Wisata  

Rekomendasi Tempat Wisata di Blora dengan Keindahan yang Eksotis

sumber: instagram @anggitnov_

Wisata – Apa yang pertama kali kamu pikirkan ketika mendengar nama Kabupaten Blora? Yap sate! Selain Madura, Blora memang dijuluki sebagai kota sate. Julukan tersebut hadir berkat sate khas bumbu Bloranya yang unik dan lezat tentunya. Jadi kamu bisa mencoba wisata kuliner Blora ketika berkunjung. Selain itu kekhasan lain yang populer dari Kabupaten ini adalah kesenian budaya barongan yang hingga saat ini masih dilestarikan. Dan juga kayu jatinya yang merupakan salah satu yang terbaik kualitasnya di Indonesia. Tapi apakah kamu tahu mengenai keindahan tempat wisata di Blora? 

Blora memiliki beragam jenis wisata yang bisa kamu nikmati, mulai dari tempat wisata alam hingga objek wisata keluarga. Mungkin sama seperti daerah-daerah di nusantara lainnya yang memiliki wisata dengan keindahan alam yang memukau, Blora juga menyimpan keindahan alam yang bisa membuat kamu terpesona. Hanya saja mungkin Blora tidak sepopuler kota-kota besar seperti Yogyakarta, Bandung, atau Malang. Tetapi soal keindahan alam, boleh diadu.

Bagi kamu yang penasaran dengan objek-objek wisata yang ada di Kabupaten Blora, berikan kami sajikan beberapa diantaranya untuk kamu:

1. Goa Terawang

tempat wisata di Blora, goa terawang
sumber: instagram @anggitnov_

Tempat wisata di Blora yang pertama adalah Goa Terawang. Bagi kamu yang sudah menjelajahi beberapa wisata gua di Yogyakarta, sekilas Gua Terawang ini mirip dengan Goa Jomblang.

Goa Terawang ini juga merupakan gua vertikal yang memiliki lubang di bagian atasnya. Sehingga siang hari ketika matahari tepat berada di atasnya, cahaya yang masuk membuat pemandangan di dalam dua menjadi sangat spektakuler. View yang ditampilkan seperti cahaya langit yang turun menerangi ruangan gelap. Momen masuknya cahaya matahari dari rongga langit-langit Goa Terawang ini adalah sajian utama dan menjadi buruan para wisatawan yang datang.

Pemandangan yang eksotis tersebut membuat tempat wisata di Blora yang satu ini menjadi sangat digandrungi. Terutama bagi mereka yang menyukai fotografi dan wisatawan yang ingin mendapatkan foto yang kece atau instagenic. Tidak hanya masyarakat lokal, wisatawan dari luar daerah pun banyak yang berkunjung ke wisata Goa Terawang ini.

Baca Juga ini Ya !! =>  Tempat Wisata di Klaten Paling Hits, Banyak Candi dan Umbul

Selain menikmati dan berburu foto di spot cahaya tersebut, kamu juga bisa melakukan aktivitas menyusuri gua. Kedalamannya mencapai kira-kira 500 meter. Kamu bisa menikmati petualangan di dalam gua dengan menikmati pemandangan stalaktit stalagmit yang unik.

Objek wisata Goa Terawang ini berlokasi di Kedungwungu Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Sebenarnya gua ini adalah gua yang memanjang, tidak sepenuhnya menjadi gua vertikal. Hanya saja di beberapa spot terdapat lubang yang terbentuk secara alami di langit-langitnya. Lubang tempat masuknya matahari ini memiliki ukuran yang berbeda-beda. Uniknya lagi di dalam area gua ini terdapat 5 gua yang saling sambung-menyambung. Namun kelima gua tersebut tetap bernama Goa Terawang.

2. Kracakan Watu Gong

tempat wisata di Blora, kracakan watu gong
sumber: instagram @dian_hari

Kamu tahu air terjun Niagara yang berada di Kanada? Objek wisata Kracakan Watu Gong ini sekilas mirip dengan air terjun Niagara versi mini. Kawasan ini adalah wilayah yang terbentuk dari bebatuan padas dan dilewati aliran sungai Bengawan Solo.

Tapi untuk menikmati pemandangan air terjun Niagara mini ini, kamu harus menunggu ketika musim kemarau atau sekitar bulan-bulan Agustus. Sebab air sungai Bengawan Solo tidak terlalu deras, sehingga air terjun kecilnya bisa nampak. Meskipun ukurannya kecil, pemandangan yang eksotis menyerupai air terjun Niagara menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang datang.

Spot Kracakan Watu Gong kini semakin populer dan meskipun hadirnya musiman, objek ini menjadi salah satu spot wisata favorit bagi masyarakat Blora, khususnya masyarakat di desa Ngloram, Kapuan. Hadirnya Kracakan Watu Gong juga menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat setempat, sebab ketika musim kemarau warung-warung yang menjajakan kuliner Blora menjadi semakin laris berkat banyaknya wisatawan yang berkunjung.

Nah buat kamu yang penasaran dan ingin melihat langsung objek wisata Kracakan Watu Gong ini, pastikan untuk menyiapkan jadwal yang pas ketika musim kemarau. Sebab view uniknya hanya terjadi pada waktu tersebut.

3. Bukit Kunci

tempat wisata di blora, bukit kunci
sumber: Instagram @ahmad_renaldi78

Bagi kamu anak-anak hits, yang suka mencari spot foto kece untuk menghiasi feed media sosialmu, tempat wisata di Blora yang satu ini cocok untukmu. Bukit Kunci, jika sempat pastikan kamu mengunjungi lokasi ini ketika dini hari. Selain karena kamu bisa menikmati udara perbukitan yang segar, lokasi ini juga merupakan salah satu lokasi terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbit di Kabupaten Blora.

Baca Juga ini Ya !! =>  Rekomendasi Liburan Keluarga, Mengunjungi Tempat Wisata di Pasuruan

Ketika terang, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Lawu yang kokoh berdiri di kejauhan. Berkat pemandangannya yang eksotis, kini wisata Bukit Kunci ini menjadi semakin populer. Sehingga masyarakat setempat mulai mengelola dengan menambah fasilitas-fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung, salah satunya adalah spot kece untuk berfoto.

Spot-spot tersebut terbuat dari papan, kayu dan bambu yang dibuat sekece mungkin untuk tempat berfoto atau untuk sekedar menikmati pemandangan alamnya yang syahdu. Pemandangan dari atas bukit memang selalu menenangkan. Bukit Kunci ini bisa menjadi rekomendasi buat kamu yang menginginkan ketenangan dari ramainya kota dan kesibukan pekerjaan.

4. Sungai Kalinanas

kalinanas
sumber instagram @wahyou_rock08

Tempat wisata di Blora yang satu ini memiliki bentuk dan pemandangan yang sangat unik. Meskipun hanya sebuah sungai, tetapi sungai Kalinanas ini berbeda dari sungai-sungai pada umumnya. Sebab, sungai ini terapit oleh tebing di kanan dan kirinya, dan inilah yang menjadi daya tarik utama dari objek wisata Sungai Kalinanas ini.

Dinding tebingnya bukan sekedar dinding bebatuan biasa. Tebing tersebut memiliki ukiran alami yang menyerupai sekat-sekat rak buku. Diperkirakan ukuran di dinding tebing tersebut terbentuk berjuta tahun yang lalu akibat dari aliran sungai.

Keunikan dinding tebingnya ini menjadi daya tarik wisatawan, terutama mereka yang hobi memotret alam. Atau juga anak muda milenial yang ingin menghiasi feed instagramnya dengan foto yang unik. Lokasi wisata ini menjadi salah satu lokasi wisata favorit bagi masyarakat Blora dan juga wisatawan dari luar daerah.

Di kawasan ini selain menikmati pemandangan alamnya yang eksotis kamu juga bisa melihat sebuah jembatan kuno peninggalan masa kolonial Belanda. Jembatan ini bernama jembatan Merah karena warnanya merah dan diperkirakan berusia satu abad lebih. Jembatan ini juga bisa menjadi salah satu spot yang keren untuk berfoto.

Baca Juga ini Ya !! =>  Pantai Wates, Tempat Wisata di Rembang dengan Pasir Putih Eksotis

5. Gunung Manggir

gunung manggir
sumber instagram @farian_47

Wisata Gunung Manggir terletak di desa Ngumbul, Todanan, Kabupaten Blora. Jika kamu mengidamkan sebuah lokasi liburan yang memiliki hawa sejuk dan asri, maka di kawasan wisata Gungung Manggir inilah jawabannya.

Di sini kamu bisa menikmati kesejukan udara area persawahan yang dan pemandangan pegunungan yang hijau. Wisatawan yang datang kesini biasanya untuk menghabiskan waktu liburan dan akhir pekan bersama keluarga. Suasananya yang tenang sangat cocok bagi kamu yang stres dengan suasana kota atau ingin melepas penat di akhir pekan setelah lelah dengan sibuknya pekerjaan.

6. Gunung Cengklik

gunung cengklik
sumber instagram @arinicams

Objek wisata Gunung Cengklik merupakan salah satu lokasi wisata yang tenang. Lokasi wisata ini cocok menjadi tempat untuk melepas penat dari kesibukan pekerjaan, atau ingin menjauh sejenak dari ramainya hiruk pikuk perkotaan. Masyarakat biasanya berkunjung ke lokasi wisata ini ketika akhir pekan bersama sahabat, pasangan, atau keluarga tercinta.

Gunung Cengklik merupakan perbukitan yang memiliki ketinggian sekitar 300 mdpl. Dari puncak kamu bisa melihat pemandangan alam hijau yang membentang luas dan akan memanjakan matamu. Pengunjung yang datang ke sini selain ingin mencari suasana yang tenang dan nyaman, pemandangannya juga menjadi latar foto syahdu. 

Ada beberapa spot menarik yang disediakan pengelola berupa gardu pandang dan rumah pohon. Spot-spot tersebut menjadi objek atau lokasi favorit bagi para pengunjung yang datang untuk mengabadikan momen liburan mereka.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata Blora yang bisa kamu kunjungi ketika liburan maupun akhir pekan.