Cara Merawat Aki Mobil Supaya Panjang Umur dan Tetap Berfungsi

Cara Merawat Aki Mobil

Cara merawat aki mobil yang benar sebagian besar belum banyak orang ketahui. Padahal aki menjadi komponen penting pada sebuah kendaraan sebagai listrik. Aki pada kendaraan kita kenal terdapat dua jenis yaitu basah dan kering. Cara merawat aki basah mobil berbeda dengan cara merawat aki kering mobil. Perbedaan cara perawatan membuat pemilik harus biss membedakannya. Tujuannya agar aki bisa tetap awet dan tidak mudah mengalami kerusakan. Ternyata aki juga sama dengan bagian kendaraan lain, yang mana harus terus kalian rawat dan perhatikan.

Perawatan terhadap aki kendaraan kamu akan membuatnya memiliki kinerja yang maksimal dan performa yang bagus. Berbagai perhatian yang dapat kalian berikan yaitu dengan memeriksa keadaannya secara berkala baik dari segi isi ulang maupun segi kebersihan. Adapun untuk cara mengisi ulang aki juga terdapat langkah khusus dan tidak sembarangan, hal ini agar umur aki mobil tidak cepat habis. Terdapat beberapa tips yang akan kami jelaskan untuk membuat aki kamu tetap awet. Simak ya!

  1. Pastikan Aki Selalu Bersih

Cara Merawat Aki Mobil
Sumber: Instagram @semeru_motor

Hal paling mudah pertama yang dapat kalian lakukan adalah membersihkan aki. Kalian bisa melakukan langkah ini dirumah tanpa harus menggunakan jasa orang lain. Ketika melakukan pengecekan secara berkala, kalian akan bisa melihat apakah aki dalam keadaan bersih atau tidak. Jika tidak maka lakukanlah bersih-bersih pada aki mobilmu. Apabila aku terjangkit jamur, maka tenang saja cara membersihkannya cukup mudah. Kalian bisa menggunakan sikat hangat yang sudah dicelupkan pada air hangat. Mengapa harus menggunakan air hangat? Karena air hangat bisa menghilangkan jamur dengan efektif.

Bersihkan terminal aki kalian dengan perlahan dan hati-hati. Terminal pada bagian aki menjadi komponen yang sangat mudah berdebu sehingga perlu perhatian lebih. Karena apabila terminal dikelilingi oleh kotoran maka akan menghambat hantaran listrik ke bagian-bagian mobil.

  1. Cek Keadaan Kesehatan Aki (Basah)

Sumber: Instagram @dini.aki

Tahukah kamu bahwa aki merupakan komponen penting dalam mobil. Fungsi dari adanya aki adalah untuk menyediakan energi listrik agar mobil dapat menyala. Sebenarnya jika kalian sadari, aki ini sama dengan baterai yang biasa kita jumpai sehari-hari. Manfaatnya pun sama yaitu sebagai sumber energi. Apabila energi pada suatu komponen sudah ada, maka akan mudah untuk memfungsikan benda tersebut.

Baca Juga ini Ya !! =>  Review Toyota Avanza Yang Lagi Eksis Secara Lengkap dan Menyeluruh

Jika sudah mengerti apa fungsi dari aki, maka kita bisa lanjutkan membahas cara perawatannya. Sebuah mobil yang menggunakan jenis aki basah maka cara mengisi ulang aki dengan menambah cairan elektrolit. Kalian bisa mengetahuinya dengan cara memeperhatikan cairan dalam aki. Terdapat indikator yang akan mempermudah mengetahui apakah berkurang atau tidak. Saat berkurang maka cairan akan berada dibawah garis merah aki. Tandanya kalian harus segera mengisi elektrolit didalamnya.

  1. Pastikan Keadaan Aki (Kering)

Cara Merawat Aki Mobil
Sumber: Instagram @duniaaki_bsd

Cara merawat aki mobil yang ketiga adalah pada komponen keadaan. Perawatan daya listrik mobil memang berbeda-beda tergantung jenis dari aki tersebut. Kami sudah menjelaskan tentang perawatan aki basah, maka selanjutnya akan kami bahas tentang perawatan aki kering. Apabila kendaraan kalian menggunakan jenis aki kering maka cara merawat aki mobil cukup mudah. Kalian bisa melakukannya sendiri di rumah dengan alat tertentu.

Alat yang dibutuhkan untuk mengecek kondisi jenis satu ini adalah battery load tester (BLT) yang dapat kalian beli sendiri. BLT ini memiliki fungsi untuk melihat seberapa besar sisa daya atau kekuatan yang dimiliki oleh aki mobilmu. Hal ini cukup mudah kamu lakukan dan akan mengetahui kondisi aki kendaraanmu dengan cepat. Banyak dari masyarakat menggunakan metode ini karena dianggap efektif dan mudah.

  1. Konsisten Dalam Memanaskan Kendaraan

Sumber: Instagram @tamaautocar

Agar arus kekuatan pada aki terus mengalir, maka kami sarankan untuk kalian selalu memanaskan mobil secara rutin dan konsisten. Setidaknya satu hari membutuhkan waktu 10-15 menit untuk melakukannya. Hal ini akan bermanfaat menjadikan kondisi kendaraan kamu tetap stabil dan menjaga kesehatan aki agar tetap prima dan panjang umur.

Apabila aliran listrik pada aki tetap mengalir dan terus mengisi alternator kendaraan maka performanya akan awet dan bagus. Sehingga memanaskan mobil tidak hanya saat kalian ingin menggunakannya saja, tetapi sebaiknya setiap hari. Kendaraan yang tidak sering dipanaskan akan membuat dayanya berkurang bahkan habis. Tentu saja ini merupakan kabar buruk. Maka rawatlah kendaraanmu dan sayangi ia.

  1. Cabut Seluruh Perangkat Tersambung

Cara Merawat Aki Mobil
Sumber: Instagram @tokoakispot

Cara merawat aki mobil yang selanjutnya yaitu yang satu ini dan tentunya tidak kalah penting. Saat kalian sedang tidak menggunakan kendaraan roda empatmu, sebaiknya pastikan seluruh komponen mati. Komponen yang kami maksud adalah seluruh bagian yang tersambung degan listrik. Selain menghemat daya, hal ini juga bertujuan untuk menjaga aki mobilmu supaya lebih awet dan tahan lama.

Baca Juga ini Ya !! =>  Mobil Diesel Dibawah 100 Juta Yang Menjadi Incaran Sahabat Otomotif

Beberapa perangkat dalam mobil yang tersambung dengan daya listrik biasanya sudah kamu jumpai. Misalnya saja air conditioner dan lampu yang terdapat pada mobil juga komponen lainnya. Dengan mematikannya, akan membuat kamu memiliki daya mobil yang cukup saat menyetir dan tetap membuatmu nyaman.

  1. Jaga rpm Kendaraan Supaya Konstan

Sumber: Instagram @brio_indonesia

Memang benar ketika kamu memanaskan mobil dalam garasi akan membuat aki tetap stabil. Namun ada baiknya selagi memanaskan sambil membawa mobil berkeliling di area sekitar komplekmu. Tujuannya agar putaran pada mesin mobil tetap terjaga kestabilannya. Sebagaimana kita ketahui bahwa putaran mobil yang stabil mencapai rpm ditingkat 1.500.

Untuk mencapai rpm sebesar itu kalian setidaknya harus menekan sedikit pedal pada gas supaya sempurna. Dengan membawa mobilmu berkeliling maka akan membuat komponen lain juga ikut bekerja. Langakah ini lebih kami sarankan lagi karena selain tidak menimbulkan polusi dalam garasi juga memiliki banyak keuntungan. Segala sistem mobil akan tetap terjaga dan awet serta tidak mudah mengalami kerusakan. Kalian bisa melakukan cara ini selama 10 menit hingga 15 menit agar performa item mobil bekerja secara maksimal.

  1. Perhatikan Bagian Pengisian

Cara Merawat Aki Mobil
Sumber: Instagram @nugaragefordpartshop

Langkah memeriksa keadaan yang terakhir adalah dengan hanya memperhatikan indikator dalam mobil. Terdapat sebuah indikator pada dashbor yang mungkin jarang kamu perhatikan. Sebenarnya item ini memiliki manfaat untuk mengetahui keadaan aki mobil kalian loh. Cukup sederhana tetapi membantu untuk cara mudah pengecekan.

Caranya adalah cukup melihat dashbor saat menghidupkan kendaraan roda empatmu. Ketika mobilmu hidup maka coba perhatikan lambang baterai yang ada dan apakah mati atau hidup. Jika hidup saat kamu menghidupkan mesin mobil maka hal ini menandakan akimu sedang berada dalam masalah. Maka segeralah menservice ke bengkel resmi terdekat.

Baca Juga ini Ya !! =>  Agar Tak Salah Pilih, Ini Tips Membeli Mobil Bekas Yang Berkualitas

Itulah beberapa langkah yang bisa kalian lakukan dengan mudah dan efektif serta tidak perlu mengeluarkan uang. Cara-cara perawatan pun cukup dengan melakukan perawatan sendiri tanpa harus membawaa kendaraanmu ke bengkel. Apabila kalian melakukan langkah yang kami sarankan maka aki mobil kalian akan tetap awet dan sehat. Lakukanlah pengecekan dengan rutin dan rajin juga membersihkannya supaya tidak banyak kotoran menepel. Sebab akan membuat aki tidak bekerja dengan maksimal dan membuat performanya menurun. Apabila hal itu terjadi maka akan membuat aki mudah rusak atau soak dan tidak bisa kalian gunakan lagi. Maka sayangilah aki kendaraan roda empatmu dengan merawatnya dan memperhatikan kondisinya. Semoga ulasan yang kami buat dapat membantu dan mempermudah kalian ya.