Kemudian mulailah mengonsumsi lebih banyak makanan dan buah-buahan yang mengandung banyak serat. Meningkatkan asupan makanan yang memiliki tingkat serat tinggi juga dokter anjurkan. Sebagaimana yang kita ketahui, makanan mengandung serat menjadi solusi memperlancar BAB.

Buah untuk sembelit yang banyak direkomendasikan adalah yang banyak kita temui yaitu pepaya. Jenis buah satu ini terbilang dapat kalian temui dimana saja dan tentunya harga buah pepaya juga terjangkau. Semua kalangan dapat mendapatkan buah satu ini dengan mudah serta mudah untuk dikonsumsi. Serat yang banyak pada buah ini membuatnya sangat efekti untuk melancarkan perut sembelit.

  1. Konsumsi Buah-buahan Pelancar BAB

Sumber: Instagram @kristen_yoon

Buah merupakan cara alami yang dapat kamu lakukan untuk melancarkan sembelit. Memiliki sangat banyak manfaat untuk kesehatan membuatnya banyak dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Sebuah cara mengatasi sembelit untuk orang dewasa dan terbukti ampuh. Orang yang rajin mengonsumsi buah biasanya memiliki sistem pencernaan yang lancar. Selain untuk kesehatan, buah juga dapat membantu memperbaiki metabolisme tubuh kalian.

Baca Juga ini Ya !! =>  Bukan Bumbu Dapur Biasa, Ini Dia Aneka Manfaat Cabe

Bagi kamu yang hanya menyukai jenis buah tertentu saja, tenang salah satu buah yang kamu sukai bisa jadi juga memiliki serat tinggi. Buah untuk sembelit dewasa sebenarnya tidak hanya pepaya tetapi juga banyak selain itu. Adapun buah lainnya seperti pisang, buah naga, alpukat, mangga dan berbagai buah yang kaya air. Jika kamu menyukai jus, buah ini juga bisa loh kamu jadikan sebagai minuman. Tambahkan dengan yogurt dan akan terasa lebih nikmat. Selamat mencoba!

  1. Meminum Air Putih Yang Cukup

Cara Atasi Sembelit
Sumber: Instagram @anthracite_house

Cara atasi sembelit yang ampuh adalah dengan minum air putih. Tubuh manusia memiliki kandungan air yang hampir 70 persen. Sehingga setiap harinya ada minimal banyaknya air yang harus diminum agar menghindari dehidrasi. Dampak dari dehidrasi bagi tubuh sangat banyak dan tentunya akan merugikan. Salah satu dampak yang sering kita jumpai adalah sembelit. Mengonsumsi makanan pelancar buang air besar tidak cukup tanpa minum air. Kurangnya cairan dalam tubuh akan mengganggu kinerja organ-organ yang ada dalam tubuh. Apabila beberapa bagian terganggu, maka akan membuat yang lain juga berpengaruh.

Cara kerja usus besar memerlukan air untuk diserap supaya fases mudah untuk keluar. Apabila tubuh mengalami kekurangan cairan, maka usus besar sebisa mungkin akan menghemat air. Jika hal itu terjadi akibatnya fases akan menjadi keras sehingga itu menjadi pemicu terjadinya sembelit. Saat cairan tubuh tercukupi akan membuat makanan bebas bergerak sehingga lebih muda tercerna. Tentu saja dengan kandungan air yang banyak tidak akan membuat fases menjadi keras. Sehingga kita dapat terhindara dari sekit perut atau sembelit.

  1. Makan Yogurt Dan Hindari Susu

Sumber: Instagram @yogurtshop_krasnodar

Yogurt sudah banyak dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu solusi ketika sedang mengalami sembelit. Meskipun susu tidak boleh kalian minum saat sembelit, tapi yogurt adalah pengecualian. Hal ini karena kandungan yang ada padanya memiliki manfaat dapat membantu menyembuhkan sembelit. Jenis yogurt yang baik untuk mengatasi masalah ini sebaiknya yang bebas gula.

Baca Juga ini Ya !! =>  7 Manfaat Buah Naga & Resep Unik Churros Buah Naga

Berasal dari olahan susu yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat memiliki manfaat. Kandungan protein yang besar membuatnya banyak memiliki penggemar dari berbagai jenis kalangan. Pasalnya olahan susu yang satu ini dapat membuat orang yang mengonsumsinya merasa kenyang. Sehingga banyak para kaum hawa yang sedang diet menyukainya. Manfaat yang melimpah menjadikan yogurt pilihan untuk solusi masalah sembelit kamu. Dipercaya membatu memulihkan sistem pencernaan dengan baik juga memperlancar BAB.

  1. Berolahraga Dengan Teratur

Cara Atasi Sembelit
Sumber: Instagram @ykk_1220

Cara atasi sembelit yang banyak orang lakukan adalah olahraga. Olahraga memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan khususnya bagi tubuh. Tubuh yang sehat akan membuat segala sistem yang ada didalamnya juga sehat. Bagi kalian yang sedang mengalami sembelit bisa menggunakan solusi yang satu ini. Aktivitas yang mengaitkan fisik akan membantu organ pencernaan bekerja dengan baik.

Hal ini terjadi karena saat olahraga akan membuat usus besar mempercepat makanan untuk bergerak. Apabila hal itu terjadi maka akan membuat proses pencernaan makanan dalam tubuh mudah. Tentu saja jumlah air yang cukup dalam tubuh sangat dibutuhkan agar fases tidak keras. Olahraga akan membuat seluruh bagian tubuh kalian bergerak sehingga dimungkinkan akan rileks dan mengonsumsi air. Aktivitas olahraga yang mudah kamu lakukan misalnya berjalan atau jogging. Berjalan-jalan selama beberapa menit akan membuat tubuh rileks dan tenang. Cara melancarakan BAB yang keras dengan cepat juga bisa menggunakan tips ini. Berjalan yang kami maksud adalah berjalan cepat dan dengan waktu minimal 15 menit sehari. Usahakan melakukan kegiatan ini secara rutin ya.

  1. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Prebiotik

Sumber: Instagram @gardenshop.32

Cara atasi sembelit yang terakhir adalah ini. Nah bagi kalian yang bingung apa itu prebiotik, terdengar seperti nama obat ya. Tetapi tenang saja, prebiotik sebenarnya merupakan makanan yang kalian konsumsi setiap hari loh. Makanan yang mengandung prebiotik misalnya bawang putih ataupun merah juga buncis. Berdasarkan dari berbagai fakta yang sudah ditemukan, makanan yang mengandung prebiotik akan dapat membantu tinja lebih lembut. Hal ini akan membuat tinja mudah untuk keluar.

Baca Juga ini Ya !! =>  Manfaat Bayam dan Bahayanya. Awas Jangan Kebanyakan!

Frekuensi buang air besar pun akan meningkat sehingga hal ini menjadi kabar baik. Efek yang prebiotik hasilkan akan membuat pencernaan dalam tubuh terbantu. Dengan lancarnya pencernaan maka sembelit akan hilang dan normal kembali. Apabila ingin buang air besar maka jangan pernah menahannya karen akan menimbulkan efek yang tidak bagus bagi kesehatan.

6 cara mengatasi sembelit yang sudah kami jelaskan di atas dapat kalian coba dan semoga membantu ya. Apabila dalam jangka waktu seminggu dan kalian sudah melakukan tips kami, maka sebaiknya ke dokter. Berkonsultasi dengan ahlinya akan dapat membantu kamu mengatasi masalah sembelit. Tapi apa salahnya mencoba cara alami terlebih dahulu, selamat mencoba!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *