10 Manfaat Kunyit yang Tidak Boleh Diremehkan

Manfaat Kunyit

Manfaat Kunyit

Manfaat kunyit apa saja yang pernah Anda dengar? Berdasarkan informasi dari Wikipedia, kunyit merupakan tumbuhan rempah-rempah asli dari wilayah Asia Tenggara. Bahkan dulunya banyak yang menyukai jenis tumbuhan ini. Manfaat kunyit secara umum pun terbilang banyak sekali. Mulai dari untuk kesehatan, bumbu masakan, serta perawatan kecantikan. Kunyit memiliki banyak nama. Orang Jawa menyebutnya sebagai kunir, orang Madura menyebutnya konyet, orang Sunda menamainya dengan koneng, bahkan di Bahasa Inggris sebutannya adalah turmeric

Kandungan kunyit yang paling utama adalah kurkumin. Senyawa kimia inilah yang berperan penting dalam membentuk warna kuning yang merupakan ciri khas kunyit. Kurkumin bukanlah sembarang zat. Zat ini memiliki khasiat bagus dan mampu membantu proses penyembuhan luka pada tubuh.

Lalu, apa sajakah manfaat kunyit untuk manusia? Mari, kita bahas satu demi satu!

1. Pereda Nyeri saat Datang Bulan (Haid)

Bagi wanita, kedatangan tamu bulanan ini bisa menjadi sangat merepotkan. Selain timbul perasaan tidak nyaman, rasa sakit yang tak tertahankan pun juga datang menyertai. Tidak sedikit dari kaum hawa yang terpaksa harus istirahat total saat hari pertama menstruasi. Untuk meredakan nyeri saat menstruasi, ada 2 cara yang bisa dilakukan: alami atau obat. Painkiller mungkin bisa menjadi solusi praktis, tapi cara alami tentu lebih sehat. Jamu kunyit asam dipercaya dapat meredakan kram haid karena kandungan kurkumin kunyit bisa membuat otot rahim lebih rileks dan kontraksi berkurang. Cara mengolah kunyit asam ini pun gampang, tinggal mencampurkan saja kunyit, asam jawa, dan gula merah dengan air.

2. Obat Alami untuk Penderita Maag

Kunyit untuk Maag

Bila Anda sering mengalami nyeri maag, jangan terburu-buru untuk menelan obat kimia. Cobalah untuk meminum larutan kunyit. Manfaat kunyit untuk lambung ini disebabkan oleh kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit. Zat ini mampu menekan produksi asam lambung dan empedu secara berlebihan. Minumlah dengan rutin, maka maag bisa Anda cegah di kemudian hari.

Baca Juga ini Ya !! =>  Manfaat Cengkeh yang Faktanya Ajaib untuk Kesehatan

3. Mengurangi Nyeri Sendi

Anda menderita osteoartritis? Kondisi ini menyebabkan Anda mengalami kekakuan pada sendi dan nyeri yang berlanjut. Biasanya obat dengan kandungan ibuprofen bisa membantu meredakan. Namun jika harus terus-menerus mengkonsumsi obat tentu tidak baik juga. Melalui sebuah penelitian, khasiat kunyit ternyata setara dengan obat ibuprofen. Dengan kata lain, Anda bisa mencoba ekstrak kunyit sebagai obat untuk nyeri sendi Anda. Dosis minum kunyit yang disarankan adalah 500 mg dua kali sehari.

4. Ketombe Rambut pun Bisa Diatasi dengan Kunyit

Kunyit untuk Ketombe

Selain untuk kesehatan, kunyit juga bisa digunakan untuk perawatan rambut. Untuk Anda yang mengalami masalah ketombe, kunyit siap menjadi cara alternatif untuk Anda dalam mengatasinya. Caranya mudah, cukup tumbuk rimpang kunyit sampai keluar airnya. Lalu dipijatkan air tersebut ke area kepala yang berketombe. Tunggu hingga semalaman atau beberapa jam sampai meresap lalu cuci rambut seperti biasa. Lakukan sampai beberapa kali sampai ketombe benar-benar hilang.

5. Melindungi dari Radikal Bebas

Satu lagi khasiat kurkumin pada kunyit adalah meningkatkan antioksidan di dalam tubuh. Seorang manusia akan mudah terkena penyakit jika antioksidan di dalam tubuhnya rendah. Dengan mengkonsumsi kunyit secara teratur dan tidak berlebihan, Anda secara tidak langsung dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Meredakan Amandel

Radang Amandel

Amandel yang meradang memang sangat terasa tidak nyaman. Jika dibiarkan, maka akan berujung pada terserang penyakit. Cara membuatnya tidak sulit. Anda hanya perlu menyiapkan 1 hingga rimpang kunyit, 2 sendok madu, dan 1 buah jeruk nipis. Setelahnya parut halus kunyit, dan peras jeruk nipis. Kemudian campurkan parutan kunyit & perasan jeruk nipis dengan madu dan air hangat. Aduk, saring lalu minum 2 kali sehari. Khasiat kunyit dan madu serta jeruk nipis ini dipercaya dapat meredakan amandel yang membengkak.

Baca Juga ini Ya !! =>  Begini Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Instan!

7. Menghambat Sel Kanker

Kurkumin dalam kunyit memang memiliki khasiat yang luar biasa. Beberapa penelitian pun membuktikan bahwa senyawa satu ini mampu mengurangi penyebaran sel kanker. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kurkumin dapat membunuh sel kanker juga. Meskipun kita tidak boleh mengesampingkan kemoterapi dan pengobatan medis, tapi untuk memanfaatkan kunyit sebagai alternatif pendukung tidak ada salahnya pula.

8. Meringankan Perut Kembung

Perut kembung sering membuat kita tidak nyaman karena pembuangan gas yang berlebihan. Perut kembung bisa disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan. Agar perut kembung bisa teratasi, Anda boleh mencoba kunyit. Kurkumin pada kunyit bisa mengurangi gas yang terjebak dalam perut serta membantu otot pencernan bergerak dengan lancar. Seperti yang informasi yang tadi Anda baca di point nomor 2, kunyit juga mampu menekan produksi asam lambung yang berlebihan.

9. Meredakan Bengkak Akibat Gigitan Serangga

Kunyit juga bisa menjadi obat saat kulit Anda digigit serangga dan membengkak. Untuk membuat ramuannya pertama Anda harus memarut 2-3 buah rimpang kunyit. Setelah itu tambahkan dengan seperempat sendok makan kapur sirih dan campur. Jika sudah tercampur dengan rata, Anda bisa mengoleskan ke bagian kulit yang bengkak. Tunggu beberapa saat, ya!

10. Mencerahkan Kulit Kusam

Masker Kunyit

Kulit yang kusam dan tidak cerah bisa menjadi hal yang memalukan bagi wanita. Tidak perlu pusing dan menghabiskan banyak uang demi kulit menjadi cerah. Anda cukup ke dapur dan memanfaatkan khasiat dari kunyit untuk membantu Anda. Kunyit bisa diolah menjadi masker yang bisa Anda aplikasikan ke kulit. Caranya campurkan air, kunyit dan tepung jagung hingga menjadi pasta. Jangan lupa untuk menambahkan madu sebagai bahan pelembab alami kulit. Jika sudah oleskan masker tersebut ke wajah dan leher. Tunggu hingga 15-20 menit. Untuk menghapus masker, Anda bisa menggunakan kain basah yang direndam air hangat. Jangan lupa untuk menggunakan masker ini seminggu sekali demi hasil maksimal.

Baca Juga ini Ya !! =>  Ini Manfaat Madu & 3 Jenis Madu Terlangka di Dunia

Itulah beberapa manfaat kunyit yang bisa Anda dapatkan. Anda tidak perlu lagi meragukan khasiat dari kunyit dan rempah-rempah lainnya. Entah itu manfaat jahe, manfaat kencur, atau manfaat lengkuas, semuanya baik untuk kita. Namun kunyit juga memiliki beberapa efek samping jika dikonsumsi berlebihan.

Mengkonsumsi kunyit berlebihan dapat menimbulkan efek kesehatan yang cukup serius. Efek sampingnya adalah membuat detak jantung menjadi tidak normal, dan mengurangi kesuburan pada pria. Selain itu juga bisa menyebabkan gangguan di kantung empedu, pendarahan, bahkan alergi. Maka dari itulah sebaiknya konsumsi kunyit harian Anda tidak lebih dari 500 mg atau maksimal ½ sendok teh bubuk kunyit saja.

Bubuk Kunyit

Kunyit memang bisa dikonsumsi siapa saja, namun ada beberapa tipe orang yang perlu membatasi penggunaan kunyit. Jika Anda akan menjalani operasi, atau kekurangan zat besi, atau menderita gangguan perdarahan maka Anda harus hati-hati sebelum mengkonsumsi kunyit. Ibu hamil dan menyusui pun sebaiknya tidak terlalu sering meminum suplemen yang mengandung senyawa kurkumin. Manfaat kunyit sebenarnya masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut. Namun kunyit bisa menjadi pendamping yang baik saat Anda sedang menjalani pengobatan asal sudah konsultasi dengan dokter sebelumnya.